Ppt pak jum (edited)

1,590 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,590
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
40
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt pak jum (edited)

  1. 1. IRWANSYAH KELOMPOK IVMEGA VERONIKA TAMBARAHMAT ISTIADISARIYANTI FAKULTAS ILMU SOSIALTRILIS MARWURI DAN POLITIKYUNI RAHMAWATI UNIVERSITAS RIAU 2011
  2. 2. SISTEM PEMERINTAHANDAN PERANAN PERS DIINDONESIA 1 Sistem Pemerintahan di Beberapa Negara 2 Sikap Kritis Terhadap Pelaksanaan Sistem Pemerintahan 3 Pers sebagai Komponen Infrastruktur Politik 4 Implikasi Penyalahgunaan Media Massa 5 Pers Media Komunikasi Massa
  3. 3. APA ITU SISTEM PEMERINTAHAN??? DEFINISI Kata sistem merupakan terjemahan dari kata sistem Sistem pemerintahan diartikan berarti (bahasa Inggris) yang sebagai suatu tatanan utuh yang susunan, tatanan, jaringan, terdiri atas berbagai komponen atau cara. pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan memengaruhi Pemerintahan berasal dari kata dan fungsi dalam mencapai tujuan pemerintah, dan yang pemerintahan berasal dari kata perintah.
  4. 4. Sistem Pemerintahan di Beberapa NegaraSistem Pemerintahan Parlementer Badan legislatif atau parlemen adalah satu-satunya Kepala negara tidak sekaligus sebagai kepala badan yang anggotanya dipilih langsung oleh rakyat pemerintahan. melalui pemilihan umum. Presiden dapat membubarkan parlemen Anggota parlemen terdiri atas orang-orang dari partai politiknegara yang menggunakan sistem Contoh yang memenangkan pemiihan umum. pemerintahan parlemen: Inggris, India, Malaysia, Pemerintah atau kabinetdan Australia. para menteri Jepang, terdiri dari atas dan perdana menteri sebagai pemimpin kabinet. Kabinet bertanggung jawab kepada parlemen dan dapat bertahan sepanjang mendapat dukungan mayoritas anggota parlemen.
  5. 5. Sistem Pemerintahan di Beberapa NegaraSistem Pemerintahan Presidensial Parlemen memiliki kekuasaan legislatif dan sebagai Penyelenggara negara berada ditangan presiden. Presiden adalah kepalaperwakilan. lembaga negara sekaligus kepalapemerintahan. Presiden tidak dipilih oleh parlemen, tetapi Presiden tidak berada dibawah pengawasan langsung dipilih langsung oleh rakyat atau suatu dewan majelis. parlemen. Kabinet (dewan menteri) dibentuk oleh presiden. Contoh negara yang menggunakan sistem Presiden tidak bertanggungjawab kepada parlemen. pemerintahan presidensial: Amerika Serikat, Filipina, Brasil, Mesir, dan Argentina. Presiden tidak dapat membubarkan parlemen seperti dalam sistem parlementer.
  6. 6. Sikap Kritis Terhadap Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Mendukung setiap kebijakan Melakukan kontrol sosial pemerintah yang berorientasi terhadap kesejahteraan rakyat pada setiap kebijakan dan program pemerintah yang berorientasi pada pembangunan Berpartisipasi aktif pada proses demokratisasi nasional yang di jalankan pemerintahMemberikan kritik, saran, dan masukan Berupaya sekuat tenaga yang bersifat konstruktif terhadap menjadi warga negara kebijakan pemerintah yang kurang yang baik berorientas pada rakyat banyak.
  7. 7. Pers sebagai Komponen Infrastruktur PolitikPENGERTIAN PERSdalam arti sempit ; Pers adalah media cetak yangmencakup surat kabar, koran,majalah, tabloid, dan buletin-buletin pada kantor berita.dalam arti luas ; Pers mencakup semua media komunikasi, yaitu media cetak, media audio visual, dan media elektronik. Contohnya radio, televisi, film, internet, dsb.
  8. 8. ImplikasiPenyalahgunaan MediaMassa Kekuatan media dalammengubah gaya hidup seseorang. Memunculkan gaya hidup ala Barat.
  9. 9. Pers Media Komunikasi Massa Pesan-pesan media tidak dapat dilakukan secara langsung artinya jika kita berkomunikasi melalui surat kabar, maka Bersifat tidak langsung komunikasi kita tadi harus diformat sebagai beritaarah artikel, kemudian Bersifat satu atau dicetak, didistribusikan, baru kemudian sampai keterbuka Antara kita dan Bersifat audience. audience tidak bisa berkomunikasi secara Mempunyai publik yang secara komunikasi langsung, sebagaimana dalam tersebar tatap muka. Istilah yang sering digunakan adalah interposed.
  10. 10. Akhirnya Selesai Juga!! Dan kami mohon maaf apabila Special Thanks to: terdapat kesalahan-kesalahan Kami, Kelompok IV: dalam presentasiJUM Bpk ini karena kami irwan juga dalam proses Sebagaimega kami Dosen pembelajaran. rahmat sariyanti Serta… Aura KasihAmbil Cucian di rumah trilis Teman-teman terima Kasih tak Cukup Sekianyuni semua yang bisa kami sebutkan namanya Mengucapkan Syukursatu. satu per Alhamdulillah Sampai Jumpa di lain ini. atas selesainya presentasi Hwehehe…tak terkira. Sungguh kami bahagia kesempatan!!! Semoga teman-teman semua merasakan hal yang sama.

×