Kepemimpinan Visioner
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Kepemimpinan Visioner

on

  • 5,873 views

 

Statistics

Views

Total Views
5,873
Views on SlideShare
5,873
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
91
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Kepemimpinan Visioner Presentation Transcript

  • 1. KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM SEKOLAH
  • 2. A. PENGERTIAN KEPEMIMPINAN Kepemimpinan adalah suatu konsep yangsangat dekat dengan kesuksesan dalammencapai tujuan suatu organisasi. Kepemimpinakan sangat mewarnai, mempengaruhi bahkanmenentukan bagaimana perjalanan suatuorganisasi dalam mencapai tujuan-tujuannya.
  • 3. B. Pengertian Kepemimpinan Visioner Seth Kahan (2002), menjelaskan bahwa kepemimpinanvisioner melibatkan kesanggupan, kemampuan, kepiawaianyang luar biasa untuk menawarkan kesuksesan dankejayaan di masa depan. Seorang pemimpin yang visioner mampu mengantisipasisegala kejadian yang mungkin timbul, mengelola masadepan dan mendorong orang lain utuk berbuat dengancara-cara yang tepat. Hal itu berarti, pemimpin yangvisioner mampu melihat tantangan dan peluang sebelumkeduanya terjadi sambil kemudian memposisikan organisasimencapai tujuan-tujuan terbaiknya.
  • 4. C. KARAKTERISTIK PEMIMPIN VISIONERKepemimpinan visioner memiliki ciri-ciri yangmenggambarkan segala sikap dan perilakunya yangmenunjukkan kepemimpinannya yang berorientasi kepadapencapaian visi, jauh memandang ke depan dan terbiasamenghadapi segala tantangan dan resiko. Diantaracirri-ciri utama kepemimpinan visioner adalah:1.Berwawasan ke masa depan, bertindak sebagai motivator, berorientasi pada the best performance untuk pemberdayaan, kesanggupan untuk memberikan arahan konkrit yang sistematis
  • 5. 2. Berani bertindak dalam meraih tujuan, penuh percaya diri, tidak peragu dan selalu siap menghadapi resiko. Naskah Pidato Pengarahan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di depan jajaran aparatur negara propinsi Nusa Tenggara Barat, 5 Maret 20043. Mampu menggalang orang lain untuk kerja keras dan kerjasama dalam menggapai tujuan, dll4. Mampu merumuskan visi yang jelas, inspirasional dan menggugah, mengelola ‘mimpi’ menjadi kenyataan, mengajak orang lain untuk berubah, bergerak ke ‘new place.
  • 6. D. KEPEMIMPINAN VISIONER DALAM SEKOLAH Secara sederhana kepala sekolah dapat didefinisikansebagai seseorang tenaga fungsional guru yang diberi tugas untukmemimpin suatu sekolah dimana diselenggarakan proses belajarmengajar, atau tempat di mana terjadinya interaksi antara guruyang memberi pelajaran dan murid yang menerima pelajaran. Kepalasekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagipara staf dan para siswa. “Kepala sekolah adalah mereka yangbanyak mengetahui tugas-tugas mereka dan mereka yangmenentukan irama bagi sekolah mereka”
  • 7. Lembaga sekolah memerlukan pemimpin (kepala sekolah) yang visioner, yaitukepala sekolah yang berorientasi pada upaya pencapaian visi yang telahditetapkan dengan mengajak seluruh pihak untuk secara efektif menggapainyamelalui berbagai program dan kegiatan yang produktif. Pentingnya peranan kepalasekolah dalam menggerakkan kehidupan sekolah guna mecapai tujuan. Studikeberhasilan kepala sekolah menunjukkan bahwa kepala sekolah adalah seseorangyang menentukan titik pusat dan irama suatu sekolah. Kepala sekolah yang berhasiladalah kepala sekolah yang memahami keberadaan sekolah sebagai organisasikompleks yang unik, serta mampu melaksanakan perannya dalam memimpinsekolah.
  • 8. E. Kualitas Kepala Sekolah yang visioner Peran utama yang harusdiemban oleh kepala sekolah yangmembedakannya dari jabatan-jabatan kepala lainnya adalahperan sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah harus tahupersis apa yang ingin dicapainya (visi)dan bagaimana mencapainya (misi).Kepala sekolah yang visioner sangatmemahami betapa pentingnyamengajak semua pihak terkait dalam
  • 9. Thanks 4 ur attentionSorry if there are any mistake in our material and presentation..