• Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • Ijin download mbak :D
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
4,854
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1

Actions

Shares
Downloads
162
Comments
1
Likes
3

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PERANAN KOPERASI DALAMPEMBANGUNAN SOSIAL DANEKONOMI INDONESIA
  • 2. PENGERTIAN KOPERASIo Secara sederhana berawal dari kata ‘Co’ yang berarti bersama dan ‘Operation’ (Koperasi operasi) artinya bekerja. Jadi pengertian koperasi adalah kerja sama.o Suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan ekonomi yang sama.o Diikat dalam suatu organisasi yang berasaskan kekeluargaan dengan maksud mensejahterakan anggota.o Anggota menerima resiko dan manfaat berimbang.o Badan usaha yang secara sukarela dikendalikan oleh anggota.
  • 3. PRINSIP KOPERASI Prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) adalah : Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela Pengelolaan yang demokratis, Partisipasi anggota dalam ekonomi, Kebebasan dan otonomi, Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.
  • 4. Di Indonesia sendiri telah dibuat UU no. 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian. Prinsip koperasi menurut UU no. 25 tahun 1992 adalah: Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka Pengelolaan dilakukan secara demokrasi Pembagian SHU dilakukan secara adil sesuai dengan jasa usaha masing-masing anggota Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal Kemandirian Pendidikan perkoperasian Kerjasama antar koperasi
  • 5. MANFAAT KOPERASI DI BIDANG SOSIAL DANEKONOMIBerikut ini beberapa manfaat koperasi di bidang sosial : Mendidik para anggotanya untuk memiliki semangat bekerja sama, baik dalam menyelesaikan maupun dalam membangun tatanan sosial masyarakat yang lebih baik. Mendidik para anggotanya untuk memiliki semangat berkorban, sesuai dengan kemampuannya masing-masing demi terwujudnya tatanan sosial dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan beradab. Mendorong terwujudnya suatu tatanan sosial yang bersifat demokratis, menjamin dan melindungi hak dan kewajiban setiap orang. Mendorong terwujudnya suatu kehidupan masyarakat yang tentram dan damai.
  • 6. Berikut ini beberapa manfaat koperasi di bidang ekonomi : Meningkatkan penghasilan anggota-anggotanya. Menawarkan barang dan jasa dengan harga yang lebih murah. Menumbuhkan motif berusaha yang berperikemanusiaan. Menumbuhkan sikap jujur dan keterbukaan dalam pengelolaan koperasi. Melatih masyarakat untuk menggunakan pendapatannya secara lebih efektif dan membiasakan untuk hidup hemat. Mendorong terwujudnya kehidupan masyarakat damai dan tenteram. Mendorong terwujudnya aturan yang manusiawi Mendidik anggota-anggotanya untuk memiliki semangat kerja sama dan semangat kekeluargaan.
  • 7. ASPEK-ASPEK POKOK KOPERASI DAN SISTEMEKONOMIA. Sistem perekonomian swasta atau kapitalis, misalnya Amerika Serikat, Republik Federasi Jerman, dan Negara-negara industri Barat lainnya termasuk Jepang.B. Sistem perekonomian sosialis yang direncanakan dari pusat, misalnya Republik Demokrasi Jerman dan Uni Soviet.C. Sistem perekonomian pasar sosialis dengan pemilikan masyarakat (Yugoslavia) atau denagn pemiliakn Negara (Hongaria) yang telah dikembangkan berdasarkan pengalaman-pengalaman negatif yang diperoleh dari penerapan bentuk perencanaan administratif dari pusat atau berbagai kegiatan ekonomi dan atas berbagai proses pembangunan.
  • 8. PERANAN KOPERASI DALAM PEMBANGUNANSOSIAL DAN EKONOMI Peranan koperasi sangat terasa dalam pembangunannasional dibidang ekonomi karena koperasi banyak berperandalam hal tersebut, diantaranya:1. Membantu meningkatkan penghasilan dan kemakmuran khususnya anggota dan masyarakat pada umumnya.2. Membantu meningkatkan kemampuan usaha, baik perorangan maupun masyarakat.3. Membantu pemerintah dalam menyediakan lapangan pekerjaan.4. Membantu usaha meningkatkan taraf hidup masyarakat.5. Membantu pembangunan dan pengembangan potensi ekonomi anggota khususnya dan masyarakat umumnya.6. Koperasi dapat menjadi pencipta pasar baru dan sumber inovasi
  • 9. Koperasi juga berperan dalam pembangunan nasionaldibidang sosial karena pada dasarnya koperasi adalahorganisasi atau perkumpulan yang bersifat sukarela. Peranankoperasi dibidang sosial diantaranya:1. Menjadi pendorong bagi para anggotanya untuk memiliki semangat kerja sama dalam membangun tatanan sosial masyarakat yang lebih baik.2. Membantu terciptanyanya suatu tatanan sosial yang bersifat demokratis serta melindungi hak dan kewajiban semua orang.3. Membantu terwujudnya suatu kehidupan masyarakat yang tentram dan damai.