Ppt black hole

1,311 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,311
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
2
Actions
Shares
0
Downloads
106
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Ppt black hole

  1. 1. .Loading Please wait…..
  2. 2. KELOMPOK 2Kelas : XI IPA 3ANGGOTA : AFDAL ZIKRA ALFEDANITA APRIANI FAHMI KURNIA RAMADHANGIVEN PAUTAMI MP IDA AYU GANITRI ADNYASUARI MUHAMMAD ARIO SHEILLA YOGAPINZI BURWANA
  3. 3. PENGERTIAN BLACK HOLE(LUBANG HITAM)• Lubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yangcukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yangsangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar inimencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilakuterowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuatsehingga kecepatan lepas di dekatnya mendekatikecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasielektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya,bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapatkeluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata "hitam".Istilah "lubang hitam" telah tersebar luas, meskipun iatidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapimerupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semuatidak dapat kembali
  4. 4. • Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuranapa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alamraya yang dapat diamati.• Dr. Paul Green dari pusat sinar-X Chandramenjelaskan lubang hitam sebagai berikut:• "Sebuah lubang hitam terbentuk ketika materiruntuh kedalam dirinya sendiri sehingga menjadipadat apapun yang datang mendekatinya, bahkancahaya,`tidak dapat lari darinya.
  5. 5. Sejarah Black Hole• Teori adanya lubang hitam pertama kali diajukan pada abad ke-18oleh John Mitchell and Pierre-Simon Laplace, selanjutnyadikembangkan oleh astronom Jerman bernama KarlSchwarzschild, pada tahun 1916, dengan berdasar pada teorirelativitas umum dari Albert Einsten, dan semakin dipopulerkanoleh Stephen William Hawking. Pada saat ini banyak astronomseperti charis yang percaya bahwa hampir semua galaksi dialamsemesta ini mengelilingi lubang hitam pada pusat galaksi. AdalahJohn Archibald Wheeler pada tahun 1967 yang memberikan nama"Lubang Hitam" sehingga menjadi populer di dunia bahkan jugamenjadi topik favorit para penulis fiksi ilmiah. Kita tidak dapatmelihat lubang hitam akan tetapi kita bisa mendeteksi materiyang tertarik / tersedot ke arahnya. Dengan cara inilah, paraastronom mempelajari dan mengidentifikasikan banyak lubanghitam di angkasa lewat observasi yang sangat hati-hati sehinggadiperkirakan di angkasa dihiasi oleh jutaan lubang hitam.
  6. 6. Asal-mula lubang hitamLubang Hitam tercipta ketika suatu obyek tidak dapatbertahan dari kekuatan tekanan gaya gravitasinyasendiri. Banyak obyek (termasuk matahari dan bumi)tidak akan pernah menjadi lubang hitam.Tekanan gravitasi pada matahari dan bumi tidakmencukupi untuk melampaui kekuatan atom dan nuklirdalam dirinya yang sifatnya melawan tekanan gravitasi.Tetapi sebaliknya untuk obyek yang bermassa sangatbesar, tekanan gravitasi-lah yang menang.
  7. 7. Lanjutan…• Massa dari lubang hitam terus bertambah dengancara menangkap semua materi didekatnya. Semuamateri tidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jikamelintas terlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisamenjaga jarak yang aman dari lubang hitam akanterhisap. maybe one day, the thing will haappen withsun, moonth, and our world be able to be darkBerlainan dengan reputasi yang disandangnya saatini yang menyatakan bahwa lubang hitam dapatmenghisap apa saja disekitarnya, lubang hitam tidakdapat menghisap material yang jaraknya sangat jauhdari dirinya. dia hanya bisa menarik materi yanglewat sangat dekat dengannya.
  8. 8. • Contoh : bayangkan matahari kita menjadi lubang hitamdengan massa yang sama. Kegelapan akan menyelimuti bumidikarenakan tidak ada pancaran cahaya dari lubang hitam,tetapi bumi akan tetap mengelilingi lubang hitam itu denganjarak dan kecepatan yang sama dengan saat ini dan tidakterhisap masuk kedalamnya.Bahaya akan mengancam hanya jika bumi kita berjarak 10 mildari lubang hitam, hal ini masih jauh dari kenyataan bahwabumi berjarak 93 juta mil dari matahari. Lubang hitam jugadapat bertambah massanya dengan cara bertubrukan denganlubang hitam yang lain sehingga menjadi satu lubang hitamyang lebih besar.
  9. 9. Proses Terbentuknya Black Hole• Istilah “lubang hitam” pertama kali digunakanoleh ahli fisika Amerika Serikat, John ArchibaldWheeler pada 1968. Wheeler memberi namademikian karena lubang hitam tidak dapatdilihat, karena cahaya turut tertarik ke dalamnya sehingga kawasan di sekitar nya menjadigelap. Menurut teori evolusi bintang, lubanghitam berasal dr sejenis bintang biru yangmemiliki suhu permukaan lebih dari 25.000derajat Celcius.
  10. 10. Lanjutan…• Ketika pembakaran hidrogen di bintang biru yg memakanwaktu kira-kira 19 juta tahun selesai, ia akan menjadibintang biru raksasa. Kemudian,bintang itu menjadidingin dan menjadi bintang merah raksasa. Dalam faseitulah,akibat tarikan gravitasi nya sendiri, bintang merahraksasa mengalami ledakan dahsyat atau sering disebutdengan Supernova dan menghasilkan 2 jenis bintangyaitu bintang Netron dan Black Hole
  11. 11. PERTUMBUHAN BLACK HOLEMassa dari lubang hitam terus bertambah dengan caramenangkap semua materi didekatnya. Semua materitidak bisa lari dari jeratan lubang hitam jika melintasterlalu dekat. Jadi obyek yang tidak bisa menjaga jarakyang aman dari lubang hitam akan tersedot.Berlainan dengan reputasi yang disandangnya saat iniyang menyatakan bahwa lubang hitam dapat menyedotapa saja disekitarnya, lubang hitam tidak dapatmenyedot material yang jaraknya sangat jauh daridirinya. dia hanya bisa menarik materi yang lewatsangat dekat dengannya.
  12. 12. FAKTA MENARIK MENGENAI BLACKHOLE• Cahaya melengkung begitu dalam di dekat lubang hitamsehingga apabila Anda berada dekatnya dan berdirimembelakangi, Anda akan dapat melihat berbagaibayangan dari setiap bintang di jagat raya, dan dapatmelihat bagian belakang dari kepala Anda sendiri.• Di bagian dalam sebuah lubang hitam, ketentuan-ketentuan soal jarak dan waktu berlaku kebalikan: sepertihalnya saat ini Anda tidak dapat menghindar dariperjalanan menuju masa depan, di dalam lubang hitamAnda tidak dapat mengelak dari singularitas sentral.
  13. 13. Lanjutan…• Apabila Anda berdiri pada sebuah jarak aman darilubang hitam dan melihat seorang teman terjatuh kedalamnya, dia akan terlihat bergerak melamban danhampir berhenti ketika sampai di tepian event horizon.Bayangan teman itu akan memudar dengan sangatcepat. Sayangnya, dari sudut pandangnya sendiri diaakan melintasi event horizon dengan aman, dan akanbertemu dengan ajalnya di singularitas.Lubang-lubang hitam adalah objek-objek yang palingsederhana di jagat raya. Anda dapatmenggambarkannya secara utuh dengan hanyamengetahui massa, olakan, dan muatan listriknya.Sebaliknya, untuk melukiskan secara utuh sebutir debusaja, Anda harus menjelaskan posisi dan kondisi seluruhatomnya.
  14. 14. Gambar-Gambar Lubang Hitam(BlackHole)
  15. 15. VIDEO TENTANG BLACK HOLEVIDEO PERTAMA• Lubang hitam adalah kondisi setelah bintangmeledak sampai materi disekitarnyatermampatkan tak hingga, mirip seperi pusaranair.Dinamakan lubang hitam karena ditempat initidak ada cahaya karena seluruh materi termasukcahaya tidak dapat melepaskan diri darinya.Untuk menjadi lubang hitam bintang harus lebihbesar 3x dari massa matahari.• Black Holelubang hitam - YouTube_3.FLV
  16. 16.  VIDEO KEDUA• Black hole terbentuk akibat matinya sebuahbintang yang berukuran sangat raksasa. Saatbintang tersebut mati, ia meledak dan menghisapdirinya sendiri. Setelah itu, ia akan menghisapsegala sesuatu yang ada di sekalilingnya. Menurutpara astronom,setidaknya tedapat satu buah black hole di setiapgalaksi. Berikut ini ilustrasi Video: Proses BlackHole Menelan Bintang.• Black HoleProses Black Hole Menelan Bintang.flv- YouTube.FLV

×