• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Metallurgical Engineering
 

Metallurgical Engineering

on

  • 1,453 views

A little bit about Metallurgical Engineering

A little bit about Metallurgical Engineering

Statistics

Views

Total Views
1,453
Views on SlideShare
1,453
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
67
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

11 of 1 previous next

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • siiip
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Metallurgical Engineering Metallurgical Engineering Presentation Transcript

    • Powerpoint Templates Page 1 Powerpoint Templates Teknik Metalurgi Metallurgical Engineering
    • Powerpoint Templates Page 2 Apa itu Teknik Metalurgi? Pengertian – Dari Berbagai Sumber Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu keteknikan yang membahas tentang proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, proses penguatan logam serta fenomena-fenomena kegagalan dan degradasi logam. (sumber: www.engineeringtown.com)
    • Powerpoint Templates Page 3 Teknik Metalurgi adalah bidang ilmu yang menggunakan prinsip-prinsip keilmuan fisika, matematika dan kimia serta proses enjiniring untuk menjelaskan secara terperinci dan mendalam fenomena-fenomena proses pengolahan mineral (termasuk pengolahan batubara), proses ekstraksi logam dan pembuatan paduan, hubungan perilaku sifat mekanik logam dengan strukturnya, fenomena- fenomena proses penguatan logam serta fenomena- fenomena kegagalan dan degradasi logam. Ketiga ilmu dasar sains digunakan dalam mengembangkan tiga sektor dasar dalam Body Knowledge Metalurgi yang meliputi Metalurgi Kimia, Metalurgi Fisika dan Enjiniring Proses. (sumber: www.metallurgy.itb.ac.id)
    • Powerpoint Templates Page 4 Metalurgi didefinisikan sebagai suatu ilmu yang mempelajari karakteristik / sifat / perilaku logam, ditinjau dari sifat mekanik (kekuatan, keuletan, kekerasan, ketahanan lelah, dsb.), fisik (konduktivitas panas, listrik, massa jenis, magnetik, optik, dsb), kimia (ketahanan korosi, dsb) dan teknologi (kemampuan logam untuk dibentuk, dilas / disambung, dimesin, dicor dan dikeraskan). (sumber: happynriyono.blogspot.com)
    • Powerpoint Templates Page 5 Teknik Metalurgi merupakan bidang ilmu yang mempelajari fenomena-fenomena proses pengolahan mineral, ekstraksi logam, penguatan logam dan lain sebagainya. Tujuan pendidikan prodi ini adalah menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi dalam pemisahan mineral berharga dari mineral lain, melakukan ekstraksi mineral berharga menjadi logam murni dan lainnya yang berhubungan dengan proses pembuatan dan pengolahan logam. (sumber: mtr- tovic.blogspot.com) Metalurgi adalah ilmu, seni, dan teknologi yang mengkaji proses pengolahan dan perekayasaan mineral dan logam. (sumber: id.wikipedia.org)
    • Powerpoint Templates Page 6 Jadi, dapat disimpulkan bahwa Teknik Metalurgi adalah suatu program studi mata perkuliahan yang mempelajari sifat-sifat logam, cara pemurnian logam, serta selanjutnya cara pembuatan dan pengolahan logam untuk berbagai penerapan dan keperluan dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu Metalurgi sendiri sudah berkembang sejak zaman sejarah di mana manusia gua sudah menerapkannya dalam proses pengolahan emas (atau logam lain) untuk membuat senjata untuk berburu. Dan seiring perkembangan teknologi, teknik pengolahan logam pun makin berkembang dari masa ke masa.
    • Powerpoint Templates Page 7 Apa yang spesial dari logam? Berdasarkan ASM (American Society of Metals), Logam didefinisikan sebagai unsur kimia yang mempunyai sifat konduktivitas panas dan listrik yang baik, buram dan jika dipoles hingga mengkilap akan menjadi reflector / pemantul cahaya yang baik. Selain itu mempunyai sifat tidak tembus cahaya dan mempunyai kekuatan dan keuletan yang baik. Unsur-unsur logam juga terlihat dominan (sekitar 80%) dibandingkan unsur-unsur lainnya di alam. Itulah mengapa logam sangat banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai macam produk dalam kehidupan sehari-hari serta dipelajari khusus dalam bidang keteknikan yaitu teknik metalurgi.
    • Powerpoint Templates Page 8 Metalurgi dibagi menjadi 3 Divisi: Disebut juga metalurgi kimia, adalah semua proses yang menyangkut perubahan kimia dari bijih sampai jadi bahan baku termasuk pemurniannya. Divisi ini biasanya bekerja sama dengan bagian pertambangan, yaitu setelah bahan tambang (bijih logam kotor) telah diperoleh dari alam dan selanjutnya ditindaklanjuti oleh insinyur metalurgi untuk dimurnikan dari logam pengotornya. 1. Metalurgi Ekstraktif
    • Powerpoint Templates Page 9 Gambar (atas): Insinyur tambang yang telah memperoleh hasil tambangnya siap ditindaklanjuti untuk proses pemurniannya. Gambar (samping): Salah satu proses pemurnian sekaligus pengolahan logam adalah proses tanur sembur.
    • Powerpoint Templates Page 10 2. Metalurgi Fisik Adalah mempelajari struktur dan sifat fisik lainnya dari logam dan paduannya. Untuk mengetahui sifat fisik diperlukan peralatan seperti mikroskop optic, mikroskop electron untuk mempelajari struktur logam dan sinar X untuk mempelajari struktur kristal dasar. Juga dipelajari sifat magnetic, daya hantar listrik dan panas, susut muai logam dan tahanan listriknya. Semua penelitian dilakukan dalam keadaan padat. Gambar: Insinyur metalurgi yang sedang meneliti struktur dan sifat logam.
    • Powerpoint Templates Page 11 3. Metalurgi Mekanik Proses pengerjaan secara mekanik untuk mencapai bentuk tertentu termasuk proses pembentukan dan proses lainnya yang tidak merubah komposisi kimia, termasuk sifat mekanik dan cara ujinya. Bisa dibilang merupakan proses pengolahan logam untuk berbagai keperluan (biasanya di tingkat industri masal). Gambar: Salah satu contoh pencetakan logam murni yang sudah dilebur pada suhu tinggi.
    • Powerpoint Templates Page 12 Lingkup Ilmu Teknik Metalurgi: 1. Pengolahan Mineral (Minerral Dressing) 2. Ekstraksi Logam dan Pemurniannya 3. Perekayasaan Sifat Fisik Logam (Physical Metallurgy) 4. Produksi Logam (Mechanical Metallurgy) 5. Teknologi Perancangan dan Pengoprasian Sistem Metalurgi 6. Fenomena Kegagalan Struktur Logam 7. Teknologi Daur Ulang
    • Powerpoint Templates Page 13 Keahlian Seorang Insinyur Metalurgi: Mampu memisahkan mineral berharga dari mineral pengotornya (mineral processing) di dalam bijih (ores) hasil penambangan agar siap untuk diekstraksi secara teknis dan ekonomis. Termasuk dalam mineral processing ini misalnya adalah pencucian batubara. Mampu mengekstraksi (extraction) logam berharga dan memurnikannya (refining) menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium, atau menghasilkan paduan seperti nickel matte dan ferro-nickel. Termasuk dalam extraction ini misalnya adalah pembuatan alumina (Al2O3) dari bijih bauksit dan pencairan batubara, serta daur ulang.
    • Powerpoint Templates Page 14 Mampu melakukan evaluasi kinerja pabrik pengolahan mineral/bahan galian dan ekstraksi logam ditinjau berdasarkan aspek efisiensi penggunaan bahan baku dan sumberdaya energi serta kualitas produknya. Mampu memadukan logam dengan unsur lain (alloying) membentuk paduan logam, misalnya berbagai jenis baja, besi cor, paduan aluminium, kuningan, paduan nikel, superalloy. Mampu mendapatkan hubungan antara struktur mikro (micro structure) dengan sifat (properties) logam dan paduannya, misalnya pengaruh partikel karbida terhadap kekuatan tarik (tensile strength) dan ketahanan korosi baja.
    • Powerpoint Templates Page 15 Poin-poin Penting Tentang Teknik Metalurgi: oBidang teknik metalurgi dan material berusaha mengembangkan dan meningkatkan karakteristik dari material sejalan dengan pengetahuan tentang perilaku dari sifat-sifat material seperti kekuatan, ketangguhan, kekerasan , optik, ketahahanan korosi dan lain-lain. Gambar: Insinyur metalurgi yang sedang meneliti dan mengembangkan struktur logam baru.
    • Powerpoint Templates Page 16 oDengan pengetahuan dasar tetang sifat-sifat material maka penemuan dan pengembangan material-material baru beserta produk-produknya akan meningkatkan kemampuan dari material yang telah ada menuju material yang lebih kuat, aman dan tahan lama. oKebutuhan tenaga insinyur metalurgi dan material terus meningkat seiring dengan makin meningkatnya tuntutan kebutuhan hidup manusia pada umumnya, pada lapangan pekerjaan yang sangat luas dan beragam. Gambar: Insinyur metalurgi yang sedang meneliti dan mengembangkan struktur logam baru.
    • Powerpoint Templates Page 17 oCakupan bidang ilmu yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari pada program studi ini sangat luas. Mulai dari badan dan mesin mobil, badan pesawat, plastik kemasan, alat komunikasi, keramik insulator, filament x-ray yang terbuat dari metallic powder hingga material tercanggih yang ada saat ini seperti titanium dan fiber composites yang digunakan pada pesawat luar angkasa, ginjal buatan, body implants dan superkonduktor, dan lain-lain.
    • Powerpoint Templates Page 18 Prospek Lulusan Teknik Metalurgi: 1. Bidang Industri Pertambangan (PT. Freeport Indonesia, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Newmont Nusa Tenggara, industri semen, pengolahan mineral bahan keramik dan bahan refraktori). 2. Bidang Industri Ekstraksi Dan Peleburan Logam (PT. INCO, PT. Aneka Tambang, PT. Timah, PT. Inalum, PT. Krakatau Steel, industri pengolah emas- perak, dll). 3. Bidang Industri Manufaktur (industri pengecoran logam, industri otomotif, pesawat terbang, kereta api, perkapalan, industri pembuatan mesin dan komponen).
    • Powerpoint Templates Page 19 4. Bidang Industri Perminyakan Dan Gas (pada bidang ini, lulusan Teknik Metalurgi dan Material dapat menduduki posisi sebagai corrosion engineers, pipeline risk & assessment, dan metallurgical failure analyst). 5. Bidang Lembaga Penelitian, Akademisi, dan Pemerintahan. 6. Dan Bidang Lain (Mikroelektronik, konsultan, Bidang Kesehatan, dan Bidang Pembangkit Energi Listrik).
    • Powerpoint Templates Page 20 Daftar Perguruan Tinggi Indonesia yang terdapat Teknik Metalurgi: 1. Universitas Indonesia (UI) 2. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) 3. Institut Teknologi Bandung (ITB) 4. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)
    • Powerpoint Templates Page 21 Berminat meneruskan ke Teknik Metalurgi??
    • Powerpoint Templates Page 22 Presentasi Oleh: Nama: Shaprizal Ibrahim Kelas: XII IPA 2 Alamat email: shaprizalibrahim@gmail. com