Week 7   manajemen jaringan komputer, SISTIM INFORMASI MANAGEMEN
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Week 7 manajemen jaringan komputer, SISTIM INFORMASI MANAGEMEN

on

  • 337 views

 

Statistics

Views

Total Views
337
Views on SlideShare
323
Embed Views
14

Actions

Likes
0
Downloads
22
Comments
0

1 Embed 14

http://blognyaanakstmik.blogspot.com 14

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Week 7 manajemen jaringan komputer, SISTIM INFORMASI MANAGEMEN Presentation Transcript

  • 1. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001 MANAJEMEN JARINGAN KOMPUTER
  • 2. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001 Manajemen Jaringan Komputer: sebuah pekerjaan untuk memelihara seluruh sumber jaringan dalam keadaan baik, karena saat ini jaringan sangat kompleks, dinamik dan terdiri atas komponen yang tidak dapat diandalkan 100%, peralatan yang baik diperlukan untuk mengelola jaringan tersebut. Aktivitas yang dilakukan dalam pengelolaan administrasi jaringan sebagai berikut :  Manajemen kesalahan (Fault Management), yang mengelola kesalahan jaringan dan memperbaikinya.  Manajemen perlengkapan (device management), yang menangani berbagai macam peralatan jaringan.
  • 3. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001  Manajemen Konfigurasi (Configuration Management), yaitu yang mengawasi perubahan yang terjadi pada jaringan.  Manajemen Kinerja (performance management), yaitu memantau kerja jaringan.  Manajemen Sejarah (history management), yaitu mencatat kegagalan dan keandalan peralatan.  Accounting, yaitu mencatat penggunaan resources.  Keamanan (security), yang mencegah penggunaan resources secara tidak sah.  Jangkauan, yaitu menangani jaringan yang besar.  Merawat dan meng-upgrade software.  Remote access, yaitu melaksanakan manajemen dari berbagai lokasi.
  • 4. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001 Aset-aset yang mesti di kelola dalam jaringan komputer:  Aset Perangkat keras : Komputer, Hub, Switching, Router, PBX, Sentral Telefon, Piranti Transmisi/Trunking  Aset Perangkat lunak Software : Sistem Operasi (Operating System)/ Network Operating system, Aplikasi, Dll. Tujuan dari manajemen jaringan komputer:  Menjaga agar jaringan tetap berjalan  Memelihara Kinerja Jaringan  Mengurangi ongkos kepemilikan (memberikan added value)
  • 5. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001 Menjaga agar jaringan tetap berjalan  Menjaga Sistem agar tetap beroperasi  Mengumpulkan informasi tentang “kesehatan” suatu jaringan Memelihara Kinerja Jaringan  Jaringan harus mampu mendatangkan manfaat (terus menerus -> Optimal)  Memahami kapan pelanggan menjadi tidak puas  Memelihara QoS yang disepakati  Manajemen Jaringan mampu menyediakan informasi yang diperlukan u/ analisis jangka pendek maupun jangka panjang
  • 6. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-002STMIK INDONESIA JK-002 Mengurangi ongkos kepemilikan  Perangkat yang diinstal adalah suatu pengeluaran (ongkos)  Manajemen : Reaktif (suatu tindakan reaktif terhadap suatu masalah-masalah) - > kadang tidak memperhatikan berapa besar biaya yang dikeluarkan u/ menyelesaikan  Manajemen : Proaktif (suatu tidakan yang terencana) -> diharapkan dapat menekan biaya biaya seperti pada manajemen yang bersifat reaktif
  • 7. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-003STMIK INDONESIA JK-003 Dalam mengimplementasikan manajemen jaringan komputer harus memperhatikan aspek teknis dan aspek nonteknis, maka pengelolaan jaringan komputer bisa dibuat dengan sistematis dan periodik yang meliputi pemeliharaan, perbaikan dan penambahan fasilitas di dalam jaringan komputer yang terukur dan sesuai dengan kebutuhan organisasi. Jaringan komputer hanyalah fasilitas pendukung lembaga, oleh karena itu pengelolaan jaringan komputer harus didasarkan kepada kebutuhan organisasi atau lembaga atau institusi. Pengelolaan jaringan komputer organisasi atau lembaga dapat dibagi ke dalam tiga langkah yaitu :
  • 8. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-004STMIK INDONESIA JK-004 1. Pemeliharaan dan perlindungan Langkah pemeliharaan meliputi pemeliharaan semua kabel dan konektor, sistem operasi server dan software aplikasinya. Pemeliharaan dan perlindungan data yang terdapat di dalam server. Perlindungan pengguna dari virus dan spam serta hacker dan cracker. Pemeliharaan jaringan komputer juga perlu ditunjang oleh teknisi genset, bila jaringan tersebut didukung oleh generator pengsupply listrik cadangan, maintenance genset harus dimasukan ke dalam agenda maintenance jaringan komputer. Bila jaringan computer memiliki banyak pengguna, langkah pemeliharaan jaringan memerlukan server autentifikasi user agar kinerja jaringan computer tidak jenuh.
  • 9. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-005STMIK INDONESIA JK-005 2. Perbaikan Perbaikan yang dilakukan pada pengelolaan jaringan komputer pada umumnya terfokus pada perbaikan server dan kabel serta perangkat network yang rusak. Pengetahuan langkah troubleshooting server unix perlu dimiliki admin. Selain itu pengetahuan alat ukur pengecek kondisi kabel data antar titik berjarak dekat maupun titik berjarak jauh lintas geografis, perlu dimiliki oleh admin. Perbaikan pada komputer pengguna dapat juga ditangani oleh admin dan teknisi, akan tetapi pada jaringan computer yang besar, setiap pengguna dianjurkan dapat mensetup alamat IP, nama host dan setup client sendiri berikut anti virusnya. Tim admin dianjurkan membuat petunjuk yang mudah difahami oleh pengguna jaringan komputer dan bisa dilakukan oleh mereka.
  • 10. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-006STMIK INDONESIA JK-006 3. Penambahan fasilitas jaringan komputer Penambahan fasilitas jaringan komputer pada saat ini tergantung kebutuhan organisasi. Bila organisasi membutuhkan fasilitas tambahan seperti service hot spot atau akses Internet wireless di lingkungan organisasi, maka admin jaringan komputer bisa menambahkan perangkat wireless berikut server pendukungnya. Penambahan fasilitas jaringan komputer lainya memerlukan peningkatan kemampuan admin dalam mensetup dan mengadiministrasi server server yang berisi perangkat lunak aplikasi lainnya seperti mysql, php, apache, samba,java, wordpress dan lain lain. Tim admin yang bekerja dengan database dan organisasi pemilik database memerlukan pengembangan fasilitas database berbasis web, perlu dibantu oleh web master yang memiliki skill pengembangan web menggunakan teknik scripting berbasis bahasa
  • 11. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-011STMIK INDONESIA JK-011 TERIMA KASIHTERIMA KASIH