01 week1 jaringan_komputer

302 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
302
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
8
Actions
Shares
0
Downloads
25
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

01 week1 jaringan_komputer

  1. 1. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-001STMIK INDONESIA JK-001
  2. 2. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-002STMIK INDONESIA JK-002 Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan melalui media fisik / non fisik (wireless) dan software yang memfasilitasi komunikasi antara komputer-komputer tersebut. Ada 2 (dua) kategori jaringan: Peer to Peer (Workgroups) Komputer pada sebuah jaringan peer-to-peer dapat berfungsi sebagai sebuah client maupun sebagai sebuah server, jaringan peer-to-peer tidak memiliki kontrol terpusat (centralized control) pada sumber daya yang terbagi (shared resources). Semua peralatan dapat membagikan sumber dayanya dengan semua komputer pada jaringan yang sama. Beberapa Keuntungan - Mudah dalam pemasangan (install) dan konfigurasi. - Masing-masing komputer tidak tergantung pada
  3. 3. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-003STMIK INDONESIA JK-003 - Pengguna dapat mengatur pembagian sumber dayanya sendiri (own shared resources). - Biaya investasi dan operasional jaringan peer-to- peer tidak mahal. - Anda tidak membutuhkan peralatan atau software lainnya selain sebuah sistem operasi, kartu jaringan, dan kabel. - Tidak membutuhkan seorang karyawan khusus sebagai administrator untuk menjalankan jaringan. - Cocok untuk jaringan dengan jumlah pengguna <10. Beberapa Kerugian - Pada waktu yang sama anda hanya dapat menerapkan atau merubah keamanan jaringan pada sebuah sumber daya saja (penerapan atau perubahan keamanan sumber daya yang ada pada jaringan dilakukan secara satu per satu). - Kunci (password) yang harus diingat oleh pengguna bertambah banyak seiring dengan bertambahnya
  4. 4. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-004STMIK INDONESIA JK-004 - Anda harus melakukan penyelamatan data (backup) pada setiap komputer untuk melindungi data yang terbagi (shared data). - Pada saat seseorang meng-akses sumber daya yang terbagi, komputer dimana sumber daya tersebut berada mengalami penurunan unjuk kerja (performance). - Tidak adanya pola organisasi yang terpusat (no centralized organizational scheme) untuk meng- alokasi atau mengatur hak akses kepada data. Client – Server Client/Server biasa di deskripsikan sebagai “network servers” atau “server-based” (Microsoft lebih suka menggunakan istilah “server- based” untuk mendeskripsikan hubungan Client/Server). Sebagai definisi sederhana sebuah server adalah sebuah mesin (komputer) yang hanya berfungsi untuk melayani atau menjawab (dengan kata lain me-respond) permintaan client.
  5. 5. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-005STMIK INDONESIA JK-005 Beberapa Keuntungan - Jaringan berbasis-server memberikan pemusatan (provide centralized) user accounts, keamanan (security), dan pengaturan akses (access control), yang memudahkan administrator jaringan. - Peralatan yang lebih ber-dayaguna berarti lebih efisien-nya proses akses ke sumber daya jaringan dengan baik. - Pengguna (users) hanya perlu mengingat satu password untuk login jaringan, yang akan memberikan mereka hak akses ke- seluruh sumber daya yang di-ijinkan untuk di akses.
  6. 6. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-006STMIK INDONESIA JK-006 Beberapa Kerugian - Kegagalan sebuah server dapat mengakibatkan tidak berfungsinya jaringan; sehingga mengakibatkan hilangnya sumber daya jaringan. - Seluruh jaringan membutuhkan staff yang berpengalaman untuk mengatur perangkat lunak server yang khusus (special-purpose server software) yang komplek, sehingga menambah biaya secara keseluruhan. - Biaya selalu meningkat seiring dengan kebutuhan akan perangkat keras yang berfungsi khusus (dedicated hardware) dan perangkat lunak yang dirancang khusus (specialized software).
  7. 7. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-007STMIK INDONESIA JK-007 Media fisik / wireless Komputer 2Komputer 1 Jaringan Peer to PeerJaringan Peer to Peer
  8. 8. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-008STMIK INDONESIA JK-008 Jaringan Client - ServerJaringan Client - Server
  9. 9. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-009STMIK INDONESIA JK-009 Ada 2 (dua) jenis jaringan: LAN (Local Area Network) Merupakan sebuah kumpulan komputer yang terdapat pada sebuah lokasi dan saling terhubung, misalkan jaringan komputer yang terdapat dalam sebuah gedung. WAN (Wide Area Network) Merupakan sistem jaringan yang saling menghubungkan beberapa LAN dan tidak tergantung pada sebuah lokasi, misalkan jaringan internet. Secara administrasi jaringan WAN membutuhkan pihak ketiga (Network Provider) untuk menyediakan media penghubung yang mampu menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda.
  10. 10. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-010STMIK INDONESIA JK-010 LAN (Local Area Network)LAN (Local Area Network)
  11. 11. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-011STMIK INDONESIA JK-011 WAN (Wide Area Network)WAN (Wide Area Network)
  12. 12. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-012STMIK INDONESIA JK-012 Topologi adalah istilah yang digunakan untuk mengambarkan bagaimana komputer terhubung dalam suatu jaringan. Topologi fisik menguraikan layout aktual dari perangkat keras jaringan; topologi logika menguraikan perilaku komputer pada jaringan, dari sudut pandang operator manusianya. Jenis-jenis topologi jaringan: B U S Topologi bus merupakan jenis topologi yang memiliki metode paling sederhana, terdiri dari sebuah kabel trunk (backbone) yang menghubungkan semua komputer yang tergabung dalam sebuah jaringan dalam sebuah jalur. STAR Topologi star menggambarkan setiap komputer terhubung melalui kabel kesebuah komponen secara terpusat yang disebut hub. Topologi ini memiliki keunggulan dalam hal minimalnya lintas data sepanjang kabel, sehingga dapat dicapai kinerja yang optimal.
  13. 13. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-013STMIK INDONESIA JK-013 RING Topologi ring menggambarkan setiap komputer terhubung dengan cara membentuk sebuah lingkaran kabel, secara fisik tiap komputer terhubung hanya ke satu komputer lain. Masing-masing komputer mengirim informasi ke komputer berikutnya, hingga tiba di sasaran yang dituju. Kinerja pada sistem ini dapat lebih cepat sebab tiap bagian dari sistem pengkabelan hanya menangani aliran data antara dua mesin. Jenis topologi ini dapat dijumpai dalam jaringan peer-to-peer, dimana tiap mesin mengelola pemrosesan informasi maupun penyebaran file data.
  14. 14. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-014STMIK INDONESIA JK-014 Topologi B U STopologi B U S
  15. 15. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-015STMIK INDONESIA JK-015 Topologi STARTopologi STAR
  16. 16. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-016STMIK INDONESIA JK-016 Topologi RINGTopologi RING
  17. 17. JARINGAN KOMPUTERJARINGAN KOMPUTER STMIK INDONESIA JK-01STMIK INDONESIA JK-0177 TERIMA KASIHTERIMA KASIH

×