Tanggung Jawab Humas dalam Investor Relations

4,275 views

Published on

Humas dan hubungan antar pemegang saham

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
4,275
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
7
Actions
Shares
0
Downloads
175
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Tanggung Jawab Humas dalam Investor Relations

  1. 1. Tanggung Jawab Humas dalam Hubungan Investor Siska Doviana * Mariyanah * Olga Dengah
  2. 2. Humas dalam Hubungan Investor Tanggung Jawab Strategis Manajemen yang mengintegrasikan keuangan, komunikasi, marketing, ketaatan pada hukum-hukum perdagangan saham, yang dapat membuka jalan untuk komunikasi dua arah yang paling efektif antara perusahaan, komunitas finansial, dan kelompok-kelompok lain, yang pada akhirnya akan menyumbangkan masukan yang berharga bagi saham perusahaan tersebut dalam mencapai nilai yang terbaik” -National Investor Relations Institute (NIRI), Maret 2003
  3. 3. Tanggung Jawab Humas  Planning (perencanaan)  Organizing (pengkoordinasian)  Actuating (pelaksanaan)  Controlling (pengendalian)
  4. 4. Penghasilan Humas PRWeek and Korn Ferry Survey Penghasilan Spesialisasi Humas 2006
  5. 5. Sejarah Hubungan Investor  VOC (Dutch East India Company) abad ke 17  General Electric (1953) membentuk komunikasi untuk pemegang saham - Era Komunikasi (1945-1970)  Lembaga-lembaga keuangan mulai terbentuk (terinstitusi) – Era Keuangan (1970-2000)  Perusahaan sudah memperlakukan keahlian komunikasi dan keahlian keuangan dan hukum pada tingkat yang sama- Era Terintegrasi (setelah 2000)
  6. 6. Tantangan Humas Masa Kini  Menjadi bagian yang mewakili perusahaan terhadap publik dan mewakili publik pada perusahaan.  Dapat menyajikan hasil evaluasi akurat tentang: 1. lingkungan 2. sikap dan pendapat publik 3. efektivitas manajemen humas 4. pengaruh tiap bagian pada bagian lain.
  7. 7. Tantangan Hubungan Investor Masa Kini Menciptakan pengertian yang lebih baik bagi investor tentang bisnis perusahaan (organisasi) dan nilai-nilai yang didukung oleh organisasi
  8. 8. Tanggung Jawab Hubungan Investor  Meyakinkan para investor untuk investasi jangka panjang & menguntungkan  Kegiatan perusahan dikelola dengan baik  Pengembangan dan pertumbuhan perusahaan berkelanjutan.
  9. 9. Contoh-contoh komunikasi dua arah  rapat tahunan  rapat regional  gelanggang terbuka atau wisata pabrik  kunjungan pribadi  rapat dengan para analis jaminan dan para anggota komunitas finansial  ceramah dan foum para investor.
  10. 10. Terima kasih

×