Proposal Bahasa dan Sastra Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Proposal Bahasa dan Sastra Indonesia

on

  • 10,130 views

Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng

Penerapan Metode Cooperative Script Dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng

Statistics

Views

Total Views
10,130
Views on SlideShare
10,130
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
74
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Proposal Bahasa dan Sastra Indonesia Proposal Bahasa dan Sastra Indonesia Presentation Transcript

  • O l e hS E P T R I A N I D E W IPENERAPAN METODE COOPERATIVE SCIRPT DALAMPEMBELAJARAN MENYIMAK DONGENG PADA SISWAKELAS VII SMPN 4 SUMEDANG TAHUN PELAJARAN2012/2013
  • Latar Belakang masalahSalah satu usaha untuk lebih meningkatkan keberhasilandalam menyimak dongeng adalah dengan menetapkanmetode pembelajaran yang tepat.Metode Cooperative Script merupakan suatu metodedimana siswa bekerja berpasangan dan secara lisanmengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yangdipelajari. Dalam metode ini, siswa menceritakan sebuahdongeng yang telah disajikan dan temannyamencatat hal-hal yang menarik dari dongeng tersebut,begitu juga sebaliknya.
  • Rumusan Masalah Apakah proses pembelajaran menyimak dongengdengan menggunakan metode Cooperative Script padasiswa kelas VII SMPN 4 Sumedang sudah efektif? Bagaimanakah langkah-langkah pembelajaranmenyimak dongeng dengan menggunakan metodeCooperative Script pada siswa klas VII SMPN 4Sumedang? Apakah hasil pembelajaran menyimak dongeng denganmenggunakan metode Cooperative Script sudah baik?
  • Batasan Masalah Pembelajaran menyimak dongeng yang dimaksud dalampenelitian ini adalah hasil pembelajaran menyimak dongengdengan menggunakan metode Cooperative Script. Pembelajaran menyimak dongeng dilihat dari kemampuan siswauntuk menemukan hal-hal menarik (tema, tokoh dan wataktokoh, latar, amanat) yang ada dalam dongeng yang telahdidengarkan. Dongeng yang digunakan untuk menunjukan kemampuanmenyimak siswa yaitu legenda Situ Bagendit dan Sangkuriang. Hasil pembelajaran yang dimaksud adalah hasil postes siswasesudah pembelajaran dengan materi pokok menyimak dongengdengan menggunakan metode cooperative script pada siswa kelasVII SMPN 4 Sumedang Tahun Pelajaran 2012/2013.
  • Tujuan Penelitian Mendeskripsikan keefektifan proses pembelajaranmenyimak dongeng dengan menggunakan metodeCooperative Script. Mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaranmenyimak dongeng dengan menggunakan metodeCooperative Script. Mendeskripsikan hasil pembelajaran menyimakdongeng dengan menggunakan metode CooperativeScript.
  • Manfaat Penelitian Bagi Peneliti, peneliti mendapatkan pengetahuan dan pengalamanberharga dari penelitian dan peneliti dapat terpacu untuk lebihkreatif dalam mengembangkan pembelajaran bahasa dan sastraIndonesia khususnya menyimak. Bagi Guru, guru memperoleh wawasan tentang alternatif metodepembelajaran menyimak, yaitu menyimak dongeng denganmenggunakan metode Cooperative Script. Bagi Siswa, penelitian ini diharapkan dengan menggunakanmetode ini siswa akan lebih memahami isi dari cerita sebuahdongeng dan dapat membangkitkan partisipasi siswa sehinggadapat mengembangkan potensi individualnya secara optimal. Bagi Sekolah, memperoleh informasi tentang kemampuansiswanya dalam menyimak dongeng dengan menggunakanmetode Cooperative Script., sehingga dapat dijadikan landasandalam peningkatan kualitas belajar mengajar bahasa
  • Anggapan Dasar Menyimak merupakan salah satu materi pembelajaran yangtercantum dalam kurikulum SMP tahun 2006. Dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjaditerutama tentang kejadian zaman dulu yang aneh-aneh. Kemampuan menyimak dongeng merupakan salah satuketerampilan yang perlu dikuasai siswa SMP karena dapatmenunjang peningkatan keterampilan berbahasa. Untuk mencapai keberhasilan pembelajaran menyimakdongeng diperlukan metode pembelajaran yang tepat Metode Coopertive Script merupakan suatu metodepembelajaran dimana siswa bekerja berpasangan dan secaralisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yangdipelajari.
  • HipotesisHipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu,“Pembelajaran menyimak dongeng denganmenggunakan metode cooperative script pada siswakelas VII SMPN 4 Sumedang tahun pelajaran2012/2013 akan berhasil dengan baik”.
  • Definisi Operasional Pembelajaran merupakan suatu kondisi yang memungkinkanterjadinya aktivitas belajar dan mengajar, baik di dalam maupun diluar kelas. Menyimak adalah suatu proses kegiatan mendengarkan lambang-lambang lisan dengan penuh perhatian, pemahaman, apresiasi, sertainterpretasi untuk memperoleh informasi, menangkap isi atau pesan,serta memahami makna komunikasi yang telah disampaikan sangpembicara melalui ujaran/bahasa lisan. Dongeng adalah cerita zaman dulu yang tidak benar-benar terjadidalam alam nyata. Metode adalah rencana penyajian bahan yang menyeluruh denganurutan yang sistematis berdasarkan pendekatan tertentu. Cooperative Script merupakan suatu metode dimana siswa bekerjaberpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian darimateri yang dipelajari.
  • Ringkasan Landasan Teoretis Metode Pembelajaran Pengertian Metode Pembelajaran Macam-macam Metode Pembelajaran Metode Cooperative Script Pengertian metode cooperative script Langkah-langkah metode cooperative script Kelebihan metode cooperative script Kelemahan metode cooperative script Menyimak Pengertian Menyimako Jenis-jenis Menyimako Tujuan Menyimak Dongeng Pengertian Dongeng Unsur-unsur Dongeng Jenis-jenis Dongeng
  • Metodologi Penelitian Metode PenelitianMetode yang digunakan pada penelitian ini adalah metodeeksperiman. Eksperimen yang digunakan dalam penelitianini adalah quasy eksperimen atau eksperimen semu. Desain PenelitianDesain penelitian yang digunakan yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan teknik unit tunggal.
  • Populasi dan Sampel Penelitian Populasi PenelitianPopulasi dalam penelitian ini adalah kemampuanmenyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 4Sumedang tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel PenelitianPenentuan sampel dalam penelitian ini menggunakanteknik sampel random atau sampel acak dengan caraundian.
  • Teknik Pengumpulan dan Analisis Data• Teknik Pengumpulan Dataa. Uji Coba Pembelajaranb. Teknik Tesc. Studi Pustaka• Teknis Analisis Dataa. Analisis Proses Pembelajaranb. Analisis Langkah-langkah Pembelajaranc. Analisis Hasil Pembelajaran
  • Instrumen PenelitianInstrumen yang penulis gunakan dalam proses belajarmengajar yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP)yang di dalamnya tercantum soal untuk postes.
  • Ruang Lingkup Penelitian Variabel Bebas : Menyimak dongeng Variabel Terikat : Metode cooperativescript Bahan Penelitian : Cerita dongeng Subjek Penelitian : Siswa kelas VII Lokasi Penelitian : SMP Negeri 4Sumedang Waktu Penelitian : Mulai bulan Januari2013 sampai dengan selesai
  • Agenda Kegiatan PenelitianNoKegiatanBulan ke1 2 3 4 5 61 PersiapanPenelitian/pembuatanproposal2 Pengumpulan data3 Pengolahan data4 Pembuatan laporanpenelitian5 Pembahasan danfinalisasi laporanpenelitian6 Penjilidan/pencetakan
  • Daftar Pustaka Agung. 2010. Legenda Situ Bagendit . [Online]. Tersedia : http://historyology.blogspot.com/2010/01/legenda-situ-bagendit.html. [21Desember 2012] Dwimaria. 2011. Metode Script Kooperatif (Cooperative Script). [Online].Tersedia : http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2200794-pengertian-metode-cooperative-script/#ixzz2Eiu6i7hH. [10 Desember 2012] Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning; Mempraktikan Coopertive Learning.Jakarta : PT Gramedia. Nurgana, E. (1993). Statistika Penelitian.Bandung : CV. Permadi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 2011. Panduan PenulisanKarya Ilmiah. Sumedang : STKIP Slavin, Robert E. 2009. Cooperative Learning. Bandung : Nusa Media Sukarto. 2012. Dongeng dan Jenis-jenisnya. [Online]. Tersedia :http://id.shvoong.com/writing-and-speaking/self-publishing/2103854-arti-dongeng-dan-jenis-jenisnya/#ixzz2ES7AIakm. [10 Desember 2012] Supriadi, Udin Ganda. 2008. Telaah Kurikulum Bahasa Indonesia. Sumedang: STKIP Surakhmad, W. 1994. Pengantar Penelitian Ilmiah Metode Dasar dan Teknik.Bandung : Tarsito.
  • Sekian&Terima KasihSeptriani Dewi