Your SlideShare is downloading. ×
Tema
Tema
Tema
Tema
Tema
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
573
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. TEMA : PERSAHABATAN, PENDIDIKAN DAN KEHIDUPAN Judul : Tokoh : (Inthan, Renza, Winda, Yoga, Ani, Akma dan Wawan) Pagi hari di sekolah di dalam kelas ada 3 orang anak murid yang sedang berbincang – bincang. Anak – anak ini mempunyai geng yang bernama Inthan, Winda, Devid, Akma yang anggotanya ada empat orang maka dari itu mereka menamakan gengnya yaitu 4 cetar. Winda : (ceria) pagi sobat.................!!! inthan dan Ani : pagi Winda........ Winda : Ngomong – ngomong kayaknya ada yang kurang deh ! Inthan : Iya.....................Iya Ani : Ya..............Iyalah ada yang kurang orang akma belum datang Winda : Oh.........iya Akma. pantas saja sepi banget biasanyakan dia yang paling bawel...............! Tiba – tiba Akma datang, dengan wajah termenung tanpa senyum sedikitpun. Lansung duduk ditempat duduknya. Inthan : Tumben bangat nona bawel baru datang ? Ani : Iya nih................kesiangan yah.................? Akma : Iya............. (sambil termenung) Ani : Kamu kenapa Akma ? biasanya kamu pagi – pagi udah buat kita bertiga tertawa Winda : iya nih......kamu sakit yah, kayaknya kamu lesu banget. Akma : tidur kok........teman teman aku gak kenapa kenapa kok......Cuma lagi malas ajah Winda : Yah.............udah kalau kamu tidak apa apa kita cuman takut ajah kalau kamu lagi ada masalah atau kamu sedang sakit Akma : ya...........pokoknya aku gak kenapa – kenapa kalian tidak usah takut (bel masuk pun berbunyi) pak Reza pun masuk kedalam kelas karena pada hari ini. ia ini salah satu guru yang aneh disekolah.
  • 2. Pak Reza : Pagi anak – anak ..............? anak- anak : ( menjawab serentak ) pagi............... Pak Reza : Baik...........pada hari ini kita akan melanjutkan materi yang minggu lalu Bapak Berikan, sebelumnya kumpul tugas kalian !!!! anak – anak : iya pak.............. Akma : Pak tuga saya tertinggal di rumah !! Pak Reza : Tertinggall ...........? Kamu tidak membawa tugasnya, apa tidak membuatnnya ? Akma : saya tidak membuatnya pak........... sungguh saya tidak berbohong Pak Reza : ya..............sudah kalau begitu kamu tidak dapat nilai seperti teman teman kamu ? Ani : (Berbisik – bisik ) ........kamu gak bawa tugasnya Akma Nggak biasanya kamu kayak gini ? Akma : Iya Ani aku lupa semalam aku tidur malam bangat !!! jadi aku lupa masukin tugas aku kedalam tas Pak Reza : Bapak akan berikan selembaran kertas yang isinya materi – materi penting untuk kalian pelajari Pak Reza Membagikan Kertas selembaran itu, anak – anak pun membacanya dan memahaminya. Lalu ia memeriksa tugas yang dikumpul tadi. tiba tiba Bapak Kepsek datang dan masuk kedalam kelas Kepsek : Permisi............Pak Reza saya minta waktu sebentar Pak Reza : Silakan pak memang jam pelajaran saya juga sudah habis. Kepsek (yogu) : Anak – anak maaf bapak mengganggu jam kalian sebentar, bapak kesini mau memanggil anak bernama Akma yang bernama Akma acungkan tangan Akma : (mengacungkan tangan ) Saya Pak !! Kepsek (yogu) : ikut keruang bapak sebentar ada yang Bapak mau bicarakan ! Akma : Baik Pak sesampainya diruang Bapak Kepsek, Akma duduk tegang dihadapan Bapak Kepsek Akma : Ada apa yah.........pak sampai saya dipanggil keruang bapak ? Kepsek (yogu) : Begini, apa benar kamu sudah menunggak SPP 3 Bulan ? Akma : Iya pak emang saya belum membayar uang SPP selama 3 bulan
  • 3. Kepsek (yogu) : Kenapa..............? kamu sampai menunggak uang SPP 3 bulan, apa sebenarnya kamu di kasih uangnya sama orang tua kamu atau kamu pake uang itu ? Akma : Tidak pak emang saya belum dikasih uang sama orang tua saya, karena orang tua saya belum punya uang Kepsek (yogu) : Yah sudah, kalau begitu......... Bapak sarankan ke kamu secepatnya untuk dilunasi karena sebentar lagi kamu akan ujian Akma : Terima kasih Pak....... Permisi !! Akhirnya akma kembali ke kelas. di dalam kelas Inthan, Winda, Ani sendang asyik Ngobrol. Inthan : Akma Bapak Kepsek ngomong apa sama kamu ? ada masalah yah ? Neli terpaksa berbohonh dengan sahabat – sahabatnya karena ia tak mau sahabatnya jadi tahu masalahnya, dan ikut kedalam masalahnya. Akma : Ngga kok ! ngga ada masalah kok. kami Cuma ngobrol masalah perpisahan kan aku ketua panitia Inthan : oh......dikirain kenapa ? Winda : Teman teman sebentar temani aku ke Tokoh Buku ? Soalnya aku mau beli novel – novel terbaru sekalian Shopping Inthan, Ani : Iyya !! Winda : Akma, Loh Kamu diam, apa kamu tidak mau ? Akma : iya win.........kayaknya aku tidak ikut.........soalnya ayah aku sedang sakit dan belum sembuh jadi aku harus bantu ibu menjaga ayah Winda : ya............ sudah kalau begitu Bel istrahat berbunyi Winda : Sudah istrahat, kita ke kantin yuk......laper nih ! Inthan, Ani : Yuk kita juga laper nih ! Akma : teman – teman aku ngga ikut yah soalnya aku ngga lapar Inthan, Ani, Winda : Iya...........sudah kalau kamu ngga mau ikut kita ke kantin dulu ya..? Akma pun terpaksa berbohong lagi padahal dia bukan tidak lapar tapi tidak punya uang dan tiba – tiba tersirat dipikiran Akma untuk mengambil uang Winda yang ada di dalam tas. Uang itu akan digunakan Winda untuk membeli Novel dan shoping nanti sepulang sekolah.
  • 4. Akma : Aku bingung nih harus membayar SPP tapi tidak punya uang minta sam ibu kan ibu lagi tidak punya uang, uang ibu habis untuk membeli obat bapak. apa aku harus ambil uang Winda saja ??, tapi kan winda sahabat aku sendiri. Maafin aku ya winda.. Ngga ada jalan nih....karena aku harus secepatnya membayar SPP Tanpa Akma sadari, ada yang melihat kelakuannya itu yaitu Wawan. Dia teman sekelasnya juga; Wawan tidak sengaja mengintip Akma di pintu kelas. Wawan : apa yang dilakukan Akma, itu kan tas winda, kok akma ambil uang winda....? Wawan pun lansung masuk ke dalam kelas, dan berpura pura tidak tau. bel pun berbunyi;Inthan, Winda, Ani masuk kedalam kelas. Ani : sedang apa Akma ? Akma : aku sedang baca buku. Inthan : Kamu istrahat Cuma di kelas saja ? ngga bosan ya Akma : Tidak.......Kan aku bilang malas. Winda : Udah kok jadi dipermasalahin sih ? ! Winda tidak menyadari kalau uangnya hilang. setelah dia membuka tas dan membuka dompetnya terbuka, dia lansung kaget karena uangnya hilang. Winda : Teman, uangku hilang semua !! Inthan dan ani : HILANG ! Ani : kamu lupa kali Winda. Coba cari lagi. Winda : aku ngga lupa tadi, aku simpan disini uangnya. kemana ya ?? Inthan : Apa ada yang mencuri uang kamu winda...? Winda : Bisa jadi. Ani : siapa yang mencuri ya........kok tega bangat sih. Winda : Akma........kok kamu diam saja ! Bantu aku cari uang aku yang hilang Akma : Bukan aku yang mencuri............. Winda : Siapa yang bilang kamu yang mencuri Ani : Akma.........K0k kamu ngomong gitu sih. Bukannya aku nuduh....tapi Cuma kamu yang di dalam kelas tadi. Akma : Tapi bukan aku yang mengabil uang Winda. Inthan : (jutek) biarpun kamu sahabat kita ya........tapi siapa yang tau yang ambil uang Winda. Lebih baik kita periksa tas dia ajah dari pada nuduh. Akma : jangan, kumohon JANGAN !! Bukan aku yang ambil Tiba – tiba wawan tiba dan berbicara kepada mereka.
  • 5. Wawan : heei.......sebelumnya maaf ya aku ikut campur. tapi tadi aku liat akma membuka tas Winda dan mengambil sesuatu.......sepertinya uang Winda : kamu tidak bohon kan Wawan ?? Wawan : Tidak.............aku lihat sendiri. Akma : Wawan aku sama sekali tidak tahu kalau kamu lihat apa yang kamu lakukan. tapi aku terpaksa.......dan tidak bermaksud jahat. Winda : jadi......kamu yang ambil uangku, aku ngga nyangka banget......terpaksa kenapa ? Akma : Aku terpaksa karena aku belum membayar uang SPP selama 3 bulan. orang tuaku ngga punya uang, kan kamu tau sendiri ayahku sakit Winda : Tapi ngga harus gini Inthan : Iya kenapa kamu ngga jujur sama kita......kalau kamu jujur pasti kami bantu Ani : iya benar. Akma : Teman – teman aku menyesal. aku ngga jujur sama kalian. aku sepertinya karena aku tidak mau bikin susah kalian. aku minta maaf ya Winda. ? Winda : Iya...........Aku maafin. kan kita sahabat. Akma : Iya makasih kalian memang sahabat yang baik. Oh.........iya Winda ini uang kamu. Winda : yah........udah akma ini uang aku untuk kamu ajah. kan kamu lagi butuh. Inthan, Ani : Iya.......ambil saja Akma. Akma : iya. makasih yah teman – teman Winda : Yah.......eh.......wawan makasih yah kamu telah berbuat jujur. Wawan : Iya sama – sama Inthan : yah.........udah kalau begini kan jadinya enak. Winda, Ani, Atma : hehehee.... Iya

×