Hukum perdata berkaitan dengan hukum perdagangan internasional. Pengertian umum Hukum
Perdagangan internasional sendiri ad...
 Diatur secara top down oleh penguasa
 Terkait hubungan negara-negara atau negara individu
 Negara bertindak untuk kepe...
click to large image
Dalam hukum ada istiliah yang berbunyi "les specialis derogat legi generalis" yang artinya
hukum khus...
Berikut merupakan contoh-contoh negara dengan sistem hukumnya masing-masing dalam tabel:
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Apry

122 views
81 views

Published on

Published in: Economy & Finance
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
122
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
1
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Apry

  1. 1. Hukum perdata berkaitan dengan hukum perdagangan internasional. Pengertian umum Hukum Perdagangan internasional sendiri adalah kegiatan-kegiatan perniagaan dari suatu negara asal yang melintasi perbatasan menuju suatu negara tujuan yang dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan perpindahan barang dan jasa, modal tenaga kerja, teknologi (pabrik) dan merek dagang. Sedangkan menurut Dr. Sumantoro Hukum Perdagangan Internasional adalah “the exchange of goods and services between nations and as used, it generally refers to the total goods and services exchange among all nations” (Pertukaran seluruh barang dan jasa antara semua negara/bangsa). Secara garis besar Hukum Perdagangan Internasional dapat dijelaskan melalui gambar di bawah ini: Jadi gambar di atas menjelaskan bahwa perdagangan internasional itu merupakan aktivitas pertukaran barang maupun jasa yang dilakukan oleh antara dua atau lebih negara. Pada dasarnya Hukum Perdagangan Internasional terbagi menjadi dua yakni Hukum Publik dan Hukum Privat. Hukum Publik Definisi dari hukum publik adalah hukum yang bersentuhan dengan otoritas negara baik dengan negara dengan negara atau negara dengan warganegara. Ciri-ciri dari hukum publik:
  2. 2.  Diatur secara top down oleh penguasa  Terkait hubungan negara-negara atau negara individu  Negara bertindak untuk kepentingan umum  Kaya muatan politik Berikut merupakan bagan yang menjelaskan cabang-cabang dari hukum publik: click to large image Hukum Privat Definisi dari hukum privat adalah (hukum perdata) yang mengatur antara warga negara dengan warga negara, warga negara dengan badan hukum. Ciri-ciri dari hukum privat:  Tidak seluruhnya diatur oleh penguasa  Terkait hubungan individu dengan individu  Individu bertindak untuk kepentingannya sendiri  Tidak terkait muatan politik Berikut merupakan bagan yang menjelaskan cabang-cabang dari hukum privat:
  3. 3. click to large image Dalam hukum ada istiliah yang berbunyi "les specialis derogat legi generalis" yang artinya hukum khusus mengenyampingkan hukum general. Contohnya jika ada kasus dalam Hukum Dagang namun bertentangan dengan Hukum Privat maka Hukum Dagang lah yang akan digunakan, karena Hukum Dagang merupakan hukum khusus (lex specialis) yang dapat mengenyampingkan Hukum Privat (lex generalis). Keluarga Sistem Hukum Sistem hukum dunia adalah kesatuan kaedah hukum yang berlaku di negara-negara maupun daerah di dunia. Sistem hukum dunia pada masa kini terdiri dari: 1. Civil Law 2. Common Law 3. Socialist Law 4. Hukum Agama 5. Hukum Adat Civil Law atau Hukum Sipil biasa dikenal dengan Romano-Germanic Legal System karena sistem hukum ini berakar pada zaman romawi dan kemudian berkembang di dataran Eropa (German). Sistem hukum ini menekankan pada penggunaan aturan-aturan hukum yang sifatnya tertulis dengan sumber hukum penting yakni Undang-Undang. Sedangkan sumber hukum utama dari Common Law ialah dari yurisprudensi (keputusan pengadilan berdasarkan keputusan yang lalu).
  4. 4. Berikut merupakan contoh-contoh negara dengan sistem hukumnya masing-masing dalam tabel:

×