10 tanda mata anda infeksi

91 views
34 views

Published on

Published in: Design
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
91
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
2
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

10 tanda mata anda infeksi

  1. 1. 10 Tanda Mata Anda Infeksi mata, adalah alat indra manusia yang sangat berguna. jadi kita harus menjaga mata dari berbagai penyakit. salah satu penyakit mata adalah infeksi mata, Infeksi mata bisa disebabkan banyak hal. Misalnya saja karena lensa kontak yang sudah kotor, menyentuh mata dengan jari tangan yang tak bersih, atau kondisi medis tertentu. Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami infeksi mata karena alergi atau pilek. Jika mengalami beberapa perubahan pada mata, maka ada baiknya mengetahui beberapa tanda mengenai infeksi mata. Berikut paparannya, dikutip dari SymptomFind, Kamis (7/2). 1. Kelopak mata bengkak Kelopak mata bengkak dapat menjadi tanda bahwa mata bermasalah. Jika ini terjadi, hampir dipastikan mata mengalami infeksi jika rasanya sakit. Kelopak mata bengkak dan sakit bisa jadi disebabkan infeksi bakteri atau infeksi jamur yang berasal dari lensa kontak. Jika kelopak mata anda bengkak dan sakit, hindari menggosok atau menyentuh mata anda dengan tangan. Sebab, itu sama saja anda mentransfer bakteri ke mata yang pada akhirnya membuat infeksi mata anda semakin buruk. 2. Mata berkerak Kerak mata atau tahi mata adalah satu hal biasa yang didapati begitu terbangun dari tidur pada pagi hari. Namun, jika kerak mata itu debitnya sangat banyak di sudut mata, maka ini menjadi gejala serius infeksi mata. Kerak mata biasanya kuning dan lengket. Namun, jika banyak dan berkerak, ini membuat mata sulit membuka. Jika anda terbangun dengan kerak mata banyak, maka gunakan waslap hangat. Ini berguna untuk mencairkan kerak mata dan memungkinkan mata bisa membuka seperti biasa. 3. Penglihatan Kabur Penglihatan kabur tidak hanya mengganggu, itu juga bisa menjadi tanda serius infeksi mata. Jika tidak diobati, infeksi mata dapat menyebabkan anda kehilangan penglihatan. Sehingga, akan semakin sulit melihat. Jika mendapati kondisi seperti ini, maka harus segera mencari bantuan medis.
  2. 2. 4. Mata gatal Mata gatal adalah tanda umum dari alergi yang merupakan salah satu alasan mengapa begitu mudah mata terkena iritasi. Ketika mata infeksi, gatal disebabkan oleh kontak antara bakteri dan mata. Sangat penting untuk untuk menahan diri dari menggaruk mata. Sebab, ini malah dapat mentransfer bakteri lebih banyak ke mata. Sebaiknya anda mencoba menggunakan antihistamin atau obat over the counter (OTC). Obat itu akan mengurangi rasa gatal sampai bisa mengunjungi dokter. Mata gatal juga merupakan tanda konjungtivitis, atau yang lebih dikenal sebagai mata merah muda. 5. Mata merah Mata merah merupakan gejala yang sangat umum dari banyak masalah mata. Termasuk alergi, infeksi, kelelahan, bahkan flu. Mata merah yang disebabkan oleh iritasi pada pembuluh darah di permukaan mata. Gejala ini sangat umum dialami pemakai lensa kontak yang jarang membersihkannya. Ini merupakan salah satu sebab utama infeksi mata. 6. Mata berair Mata berair adalah tanda lain dari infeksi mata yang cenderung keliru dikira alergi. Mata berair bisa disebabkan oleh saluran air mata tersumbat dan ini adalah gejala lain dari infeksi mata. Anda mungkin tergoda untuk menghapus air mata dari mata anda dengan jari. Tapi, sebaiknya menghapus dengan tisu agar tidak memperburuk infeksi. Antibiotik biasa juga menghentikan gejala ini pada orang dewasa dan anak- anak. 7. Sensitif cahaya Ini termasuk kepekaan terhadap cahaya neon dan lampu pijar serta sinar matahari. Biasanya, gejala yang satu ini disebabkan oleh peradangan atau iritasi dari infeksi mata.
  3. 3. Jika mata tiba-tiba menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, anda mungkin ingin mencoba memakai lensa kontak palsu. Ini tujuannya untuk mengurangi jumlah cahaya yang menusuk mata Anda. 8. Kelopak mata mengelupas Gejala ini juga dikenal sebagai kelopak mata pasir dan merupakan indikasi blepharitis, jenis infeksi mata yang disebabkan oleh bakteri atau kondisi kulit tertentu. Dalam beberapa kasus, blepharitis disebabkan karena kurang rajin membersihkan mata. Dalam kondisi lainnya,blepharitis juga bisa disebabkan alergi atau kelenjar mata berminyak. Sebuah krim obat, topikal, atau antibiotik dapat digunakan untuk mengobati jenis infeksi ini. 9. Saluran air mata tersumbat Infeksi mata kronis dapat menyebabkan saluran air mata menjadi tersumbat atau diblokir. Jika saluran air mata terblokir, pada gilirannya dapat menyebabkan infeksi mata. Sebab, air mata anda tidak bisa membasuh bakteri di mata. Ini adalah salah satu tanda yang lebih serius dari infeksi mata dan mungkin memerlukan pembedahan jika kondisinya cukup parah. Dalam kondisi normal, infeksi ini dapat diobati dengan antibiotik. 10. Sebelah mata sakit Meskipun ada banyak tanda yang mengindikasikan infeksi mata, namun ada satu tanda mudah yang bisa menunjukkannya. Yaitu jika rasa sakit atau kejanggalan dirasakan pada salah satu mata. Baik sebelah kiri atau kanan saja. Jika yang sakit adalah kedua mata, maka ini kemungkinan besar disebabkan oleh alergi. Namun, jika gejala ini hanya muncul pada salah satu mata, baru ini disebabkan oleh infeksi. Gejala umum lainnya dari infeksi mata adalah rasa tidak nyaman di mata, penglihatan bermasalah, dan pembengkakan di sekitar mata. Sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala infeksi mata. Sehingga tidak melakukan kesalahan dengan menggunakan obat-obatan untuk alergi mata. Karena pada prinsipnya infeksi berbeda dengan alergi.

×