Portal Dirjen Pajak Indonesia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Portal Dirjen Pajak Indonesia

on

  • 20,167 views

 

Statistics

Views

Total Views
20,167
Views on SlideShare
20,167
Embed Views
0

Actions

Likes
3
Downloads
157
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Portal Dirjen Pajak Indonesia Portal Dirjen Pajak Indonesia Presentation Transcript

  • intranet portaldjp
  • Definisi Portal Merupakan suatu istilah yang memiliki arti yang sama dengan pintu gerbang. Dalam dunia web, portal diartikan sebagai situs awal atau utama bagi user ketika user terkoneksi ke dalam suatu jaringan.
  • Portal Direktorat Jenderal Pajak terdiri dari: Portal Intranet (Government to Employee)- Hanya dapat diakses oleh karyawan DJP- Digunakan untuk mempermudah dan memperlancar karyawan dalam melaksanakan pekerjaannya. Portal Internet (Government to Customer)- Bersifat public - Berisi informasi-informasi mengenai perpajakan yang boleh diketahui oleh Wajib Pajak. Portal Ekstranet (Government to Bussiness dan Government to Government)- Menggunakan teknologi web service- Digunakan oleh rekanan kerja DJP, antara lain bank (dalam hal MPN), dan departemen-departemen lain.
  • Tujuan Corporate Portal DJP adalah sebagai berikut: Membentuk citra DJP baru sebagai institusi pemerintahan yang mampu memberikan pelayanan publik secara profesional dan transparan; Memiliki Sistem Corporate Portal yang aman, sistematis, komprehensif, dan terintegrasi. Memberikan pelayanan yang berkualitas dalam bentuk informasi dan aplikasi secara elektronik bagi setiap pegawai DJP, Wajib Pajak, instansi-instansi partner DJP lainnya, dan instansi-instansi pemerintahan lainnya; Membentuk komunitas antar pegawai di lingkungan DJP untuk saling berinteraksi dan berbagi informasi.
  • Manfaat Portal DJP Memiliki sistem pengelolaan informasi yang sistematis, aman dan akurat secara elektronik; Mempercepat dan mempermudah distribusi informasi, baik kepada unit-unit di lingkungan DJP maupun lingkungan eksternal DJP, melalui kemudahan dalam mempublikasikan serta pertukaran data dan informasi; Meningkatkan produktivitas dan kinerja tidak hanya para pegawai DJP tetapi juga unit-unit di lingkungan DJP dalam pelaksanaan tugas, baik yang bersifat taktis operasional maupun strategis.
  • Intranet Portal DJP Adalah situs utama milik Direktorat Jenderal Pajak yang hanya dapat diakses oleh pegawai DJP sendiri. Berbeda dengan internet, Intranet Portal DJP lebih ditekankan untuk kalangan sendiri. Dengan adanya Intranet Portal DJP, setiap pegawai DJP dapat saling berinteraksi, berkomunikasi, maupun saling bertukar informasi secara lebih mudah.
  • Information Site Management Fasilisitas yang disediakan portal agar user bisa menambahkan dan mengelompokkan situs-situs. B. Authentication Dan Authorization Yang dimaksud dengan authentication adalah kemampuan portal untuk mengenali (mengidentifikasi), apakah user yang akan login adalah user yang sah (terdaftar / Authenticated) Yang dimaksud dengan authorization adalah kemampuan portal untuk mengetahui fitur dan menu apa saja yang dipunyai oleh suatu user yang sudah authenticated.
  • Authorization dikelompokkan dalam 5 kelompok Sebagai Berikut: - Administrator (full access terhadap seluruh portal) - Contributor (dapat menambahkan content pada document library dan list) - Content Manager (dapat menambahkan dan memanage area, library, site dan list) - Member (dapat melihat dan melakukan personalisasi isi portal site dan membuat site) - Reader (Hanya dapat membaca isi portal dan fitur lainnya yang menjadi hak reader)
  • C. Application Integration Merupakan fasilitas yang diberikan portal untuk menampung aplikasi lain. Dalam hal ini portal sebagai jalan masuk ke aplikasi yang terintegrasi tersebut. User yang sudah diidentifikasi (authenticated user) tidak perlu login lagi untuk masuk ke dalam aplikasi. Beberapa persyaratan harus diikuti agar aplikasi bisa terintegrasi dengan portal. D. Content Management Di sini admin dapat mengatur isi dari portal, misal membuat dokumen, menambah berita, dan lain-lain.
  • E. Usage Analyzing Processing / Site Monitoring Data yang diberikan kepada user untuk melakukan analisa penggunaan dari portal. Sebagai contoh user dapat mengetahui berapa jumlah user yang membuka situs portal tersebut. F. Polling / Survey Sarana yang disediakan portal untuk melakukan jajak pendapat antar user G. Advertise / Image List Fasilitas untuk menampilkan gambar guna iklan atau reklame.
  • Collaboration Pada dasarnya intranet dapat digunakan user untuk membuat web page sendiri. Namun hal ini tergantung dari kebijakan administrator. On-line Discussion (forum diskusi), e-mail, instant messaging ditujukan untuk mempermudah user berinteraksi dan berbagi informasi antar sesama user. User juga dapat melatih dirinya sendiri dengan mengakses fitur pelatihan di dalam intranet (on-line training). Materi pelatihan dapat mencakup materi-materi yang bersifat tetap dan digunakan terus menerus, atau yang sifatnya temporer saja.
  • Knowledge Management Content targeting, on-line training, dan my site pada prinsipnya bertujuan untuk menambah kemampuan dan pengetahuan user dalam mengelola web pagenya sendiri. Namun kembali lagi hal ini tergantung dengan kapasitas intranet dan kebijakan administrator.
  • Document Management Administrator, content manager, contributor dan member mempunyai otoritas untuk menambahkan dokumen (up-load) pada intranet portal. Agar dokumen terstruktur dengan baik, maka dalam meng-up load harus sesuai dengan klasifikasi dan jenis-jenis dokumen.
  • Komponen Manajemen Dokumen Versioning – Pembuatan versi dari dokumen untuk mendokumentasikan sejarah dari dokumen. Searching – Pencarian dokumen dapat dilakukan. Publishing – Pengendalian penerbitan dokumen. Document Discussion – Diskusi secara online oleh beberapa user. Rights Management – Akses dokumen berdasarkan hak
  • Setiap fitur tadi diimplementasikan dalam apa yang disebut area-area dalam intranet portaldjp: Home Email Aplikasi Daftar Situs Topik Peraturan Berita Forum Diskusi Serba-Serbi Administrasi (khusus untuk admin portaldjp)
  • Halaman E-mail Saat ini untuk mengakses e-mail pajak, User cukup mengetikkan emaildjp saja pada address browser. Maka akan otomatis terhubung ke email pajak masing-masing user.
  • SELESAI PORTALDJP TERIMA KASIH