Perang informasi lapindo daus ppt
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Perang informasi lapindo daus ppt

on

  • 570 views

 

Statistics

Views

Total Views
570
Views on SlideShare
570
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
3
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Perang informasi lapindo daus ppt Perang informasi lapindo daus ppt Presentation Transcript

  • Konferensi Nasional PRBBK VII – 2011 Yogyakarta, 5-8 Desember 2011
  • Informasi dan Pemulihan Bencana  Informasi adalah sesuatu yang penting bagi sebuah pembuatan keputusan.  Dalam kasus semburan lumpur Lapindo, informasi juga menjadi penting dalam upaya pemulihan bencana. Bukan saja informasi terkait dengan geografis, jumlah korban dan karakter masyarkaat korban, namun juga informasi mengenai duduk persoalan sebenarnya terkait dengan kasus itu.  Informasi mengenai duduk persoalan yang sebenarnya mengenai kasus itu sangat menentukan dalam penyusunan mekanisme ganti rugi yang adil bagi korban lumpur.
  • Perang Informasi dalam KasusLapindo Dalam kasus semburan lumpur Lapindo, informasi mengenai hal itu sangatlah beragam. Sebaliknya, kelompok masyarakat sipil dan mayoritas pakar geologi justru mengemukakan bahwa semburan lumpur di Sidoarjo bukan bencana alam namun terkait dengan pengeboran. Informasi mana yang akan mengarahkan kebijakan pemulihan bencana lumpur Lapindo tergantung dari siapa yang memenangkan perang informasi dalam kasus ini.
  • Perang Informasidalam KasusLapindo VS
  • Dampak dari Dominasi Informasi TerhadapKebijakan Pemulihan ‘Bencana’ Lumpur Lumpur Sidoarjo Bukan Lumpur Lapindo Jual Beli Aset Bukan Ganti Rugi Penawaran untuk Eksplorasi Migas Lapindo di Sidoarjo
  • Kesimpulan Informasi menjadi salah satu kunci dari kejelasan kebijakan, program atau kegiatan pemulihan bencana. Dengan informasi yang benar dan lengkap maka kebijakan pemulihan bencana pun akan lebih baik. Dalam kasus bencana ekologi, seperti dalam kasus Lapindo, sebuah perang informasi tidak bisa terelakan. Di era konvergensi telematika ini, berbagai media dapat digunakan sebagai outlet dari penyaluran, bahkan perang, informasi. Oleh karena itu perencanaan dan pengelolan informasi menjadi penting dalam hal ini. Terkait dengan ‘perang informasi’ dalam bencana ekologi seperti dalam kasus Lapindo, perencanaan dan pengelolaan informasi saja tidak cukup. Perlu sebuah upaya pengemasan informasi sehingga informasi itu mudah dipahami publik, utamanya para pengambil keputusan.
  • Firdaus CahyadiYayasan Satudunia