Pertemuan 14

505 views
464 views

Published on

Published in: Technology, Business
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
505
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
21
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pertemuan 14

  1. 1. Pertemuan Ke 14DATA STORAGE
  2. 2. Pengertian Data STorage Data storage (penyimpanan data) adalah salah satu alat terpenting dalam rangkaian alat yang berada di suatu komputer. Storage atau biasa juga disebut memory adalah suatu tempat penyimpanan atau penampung data dan program. Dapat juga dikatakan sebagai Electronic Filing Cabinet pada sistem komputer.
  3. 3. Secara umum data storage dibedakan menjadidua bagian, yaitu:• Memori Utama (Primary storage), contohnya ROM (Read Only Memory) dan RAM (Random Access Memory)• Memori Sekunder (Secondary storage), contohnya Magnetik Disk, Magnetik Tape dan CD / DVD ROM.
  4. 4. Memory Utama (Primary Storage) Memori utama atau lebih dikenal sebagai memori adalah sebuah array yang besar dari word atau byte, yang ukurannya mencapai ratusan, ribuan, atau bahkan jutaan. Setiap word atau byte mempunyai alamat tersendiri. Sistem operasi bertanggung jawab atas aktivitas - aktivitas yang berkaitan dengan manajemen memori seperti: • Menjaga track dari memori yang sedang digunakan dan siapa yang menggunakannya. • Memilih program yang akan di-load ke memori.
  5. 5. Memori Utama (Primary storage) dibagi menjadidua tipe, yaitu:• Read Only Memory (ROM), Memory yang hanya dapat dibaca saja tanpa ditulisi• Random Access Memory (RAM) atau Content Addressable Memory (CAM), Memory yang dapat dibaca dan ditulisi
  6. 6. Memori AsosiatifRandom Access Memory (Ram) dan Read Only Memory(ROM) adalah jenis memori yang mempunyai suatukesamaan, yaitu keduanya diakses melalui suatu alamat.Pemberian suatu alamat menyebabkan memorimengembalikannya dengan isi alamat tersebut.
  7. 7. Cache MemoryTempat penyimpanan sementara (volatile)sejumlah kecil data untuk meningkatkan kecepatanpengambilan atau penyimpanan data di memorioleh prosesor yang berkecepatan tinggi. Dahulucache disimpan di luar prosesor dan dapatditambahkan.
  8. 8. Magnetic Drum• Magnetic DrumMagnetic Drum memiliki panjang 16 inci yang bekerja 12.500 putaran tiap menit. Media ini digunakan untuk menunjang komputer IBM 650 sekitar 10.000 karakter dari Memori Utama.
  9. 9. Memori Ekstensi Tambahan memori yang digunakan untuk membantu proses - proses dalam komputer, biasanya berupa buffer. Peranan tambahan memori ini sering dilupakan akan tetapi sangat penting artinya untuk efisiensi. Biasanya tambahan memori ini memberi gambaran kasar kemampuan dari perangkat tersebut, sebagai contoh misalnya jumlah memori VGA, memori soundcard.
  10. 10. Memori Sekunder (Secondary Storage) Memori Sekunder (Secondary storage) atau yang biasa juga disebut external storage, adalah storage yang terpisah atau tidak berhubungan langsung dengan Central Processing Unit (CPU). Memori sekunder digunakan untuk menyimpan atau menampung data yang lebih besar dan pemanen, bisa juga dikatakan sebagai back-up dari memori utama.
  11. 11. Format Disk Disk adalah salah satu tempat penyimpanan data. Sebelum sebuah disk dapat digunakan, disk harus dibagi - bagi dalam beberapa sektor. Sektor - sektor ini yang kemudian akan dibaca oleh pengendali. Pembentukan sektor - sektor ini disebut low level formatting atau physical formatting.
  12. 12. Jenis - Jenis Memori Sekunder: Pita Magnetik (Magnetic tape), untuk membaca dan menulis data dari dan ke pita magnit melalui read / write head, dimana proses menulis pada pita magnit sifatnya destructive, yaitu bila data baru ditulis dan data yang lama akan langsung terhapus.
  13. 13. Magnetic disk, mempunyai tipe:• Floppy disk (diskette)• Zip Drive• Flash Disk• Hard Disk
  14. 14. Teknologi Compact DiskTeknologi optik yang dipakai untuk sistem CD didasarkan padasumber sinar laser. Berkas laser diarahkan ke permukaan diskyang berputar. Lekukan fisik pada permukaan CD diatursepanjang track disk.
  15. 15. Floppy Disk Floppy DiskPada tahun 1969, floppy disk pertama kali diperkenalkan. Saat itu hanya bisa membaca (read-only), jadi ketika data tersimpan tidak dapat dimodifikasi maupun dihapus. Ukurannya 8 inch dan dapat menyimpan data sekitar 80kB

×