APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN
TINGKAT DASAR
SKRIPSI
Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar S...
APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR

 Latar Belakang
 Rumusan Masalah
 Batasan Masalah
 Metodologi Per...
Identifikasi
Stakeholder

Identifikasi
Deliveriables

1. Tersedianya Aplikasi Pembelajaran
Bahasa Mandarin Tingkat Dasar
1...
Jadwal proyek
RAB
RANCANGAN APLIKAS
Use Case Diagram

Flowchart Keseluruhan

Flowchart
RANCANGAN APLIKAS
Use Case Diagram

Flowchart Keseluruhan

Flowchart
RANCANGAN APLIKAS
Use Case Diagram

Flowchart Keseluruhan

Flowchart
Rancangan Tampilan Pembuka
Rancangan Tampilan Menu Utama
Rancangan Tampilan Tentang Aplikasi
Rancangan Tampilan Keluar
Rancangan Tampilan Pilih Pelajaran
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Angka
Rancangan Tampilan Latihan Angka
Rancangan Tampilan Istirahat
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Hewan
Rancangan Tampilan Istirahat
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Tubuh
Rancangan Tampilan LatihanTubuh
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Alam
Rancangan Tampilan Latihan Alam
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Benda
Rancangan Tampilan Latihan Benda
Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Orang
Rancangan Tampilan Latihan Orang
KESIMPULAN
1. Proses tahap pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar dilakukan
melalui lima tahapan, y...
SARAN

1. Aplikasi ini dibuat dengan konsep yang sederhana, maka kedepannya aplikasi ini
akan dikembangkan sebaik mungkin ...
Presentation Sidang Skripsi Teknik Informatika "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar"
Presentation Sidang Skripsi Teknik Informatika "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar"
Presentation Sidang Skripsi Teknik Informatika "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar"
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Presentation Sidang Skripsi Teknik Informatika "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar"

4,273

Published on

Ini merupakan presntasi sidang skripsi saya jurusan teknik informatika dengan judul Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar studi kasus SDN 69 Pangkalpinang.

Cara penggunaan :
1. Download terlebih dahulu
2. Jalankan menggunakan Ms. PowerPoint
3. Klik Slide Show (F5)
4. Tujuannya agar mudah dilihat,,heheh

Published in: Education
1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
4,273
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
239
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Presentation Sidang Skripsi Teknik Informatika "Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar""

  1. 1. APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR SKRIPSI Diajukan Untuk Melengkapi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Komputer Oleh : Sarminto 0911500157 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER ATMA LUHUR PANGKALPINANG 2013
  2. 2. APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA MANDARIN TINGKAT DASAR  Latar Belakang  Rumusan Masalah  Batasan Masalah  Metodologi Perangkat Lunak  Tujuan 1.1. Aplikasi dibuat menggunakan Belum adaM. Paul Lewis dalam Menurut cara yang tepat bahasa pemrograman javadan membuat siswa menyukai dan bukunya Ethnologue – aplikasi yang of The World yang Languages digunakan untuk 1. dapat menyerap pelajaran Membuat Aplikasi kompiler adalah JCreator Bahasa Mandarin dengan 4.50 diterbitkan tahun 2009, Pembelajaran Bahasa Pro. mudah, menyenangkan dan setidaknya terdapat 6.909 Mandarin Tingkat Dasar yang 2. Aplikasi tersebut hanya tidak membosankan. seluruh bahasa yang ada menarik dan mudah digunakan, di mengenal dunia,aplikasi yang 2. Belum tersedia serta disertai penjuru karakter Bahasa menyenangkan buku tersebut Mandarin tingkat siswa berupa dapat membantu dasar agar mengungkapkan animasi. gambar, suara dan bahwa bahasa pelajaran mengenai angka, dapat memaksimalkan proses terbesar di dunia ialah 2. Menumbuhkan minat siswa hewan, tubuh, alam, benda penerimaan Bahasa Cina dan kelompok pelajaran Bahasa dalam belajar dan memahami orang. Mandarin sehingga dengan 1,213 dituturkan oleh dengan Bahasa Mandarinlebih dari 3. AplikasiAplikasi Pembelajaran adanya pembelajaran dengan milyar ini dilengkapi metode orang. Bahasa Mandarin Tingkat 2. menu latihan sebagai ukuran Dengan semakin berbantuan komputer (CAI) atau parameter keberhasilan Dasar dapat mempermudah berkembangnya Bahasa berbasis multimedia. siswa dalamdalam dunia proses belajar mengajar. Mandarin, memahami 3. Mempermudah siswa untuk 3. pelajaran BahasamenumbuhCara tepat untuk Bahasa aplikasiinformatika jugaMandarin. belajar mengenal dibuat 4. Metode pembuatan siswa kembangkan minat aplikasi aplikasi tingkat dasar. Mandarin antara lain adalah yang digunakan adalah aplikasi aplikasi penterjemah, metode 4. dalam belajar Bahasa Mandarin Sebagai media alternatif OOAD. dasar. tingkat mengajare-learning, text to pembelajaran, Bahasa belajar 5. Tidak adanya aplikasi cara 4. Belummenggunakan database. speech, aplikasi permainan, Mandarin tingkat dasar. 6. Tempat dan sebagai tutor ,aplikasi penulisan, pengucapan kosa komputer waktu riset dilakukandll SDN 69 hewan, kata tentang angka, mobile, di tubuh, alam, semua dan orang 3. Pangkalpinang pada tahun Selama ini benda proses akademik 2012/2013. SDN dalam Bahasa Mandarin. 69 belajar mengajar di Pangkalpinang masih bersifat
  3. 3. Identifikasi Stakeholder Identifikasi Deliveriables 1. Tersedianya Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar 1. Manager multimedia dengan berbasis Proyek 2. Programmer CAI. menggunakan 2. Digunakan oleh 3. System Analyst semua pengguna 4. Kepala Sekolah SDN 69 Mandarin yang ingin belajar Bahasa tingkat dasar. Pangkalpinang 3. Menyesuaikan materi 5. Dosen Pembimbing dengan 6. Dosen kemampuan pengguna. 4. Tingkat 7. Siswa kemampuan dan kecepatan 8. Sponsor belajar dapat dikontrol oleh 9. Guru pengguna sehingga pengguna 10.Guru Bahasa dan berprestasi sesuai dapat belajar Mandarin 11.Mahasiswa STMIK Atma Luhur dengan kemampuannya. 5. Dapat Tua 12.Orang mendorong pengguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai komputer. 6. Tersedia pelajaran & latihan angka, hewan, tubuh, alam, benda & orang dengan menyajikan cara penulisan dan pengucapan Bahasa Mandarin.
  4. 4. Jadwal proyek
  5. 5. RAB
  6. 6. RANCANGAN APLIKAS Use Case Diagram Flowchart Keseluruhan Flowchart
  7. 7. RANCANGAN APLIKAS Use Case Diagram Flowchart Keseluruhan Flowchart
  8. 8. RANCANGAN APLIKAS Use Case Diagram Flowchart Keseluruhan Flowchart
  9. 9. Rancangan Tampilan Pembuka
  10. 10. Rancangan Tampilan Menu Utama
  11. 11. Rancangan Tampilan Tentang Aplikasi
  12. 12. Rancangan Tampilan Keluar
  13. 13. Rancangan Tampilan Pilih Pelajaran
  14. 14. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Angka
  15. 15. Rancangan Tampilan Latihan Angka
  16. 16. Rancangan Tampilan Istirahat
  17. 17. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Hewan
  18. 18. Rancangan Tampilan Istirahat
  19. 19. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Tubuh
  20. 20. Rancangan Tampilan LatihanTubuh
  21. 21. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Alam
  22. 22. Rancangan Tampilan Latihan Alam
  23. 23. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Benda
  24. 24. Rancangan Tampilan Latihan Benda
  25. 25. Rancangan Tampilan Pelajaran Mengenal Orang
  26. 26. Rancangan Tampilan Latihan Orang
  27. 27. KESIMPULAN 1. Proses tahap pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar dilakukan melalui lima tahapan, yaitu Requirements Analysis, Design, Coding, Testing dan Implementation. 2. Setelah dilakukan pengujian menggunakan metode Black Box, maka dapat disimpulkan bahwa secara fungsional aplikasi 100% berjalan baik. 3. Penggunaan Aplikasi ini lebih efektif karena dapat menghilangkan kejenuhan pada anak-anak didik di SDN 69 Pangkalpinang, serta dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar Bahasa Mandarin. 4. Meringankan beban guru dalam memberikan materi pembelajaran. 5. Dengan adanya aplikasi ini penerimaan materi akan lebih mudah ditangkap, karena materi dilengkapi penjelasan melalui teks, suara, gambar dan animasi yang dikemas secara menarik. 6. Hal yang diutamakan dari pembuatan aplikasi ini adalah hasil akhir program berupa tampilan yang menarik dan mudah digunakan oleh user. 7. Aplikasi ini menyajikan pembelajaran Bahasa Mandarin tingkat dasar dengan menampilkan pelajaran serta latihan tentang angka, hewan, tubuh, alam, benda dan orang. 8. Dapat meningkatkan kemampuan menulis, membaca dan mendengarkan Bahasa Mandarin. 9. Pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan aplikasi ini dijalankan menggunakan Aplikasi JCreator 4.50 Pro. 10. Dapat digunakan sebagai media alternatif belajar mengajar Bahasa Mandarin. 11. Aplikasi ini bisa menjadi alternatif dalam memperkenalkan Bahasa Mandarin kepada anak-anak dan pengguna yang ingin belajar Bahasa Mandarin tingkat dasar. 12. Mengimplementasikan kedalam bentuk perangkat lunak.
  28. 28. SARAN 1. Aplikasi ini dibuat dengan konsep yang sederhana, maka kedepannya aplikasi ini akan dikembangkan sebaik mungkin agar siswa lebih tertarik untuk belajar Bahasa Mandarin berbantuan komputer (CAI). 2. Untuk pengembangan lebih lanjut diharapkan materi-materi pelajaran serta latihan dan rancangan dalam aplikasi ini lebih bervariasi lagi bentuknya agar siswa atau user semakin termotivasi untuk belajar Bahasa Mandarin. 3. Aplikasi ini dibuat untuk mempelajari Bahasa Mandarin untuk tingkat pemula, harapan kedepannya agar dapat mengembangkan dan membuat aplikasi yang serupa untuk tingkat lebih lanjut. 4. Semoga aplikasi ini dapat berguna dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×