Regulasi Rumah Sakit

7,509 views
6,954 views

Published on

Published in: Health & Medicine
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
7,509
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
19
Actions
Shares
0
Downloads
262
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Regulasi Rumah Sakit

  1. 1. Regulasi Rumah Sakit Oleh Kelompok 4 Anggota: 1. Shelia Fajriyah 2. Yuni Apriyani 3. Sariana 4. Evelyn Amastiza 5. M. Angga Amsalta
  2. 2. Pengertian Regulasi adalah pengaturan (KBBI, 1998); Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat (UU No. 44 Tahun 2009).
  3. 3. Pengaturan penyelenggaraan Rumah Sakit bertujuan (UU No. 44 Tahun 2009): a) mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan; b) memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit dan sumber daya manusia di rumah sakit; c) meningkatkan mutu dan mempertahankan standar pelayanan rumah sakit; dan d) memberikan kepastian hukum kepada pasien, masyarakat, sumber daya manusia rumah sakit, dan Rumah Sakit.
  4. 4. Hospital by Laws/Statuta Hospital by Laws (Peraturan Internal Rumah Sakit) adalah aturan dasar yang mengatur tata cara penyelenggaraan rumah sakit meliputi peraturan internal staf medis dan peraturan internal korporasi. (PMK No.775 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Komite Medik di Rumah Sakit).
  5. 5. Medical Staff by Laws Medical Staff by Laws (Peraturan Internal Staf Medis) adalah aturan yang mengatur tata kelola klinis (clinical governance) untuk menjaga profesionalisme staf medis di rumah sakit. (PMK No.775 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Komite Medik di Rumah Sakit).
  6. 6. Langkah-Langkah Penyusunan Medical Staff by Laws Sumber: KMK No. 631 Tahun 2005 tentang Pedoman Peraturan Internal Staf Medis
  7. 7. Sumber: KMK No. 631 Tahun 2005 tentang Pedoman Peraturan Internal Staf Medis
  8. 8. Corporate by Laws Corporate by Laws (Peraturan Internal Korporasi) adalah aturan yang mengatur agar tata kelola korporasi (corporate governance) terselenggara dengan baik melalui pengaturan hubungan antara pemilik, pengelola, dan komite medik di rumah sakit. (PMK No.775 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Komite Medik di Rumah Sakit).
  9. 9. Clinical Governance • Clinical Governance (Tata Kelola Klinis) adalah sistem peningkatan mutu rumah sakit yang terdiri dari komponen quality asurance yakni setting standards, conform to standards dan continuous quality improvement. • Clinical Governance (Tata Kelola Klinis) adalah sebuah sistem untuk meningkatkan standar praktik klinis.
  10. 10.  Peraturan Rumah Sakit  Standard Operating Procedure (SOP)  Surat Keputusan  Surat Penugasan  Pengumuman  Pemberitahuan
  11. 11. SOP SOP (Standard Operating Procedure) adalah suatu perangkat instruksi/langkah-langkah yang dibakukan untuk menyelesaikan suatu proses kerja rutin tertentu (Lumenta dan Nefro). =Prosedur Operasional Standar= Prosedur Tetap (Protap)= Prosedur Kerja= Prosedur Standar= Prosedur Tindakan= Penatalaksanaan.
  12. 12. Jenis SOP • SOP Profesi • SOP Pelayanan • SOP Administrasi
  13. 13. Tujuan SOP Agar berbagai proses kerja rutin terlaksana dengan efisien, efektif, konsisten/uniform dan aman, dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan melalui pemenuhan standar yang berlaku (Lumenta dan Nefro).
  14. 14. Langkah-Langkah Penulisan SOP Sumber: Pedoman Penyusunan SOP untuk Rumah Sakit (DR.Nico A. Lumenta dan K. Nefro, MM.)
  15. 15. Sumber: Pedoman Penyusunan SOP untuk Rumah Sakit (DR.Nico A. Lumenta dan K. Nefro, MM.)
  16. 16. Sumber: Pedoman Penyusunan SOP untuk Rumah Sakit (DR.Nico A. Lumenta dan K. Nefro, MM.)
  17. 17. Format dan Contoh SOP Click Here!
  18. 18.  Terima Kasih

×