PEMASARAN INTERNASIONAL
NAMA KELOMPOK :
1. Agung Febru Siregar (20212349)
2. Agnes aviyolla (20212330)
3. Lani rahmawati s...
A. PENGERTIAN
Pemasaran Internasional :
Adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas-
batas lebih dari satu Ne...
Tahap menjadi pemasar internasional
1. No foreign marketing
perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi...
B.LINGKUNGAN (RUANG LINGKUP
PASAR INTERNASIONA)
1. Sistem Ekonomi
Ekonomi suatu Negara dipengaruhi oleh beberapa hal:
popu...
Karakter masing-masing Negara yang spesifik akan
mempengaruhi sistem ekonomi yang dianutnya. Mulai dari sitem
ekonomi yang...
2. Sistem Perdagangan Internasional
Sistem perdagangan antar Negara tidak sama. Perbedaan ini
dapat ditimbulkan oleh: perb...
3. Politik dan Hukum Internasional
Pemerintahan suatu Negara dibedakan antara sistem
parlementer (republic dan monarki con...
4. Cultural
Pemahaman kebudayaan atau cultural dapat dibedakan
dengan dua pengertian:
• Pemahaman factual atas kebudayaan ...
5. Bisnis Internasional
Bisnis internasional meliputi berbagai transaksi yang melewati
batas-batas Negara. Kegiatan transa...
C. SASARAN PASAR INTERNASIONAL
Proses penetapan pasar sasaran pada dasarnya berusaha
mengembangkan pasar-pasar Negara pote...
Secara umum segmentasi pasar internasional adalah
berdasarkan aspek geografis (nasional, regional, maupun global).
• kelom...
D. STRATEGI MEMASUKI PASAR
INTERNASIONAL
Pilihan strategi yang dapat dipilih untuk memasuki pasar
internasional adalah
Exp...
a. licensing
perusahaan melakukan satu kesepakatan (an agreement)
denga satu pemegang lisensi di pasar luar negeri . Untuk...
c. management contracting
Perjanjian atau kontrak manajemen ialah suatu metode yang
beresiko rendah untuk masuk atau menda...
E. PROGRAM PEMASARAN
INTERNASIONAL
Program pemasaran Internasional yang meliputi
produk, promosi, harga dan distribusi Int...
2. Karakteristik produk:
- Konstitusi produk, merk, dan pembungkusan
- Penampilan fisik
- Fungsi dan atribut
- Keawetan da...
Promosi Internasional:
Strategi kombinasi antara produk dan promosi Internasional:
1. Perluasan langsung
2. Adaptasi komun...
Kategori sistim harga Internasional
1. Harga ekspor
Harga ekspor dapat berorientasikan atas biaya (harga standar dunia
dan...
Distribusi Internasional:
Bentuk sistim distribusi adalah langsung dan tidak langsung, yang
masing – masing sistim dilayan...
kesimpulan
Pemasaran:
Serangkaian kegiatan yang melibatkan
seluruh strategi bauran pemasaran untuk
meningkatkan nilai bara...
Pemasaran global
Serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh
perusahaan yang menekankan pada:
1. Efisiensi biaya da...
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Pemasaran internasional

8,154

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
8,154
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
196
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Pemasaran internasional

  1. 1. PEMASARAN INTERNASIONAL NAMA KELOMPOK : 1. Agung Febru Siregar (20212349) 2. Agnes aviyolla (20212330) 3. Lani rahmawati s (24212157) 4. Melda dwi rahajeng (24212537) 5. Risa mutiahani (26212449) 6. Sarah febrian (26212837) 7. R.Panji bagus satrio hadinintyas utomo (25212811) 8. Sifah fauziah (27212000) 9. Hilman Wardhana (23212485) 10. M. Abdillah Mufti (24212675) 11. M azmi ghani Usach (24212900) 12. Fahad renaldi 13. Nuri handayani 14. fahmie
  2. 2. A. PENGERTIAN Pemasaran Internasional : Adalah pemasaran yang kegiatan operasinya melewati batas- batas lebih dari satu Negara. Pemasaran Global: Adalah kegiatan pemasaran oleh perusahaan(Global) yang mempunyai bisnis (Global), dengan strategi pemasaran (global), pasar (global), maupun produk (global) yang sama (standar) diberbagai Negara.
  3. 3. Tahap menjadi pemasar internasional 1. No foreign marketing perusahaan sudah berhubungan dengan dunia internasional tetapi bukan karena inisiatif atau belum ada usaha untuk memasarkan sendiri kepasar luar negri. 2. Infrequent foreign marketing perusahaan mulai memasarkan keluar negri kalau ada surplus produksi. 2. Regular foreign marketing produsen sudah mempunyai perencanaan untuk memasarkan produknya kepasar asing. 2. Global marketing operation produsen telah terlibat dengan dunia internasional secara global.
  4. 4. B.LINGKUNGAN (RUANG LINGKUP PASAR INTERNASIONA) 1. Sistem Ekonomi Ekonomi suatu Negara dipengaruhi oleh beberapa hal: populasi, struktur industry dan distribusi pendapatan. Pada decade ini, lebih dari 75% penduduk dunia tinggal dinegara selatan yang hanya mampu memproduksi produk duni a (GNP) sebesar 20% dari konsumsi dunia. Sedang Negara-negara dunia utara yang hanya berpenduduk 25% mampu mempunyai 80% dari GNP dunia.
  5. 5. Karakter masing-masing Negara yang spesifik akan mempengaruhi sistem ekonomi yang dianutnya. Mulai dari sitem ekonomi yang berorientasikan pada material (kapitalistik) sampai pada Negara yang berorientasikan komunal (sosialistik). Negara- negara kapitalistik pada umumnya berpandangan liberal lebih mengutamakan kekuatan atau mekanisme pasar. Sedang Negara- negara sosialistik lebih mengutamakan kesejahteraan seluruh masyarakat sebagai tujuan bersama melalui pengendalian oleh pemerintah
  6. 6. 2. Sistem Perdagangan Internasional Sistem perdagangan antar Negara tidak sama. Perbedaan ini dapat ditimbulkan oleh: perbedaan tariff maupun non tariff barriers, quota, embargo, pengendalian nilai tukar, reaksi atas kebijakan internasional (misalnya proteksionisme, ani-dumping) , dan asosiasi Negara, antar wilayah kepentingan tertentu . Kegiatan perdagangan internasional didasari oleh konsep- konsep keunggulan relative, yaitu: 1. Teori absolute cost advantage: salah satu Negara dapat memproduksi barang yang lebih murah dari pada yang lain 2. Teori Comparative Cost Advantage : Salah satu Negara mampu memproduksi barang yang salah satunya lebih murah dari Negara lain.
  7. 7. 3. Politik dan Hukum Internasional Pemerintahan suatu Negara dibedakan antara sistem parlementer (republic dan monarki constitutional) dan absolute (monarki absolute dan diktatoriat). Sistem kepartaian dibedakan antara sistem dua-partai, multi partai, satu partai, atau suatu partai yang dominan. Resiko politik dapat digolongka menjadi: (1) resiko kepemilikan (ownership risk) menyangkut kehidupan dan kekayaan perusahaan (konsfikskasi, ekspropriasi, dan domestikasi), (2) resiko operasional (operating risk) berkaitan dengan kelancaran usaha, dan (3) resiko pengalihan (transfer risk) berkaitan dengan resiko pelarian modal . Politik internasional diwarnai oleh berbagai relasi yang bersifat global dan kekuatan politik dunia. Dengan kata lain, pengaruh politik dunia dapat dibedakan oleh: (1) relasi global, (2) politik transnasional, (3) kekuatan politik tinggi.
  8. 8. 4. Cultural Pemahaman kebudayaan atau cultural dapat dibedakan dengan dua pengertian: • Pemahaman factual atas kebudayaan yang umumnya perlu dipelajari. • interpretasi atas pemahaman kebudayaan. Yaitu kemampuan untuk mengerti dan memahami secara penuh berbagai nuansa dari perbedaan pola kebudayaan . pemahaman atas waktu, sikap dan peranan dalam masyarakat merupakan aspek yang sangat berbeda dari kultur dengan yang lain memerlukan pemahaman yang lebih dari kenyataan cultural yang ada.
  9. 9. 5. Bisnis Internasional Bisnis internasional meliputi berbagai transaksi yang melewati batas-batas Negara. Kegiatan transaksi bisnis dari satu Negara akan berbeda dengan Negara lain. Kesalahpahaman karena miskonsepsi akan menimbulkan akibat yang fatal. Negosiator perlu memperhatikan aspirasi dan tujuan manajemen rekan bisnisnya. Seperti misalnya tujuan-tujuan pribadi, keamanan dan mobilitas, kehidupan pribadi, penerimaan social, power, formalitas, tempo, bisnis etik dan komunikasi bisnis. Bisnis internasional akan mampu meningkatkan hubungan global dalam bidang keuangan, pasar, teknologi, dan standar kehidupan antar Negara
  10. 10. C. SASARAN PASAR INTERNASIONAL Proses penetapan pasar sasaran pada dasarnya berusaha mengembangkan pasar-pasar Negara potensial dan memilih sejumlah Negara atau segmen pasar yang dikehendaki. Proses pemilihannya adalah sebagai berikut :
  11. 11. Secara umum segmentasi pasar internasional adalah berdasarkan aspek geografis (nasional, regional, maupun global). • kelompok pasar Eropa (EC, EFTA, COMECON) • kelompok pasar Timur tengah (OAPEC, Arab Common market) • kelompok pasar Asia (Jepang, China, ASEAN, AFTA) • kelompok pasar Amerika utara (US, Kanada, NAFTA) • kelompok pasar Amerika Latin (ANCOM, CACM, CARICOM, LAIA) • kelompok pasar Afrika (ECOWAS, CEAO, CEUA, AMEU, EACU)
  12. 12. D. STRATEGI MEMASUKI PASAR INTERNASIONAL Pilihan strategi yang dapat dipilih untuk memasuki pasar internasional adalah Exporting Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain. Joint Venturing Metode ke dua memasuki pasar luar negeri ialah joint venturing – bergabung dengan perusahaan-perusahaan asing untuk memproduksi atau memasarkan produk-produk atau jasa-jasa. Ada empat tipe joint ventures “lisencing, Contract Manufacturing,Management Contracting, and Joint Ownership.”
  13. 13. a. licensing perusahaan melakukan satu kesepakatan (an agreement) denga satu pemegang lisensi di pasar luar negeri . Untuk fee dan royalty pemegang lisensi memberi hak untuk menggunakan proses manufacturing perusahaan,merek dagang, paten,rahasia dagang, atau item nilai b. Contract manufacturing Pilihan lain ialah contract manufacturing – perusahaan mengikat kanotrak dengan pabrikan-pabrikan di luar negeri untuk memproduksi barang- barang atau menyediakan jasa- jasanya.
  14. 14. c. management contracting Perjanjian atau kontrak manajemen ialah suatu metode yang beresiko rendah untuk masuk atau mendapatkan pasar di luar negeri, dan cara ini menghasilkan pemasukan mulai sejak awal. d. Joint ownership Joint Ownership ventures terdiri dari satu perusahaan yang menggabungkan kekuatan-kekuatan dengan investor-investor asing untuk menciptakan satu bisnis local, dimana mereka bersama-sama menyatukan kepemilikan dan pengendalian. e. direct investment Keterlibatan terbesar dipasar luar negeri ialah melalui investasi langsung perkembangan perakitan (assembly) atau fasilitas-fasilitas berbasis luar negeri.
  15. 15. E. PROGRAM PEMASARAN INTERNASIONAL Program pemasaran Internasional yang meliputi produk, promosi, harga dan distribusi Internasional Produk Internasional : Faktor – faktor penentu tingkat adaptasi produk internasional: 1. Karakteristik wilayah local, Negara atau regional: - Peraturan Pemerintah - Hambatan nontariff - Karakter konsumen (harapan dan preferensi) - Pola pembelian - Kultur - Potensi ekonomi pemakai - Tahap pertumbuhan ekonomi - Persaingan - Iklim dan geografi
  16. 16. 2. Karakteristik produk: - Konstitusi produk, merk, dan pembungkusan - Penampilan fisik - Fungsi dan atribut - Keawetan dan kualitas - Pemasangan - Pemeliharaan dan pelayanan - Negara asal 3. Konsiderasi produk: - Kemampulabaan - Peluang pasar - Biaya adaptasi - Kebijakan dan konsistensi - Organisasi dan sumberdaya
  17. 17. Promosi Internasional: Strategi kombinasi antara produk dan promosi Internasional: 1. Perluasan langsung 2. Adaptasi komunikasi 3. Adaptasi produk 4. Adaptasi majemuk 5. Invensi produk Harga: Faktor – faktor yang mempengaruhi penentuan harga Internasional: 1. Pengaruh pemerintah 2. Perbedaan nilai mata uang asing 3. Tambahan biaya yang todak dapat dihindari (pajak, asuransi, dsb)
  18. 18. Kategori sistim harga Internasional 1. Harga ekspor Harga ekspor dapat berorientasikan atas biaya (harga standar dunia dan harga majemuk) maupun permintaan (harga perbedean pasar). 2. Harga pasar – asing Harga di pasar Internasional individual dipengaruhi oleh: tujuan perusahaan, biaya, perilaku pelanggan kondisi pasar, struktur pasar, serta hambatan lingkungan. 3. Harga transfer Adalah harga yang ditetapkan antar cabang milik perusahaan.kemungkinan harga transfer adalah: transfer pada biaya langsung, transfer pada biaya langsung dan tambahan pengeluaran lain, transfer pada harga pasar-tujuan, dan transfer pada arm’s length price (harga dimana pihak lain mampu melakukan transaksi yang sama).
  19. 19. Distribusi Internasional: Bentuk sistim distribusi adalah langsung dan tidak langsung, yang masing – masing sistim dilayani oleh perantara agen maupun pedagang. 1. Distribusi langsung Berhubungan dengan perusahaan asing melalui: perantara agen (sales, purchasing agent, dll), atau perantara pedagang (export distributor, export jobber, trading company, dll) 2. Distribusi tidak langsung Berhubungan dengan perusahaan asing lain, melalui: perantara agen (export management company, manufacturer’s export agent, trading company, dll), atau perantara pedagang (export merchant, cooperative exporting, export vendor)
  20. 20. kesimpulan Pemasaran: Serangkaian kegiatan yang melibatkan seluruh strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan nilai barang/jasa yang pada akhirnya memberi kepuasan para stake holder (pelanggan, pegawai, pemilik modal).
  21. 21. Pemasaran global Serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan yang menekankan pada: 1. Efisiensi biaya dan upaya yang menembus batas negara dan regional 2. Kesempatan mentransfer produk, merek, dan ide lain yang melampaui negara 3. Memenuhi kebutuhan pelanggan global 4. Mengembangkan koordinasi antara infrastruktur pemasaran nasional menjadi infrastruktur pemasaran global
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×