Keseimbangan ekosistem

2,328 views
2,072 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
2,328
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
180
Actions
Shares
0
Downloads
112
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Keseimbangan ekosistem

  1. 1. Kegiatan manusia yang mengganggu keseimbangan ekosistem Disusun: SantiVia Pradaniar
  2. 2. ILMU PENGETAHUAN ALAM KESEIMBANGAN EKOSISTEM
  3. 3. 1. Perpindahan Penduduk a. Meningkatnya jumlah penduduk pencemaran lingkungan b. Lingkungan kumuh kualitas kesehatan terpengaruhi
  4. 4. Penebangan liar Dampak pemebangan liar 1. Hutan menjadi gundul 2. Timbulnya bencana alam 3. Beberapa jenis tumbuhan menjadi langka 4. Hewan-hewan kehilangan tempat tinggal 5. Suhu lingkungan meningkat
  5. 5. Akibat penggunaan bahan kimia berlebihan  Busa detergen akan menutupi permukaan  perairan.Akibatnya, sinar matahari tidak dapat  menembus ke dalam perairan. Proses fotosintesis  tumbuhan air menjadi terganggu.Tumbuhan pun  kekurangan makanan dan akhirnya mati. Matinya  tumbuhan air membuat persediaan oksigen semakin  berkurang. Hewan air kekurangan oksigen dan  ikut mati juga.
  6. 6. Penggunaan Kendaraan Bermotor Dampak apa saja yang di akibatakan dari kendaraan neromtor : 1. polusi udara 2. Bertambah nay gas karbon dioksida 3. Panasnya suhu udara di permukaan
  7. 7. Perburuan Liar KELANGKAN KEPUNAKAN Manusia sering memburu hewan-hewan di hutan untuk dimanfaatkan bagian-bagian tubuhnya. Apabila perburuan itu dilakukan secara liar maka akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem, karena hal itu akan memutus jaring-jaring makanan dihutan itu.
  8. 8. PEMANFAATAN BAGIAN HEWAN
  9. 9. Pemanfaatan Bagian Tubuh Hewan dan Tumbuhan  Bagian tubuh rusa Tanduk rusa diburu manusia untuk dijadikan hiasan, untuk membuat kancing baju dan gagang pisau. Minyak rusa dihasilkan dari kelenjar perut rusa yang digunakan untuk pembuatan obat dan parfum. Kulit rusa digunakan untuk membuat sepatu atau sarung tangan. .
  10. 10. Bagian tubuh harimau Kulit harimau diburu manusia untuk dijadikan perhiasan. Sedangkan tulang dan taring harimau digunakan untuk pengobatan tradisional oleh orang Asia Timur.
  11. 11. Bagian tubuh hiu Hiu diburu manusia untuk diambil daging, sirip dan tulangnya. Selain itu, hati hiu juga diburu karena banyak mengandung vitamin A yang diyakini dapat mencegah kanker.
  12. 12. PEMANFAATAN BAGIAN TUMBUHAN
  13. 13. Bagian tumbuhan Kayu cendana digunakan untuk membuat kipas
  14. 14. Tumbuhan aren Pohon aren dimanfaatkan manusia karena menghasilkan kolang-kaling.
  15. 15. Tumbuhan kayu manis Khasiat Kayu manis saat ini bisa digunakan untuk obat berbagai macam penyakit seperti asam urat, hipertensi, mag, sakit kepala dan lainnya
  16. 16. Tumbuhan kemiri Tumbuhan kemiri memiliki banyak khasiat diantaranya untuk: •Menyuburkan, menghitamkan rambut, menjadikan rambut hitam berkilau •Mengobati buang air besar yang berdarah •Mengobati gatal akibat digigit serangga •Bahan bakar kendaraan bermotor •Mengatasi sariawan (sakit gigi) •Menghitamkan alis mata •Bahan campuran lilin •Bahan campuran cat
  17. 17. HEWAN LANGKA
  18. 18. Orang utan Orang Utan (latin : Pongo Pygmaeus) Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.
  19. 19. Badak bercula satu Badak Bercula Satu (latin : Rhinoceras Sundaicus) Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun- daunan
  20. 20. Badak bercula dua Badak bercula Dua (latin : Dicerorhinus Sumatrensis) Hampir mirip dengan badak bercula satu, hanya cula dibagian depan yang berjumlah dua. Hanya ditemukan di wilayah Sumatera
  21. 21. Musang Congkok Musang Congkok (latin : Prionodon Linsang) Dengan berat mencapai 5 kg dan mempunyai panjang sekitar 71 cm hewan ini cukup gesit untuk memanjat pepohonan. Di temukan di wilayah pegunungan Aceh dan Sumatera Barat. Mamalia kecil dan beberapa jenis serangga adalah makanan kesukaannya.
  22. 22. Singapuar Singapuar (latin : Tarsius Bancanus) Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya.
  23. 23. Ikan Belida Ikan Belida (latin : Notopetrus Chitala) Dengan panjang tubuh mencapai 87, 5 cm dan berat tubuh dapat mencapai 1 kg, cukup besar untuk ukuran ikan air tawar. Bentuk tubuhnya seperti pisau dan makanan kesukaannya adalah ikan-ikan kecil juga udang. Perairan air tawar di wilayah jawa dan kalimantan merupakan habitat aslinya.
  24. 24. Harimau Sumatera Harimau Sumatera ( latin : Panthera Tigris Sumatrae) Memprihatinkan karena jumlah semua harimau sumatera hanya tinggal sekitar 500 ekor. Penebangan hutan yang serampangan dan perburuan liar dituding sebagai penyebab langkanya harimau ini. Hanya terdapat di hutan sumatera
  25. 25. Anoa Anoa ( latin : Bubalus Depressicornis) Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah sulawesi.
  26. 26. Burung Elang Jawa Burung Elang Jawa ( latin : Spizaetus Bartelsi) Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja.Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri.
  27. 27. Babirusa Babirusa (latin : babyrousa babyrussa) Buah-buahan, tumbuh- tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya
  28. 28. TUMBUHAN LANGKA
  29. 29. BALAM SUNTAI BALAM SUNTAI Balam Suntai (Palaquium walsurifolium),balam suntai adalah salah satu jenis tanaman langka asli indonesia.tanaman langka ini memiliki kualitas kayu yang baik. kelas keawetan tanaman langka ini adalah kelas IV dan kekuatannya kelas II. maka tidaklah heran kalau tanaman langka ini banyak dicari orang.
  30. 30. BAYUR  BAYUR Bayur (Pterospermum sp). Tanaman langka indonesia ini memiliki nama daerah Balang, wadang, walang, wayu. bayur adalah jenis tanaman langka yang memiliki kualitas kayu bagus.
  31. 31. POHON ULIN  POHON ULIN Pohon Ulin (Eusiderxylon zwageri).Tanaman langka ini juga dikenal dengan kayu besi. tanaman khas kalimantan ini memilki diameter 60-120 cm dan tinggi 20-30 m. tanaman langka ini adalah satu komoditas kayu yang paling laku karena kualitas kayu nya
  32. 32. Cendana  Cendana atau cendana wangi, merupakan tanaman langka penghasil kayu cendana dan minyak cendana. Kayunya digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aroma terapi, campuran parfum, serta sangkur keris (warangka)
  33. 33. POHON DAMAR  Damar, Kopal Keruling (Agathis labillardieri). Tanaman langka ini berasal dari papua. Damar adalah salah satu jenis pohon potensial yang mempunyai nilai ekonomi tinggi. Tanaman langka ini tingginya bisa mencapai 60 m dan dimeternya 2 m.
  34. 34. Bunga Rafflesia  Bunga Rafflesia hidup di Tama Nasional Bengkulu, mempunyai ukuran dengan diameter bunga yang hampir mencapai 1 meter. Bunga ini terkenal dengan sebutan bunga bangkai karena mengeluarkan bau busuk yang menyengat. Bau busuk yang dikeluarkan oleh bunga digunakan untuk menarik lalat yang hinggap dan membantu penyerbukan.
  35. 35. usaha penyelamatan dan pelestarian keanekaragaman makhluk hidup
  36. 36.  usaha penyelamatan dan pelestarian keanekaragaman makhluk hidup sebagai berikut.  1. Sistem tebang pilih dengan cara memilih tanaman yang bila ditebang tidak sangat berpengaruh terhadap ekosistem.  2. Peremajaan tanaman dilakukan untuk mempertahankan dan meningkatkan hasil dengan mempersiapkan tanaman pengganti.
  37. 37. 3. tidak berburu pada saat musim berkembang biak. 4. Pembuatan cagar alam dan tempat perlindungan bagi tumbuhan dan hewan langka seperti suaka margasatwa dan taman nasional.
  38. 38. Upaya melestarikannya juga meliputi ekosistem di suatu wilayah
  39. 39.  1. Cagar Alam  Cagar alam adalah membiarkan ekosistem dalam suatu wilayah apa adanya. Perkembangannya terjadi secara proses alami. Manusia dilarang memasukinya tanpa izin khusus. Cagar alam bertujuan untuk:  a. melindungi ciri khas tumbuhan, hewan, dan ekosistem alami  b. mempertahankan keanekaragaman gen  c. menjamin pemanfaatan ekosistem secara berkesinambunga  d. memelihara proses ekologi
  40. 40. 2. Suaka Margasatwa  Merupakan pelestarian satwa langka. Perburuan dibuatkan peraturan tertentu. Satwa langka dilindungi oleh undang-undang konservasi, sehingga kepemilikannya harus memiliki izin khusus.
  41. 41. 3. Taman Nasional  adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli.  Taman nasional juga berfungsi melindungi ekosistem, melestarikan keanekaragam flora dan fauna, dan melestarikan pemanfaatan sumber daya alam hayati.
  42. 42. 4. Taman Laut  Taman laut adalah wilayah lautan yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang tinggi dan indah. Kawasan ini dijadikan sebagai konservasi alam, misalnya Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara.
  43. 43. 5. Hutan Lindung  Hutan lindung biasanya terletak di daerah pegunungan. Hutan tersebut berfungsi sebagai resapan air. Hal ini untuk mengatur tata air dan menjaga agar tidak terjadi erosi.

×