Tik bab 2
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Tik bab 2

on

  • 150 views

 

Statistics

Views

Total Views
150
Views on SlideShare
137
Embed Views
13

Actions

Likes
0
Downloads
1
Comments
0

1 Embed 13

http://sandragusti.blogspot.com 13

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tik bab 2 Presentation Transcript

  • 1. MENU
  • 2. • Standart Kompetensi Mengenal perangkat keras dan system yang digunakan dalam program presentasi. • Kompetensi Dasar Mengidentifikasi menu dan ikon pada perangkat lunak pengolahpresentasi.
  • 3. 1.1 Siswa dapat mengaktifkan Microsoft PowerPoint. 1.2 Siswa dapat membuka lembar kerja PowerPoint. 1.3 Siswa dapat membuat presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint. 1.4 Siswa dapat menyimpan dokumen Microsoft PowerPoint 1.5 Siswa dapat menutup Presentasi.
  • 4. Menjalankan Ms. Power Point 2007 bisa dilakukan dengan beberapa cara, yaitu : • Cara 1 : Klik tombol Start > All program > Microsoft Office > Microsoft Office Power Point 2007 • Cara 2 : Jika anda sudah membuat shortcut dan menempatkannya pada dekstop, maka anda dapat mengaktifkam Microsoft Power Point 2007 dengan mengklik 2 X (double klik) ikon shortcut tersebut. Gambar :
  • 5. Setelah kita mengklik 2 kali icon Ms. PowerPoint pada dekstop, maka akan muncul tampilan lembar kerja Microsoft PowerPoint seperti gambar di bawah.
  • 6. 1.3.1 Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Powerpoint 2007 : 1. Klik office button  new . 2. Pada kotak dialog yang muncul pilih  Blank and recent  Blank templates  klik create . 3. Untuk menampilkan jendela presentasi di layar monitor, jendela presentasi yang akan tampil harus adalah slide judyul presentasi . 4. Kemudian apabila ingin menambahkan slide baru, maka caranya pilih new slide pada ribbon tab home/dengan menekan tombol Ctrl+M .
  • 7. 1.3.2 Memilih dan Mengganti Layout / Tampilan slide 1. Aktifkan slide . 2. Klik ribbon tab home  layout  pilih layout yang di kehendaki , misalnya : title and content . Pada layout ini terdiri berbagai bagian-bagian menu content seperti insert table, insert chart, insert smartArt graphic, inser picture from file, clip art, dan insert media clip . 1.3.3 Menggunakan Themes Slide 1. Aktifkan slide yang akan di terapkan themesnya . 2. Klik ribbon tab Design, kemudian klik menu more Themes . 3. Pada kotak dialog themes yang muncul, pilih jenis themes yang akan di pakai lalu klik kanan dan pilih : Apply to all slide (digunakan untuk semua slide) atau Apply to selected slide (digunakan pada slide yang sedang aktif saja).
  • 8. 1.3.4 Bekerja dengan Teks  Menambahkan Teks 1. Teks placeholder : placheholder adalah kotak yang di batasi titik-titik yang menjadi sebagian besar layout slide .layout slide terdiri dari placheholder teks dan udul objek pada suatu variasi .dalam Placeholder teks, ketik judul, sub judul, dan teks pada slide anda. 2. Teks Autoshape : Autoshape merupakan satu grup bentuk-bentuk siap pakai yang termaksud bentuk dasar seperti segi empat, lingkaran, dan di tambah dengan variasi garis dan hubung panah, symbol flowchart, bintang, spanduk, dan callout. Anda dapat memilih salah satu bentuk Autoshape sesuai keperluan kemudian jika ingin menambahkan teks anda dapat meng-klik kanan  add teks 3. Text box : Text box adalah suatu tempat untuk teks yang dapat bergerak dan berubah ukuran. Kita dapat menggunakan text box untuk menempatkan teks dimana pun slide. Selain itu text box juga dapat di gunakan untuk menembahkan teks autoshape, tetapi anda tidak mau teks tersebut menjadi satu bagian dengan Autoshape. 4. Word Art : Word Art adalah objek yang di buat dengan efek siap pakai dan dapat di format. Word Art juga dapat di gunakan untuk membuat teks yang menarik seperti di jadikan seperti 3 dimensi/vertical. Teks dalam sebuah objek seperti text box/autoshape dan teks Word art tidak muncul pada outline dan harus di edit di slide.
  • 9.  Format Font Untuk mengaktifkan pemilihan pada Toolgroup Font, anda harus menyeleksi terlebih dahulu teks yang akan di format/ meng-klik Placeholder teks yang akan di format . 1. menyeleksi teks (mem-blok teks yang akan di format) 2. klik placeholder (meng-klik garis pada placeholder)  Menyisipkan Gambar Clip Art 1. Menyisipkan gambar : klik picture pada toolgroup illustration (muncul dialog box) pilih gambar yang diinginkan . 2. Menyisipkan clip Art : klik kanan (muncul task pane clip Art) pilihlah clip art yang anda inginkan. Anda juga bisa mengklik langsung Clip Art yang anda pilih / klik panah kecil yang muncul di sebelah kanan saat anda menyorok kursor pada Clip Art yang dikehendaki .
  • 10. Beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat akan menyimpan dokumen antara lain : • Apabila menyimpan dokumen sebagai Microsoft PowerPoint 2007 maka dokumen tidak dapat dibuka pada Microsoft PowerPoint pada versi lama. • Selalu menggunakan save as untuk menyimpan dokumen karena akan memudahkan memilih tipe penyimpanan . • Langkah-langkah menyimpan dokumen : 1. Klik tombol Ms. Office  Klik Save as 2. Ketikkan nama file pada kotak dialog File name. 3. Klik Save Gambar :
  • 11. Ada beberapa cara untuk menutup hasil presentasi pada Microsoft PowerPoint, antara lain : 1. Klik close (X) di pojok kanan atas. 2. Atau bisa juga dengan menekan tombol Quick Access Button  Close.
  • 12. I. 1. PowerPoint adalah program yang digunakan untuk . . . . a. Pengolah angka c. Pengolah animation b. Pengolah presentasi d. Pengolah data 2. Lembar kerja PowerPoint disebut juga dengan . . . . a. Document c. Layer b. Workbook d. Slide 3. Berikut ini yang tidak terdapat pada office button adalah . . . . a. Edit c. Save as b. Open d. New 4. Untuk membuat animasi, kita bisa mengklik icon... a. Design c. Animations b. Slide show d. View 5. Menghapus slide dapat menggunakan tombol atau perintah... a. Caps Lock c. Delete b. Shift d. End
  • 13. II. 1. Bagaimana cara membuka Microsoft Powerpoint 2007? 2. Apa pengertian dari placeholder ? 3. Apakah yang dimaksud teks autoshapes ? 4. Apa isi fungsi-fungsi file dari Ms. Office Button ? 5. Bagaimana cara menutup program PowerPoint ? LIHAT JAWABAN…
  • 14. I. II. 1. B 2. D 3. A 4. C 5. D 1. Klik tombol start -> all program -> Microsoft Office > Microsoft Office PowerPoint 2007. 2. Kotak yang dibatasi titik-titik yang menjadi sebagian besar layout slide. 3. Satu bentuk-bentuk siap pakai yang termasuk bentuk dasar ditambah dengan variasi-variasi garis dan hubungan panah. 4. New, open, save, save as, print, prepare, send, dan publish 5. - Klik close (X) di pojok kanan atas. Atau dengan cara, - Klik Quick Access Button  Close. SELESA I..