kecepatan akses internet dan perangkat keras internet/intranet
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Like this? Share it with your network

Share

kecepatan akses internet dan perangkat keras internet/intranet

  • 14,130 views
Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • keren
    Are you sure you want to
    Your message goes here
  • siip (y)
    Are you sure you want to
    Your message goes here
No Downloads

Views

Total Views
14,130
On Slideshare
14,032
From Embeds
98
Number of Embeds
2

Actions

Shares
Downloads
212
Comments
2
Likes
1

Embeds 98

http://ahmadsofyansetiawan.wordpress.com 91
http://smkypm1tamansepanjang.blogspot.com 7

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. KECEPATAN Perangkat Keras AKSES INTERNET Internet/Intranet Pengertian Faktor-faktor Yang Kecepatan Mempengaruhi Internet Intranetakses Internet Kecepatan Akses Internet Komputer Komputer Kabel Modem Jaringan Jaringan Telpon Kartu Jaringan
  • 2. KECEPATAN AKSES INTERNET1. Pengertian Kecepatan Akses Internet` Kecepatan akses internet adalah kemampuan yang dimiliki oleh sebuahkomputer untuk mengakses sebuah alamat website ataupun layanan-layananyang ada dalam satuan detik.2. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Internet Kecepatan komunikasi modem Modem merupakan hardware tambahan untuk komputer agar dapat terhubung dengan internet melalui jaringan telepon. Modem berfungsi mengubah signal digital dari komputer menjadi signal analog yang dapat dikirim lewat Jaringan telepon, atau sebaliknya mengubah signal analog menjadi signal digital. Komputer pengguna Komputer yang digunakan minimal dengan processor pentium 156 MHz.Processor ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada pada sistem komputer. Jaringan telepon Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat yang sangat penting dan relatif lebih murah untuk mengakses internet dibandingkan dengan sistem telekomunikasi lainnya.
  • 3. Selanjutnya ISP (Internet Service Provider) ISP merupakan perusahaan penyedia layanan internet. Untuk dapatterhubung dengan internet, kita harus mempunyai akses ke ISP. Segala halyang diperlukan untuk koneksi ke internet, seperti berapa kecepatan aksesinternet dan berapa biaya koneksinya, akan diatur oleh ISP tersebut. Adapunkriteria-kriteria yang digunakan untuk memilih ISP antara lain : Kecepatan transfer data Selain sebagai sumber informasi, internet merupakan sarana komunikasi. Komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi data-data. Bandwith Bandwith adalah saluran yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang ditransfer. Memiliki server proxy Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat fovorit pelanggan. Dengan adanya server proxy, pelanggan dapat mengakses website-website favoritnya dengan lebih cepat.
  • 4. Keamanan data Transaksi internet rawan terhadap pembajakan. Kita perlu tahu apakah sebuah ISP menggunakan firewell untuk menjamin keamanan transaksi online yang kita lakukan atau tidak. Biaya Biaya merupakan salah satu pertimbangan untuk memilih sebuah ISP. Kita perlu mengetahui bagaimana sistem pembayaran yang dikenakan oleh sebuah ISP. Server Tujuan Seringkali kita mengalami akses yang lambat ke situs (web) tertentu. Halini kemungkinan disebabkan kondisi jalur ke server tujuan sedangpadat, misalnya situs tersebut sangat populer sehingga banyak yangmengunjunginya.
  • 5. 1. Komputer Komputer merupakan perangkat keras yang mutlak ada untuk melakukan akses internet. Komputer yang digunakan untuk mengakses internet harus memiliki spesifikasi yang memadai.  Processor, Komputer yang digunakan minimal pentium 2 ke atas.  Memory, yang digunakan minimal 32 Mb. Ram berfungsi menyimpan masukan data dan perintah yang sifatnya sementara.  Hardisk, yang digunakan minimal berukuran 3,3 Gb. Hardisk berfungsi untuk menyimpan sistem operasi program dan data-data.  Sound card, diperlukan karena internet adalah dunia multimedia. Untuk dapat menikmati musik atau video diperlukan sound cars.  VGA card merupakan perangkat keras yang berfungsi mengubah data dari komputer dan mentravsfernya ke layar monitor.2. Modem Modem adalah komponen elektronik yang berfungsi mengubah signal digital menjadi signal analog (signal suara) atau sebaliknya. Modem ada 2 jenis yaitu:
  • 6. Modem internal adalah modem modem yang dihubungkan dislotdi motherboard dan di dalam cpu. Keuntungan menggunakan modeminternal yaitu harganya yang lebih murah namun memiliki kelemahanyaitu pemasangannya yang lebih sulit dan tidak dapat di pindah – pindahkanDari satu komputer ke komputer lain. Modem eksternal adalah modem yang terletak di bagian luar CPU.Keuntungan menggunakan modem eksternal yaitu pemasangannya yang lebihgampang dan peggunaannya dapat dipindahkan dari satu komputer lainnya.namun kelemahannya yaitu harganya relatif mahal.3. Jaringan telepon Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat yang sangat pentingdan relatif lebih murah untuk mengakses internet dibandingkan dengan sistemtelekomunikasi lainnya.
  • 7. Perangkat Keras Intranet1. Komputer Berdasarkan fungsinya komputer dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : Komputer server, yaitu komputer yang berfungsi melayani dan mengatur jaringan komputer lainnya. Komputer client, yaitu komputer yang berfungsi sebagai yempat dimana pengguna komputer jaringan bekerja.2. Kartu jaringan Kartu jaringan atau NIC merupakan perangkat yang menghubungkan komputer ke suatu jaringan kartu yang dipasang pada salah satu slot ekspansi pada mainbord komputer.3. Kabel jaringan Kabel jaringan merupakan komponen pokok dalam sebuah jaringan. Tanpa adanya Media ini, jaringan tidak bisa berjalan dan tidak bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan.
  • 8. Macam-macam Gambar TentangPerangkat Keras Intrenet & IntranetKomputer Kartu Jaringan Processor Memory VGA Card Modem Jaringan Hardisk Sound Card Komputer