Your SlideShare is downloading. ×
Countable nouns dan uncountable nouns
Countable nouns dan uncountable nouns
Countable nouns dan uncountable nouns
Countable nouns dan uncountable nouns
Countable nouns dan uncountable nouns
Countable nouns dan uncountable nouns
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Countable nouns dan uncountable nouns

5,947

Published on

0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
5,947
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
90
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  1. Countable Nouns dan Uncountable Nouns Kata benda atau Nouns dalam bahasa inggris (sebenarnya juga dalam bahasa Indonesia), ditinjau dari bisa tidaknya dihitung, dapat dibagi menjadi 2 golongan besar. Yaitu Countable Nouns (kata benda yang bisa dihitung) dan UnCountable Nouns (kata benda yang tidak dapat dihitung). Memang topik ini sangat sepele, namun perlu kita pelajari dalam bahasa inggris, karena banyak orang yang keliru atau tidak tau kapan harus bilang “book” atau “books” misalnya. Pengetahuan tentang topik countable nouns dan uncountable nouns ini akan membuat Anda lebih pede berbahasa inggris. COUNTABLE NOUNS: Pertama COUNTABLE NOUNS, atau kata benda yang dapat dihitung. Contohnya adalah: book, computer, car, dan sebagainya. Nah, dalam bahasa inggris ada perbedaan jika kita ingin mengatakan satu buku dengan dua buku. Kalau satu buku = a book, sedangkan dua buku two books, lihat book nya ditambah huruf s menjadi books. SINGULAR dan PLURAL NOUNS: Dalam pelajaran bahasa inggris disekolah dulu (sekarang saya sudah lulus, hehe..) ada pembagian lagi untuk countable nouns ini yaitu Singular Nouns dan Plural Nouns. Singular artinya tunggal sedangkan Plural artinya jamak atau lebih dari satu. Biasanya, dari kata benda tunggal menjadi jamak ditambah s atau es. Contoh: book menjadi books, tomato menjadi tomatoes. Kok ndak tomatos ya? haha.. Itulah yang membuat banyak orang mengatakan bahasa inggris itu sulit. Adalagi malah yang tidak beraturan misalnya man menjadi men. Kacau deh! Banyak buku tatabahasa inggris yang berisi tabel tentang cara penambahan s atau es ini, sebenarnya ada kreteria atau rumus yang dapat diikuti, misalnya untuk kata yang berakhir dengan LY atau RY maka diganti menjadi ies, contohnya: baby menjadi babies, lady menjadi ladies, fly menjadi flies, dan sebagainya. Saran saya anda sebaiknya beli buku tentang Tatabahasa Inggris, banyak yang lengkap sekali dengan contoh-contoh dan tabel-tabel yang memuat singular dan plural nouns ini. Nah, dalam hubungannya nanti dengan TO BE (is, am, are) nanti juga beda untuk singular nouns dan plural nouns. Nanti tentang TO BE akan saya tuliskan lebih lengkap. Ini contoh singkat saja: This is a book (singular atau tunggal) These are two books (plural atau jamak) Anda lihat pebedaannya di is atau are juga (tobe).
  2. Singular and Plural Nouns Kata benda atau nomina mempunyai dua bentuk (form) kata, yaitu singular dan plural. Singular nouns digunakan untuk menunjukkan suatu benda yang berjumlah tunggal atau satu, misalnya: a computer, a chair, a train, a player, a teacher, a taxi, etc. Sedangkan plural nouns digunakan untuk menunjukkan benda yang berjumlah banyak (jamak), misalnya: computers, chairs, trains, players, teachers, taxis, etc. Singular nouns umumnya disertai determiners (a/an, this, that, the), misalnya: a river, a castle, an idea, this book, the man, etc. Umumnya plural nouns dibentuk dengan menambah huruf -s di belakang kata benda yang akan dibuat dalam bentuk jamak, misalnya: boats, bats, houses, rivers, computer, boys, girls, etc. Perhatikan catatan dan contoh pembentukan plural nouns berikut di bawah ini. Nomina yang berakhiran -s, -ss, -ch, -sh atau –x ditambah akhiran –es. - bus --> buses - glass --> glasses - dress --> dresses - branch --> branches - church --> churches - beach --> beaches - sandwich --> sandwiches - witch --> witches - brush --> brushes - flash --> flashes - box --> boxes - fox --> foxes Nomina yang berakhiran –y, diganti dengan i kemudian ditambah –es. - baby --> babies - family --> families - story --> stories - fairy --> fairies - puppy --> puppies - housefly --> houseflies - library --> libraries - city --> cities - lily --> lilies - party --> parties - dictionary --> dictionaries Nomina berakhiran –y yang sebelumnya terdapat huruf hidup atau vokal (vowel), langsung ditambah akhiran –s. Kecuali nomina yang berakhiran –quy, -y diganti dengan i kemudian ditambah –es (soliloquy --> soliloquies).
  3. - key --> keys - monkey --> monkeys - donkey --> donkeys - toy --> toys - boy --> boys - cowboy --> cowboys - day --> days - tray --> trays - runway --> runways - chimney --> chimneys - trolley --> trolleys - valley --> valleys Nomina yang berakhiran –f, diganti dengan v kemudian ditambah –es. - half --> halves - leaf --> leaves - shelf --> shelves - wolf --> wolves - thief --> thieves Beberapa nomina yang berakhiran –f, hanya ditambah akhiran –s. - chief --> chiefs - roof --> roofs - handkerchief --> handkerchiefs - cliff --> cliffs - puff --> puffs Dan beberapa nomina yang berakhiran –f bisa dijadikan plural dengan dua cara di atas. - scarf --> scarfs or scarves - hoof --> hoofs or hooves - dwarf --> dwarfs or dwarves - wharf --> wharfs or wharves Nomina yang berakhiran –fe, maka f diganti dengan v kemudian ditambah –s. - knife --> knives - wife --> wives - life --> lives - midwife --> midwives Nomina yang berakhiran –o, hanya ditambah akhiran –s. - video --> videos - hippo --> hippos - zoo --> zoos - kangaroo --> kangaroos Tetapi beberapa nomina tertentu yang berakhiran -o, jika dijadikan plural ada yang ditambah
  4. akhiran –es. - tomato --> tomatoes - potato --> potatoes - hero --> heroes Dan ada juga beberapa nomina yang berakhiran –o bisa dijadikan plural dengan dua cara di atas - mango --> mangoes or mangos - mosquito --> mosquitoes or mosquitos - zero --> zeroes or zeros - buffalo --> buffaloes or buffalos Beberapa nomina berubah ejaannya jika berubah menjadi plural (irregular plurals). - man --> men - woman --> women - child --> children - person --> people - mouse --> mice - tooth --> teeth - foot --> feet - goose --> geese Beberapa nomina mempunyai bentuk yang sama, baik singular maupun plural. - sheep --> sheep - deer --> deer - fish --> fish - aircraft --> aircraft - salmon --> salmon Kata fish (collectively) bila digunakan untuk menyatakan jenisnya (individuals or kinds) maka bentuk plural-nya menggunakan fishes. - The list of endangered species includes nearly 600 fishes. Beberapa nomina selalu berbentuk plural, misalnya: trousers, glasses, shorts, spectacles, jeans, goggles, pants, scissors, tights, binoculars, pyjamas, pliers. Gunakan a pair of untuk menjadikan nomina tersebut ke bentuk singular. - a pair of binoculars - a pair of spectacles - a pair of jeans Pada compound words, nominanya (main words) dijadikan ke bentuk plural. - mother-in-law --> mothers-in-law - passerby --> passersby - sister-in-law --> sisters-in-law
  5. Jika tidak ada nomina atau kata benda pada compound words tambahkan akhiran –s. - mix-up --> mix-ups - takeoff --> takeoffs Jika compound words berakhiran -ful, tambahkan saja akhiran –s. - cupful --> cupfuls Nomina yang berupa angka, huruf bisa di bentuk menjadi plural dengan menambahkan apostrophes (‘) dan s. - How many 3’s make 9? - There are two m’s in ‘comma’. Beberapa nomina yang berasal dari luar bahasa Inggris (Latin, Greek, etc.) mempunyai bentuk plural tersendiri (irregular plural) mengikuti bahasa asalnya. - nucleus --> nuclei - syllabus --> syllabi - focus --> foci (focuses) - fungus --> fungi - cactus --> cacti (cactuses) - thesis --> theses - crisis --> crises - phenomenon --> phenomena - index --> indices (indexes) - appendix --> appendices (appendixes) - criterion --> criteria - analysis --> analyses - axis --> axes - bacterium --> bacteria - parenthesis -->parentheses - datum --> data - alumnus --> alumni UNCOUNTABLE NOUNS Uncountable Nouns adalah kata benda yang tak dapat dihitung. Itulah pelajaran yang saya dapatkan waktu bahasa inggris dulu. Maksudnya tidak bisa dikatakan satu atau dua. Misalnya: air (water), honey (madu). Ngga bisa a water (satu air), ngga bisa two honey (dua madu), dan sebagainya. Sebenarnya sih tetap dapat dihitung juga kalau misalnya dicangkirin dulu, menjadi a cup of water.
  6. Biasanya bentuk yang digunakan untuk uncountable nouns ini adalah: a …. of …. seperti tadi a cup of water, atau a bottle of water. Tidak boleh a water, ok? Tentu saja karena uncountable nouns adalah kata benda yang tidak dapat dihitung maka tidak boleh ditambah s atau es seperti countable nouns tadi. Tidak ada waterS (ini salah). Tapi kalau three cups of water (tiga cangkir air) bisa. Untuk menyatakan banyak, biasanya menggunakan kata-kata seperti SOME, MUCH, LITTLE. Contoh: I want some water, I dont have much time. Ok, sekian saja pelajaran bahasa inggris yang berhubungan dengan Countable dan UnCountable Nouns ini, untuk lebih lengkap tentang berbagai contoh kata-katanya serta rumus-rumusnya Anda saya sarankan beli buku english grammar (tatabahasa inggris). Dengan pengetahuan dasar ini, anda bisa membedakan kapan pakai s kapan pakai es dan kapan tidak. Tapi jangan jadikan kerumitan bahasa inggris ini justru halangan untuk Anda bisa bahasa Inggris, pelajari saja dengan step-by-step (selangkah demi selangkah) dan lebih banyak praktek.

×