•Persalinan adalah proses pngeluaran hasil konsepsi, yang
mampu hidup, dari dalam uterus melalui vagina kedunia
luar (Wikn...
JENIS PERSALINAN

Jenis persalinan
berdasarkan cara
persalinan
Persalinan Normal
(Spontan)
Persalinan Buatan
Persalinan...
Teori penurunan
hormone
Teori oksitosin
Teori plasenta menjadi
tua
Teori iritasi mekanik
Teori distensi rahim
Teori ...
TANDA-TANDA
PERSALINAN
.Tanda permulaan persalinan
Lightening, pada minggu ke 36
pada primigravida terjadi
penurunan fund...
FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN
DALAM PERSALINAN
1.Kekuatan mendorong janin
keluar (power)
2. Faktor janin (passager)
Faktor j...
KEBUTUHAN DASAR IBU
BERSALIN

1. Dukungan fisik dan
psikologis
2. Kebutuhan makanan dan
cairan
3. Kebutuhan eliminasi
4. ...
PERUBAHAN PSIKOLOGI
KALA I
Kondisi psikologi yang
sering terjadi selama
persalinan kala I :
1. Kecemassan dan
ketakutan p...
KALA II PESALINAN
1. Persalinan kala II dimulai
ketika pembukaan serviks
sudah lengkap (10 cm) dan
berakhir dengan lahirny...
Dokumentasi semua
asuhan
Asuhan dalam 2 jam post-partum, antara lain :
Melanjutkan pemantauan kontraksi uterus dan
perdar...
DAFTAR PUSTAKA
Asrinah, Dkk: 2010, Asuhan Kebidanan Masa
Persalinan, Yogyakarta, Graha Ilmu.
Mochtar, Rustam: 1998, Sinops...
asuhan persalinan normal by. sab'atun.
asuhan persalinan normal by. sab'atun.
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

asuhan persalinan normal by. sab'atun.

1,805

Published on

like zaaa

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
1,805
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
73
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

asuhan persalinan normal by. sab'atun.

  1. 1. •Persalinan adalah proses pngeluaran hasil konsepsi, yang mampu hidup, dari dalam uterus melalui vagina kedunia luar (Wiknjosastro, 2008). •Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uteri) yang telah cukup bulan atau melalui jalan lahir lain, dengan atau tanpa bantuan (kekuatan sendiri) (Manuaba, 1998). •Persalinan adalah pengeluaran produk konsepsi yang viable melalui jalan lahir (Mochtar, 1998). •Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dan janin tutun ke dalam jalan lahir (Sarwono, 2009).
  2. 2. JENIS PERSALINAN Jenis persalinan berdasarkan cara persalinan Persalinan Normal (Spontan) Persalinan Buatan Persalinan Anjuran Menurut usia kehamilan dan berat janin yang dilahirkan. Abortus Persalinan Prematur Persalinan Matur Persalinan Postmatur (Serotinus)
  3. 3. Teori penurunan hormone Teori oksitosin Teori plasenta menjadi tua Teori iritasi mekanik Teori distensi rahim Teori berkurangnya nutrisi
  4. 4. TANDA-TANDA PERSALINAN .Tanda permulaan persalinan Lightening, pada minggu ke 36 pada primigravida terjadi penurunan fundus uteri karena kepala bayi sudah masuk pintu atas panggul Perut kelihatan lebih melebar, fundus uteri turun. Susah kencing (polakisuria) Ada perasaan sakit di perut dan di pinggang. Serviks menjadi lebih lembek, mulai mendatar, dan sekresinya betambah bisa bercampur darah (bloody show) Tanda persalinan Rasa sakit oleh adanya his yang datang lebih kuat, sering, dan teratur. Keluar lender bercampur darah (show) yang lebih banyak karena robekan robekan kecil pada serviks. Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya. Pada pemeriksaan dalam: serviks mendatar dan pembukaan telah ada.
  5. 5. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PERSALINAN 1.Kekuatan mendorong janin keluar (power) 2. Faktor janin (passager) Faktor jalan lahir (passage) 4. Faktor psikologi ibu 5. Faktor penolong
  6. 6. KEBUTUHAN DASAR IBU BERSALIN 1. Dukungan fisik dan psikologis 2. Kebutuhan makanan dan cairan 3. Kebutuhan eliminasi 4. Posisioning dan aktifitas 5. Pengurangan rasa nyeri TAHAPAN PERSALINAN KALA I PERSALIAN ( Fase laten & Fase aktif). PERUBAHAN FISIOLOGIS KALA I 1. Perubahan pada serviks 2. Perubahan system kardiovaskuler 3. Perubahan metabolisme 4. Perubahan system respirasi Kontraksi uterus 5. Perubahan segmen atas rahim dan segmen bawah rahim 6. Perubahan hematologis 7. Perubahan renal 8. Perubahan gastrointestinal 9. Perubahan suhu badan 10. Perubahan pada vagina dan dasar panggul 11. Perubahan pada anus (Sistem pencernaan)
  7. 7. PERUBAHAN PSIKOLOGI KALA I Kondisi psikologi yang sering terjadi selama persalinan kala I : 1. Kecemassan dan ketakutan pada dosadosa/kesalahan diri sendiri. 2. Timbulnya rasa tegang, ketakutan, kecema san, dan konflik-konflik batin. 3. Sering timbul rasa jengkel, tidak nyaman, badan selalu kegerahan, tidak sabaran. ASUHAN KEBIDANAN PADA PERSALINAN KALA I 1. Manajemen kala I: a.Mengidentifikasi masalah; b.Pemeriksaan abdomen; c.Menilai data dan membuat diagnosis; d.Membuat rencana asuhan. 2. Penggunaan partograf 3. Pemenuhan kebutuhan fisik dan psikis 4. Pengenalan tanda bahaya kala I, seperti: a. Perdarahan pervaginam selain lendir bercampur darah; b. Persalinan kurang bulan (kurang dari 37 minggu); c. Ketuban pecah dan air keruban bercampur mekonium disertai tanda-tanda gawat janin. 5. Pendokumentasian kala I
  8. 8. KALA II PESALINAN 1. Persalinan kala II dimulai ketika pembukaan serviks sudah lengkap (10 cm) dan berakhir dengan lahirnya bayi. Tanda pasti kala II ditentukan melalui pemeriksaan dalam yang hasilnya adalah: 2. Pembukaan serviks telah lengka (10 cm), atau 3. Terlihatnya bagian kepala bayi melalui introitus vagina. KALA III PERSALINAN Persalinan kala III dimulai segera setelah bayi lahir dan berakhir dengan lahirnya plasenta serta ketuban yang berlangsung tidak lebih dari 30 menit. KALA IV PERSALINAN Kala IV adalah masa selama 1-2 jam setelah pengeluarn uri. Dua jam pertama pasca peralinan merupakan masa krisis bagi ibu dan neonatus (bayi baru lahir).
  9. 9. Dokumentasi semua asuhan Asuhan dalam 2 jam post-partum, antara lain : Melanjutkan pemantauan kontraksi uterus dan perdarahan pervaginam Mengajarkan pada ibu dan keluarga melakukan massage uterus dan memeriksa uterus. Mengevaluasi kehilangan darah. Memeriksa tekanan darah, nadi, kadaan kandung kemih Memeriksa temperatur tubuh ibu Melakukan tindakan yang sesuai untuk temuan yang normal.
  10. 10. DAFTAR PUSTAKA Asrinah, Dkk: 2010, Asuhan Kebidanan Masa Persalinan, Yogyakarta, Graha Ilmu. Mochtar, Rustam: 1998, Sinopsis Obstetri Jilid I, Jakarta, EGC. Prawirohardjo, Sarwono: 2009, Ilmu Kebidanan, Jakarta, PT. Bina Pustaka. Prawirohardjo, Sarwono: 2009, Buku Acuan Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal, Jakarta, PT. Bina Pustaka. Sastrawinata, Sulaiman: 1983, Obstetri Fisiologi, Bandung, Eleman. Sulaiman, Ali: 2001, Kapita Selekta Kedokteran Jilid I, Jakarta, Media Aesculapius.

×