Akomodasi (accomodation)

6,264
-1

Published on

unutk pembelajaran smp

Published in: Education
1 Comment
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
6,264
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
74
Comments
1
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Akomodasi (accomodation)

  1. 1. Akomodasi (accomodation) Akomodasi merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pertentangan tanpa menghancurkan pihak lawan sehingga lawan tidak kehilangan kepribadiannya.
  2. 2. Akomodasi mempunyai tujuansebagai berikut. 1) Mengurangi pertentangan. 2) Mencegah pertentangan untuk sementara. 3) Memungkinkan terjadinya kerjasama. 4) Mengusahakan peleburan antara kelompok sosial.
  3. 3. Bentuk-bentuk akomodasi1) Paksaan (coercion) Paksaan merupakan bentuk akomodasi yang prosesnya dilaksanakan karena adanya unsur paksaan.
  4. 4. Bentuk-bentuk akomodasi2) Kompromi Kompromi adalah bentuk akomodasi di mana pihak-pihak yang terlibat saling mengurangi tuntutannya, agar tercapai suatu penyelesaian terhadap perselisihan yang ada.
  5. 5. Bentuk-bentuk akomodasi3) Penengah (arbitration) Adanya penengah (arbitration) atau pihak ketiga merupakan suatu cara untuk mencapai kompromi apabila pihak-pihak yang berhadapan tidak sanggup mencapai penyelesaian.
  6. 6. Bentuk-bentuk akomodasi4) Mediasi Mediasi menyerupai penengah. Pada mediasi hadirnya pihak ketiga hanya sebagai penasihat belaka.
  7. 7. Bentuk-bentuk akomodasi5) Konsilisasi Konsilisasi adalah suatu usaha mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak-pihak yang berselisih demi tercapainya suatu tujuan bersama.
  8. 8. Bentuk-bentuk akomodasi6) Kesabaran Kesabaran suatu bentuk akomodasi tanpa persetujuan yang resmi. Pada usaha ini pihak yang berselisih menyadari betapa berselisih itu tidak bermanfaat. Secara perlahan-lahan perselisihan diharapkan akan hilang atau setidaknya berkurang.
  9. 9. Bentuk-bentuk akomodasi7) Terperangkap (skakmat) Terperangkap hingga tak dapat bergerak lagi adalah suatu bentuk akomodasi di mana dua pihak yang sedang berselisih yang mempunyai kekuatan seimbang berhenti pada suatu titik tertentu.
  10. 10. Bentuk-bentuk akomodasi8) Keputusan pengadilan Keputusan pengadilan adalah penyelesaian perselisihan melalui jalan pengadilan. Hal ini dilakukan karena kedua belah pihak mengalami kesulitan mencari jalan damai.
  11. 11. Asimilasi Asimilasi adalah penyesuaian sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat sekitar.
  12. 12. Proses asimilasi bisa terjadi bilaterdapat hal-hal berikut.1) Perbedaan kebudayaan kelompok-kelompok manusia.2) Terjadi pergaulan secara langsung dan intensif.3) Ada perubahan kebudayaan dari kelompokkelompok manusia dan saling menyesuaikan diri.
  13. 13. Beberapa faktor yangmempermudah asimilasi toleransi, sikap menghargai orang asing, sikap terbuka yang dimiliki para pemimpin, Persamaan unsur-unsur kebudayaan, dan Kesempatan - kesempatan yang seimbang di bidang ekonomi.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×