 Proyektor LCD adalah suatu jenis proyektor video
untuk menampilkan video, gambar atau data
komputer di layar atau permuk...
 Proyektor LCD diciptakan oleh penemu New York
Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam perguruan
tinggi pada tahun 1968 ...
Proyektor Digital
Proyektor digital adalah peralatan teknologi
modern. Ini digunakan untuk mengkonversi
data gambar secara...
 Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu
yang sering digunakan untuk media
presentasi, karena mampu menampilkan
gambar ...
 Pemrosesan Cahaya Digital (bahasa Inggris:
Digital Light Processing, DLP (DMD). Setiap
kaca mewakilkan satu pixel dalam ...
 Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya
yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpis...
Agar Proyektor anda terus bisa berfungsi dengan baik dan hasil yang
maxsimal, untuk itu lakukanlah perawatan sebagai berik...
 Cara memperbaiki tampilan LCD Projector yang
warnanya tidak sesuai dapat dilakukan dengan
pengecekan satu per satu kompo...
 Cek Main PCA pada sony vpl-es2, dengan melepaskan
slot yang terdapat pada main PCA kita dapat mengukur
kokponen-komponen...
 Setelah menemukan analisa kerusakan yang dominan pada
LCD Panel Red-Green-Blue kita bisa melanjutkan dengan
pengecekan p...
 Setelah semuanya komponen LCD Panel sudah
dilakukan adjusting color (Hati-hati, jangan
sampai terjadi shifting antar lcd...
Presentasi KKPI - Proyektor LCD
Presentasi KKPI - Proyektor LCD
Presentasi KKPI - Proyektor LCD
Presentasi KKPI - Proyektor LCD
Upcoming SlideShare
Loading in …5
×

Presentasi KKPI - Proyektor LCD

2,032 views

Published on

Tugas KKPI

Published in: Education
0 Comments
3 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
2,032
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
208
Actions
Shares
0
Downloads
90
Comments
0
Likes
3
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Presentasi KKPI - Proyektor LCD

  1. 1.  Proyektor LCD adalah suatu jenis proyektor video untuk menampilkan video, gambar atau data komputer di layar atau permukaan datar lainnya. Ini adalah analog modern dari proyektor slide atau proyektor overhead. Untuk menampilkan gambar, LCD (liquid crystal display) Proyektor biasanya mengirim cahaya dari lampu halida logam melalui prisma yang memisahkan cahaya untuk tiga panel silikon poli - masing-masing untuk komponen merah, hijau, dan biru dari sinyal video.
  2. 2.  Proyektor LCD diciptakan oleh penemu New York Gene Dolgoff. Dia mulai bekerja di dalam perguruan tinggi pada tahun 1968 sebagai cara untuk menghasilkan proyektor video yang akan lebih terang daripada proyektor 3-CRT kemudian-tersedia. Idenya adalah untuk menggunakan elemen disebut sebagai "katup cahaya" untuk mengatur jumlah cahaya yang melewati itu. Hal ini akan memungkinkan penggunaan sumber cahaya yang sangat kuat eksternal. Setelah mencoba banyak bahan yang berbeda, ia menetap di kristal cair untuk memodulasi cahaya pada tahun 1971. Butuh waktu dia sampai tahun 1984 untuk mendapatkan crystal display dialamatkan cair (LCD), ketika itulah ia membangun proyektor pertama di dunia LCD.
  3. 3. Proyektor Digital Proyektor digital adalah peralatan teknologi modern. Ini digunakan untuk mengkonversi data gambar secara langsung dari komputer ke sebuah layar melalui sistem lensa .
  4. 4.  Proyektor LCD adalah perangkat alat bantu yang sering digunakan untuk media presentasi, karena mampu menampilkan gambar dengan ukuran besar.
  5. 5.  Pemrosesan Cahaya Digital (bahasa Inggris: Digital Light Processing, DLP (DMD). Setiap kaca mewakilkan satu pixel dalam gambar yang diprojeksikan.) adalah sebuah teknologi yang digunakan dalam projektor dan televisi projeksi.
  6. 6.  Proyektor LCD bekerja berdasarkan prinsip pembiasan cahaya yang dihasilkan oleh panel-panel LCD. Panel ini dibuat terpisah berdasarkan warna-warna dasar, merah, hijau dan biru (R-G-B) sehingga terdapat tiga panel LCD dalam sebuah proyektor. Warna gambar yang dikeluarkan oleh proyektor merupakan hasil pembiasan dari panel-panel LCDtersebut yang telah disatukan oleh sebuah prisma khusus. Gambar yang telah disatukan tersebut kemudian dilewatkan melalui lensa dan dijatuhkan pada layar sehingga dapat dilihat sebagai gambar utuh. Gambar yang dihasilkan proyektor LCD memiliki kedalaman warna yang baik karena warna yang dihasilkan olah panel LCD langsung dibiaskan lensa ke layar. Selain itu gambar pada proyektor LCD juga lebih tajam dibandingkan dengan hasil gambar proyektor DLP. Kelebihan lain dari LCD adalah penggunaan cahaya yang lebih efisien sehingga dapat memproduksi “ansi lumens” yang lebih tinggi dibandingkan proyektor dengan teknologi DLP. Sedangkan kelemahan teknologi LCD adalah besar piksel yang terlihat jelas di gambar ini yang menyebabkan teknologi LCD kurang cocok untuk memutar film karena akan terasa seperti melihat film dari balik mata yang terhalang selaput katarak .
  7. 7. Agar Proyektor anda terus bisa berfungsi dengan baik dan hasil yang maxsimal, untuk itu lakukanlah perawatan sebagai berikut : + Bersihkan lensa, dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu, kalau masih kotor gunakan lens cleaning paper seperti camera. +Bersihkan bodi proyektor menggunakan kain lembut yang bersih. Khusus untuk debu yang membandel, gunakan cairan pembersih khusus pada kain lap. +Menyimpan Proyektor sebaiknya pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab, lebih disarankan disimpan di dalam tas proyektor itu sendiri. +Simpan remote control dengan melepaskan baterai terlebih dahulu +Membawa Proyektor lengkap dengan boxnya ketika dipindahkan ke tempat yang jauh +Selalu perhatikan informasi lampu di menu setting > information > Lamp Time Hours, hal ini di lakukan untuk mempersiapkan penggantian lampu LCD Projector anda.
  8. 8.  Cara memperbaiki tampilan LCD Projector yang warnanya tidak sesuai dapat dilakukan dengan pengecekan satu per satu komponen dalam unit LCD Projector diantaranya Manin PCA Projector, LCD RGB Projector, Polarizer, Prism, Lens, dll .  Dominan yang paling sering terjadi pada Projector Sony VPL-ES2, Sony VPL-ES7, CX4, ES4, EPSON EMP-S5, EMP-X5, EB-S7, EB-X7, EB-S9, EB-X9.  Tetapi gejala ini sering kita temukan pada SONY VPL-ES2, dimana cara memperbaiki tampilan projector SONY VPL-ES2 dengan warna yang tidak sesuai dengan warna output dapat dilakukan dengansebagai berikut:
  9. 9.  Cek Main PCA pada sony vpl-es2, dengan melepaskan slot yang terdapat pada main PCA kita dapat mengukur kokponen-komponen yang trouble pada setiap komponen pada Main PCA, hal utama dalam pengcekan ini adalah pada slot flexile lcd panel, ukur setiap komponen pada daerah tersebut yang berfungsi utama sebagai system pewarnaan input yang akan di proses lanjut pada polarizer RGB.  Jika semua OK, mari kita lanjut dengan LCD Panel Full Set, sebelum kita malakukan lcd panel full set ada kalanya kita harus tahu jenis kerusakan input warna yang bermasalah, sebagai contoh, pada display dominan kita temukan warna blur hijau, maka LCD Panel GREEN Trouble, jika dominan kita temukan pembiasan warna merah, maka LCD Panel RED Trouble, Jika dominan warna Biru input kita temukan blur, maka LCD Panel BLUE Trouble.
  10. 10.  Setelah menemukan analisa kerusakan yang dominan pada LCD Panel Red-Green-Blue kita bisa melanjutkan dengan pengecekan polarizer setiap komponen RGB LCD Panel. Pengecekan polarizer harus dilakukan dengan hati-hati, jangan sampai ada bekas sidik jari yang menempel pada polarizer yang akan menjadi sebuah bayangan jika projector ditampilkan kembali.  Setelah pengecekan dilakukan dengan benar, maka sudah barang tentu kita dapat menganalisa kerusakan komponen. Ganti komponen lcd panel yang rusak, seperti lcd Red, lcd Green, lcd Blue atau jika polarizer salah satu komponen rusak segera diganti.  Lakukan instalasi polarizer dan lcd panel dengan benar dengan cara alignment atau adjusting panel setiap kombinasi warna, Hal ini bisa mamakan waktu 1-2 minggu dalam adjusting atau alignmrnt setiap kominasi warna, atau bisa melakukannya dengan mengguanakan mesin alignmentcolor untuk pengerjaan yang lebih akurat...
  11. 11.  Setelah semuanya komponen LCD Panel sudah dilakukan adjusting color (Hati-hati, jangan sampai terjadi shifting antar lcd panel yang mengakibatkan tampilan tidak dapat full seperti biasanya) LCD Panel fuul set sudah dapat dipasang pada dudukannya.  Lakukan pemasangan LCD Panel full set dengan menset ulang setiap tampilan sisi kiri-kanan dan sisi tampilan atas-bawah.  Selesai, Insyaallah Gambar dan warna yang tidak sesuai kembali normal

×