So ii, safril timin, 240 info 5

271 views
123 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
271
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
6
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

So ii, safril timin, 240 info 5

  1. 1. SISTEM OPERASI II SAFRIL TIMIN 10 240 RUANG INFO 5
  2. 2. windows  Microsoft Windows atau yang lebih dikenal Microsoft Windows atau yang lebih dikenaldengan sebutan Windows adalah keluarga dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis. pengguna grafis.
  3. 3. linux  linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC.
  4. 4.  Salah satu keuntungan terbesar dari Linux adalah sopir set built-in, atau lebih tepatnya kemampuan otomatis men-download dan menginstal mereka. Ini termasuk driver untuk webcam Anda, Wi-Fi, Ethernet Card, bahkan printer atau scanner! Kita semua tahu driver adalah rasa sakit besar yang datang ketika menyelesaikan instalasi baru Windows 7.
  5. 5.    Konfigurasi Sistem Windows dikenal dalam pengoperasiannya yang mudah, karena hampir semua hal isa dilakukan dengan sistem point n’click yang usdah berbasis grafis. Di Linux, kita sering mendengar perlunya menpelajari perintah-perintah secara manual di command line. Itu benar adanya, tetapi belakangan ini Linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hampir semua hal juga bisa kia lakukan sama mudanya seperti Windows.
  6. 6. Perbandingan windows dan linux Secara spesifikasi: 1. User Interface :  Linux : Banyak memiliki user interface, bias memilih sesuai dengan kebutuhan spesifikasi Komputer.  Windows : tidak banyak memiliki user interface kecuali windows vista. 
  7. 7. 2. Keamanan dan virus :  Linux : virus bagi linux bukanlah sesuatu hal yang menakutkan bagi pengguna system operasi linux, karena keamanan linux lebih kuat dari pada windows. Walaupun virus bias saja masuk dan berkembang biak di linux, namun tetapi tidak membawa kerusakan yang besar.  Windows : Virus menjadi suatu yang menakutkan dan selalu mengancam system operasi windows, sehingga dapat merusak data yang ada pada windows. Dengan begitu keamanan system operasi windows tidak sekuat dengan operasi linux.
  8. 8. 3. Instalasi dan Kelengkapan Program :  Linux : Sekalipun linux juga suatu system operasi, tetapi linux didistribusikan dengan setelah instal, anda akan menemui banyak aplikasi. Sebut saja kategori officesuite, multimedia, internet, 3D dan games.  Windows : Windows tidak menyediakan banyak program setelah di instal. Kalau pun ada ada mungkin anda hanya akan menemukan internet explorer, media player, notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
  9. 9. 4. Konfigurasi Sistem :  Linux : Di linux, anda mungkin sering mendengar perlunya Mempelajari perintah-perintah secara manual di command line.belakangan linux sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga hamper semua hal juga bisa di lakukan sama mudahnya seperti di windows.  Windows : Windows di kenal kemudahan dalam pemakaianya, karena hampir semua hal bisa dilakukan dengan system point n’ click yang sudah berbasis grafis
  10. 10. 5.Hardware support:  Linux : Di linux anda mungkin sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver linux.  Windows : Di windows, hardware yang ada sudah menyertakan drivernya.
  11. 11. 6. Penamaan File  Linux : Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan linux juga bersifat case-sensitive.  Windows : Untuk memisahkan folder windows menggunkaan“”
  12. 12. 7. Dari segi kepopuleran.  Linux : karna kebanyakan user linux adalah orang-orang yang ahli dalam bidang informatika, jadi linux hanya populer di dunia informatika saja.  Windows : karna kemudahannya dalam penggunaan, windows sangat-sangat populer dan menjadikannya salah satu os paling populer didunia.
  13. 13. 8. Dari segi software pendukung.  Linux : karna linux adalah os open source yang free/gratis. Jadi sedikit software yang ingin kerja sama dengan linux. Karna hal itu linux tidak didukung banyak software-software unggulan seperti microsoft office, adobe photoshop, dan software game.  Windows : karna os ini adalah sifatnya berbayar, jadi banyak software yang ingin berkerja sama dengan windows untuk mendapatkan keuntungan juga. Karna hal ini windows didukung oleh software-software unggulan seperti adobe dll.
  14. 14. 9. Dari segi kegunaan.  Linux : karna aman dari serangan virus dan hacker. Linux kebanyakan digunakan untuk computer server.  Windows : karna penggunaan cukup friendly. Windows kebanyakan digunakan untuk gaming ataupun membantu urusan perkantoran/belajar dan mengajar.
  15. 15. SEKIAN DAN TERIMAKASIH

×