Jacob the deceiver indonesian

1,734 views

Published on

Cerita Yakub dan Esau

Published in: Education
0 Comments
1 Like
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total views
1,734
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
5
Actions
Shares
0
Downloads
58
Comments
0
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Jacob the deceiver indonesian

  1. 1. Alkitab untuk Anak-anak memperkenalkanYakub si Penipu
  2. 2. Allah menunjuk kepada Tuhan dalam Alkitab. Penulis: Edward Hughes Bergambar oleh : M. Maillot dan Lazarus Disadur oleh: M. Kerr dan Sarah S. Diterjemahkan oleh: Widi Astuti Diproduksi oleh: Bible for Children www.M1914.org ©2007 Bible for Children, Inc.Ijin: Saudara mempunyai hak untuk mengkopi atau mencetak cerita ini, sepanjang tidak untuk dijual.
  3. 3. Pernahkah Tuhan mengirimkan seorang bayi dalam keluargamu? Betapa menariknya! Ishak dan Ribka pasti sangat bahagia. Tuhan memberikan kepada mereka bayi kembar.
  4. 4. Bayi-bayi itubertolak-tolakan didalam kandunganRibka. Saat diaberdoa, Tuhanberkata bahwakedua anaknyaakan memimpindua bangsa – danyang muda akanmenjadi lebih kuatdari yang lain. Biasanyayang sulung akan menjadiyang terkuat. Akhirnyabayi-bayi itu lahir.
  5. 5. Sikembar itu tidak sama persis. Esau anakyang sulung, seluruh tubuhnya seperti jubahberbulu, dan tumbuh sebagai seorang yangpandai berburu. Yakub mempunyai kulityang lembut dan suka berada di sekitarrumah. Bapa Ishak sayang kepada Esau.Ibu Ribka mengasihi Yakub.
  6. 6. Suatu hari, Esau merasa lapar. “Berikan kepadakumakanan,” dia berkata kepada Yakub. “Juallah dahuluhak kesulunganmu kepadaku,” pinta Yakub. Esau tidak peduli kepada janji Tuhan untuk anak sulung. Dia membuat persetujuan dengan Yakub. Sekarang Yakub akan menjadi pemimpin keluarga pada saat ayahnya mati.
  7. 7. Suatu malam Tuhan berbicara kepada Ishak. “AkulahTuhan ayahmu Abraham, Aku beserta dengan engkau.Aku akan memberkati keturunanmu.” Walaupun Ishak memuji Tuhan, anaknya Esau menikahi dua isteri dari orang Het, orang yang tidak peduli kepada Tuhan.
  8. 8. Ishak menjadi tua. “Bawakan kepadaku makanan yang enak daridaging buruanmu.” Dia berkata kepada Esau. “Kemudian aku akan memberkati engkau.” Ini adalahberkat yang istimewa dari ayahkepada anak sulungnya. Esau segerapergi berburu. Tetapi Ribkamendengarkannya. Dia ingin Yakub yang diberkati.
  9. 9. Ribka punya satu rencana. Sementara diamemasakan makanan yang disukai oleh Ishak, Yakubmemalutkan kulit anak kambing pada kedua tangan dan lehernya. Waktu itu Ishak sudah tidak bisa melihat dengan jelas.
  10. 10. Yakub membaca makanankepada Ishak. “Kalau suara,suara Yakub,” Ishak berkata,“tetapi kalau tangan, tanganEsau. Sesudah dia makanmakanan itu, Ishakmemberkati anaknya yangberlutut di depannya.
  11. 11. Baru saja Yakub pergi, Esau datang menemui Ishak.“Bapa makanlah daging ini,” dia berkata. Ishak tahubahwa dia sudah di tipu. “Aku tidak bisa mengubah berkat yang sudah kuberikan.“ dia menangis. Hati Esau dipenuhi dengan dendam. Ia berencana untuk membunuh Yakub.
  12. 12. Ribka mendengar Esau akan membalas dendam.“Pergilah engkau ke rumah pamanmy,” dia berkata kepada Yakub. “sampai kakakmu lupa apa yang telah engkau perbuat kepadanya.” Ishak setuju Yakub mencari isteri dari keluarga ibunya. Jadi pergilah Yakub dari rumahnya.
  13. 13. Pada malam itu, Yakub berhenti untuk tidur dia mengambil sebuah batu sebagaibantal. Mungkin dia merasakesepian, mungkin dia merasatakut. Tetapi dia tidaksendirian. Tuhanberbicarakepadanya dalamsatu mimpiyang luar biasa.
  14. 14. “AKULAH TUHAN, ALLAH ABARAHAM, DANALLAH ISHAK. AKU MENYERTAI ENGKAU.TANAH TEMPAT ENGKAU BERBARING INIAKAN KUBERIKAN KEPADAMU DAN KEPADAKETURUNANMU. OLEH KARENAKETURUNANMU SEMUA KAUM DI MUKA BUMIAKAN MENDAPAT BERKAT.” Sesudah Tuhanberfirman Yakub bangun. Dia sangat takut.
  15. 15. Paman Yakub yang bernama Labanmenerima dia. Yakub mencintaisepupunya Rahel dan bekerjauntuk Laban selama tujuhtahun supaya bisa menikahiRahel. Tetapi di malampernikahan, Labanmenipu Yakub.
  16. 16. “Ini Lea, bukan Rahel.” Yakub protes. “Engkaumenipuku.” “Gadis yang lebih tua harus menikah lebihdulu.” Laban menjawab. “Sekarang engkau bisamenikahi Rahel juga tetapi engkau harus bekerjatujuh tahun lagi padaku.” Yakub setuju.Mungkin dia ingat penipuan yang dilakukannya terhadap Ishak dan Esau.
  17. 17. Yakub mempunyai tujuh anaklaki-laki. Setelah bertahun-tahun berlalu dia membawakeluarganya kembali ke Kanaan.Di sanalah orang tuanya tinggal.Tetapi Esau juga tinggal di sanadan dia pernah berniat untukmembunuh Yakub. Apakah ituakan aman bagainya?
  18. 18. Suatu hari Tuhan berkatakepada Yakub untuk kembali ketanah kelahirannya. Yakubmengumpulkan semuakeluarganya dan kambingdombanya untuk pulang kerumah ayahnya.
  19. 19. Perjalanan itu berakhir dengansuka cita. Esau datang untukmenemui Yakub bersamaempat ratus orangnya!Tetapi dia tidak melukaiYakub. Dia berlarimenemui Yakub danmemeluknya.
  20. 20. Yakub dan Esau bertemankembali, dan Yakub kembalidengan aman ke rumahnya.
  21. 21. Yakub si Penipusatu cerita dari Firman Tuhan, Alkitab, terdapat dalam Kejadian 25-33 “Jika tersingkap, firman-firmanMumemberi pengertian.” Mazmur 119:130
  22. 22. TAMAT
  23. 23. Cerita Alkitab ini mengatakan pada kita tentang Allah kita yang hebat yang telah menciptakan kita dan ingin kita mengenal Dia. Allah tahu kita telah berbuat hal yang buruk, yang Ia sebutdosa. Hukum dosa ialah maut, tapi Allah sangat mengasihi kita. Ia mengutus putraNya, Yesus, untuk mati di kayu salib dandihukum karena dosa-dosa kita. Kemudian Yesus hidup kembali dan pergi ke Surga! Jika kamu percaya pada Yesus dan minta Dia mengampuni dosa-dosamu, Ia akan melakukannya! Ia akan datang dan tinggal di dalammu sekarang, dan kamu akan hidup bersama Dia selamanya. Jika kamu ingin berbalik dari dosa-dosamu, katakan ini pada Allah: Allah yang baik, aku percaya bahwa Yesus telah mati untukku dan sekarang hidup kembali. Datanglah dalam hidupku danampunilah dosa-dosaku, agar aku dapat memiliki hidup yang baru sekarang, dan suatu saat nanti pergi bersamaMu selamanya. Tolonglah aku untuk hidup bagiMu sebagai anakMu. Amin. Bacalah Alkitab dan berbicaralah pada Allah setiap hari! Yohanes 3:16

×