• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Presentasi e-learning dan e-book berbasis Linux/FOSS
 

Presentasi e-learning dan e-book berbasis Linux/FOSS

on

  • 2,539 views

Presentasi Rusmanto @ gmail.com tentang pengantar ICT di pendidikan, e-learning, e-book, dan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sistem e-learning dan membuat e-book, dengan software Open Source ...

Presentasi Rusmanto @ gmail.com tentang pengantar ICT di pendidikan, e-learning, e-book, dan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sistem e-learning dan membuat e-book, dengan software Open Source seperti Linux dan FOSS lainnya.

Statistics

Views

Total Views
2,539
Views on SlideShare
2,534
Embed Views
5

Actions

Likes
0
Downloads
97
Comments
0

3 Embeds 5

http://cho2-feb07.web.unair.ac.id 3
http://paper.li 1
http://www.docseek.net 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Presentasi e-learning dan e-book berbasis Linux/FOSS Presentasi e-learning dan e-book berbasis Linux/FOSS Presentation Transcript

    • E-Learning & e-Book Berbasis Linux/FOSS Rusmanto <rusmanto@gmail.com>Pemred InfoLINUX <rus@infolinux.co.id>Direktur LP3T-NF <rus@nurulfikri.co.id>
    • Garis Besar1. Belajar Sepanjang Hayat2. e-Learning dan e lainnya3. Internet, ICT, dan i-Learning4. TIK untuk Pendidikan5. Unsur-unsur e-Learning6. Contoh Web e-Learning7. Manfaat e-Learning8. Membuat dan Menyebarkan e-Book9. Program e-Learning Berbasis FOSS
    • Intro: Belajar Sepanjang Hayat● Mengapa sebagian besar SDM Indonesia belum maju (kurang berkualitas)?● Indonesia kaya Sumber Daya Alam (hutan, minyak, dll.) & Sumber Daya Manusia (SDM), tapi pendidikannya semakin tertinggal dari India, China, dan Brasil. Mengapa?● Prinsip: Belajar dari sejak lahir hingga akhir hayat; Tuntutlah ilmu sampai mana saja, meskipun sangat jauh (negeri Cina), dll.● Belajar: Formal, Non Formal, Informal● Belajar untuk bekerja & bekerja untuk belajar
    • e-Learning dan e lainnya● e: electronics, Learning: belajar/pembelajaran.● e-Learning: sistem belajar-mengajar dengan media elektronik, misalnya “Belajar Melalui Internet”, “Belajar Melalui TV”, dll.● e lainnya dan yang sejenis: e-Book, e-News, e-Dictionary, e-Laboratory, e-Education, m- Education, i-Education, e-Commerce, dll.
    • Internet, ICT / TIK, dan i-Learning● Internet: sistem jaringan komputer di seluruh dunia dan terbuka (dunia tidak hanya di bumi, juga di angkasa luar, tapi bukan “dunia lain”). Internet dalam LAN disebut intranet.● ICT atau TIK: Komputer, Telekomunikasi, Internet, HP, Radio, TV, Film, Animasi, dll.● i-Learning adalah e-Learning yang menggunakan teknologi internet. Proses belajar-mengajar dilakukan melalui jaringan komputer (internet/intranet) dengan program web, email, chatting, dengan bahan ajar dapat berbentuk teks, gambar, suara, video, dsb.
    • TIK untuk Pendidikan1. TIK sebagai bahan ajar atau materi yang dipelajari. Misal pelajaran TIK.2. TIK sebagai sistem pendukung pengelolaan pendidikan, misalnya pendaftaran siswa baru atau administrasi (sistem informasi) sekolah.3. TIK sebagai alat belajar-mengajar, misalnya untuk presentasi, CBT, atau e-learning.Ketiganya dapat menggunakan Linux/FOSS(Free/Open Source Software) agar lebih bebasdalam belajar-mengajar (tersedia kode program),bebas dicopy, aman dari virus, dan hemat biayalisensi tanpa melanggar HaKI.
    • Unsur-unsur e-Learning● Penyedia Isi (Penyelenggara Pendidikan) – Hardware: komputer dan akses internet/intranet – Software: Sistem operasi dan program lainnnya – Brainware: Programmer, Instruktur, Administrator● Pengguna (Lembaga dan atau Orang) – Manusia dengan komputer dan internet/intranet● Penyedia Fasilitas (Barang dan Jasa) – Hardware: komputer dan jaringan LAN (intranet) atau akses internet 24 jam (ISP, Webhosting, dll.) – Software: Sistem Operasi misal Linux dan Aplikasi khusus e-Learning, misal Moodle dan lain-lain.
    • Contoh Web e-Learning● Pemerintah: belajar.kemdiknas.go.id● Perusahaan: training.garuda-indonesia.com● Masyarakat: university.romisatriawahono.net, ilmukomputer.org, ilmuwebsite.com, dll.
    • belajar.kemdiknas.go.id
    • training.garuda-indonesia.com
    • university.romisatriawahono.net
    • Ilmukomputer.org
    • ilmuwebsite.com
    • Manfaat e-Learning bagi Penyedia● Memperpendek jarak dan waktu.● Perluasan jangkauan.● Jaringan mitra kerja.● Kontrol lebih mudah (secara remote).● Modal kecil.● Biaya operasional rendah.● Lain-lain: peningkatan citra, pelayanan, produktivitas, fleksibilitas, dll.
    • Manfaat e-Learning bagi Pengguna● Hemat, cepat, akurat, dan mudah didapat.● Interaktif: multimedia (gabungan teks, gambar, suara, animasi, dan video).● Fleksibel: dapat diakses kapan saja dan dari mana saja.● Memperlancar kerja dan menimbulkan peluang kerja (resmi atau sambilan), peningkatan karir, peluang bisnis, dll.● Wahana kompetisi yang sehat antar lembaga pendidikan dan pemerintahan.
    • e-Book● E-Book atau buku elektronik tersedia dalam berbagai bentuk atau format file, misalnya PDF, HTML, CHM, ODT, DOC, dan lain-lain.● Banyak program yang khusus dibuat untuk membaca e-book sesuai dengan format file, misal PDF dapat dibuka dengan Acrobat Reader atau Evince, HTML dibuka dengan browser web seperti Firefox, dan CHM dibuka dengan CHMSee atau CHM Reader lainnya.● Perangkat keras pembaca: PC, HP, Tablet, atau alat khusus seperti Amazon Kindle, dll.
    • Cara Membuat e-Book● OpenOffice dapat membuat e-Book dalam format PDF, HTML, ODT, DOC, TXT, dan lain-lain tanpa perlu program tambahan.● OpenOffice dapat diperoleh dengan cara mengcopy atau download dari internet (tanpa biaya lisensi alias gratis).● Setelah membuat buku atau makalah dengan OpenOffice, untuk menyimpan menjadi PDF cukup dengan menu Export as PDF.● OpenOffice dapat menyimpan menjadi HTML atau DOC dengan menu Save as...
    • Cara Menyebarkan e-Book● E-Book dapat disebarkan melalui internet, misalnya dikirim dengan email atau di-upload ke web biasa, blog, atau web e-learning, misal ilmukomputer.org.● Ukuran file yang besar dapat dikecilkan dengan program zip atau yang sejenis.● Jika e-Book akan dicetak, resolusi gambar harus dibuat besar, misal minimal 150 dpi, agar tidak pecah ketika dicetak.● E-Book dapat dilisensikan sebagai buku terbuka (Open Publication) agar dapat berguna untuk orang banyak.
    • Program Web e-Learning● Program komputer untuk e-learning dapat berupa web (server) biasa, seperti blog-blog yang tersedia secara gratis.● Ada program khusus untuk e-learning, misalnya Moodle, Atutor, dan lain-lain.● Untuk mengikuti pengajaran dengan sistem e- learning, misal training.garuda-indonesia.com dan university.romisatriawahono.net (menggunakan program Moodle), peserta harus mendaftar sebagai siswa atau guru, lalu menentukan mata pelajaran, jadwal belajar, diskusi, tugas-tugas, dan lain-lain.
    • Perangkat e-Learning dengan FOSS● Perangkat keras dan sistem operasi: komputer atau server dengan sistem operasi Linux.● Perangkat lunak aplikasi: Apache (web server), MySQL (database server), PHP (bahasa pemrograman web), atau XAMPP, dan Moodle (program khusus untuk e-learning).● Perangkat infrastruktur: intranet (LAN) atau internet (ISP, web hosting, colocation, dll.)● Konten/isi: bahan ajar (teks, gambar, video, dll.)● Perangkat otak/SDM: pengelola semua perangkat dan pengisi konten (guru, dll.)
    • Penutup● Internet dapat jadi sarana yang baik untuk bekerja dan belajar atau keduanya, serta menyebarkan hasil kerja dan belajarnya kepada orang lain (guru, pelajar, atau masyarakat).● Sistem belajar-mengajar dapat dilakukan lebih mudah, murah, cepat, dan praktis dengan menggunakan peralatan elektronik seperti komputer dan jaringan.● Perangkat lunak (program) untuk e-learning tersedia secara bebas (gratis biaya lisensi), dan mudah dipelajari & dipasang di berbagai jenis komputer dan jaringan (LAN maupun internet).