Your SlideShare is downloading. ×
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
RZ Magz  Edisi Februari 2014
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

RZ Magz Edisi Februari 2014

2,319

Published on

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
2,319
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
3
Actions
Shares
0
Downloads
48
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. “Bahagia adalah milik mereka yang bersyukur menjadi dirinya sendiri, tanpa mencemaskan apa yg dipikirkan orang lain tentangnya..”
  • 2. ochre @annisasuwarto
  • 3. Suasana belajar di salah satu SD di Oi Marai, Tambora, Bima, NTB. Diperlukan 7 jam perjalanan dari Bima menuju Tambora melewati jalan berbatu, savana, pegunungan, sungai dan pantai.
  • 4. 4 Ikhtisar 09 | Komunikasi Anak Melalui Gambar Saat belum bisa bahasa kata, anak menyampaikan maksud menggunakan bahasa rupa (gambar). 12 | Berburu Ilmu Hingga Ujung Waktu Di dalam Al Quran, kata ilmu disebutkan sebanyak 854 kali. Allah sangat mengistimewakan orang-orang yang berilmu dan meninggikan kedudukannya. 06 | Menggembirakan Sekali 10 | Kerupuk Tempe Saudara dan Keripik Bayam Awal Januari lalu kami menerima begitu Usaha kuliner binaan RZ banyak kabar. Ada 14 | Yang Berkualitas Nggak Selalu Mahal Di dalam masyarakat yang kompleks, fungsi pendidikan mengalami spesialisasi dan melembaga. 16 | Saatnya Berprestasi Sesuai Potensi Anak adalah aset bangsa. Ia akan tumbuh sesuai dengan lingkungan dimana ia tinggal. Di rumah tentu ada orang tua yang senantiasa mengawal perkembangannya, di lingkungan sekitar rumah ada teman-teman bermain yang bisa menjadi pengaruh besar pada segala tingkah lakunya, dan satu lagi, sekolah. yang menggembirakan, ada pula yang menggembirakan sekali. RZ MAGZ TEAM Driven by: Consultative Board Photographer Address Call Centre Yayan Somantri, Nur Efendi, Panca Susanto Jalan Turangga No. 25C 0804 100 1000 Muhammad Trieha Advertisement Bandung – Jawa Barat E-mail Chief Editor Agustin Santriana Phone welcome@rumahzakat.org Iman Sulaeman Distribution (022) 7332407 Web Artistic Azhar Ahmad Facsimile www.rumahzakat.org M. Yusuf, Irvan A. Marketing Consultant (022) 7332478 Cover : Newsroom AM. Adhy Trisnanto SMS Centre Panca Sutanto Linda Handayani, Prihatin Legal Consultant 0815 7300 1555 Nurlatifah, Indriyatna S, Yayan Sutarna, SH., MH. Sari A Rahmawati
  • 5. 5 42 | Zakat Warisan Dalam hadits-hadits Rasulullah SAW ataupun keterangan para sahabat tidak ditemukan dalil-dalil kewajiban zakat pada harta warisan. 34 | Harus Bisa Melebihi Ekspektasi 46 | Syiar Islam melalui Nyanyian Nenk Zee merupakan salah satu personel Fatima Voice. Selain itu, Nenk Zee adalah finalis ajang pemilihan dai di salah satu stasiun TV swasta. Selain bergerak di bidang pendidikan, YPT pun bekerjasama dengan RZ untuk mengelola ZIS perusahaannya 37 | Asuransi Pendidikan, Perlu Gak sih? 35 | Jeda Jeda memberi kita istirahat untuk mengatur nafas. Jeda juga memberi kesempatan untuk menata ulang pikiran sebelum melontarkannya. Setiap kalia anak lahirsegala macam persiapan tentu dilakukan, termasuk biaya pendidikan. Bernarkah langkah yang dilakukan untuk biaya pendidikan anak? 48 | M S COVER STORY Kolase foto anak berprestasi penerima beasiswa RZ, baik penerima Beasiswa Juara maupun Beasiswa Ceria. Mereka berprestasi dalam bidang yang beragam, sesuai bakat yang dimiliki masingmasing anak
  • 6. 6 Nur Efendi sapa CEO Rumah Zakat Menggembirakan dan Menggembirakan Sekali ssalamu’alaikum wr. wb. Lalu bagaimana dengan yang menggembirakan sekali? Apa kabar Sobat Zakat? Semoga Anda selalu sehat sehingga bisa menerima setiap rezeki dari Allah SWT dengan lebih nikmat. Mari bersama kita bersyukur kepadaNya yang telah memberikan segala berkah yang tak terhingga jumlahnya. Salam dan salawat mari bersama kita haturkan kepada tauladan kita Rasulullah SAW. Semoga di akhir kelak kita termasuk ke dalam barisan umatnya kelak, dan bisa berjumpa dengan beliau. Awal Januari lalu kami menerima begitu banyak kabar. Ada yang menggembirakan, ada pula yang menggembirakan sekali. Berita yang menggembirakan adalah alhamdulillah kami menerima kepercayaan dari banyak pihak untuk bersama membantu saudara-saudara kita yang tengah di landa banjir di Jabodetabek, Indramayu, Pekalongan, Manado dan beberapa wilayah di Indonesia. Salah satunya adalah PT Indosat Tbk yang bersinergi menghadirkan layanan kesehatan, dapur umum, hingga WC portable dan sanitasi untuk korban bencana. Loh kok menggembirakan? RZ senang dong dengan adanya bencana? Oh tentu bukan seperti itu. Maksud dari kata menggembirakan adalah bahwa kepedulian sesama umat manusia masih tumbuh subur di negeri tercinta ini. Semangat untuk berbagi dengan mereka yang kesulitan merupakan bentuk silaturahim terindah yang semoga dibalas oleh Allah SWT dengan kebaikan yang berlipat, baik di dunia maupun akhirat. Alasan selanjutnya adalah bahwa setiap takdir adalah baik, termasuk bencana itu sendiri. RZ Magz Februari 2014 Yang menggembirakan sekali salah satunya adalah kabar dari salah satu anak asuh kami dari Solo yang bernama Hanifan mewakili daerahnya untuk berkompetisi di kejuaraan tingkat Asia di Bali. Terima kasih berkat donasi Anda, Hanifan bisa melanjutkan pendidikan dan berprestasi sesuai potensi. Berbicara mengenai berprestasi sesuai potensi, Alhamdulillah para siswa Sekolah Juara yang merupakan kebanggaan kita bersama selalu berhasil menorehkan meraih prestasi sesuai bakat dan minat masing-masing. Ada Kartini siswi SMP Juara yang menjuarai tahfidz Qur’an tingkat Bandung dan Cimahi. Ada juga Ilham yang berhasil meraih medali perak dalam kejuaraan pencak silat tingkat Jawa Barat di tahun 2013. Ah, pokoknya yang seperti Kartini dan Ilham ini mencapai 294 anak. Kami sangat bangga terhadap mereka. Dan kami yakin Anda pun sebagai donatur dan mitra pasti juga merasakan hal yang sama. Sebab pada akhirnya, anak-anak yang selama ini kita bantu bisa menemukan hal yang mereka sukai, lalu berhasil menorehkan prestasi di dalamnya. Seperti biasa, kami selalu meminta Anda mendoakan kami agar tetap amanah dan profesional. Wassalamu’alaikum wr. wb.
  • 7. 7 KALENDER EVENT FEBRUARI 2014 Outing 16, 23 Pekanbaru, Batam, Padang, Cirebon Pusat Pengembangan Potensi Anak 1, 2, 3, 8, 9, 10, 15, 16, 17, 22, 23, 24, 27 Semua Kantor Cabang @lyla Assalamualaikum wr. wb. Di RZ apa bisa membayar zakat secara online? Bagaimana caranya, ya? Waalaikumsalam wr. wb. Terima kasih atas kepercayaannya Sobat Zakat. Sobat Zakat bisa berdonasi dan berzakat online via paypal atau e-banking yang terdapat pada website kami www.rumahzakat.org mention Parenting Class 8, 9, 14, 14, 16, 23 Lampung, Cimahi, Jayapura, Malang, Surabaya Penyaluran Beasiswa 5, 9, 12, 16, 18, 23 @aria Assalamualaikum wr. wb. Bagaimana prosedur peminjaman ambulance yah? Apakah ada biayanya? Wassalamuaalikum wr.wb. Sobat Zakat, mobil ambulance RZ tersebar di 7 Klinik RBG Gratiis yang terdapat di Bandung Jakarta Semarang, Yogyakarta, Medan, Surabaya dan Pekan Baru. Sobat Zakat dapat menghubungi kantor yang terdekat dengan tempat tinggal Sobat Zakat. Adapaun penambahan biaya dikenakan untuk pengantaran ke luar kota. Semua kantor Cabang RZ Expo Redaksi menerima karya tulis, saran serta masukan dari Sobat zakat untuk dimuat di RZMagz, kirim ke SMS Center 0815 7300 1555 atau e-mail ke : welcome@rumahzakat.org Untuk tulisan yang dimuat di rubrik Perspektif redaksi akan memberikan kenang-kenangan. 14 Cikarang rumahzakatfans @rumahzakat RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 8. 8 29 Titik Bencana Nasional Telah Disambangi Sejak Senin 13 Januari 2014, para relawan RZ (Rumah Zakat) telah menyalurkan bantuan ke lokasi-lokasi banjir yang ada di Jabodetabek. Hingga Selasa 21 Januari 2014, RZ telah mendirikan posko di 28 titik banjir dan membantu 10.361 korban, serta posko bantuan untuk korban letusan Gunung Sinabung. Hingga kini, bantuan masih terus disalurkan mulai dari Jabodetabek, Subang, Indramayu, Pekalongan, Medan, hingga Manado. Relawan Tambun Bekasi Muara Gembong Bekasi Margahayu Bekasi Timur Sinabung Medan Ciledug Relawan Tambun Bekasi Subang Bukit Duri Tebet JABODETABEK Kalibata - Pasar Minggu - Kebayoran Baru - Kampung Melayu Jatinegara - Kramatjati - Pancoran - Koja - Bidara - Kembangan Tubagus Angke - Petamburan - Gudang Peluru SUBANG Tambak Dahan Binong - Pamanukan INDRAMAYU Anda pun Dapat Bersinergi! RZ Magz Februari 2014 PEKALONGAN MANADO MEDAN
  • 9. 9 perspektif Kurniawan Gunadi Desainer Produk | Blogger Komunikasi Anak Melalui Gambar aat anak-anak belum bisa bahasa kata dengan baik untuk menyampaikan maksudnya, mereka menggunakan bahasa rupa (gambar). Ketidakmampuan orang tua dan guru memahami bahasa rupa anak telah mengakibatkan patahnya semangat anak untuk menggambar ketika mulai mengenal bahasa kata atau masuk sekolah formal (bahkan prasekolah). Secara tidak langsung hal ini menghambat kreativitas anak. Kita semua pernah menjadi anak-anak dan pernah mengalami fase di mana kita begitu bersemangat menggambar. Lalu ada fase di mana sebagian besar diantara kita putus asa atau malu ketika menggambar. Ketika gambar kita dinilai jelek, tidak logis, dibandingkan dengan gambar anak lain, gambar kita diberi angka enam oleh guru karena dianggap jelek, dan aneka penilaian lain yang kita dapatkan ketika masa anak-anak. Memahami gambar anak tidak bisa menggunakan sudut pandang orang dewasa. Gambar anak-anak adalah bahasa. Sebuah bentuk komunikasi yang berkaitan erat dengan pertumbuhan, perkembangan pemahaman, imajinasi, pematangan panca indera, susunan syaraf dan cara berpikir anak-anak. Apa yang digambar oleh anak-anak adalah hasil kerjasama seluruh panca inderanya. Mereka “melihat” sesuatu dengan seluruh panca indera kemudian mengimajinasikan dan menorehkannya dalam gambar. Tidak seperti orang dewasa yang hanya menggambar apa yang dilihatnya. Hanya indera mata yang bekerja. Bagi anak-anak jauh lebih penting proses menggambarnya dibandingkan hasilnya. Oleh karenanya, tidak bijaksana apabila anak-anak terlalu banyak mengikuti lomba menggambar. Perhatikan gambar di atas. Anak-anak menggunakan teknik gambar segala sisi. Gedung digambar tampak depan, lapangan tampak atas, pohon tampak depan, sementara pesawat tampak samping. Dalam satu bidang gambar, anak-anak ingin mengatakan bahwa ada gedunggedung tinggi mengelilingi satu lapangan, ada pohon dan ada pesawat yang sedang lewat. Bahasa kata tersebut diterjemahkan oleh anak-anak menjadi gambar seperti itu. Teknik gambar seperti itu juga kita temukan pada karya yang fenomenal seperti pada wayang atau gambar prasejarah Mesir. Coba kita perhatikan wayang. Muka digambar tampak samping, badan tampak depan, kaki tampak atas dalam satu bidang gambar. Betapa luar biasanya anak-anak bukan? Cara terbaik memahami anak-anak adalah dengan menjadi anak-anak, bukan menjadi orang dewasa. Kita semua pernah menjadi anak-anak. Hidupkanlah kembali seluruh pengalaman masa anak-anak agar kita bisa bermain, berteman dan berkomunikasi baik dengan anak-anak. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 10. 10 kuliner Kerupuk Tempe Saudara & Keripik Bayam PROFIL Harga: Rp.6.000/bungkus Alamat: Dusun Batu Delapan, Desa Rantau Pauh, Aceh Tamiang Contact Person: (HP : 085361142982 : Rabumah) Keunggulan: Bebas Boraks, Izin Dinkes, Kemasan aluminum foil, Harga terjangkau P-IRT: Nomor P-IRT 606111401030 RZ Magz Februari 2014
  • 11. 11 PROFIL Nama Produk: Aneka Cemilan Kriuk “Kripik Bayam” Harga : Rp5000 Cp : Ibu Dian (081313198541) Alamat: Jl. Tekstil No 7 Kel Cicadas Bandung RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 12. 12 Berburu Ilmu teropong Hingga Ujung Waktu “Allah meninggikan beberapa derajat (tingkatan) orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang berilmu (diberi ilmu pengetahuan) dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadilah: 11) lmu berasal dari bahasa Arab, yaitu ‘alima ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Sedang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di bidang (pengetahuan) itu. Di dalam Al Qur’an kata ilmu disebut hingga 854 kali, bahkan dalam Surat Al Mujadillah jelas menerangkan bahwa Allah begitu mengistimewakan orang-orang yang berilmu serta meinggikan beberapa derajat kedudukannya. Ilmu Allah itu sangat luas, bahkan ketika seluruh air laut di jadikan tinta dan pohon-pohon di muka bumi ini dijadikan penanya, maka hal itu belum bisa menuliskan semua ilmu Allah. Karena itu para sahabat dan ulama terdahulu tak pernah menyia-nyiakan waktu kecuali untuk terus mencari RZ Magz Februari 2014
  • 13. 13 ilmu dan berusaha mengikatnya dengan tulisan maupun perbuatan seperti yang dikatakan Al Imam an Nawawy, “Janganlah sekali-kali seseorang meremehkan suatu faidah (ilmu) yang ia lihat atau dengar. Segeralah ia tulis dan sering-sering mengulang kembali.” Sepanjang hidupnya Ibnul Jauzy telah membaca lebih dari 20.000 jilid kitab, sedang Majduddin Ibn Taimiyyah (Kakek Syaikhul Islam Ibn Taimiyyah) jika akan masuk kamar mandi berkata kepada orang yang ada di sekitarnya, “Bacalah kitab ini dengan suara keras agar aku bisa mendengarnya di kamar mandi.” Abu Abdillah alHusain bin Ahmad al Baihaqy adalah seseorang yang cacat sehingga tidak memiliki jari tangan, namun ia berusaha untuk menulis dengan meletakkan kertas di tanah dan menahannya dengan kakinya, kemudian menulis dengan bantuan 2 telapak tangannya. Ia bisa menghasilkan tulisan yang jelas dan bisa dibaca. Kadangkala dalam sehari ia bisa menyelesaikan tulisan sebanyak 50-an kertas. Ada juga Al Imam al Bukhary yang dalam semalam seringkali terbangun, menyalakan lampu, menulis apa yang teringat dalam benaknya, kemudian beranjak akan tidur, terbangun lagi dan seterusnya hingga 18 kali. Sungguh menakjubkan cara para ulama terdahulu dalam mencari ilmu. Mereka sepenuhnya percaya akan janji Allah tentang derajat orang yang berilmu. Hidupnya didedikasikan hanya untuk Allah mengikat ilmu-Nya, untuk kemudian menyebarkannya kembali. Hatinya yang jernih mudah sekali menyerap cahaya-Nya melalui usaha yang tak dapat dilakukan oleh sembarang orang. Melawan Keterbatasan dalam Tawanan Selalu ada hal yang berbeda dalam diri orang-orang besar atau pahlawan. Mereka dapat tumbuh dan berkembang dalam berbagai keterbatasan. Mereka dapat tetap menebar manfaat dalam sebuah ketertawanan, secara fisik mereka memang terbelenggu tetapi tidak dengan hati dan fikir. Sebut saja tafsir Fi Zilalil Qur’an, maka yang terbayang pasti nama Sayyid Quthb. Seorang Pemikir Islam yang sempat besar di Amerika ini akhirnya terpikat dengan indahnya Islam, bahkan karena kekritisannya ia dipenjara oleh rezim Mesir kala itu. Dari dalam penjara itulah sejarahnya bermula, ia tak mau menyerahkan begitu saja hidupnya dengan terkungkung dan mati begitu saja di sana. Penjara baginya adalah tempat untuk menebar manfaat, saat yang tepat untuk tetap berkarya. Hingga kemudian lahirlah tafsir Fi Zhilalil Qur’an yang kini bahkan telah dicetak di berbagai negara dan dirasakan manfaatnya oleh umat islam di dunia. Di dalam negeri, Indonesia punya Haji Abdul Karim Malik Abdullah atau yang biasa dikenal dengan Buya Hamka. Ulama yang pernah menjabat sebagai Ketua MUI Pertama ini juga pernah mendekam di dalam hotel Prodeo. Namun di sana segala keterbatasan tidak ada artinya, “Tiga hari di dalam penjara, saya sudah mengkhatamkan al-Qur’an 5 kali. Dalam kurun waktu 2 tahun di dalam penjara, saya mengkhatamkan al-Qur’an sekitar 150 kali.” Buya Hamka sempat menuturkan kisahnya ketika di dalam penjara. Selama dua tahun di dalam tahanan, HAMKA menyelesaikan penulisan Tafsir Al-Azhar sebanyak 28 juz. Karena dua juz (yakni juz 18 dan 19) sudah diselesaikan sebelum HAMKA dijebloskan ke dalam jeruji besi. Begitulah, bagi mereka penjara bukanlah apa-apa. Kungkungan itu hanya melilit fisik, tapi tidak bisa membatasi alam fikir serta kejernihan hati. Betapa ilmu Allah yang begitu luas telah berhasil mereka pahatkan menjadi sejarah peradaban. Usia mereka melampui umur biologis yang hanya beberapa puluh tahun. Namanya masih tetap harum kini, ilmu yang telah terikat dalam berjilid-jilid buku telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dunia. Hingga tak ada alasan untuk berleha-leha membiarkan ilmu terlewat begitu saja. Sebab usia kemanfaatannyalah yang bisa mengantarkan manusia ke gerbang surga-Nya yang indah. Maka tidak heran, jika para sahabat dan ulama terdahulu tak pernah jemu menghabiskan waktu mereka di dunia untuk berburu ilmu. Al Imam al Bukhary dalam semalam sering terbangun, menyalakan lampu, menulis apa yang teringat dalam benaknya, kemudian beranjak akan tidur, terbangun lagi, dan seterusnya hingga 18 kali RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 14. 14 teropong Yang Berkualitas Nggak Selalu Mahal Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dll; usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses atau cara perbuatan mendidik. Pendidikan adalah juga aktivitas sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan berkembang. Dengan pendidikan ini pulalah maka peradaban manusia menjadi maju serta terarah. i dalam masyarakat yang kompleks, fungsi pendidikan ini mengalami spesialisasi dan melembaga dalam bentuk pendidikan formal, meski sebenarnya hal tersebut tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan informal di luar sekolah. Antara pendidikan formal dan informal ini tentu harus saling mendukung, sebab kehidupan seorang anak tidak hanya berada di sekolah atau di rumah saja. Akan tetapi ada lingkungan yang turut menjadi ‘guru’ bagi mereka. Lalu sebenarnya, siapa yang paling berkewajiban terhadap perkembangan pendidikan seorang anak? Orang tua, lingkungan serta sekolah tempatnya belajar tentu mempunyai porsi masingmasing. Bagi ibu pekerja tak perlu risau lagi, di masa sekarang telah menjamur tempat penitipan anak atau juga play group dan PAUD yang cukup berkualitas sebagai tempat bermain RZ Magz Februari 2014 anak yang cukup eduktaif. Meski tentu sentuhan tangan seorang ibu lebih utama dan istimewa dalam memberikan pengajaran langsung kepada anaknya sejak dini. Menurut Abang Eddy, seorang Analis Perancang Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal Education Regional I Bandung, lembaga seperti PAUD itu masih sangat diperlukan, mengingat kegiatan yang ada di dalamnya adalah pengkondisian bermain, bukan dititik beratkan pada pendidikan yang bersifat doktrinasi. Sehingga dalam pengkondisian bermain tersebut si anak mendapatkan treatment bagi kecerdasannya. Dan dari sana juga akan bisa teraba kecenderungan si anak ke arah mana, meski belum bisa dijadikan tolok ukur juga mengingat usia anak yang masih terlalu kecil. Tentang Sekolah Gratis Sudah bukan rahasia lagi sebenarnya bahwa pendidikan dimana pun sekarang gratis, karena adanya dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) yang digulirkan oleh pemerintah. Namun demikian masih ada saja yang memprihatinkan jika dilihat sarana pra sarananya. Baik itu gedung sekolah maupun fasilitas pendukung kegiatan belajar mengajar lainnya seperti perpustakaan atau juga kelengkapan olah raga di lapangan. “Dana BOS ini terbagi untuk 13 item yang sebenarnya sudah lengkap pembagiannya, termasuk alokasi untuk pelatihan guru dan lomba siswa juga ada. Hanya saja
  • 15. 15 semua kembali bergantung kepada manajemen sekolahnya masing-masing.” ujar Nani Nurhasanah Pengajar Muda yang pernah mengajar di Oi Marai NTT. Tidak dapat dipungkiri, meski bersekolah gratis namun jika infrastruktur dan manajemen SDM nya kurang tepat tentu dapat berpengaruh pada kualitas pendidikan anak. Contohnya SD Oi Marai tersebut, di sana segala sarana dan pra sarana bisa dikatakan kurang lengkap, ditambah dengan kualitas SDM juga masih perlu ditingkatkan. “Jadi yang membedakan adanya BOS dan tidak adanya BOS sekarang bahwa para siswa tidak ada alasan untuk tidak sekolah lagi karena tidak ada biaya.” Nani menambahkan. Berkualitas Tapi Tidak Mahal Sekarang ini metode pendidikan sudah sangat berkembang, termasuk juga homeschooling yang sudah banyak diterapkan di kota-kota besar. “Homeschooling muncul karena adanya pandangan para orangtua tentang kesesuaian minat oleh anak-anaknya. Home schooling ini banyak dilakukan di kota-kota besar, terutama oleh mereka yang pernah melakukannya ketika berada di luar negeri. Apalagi, sekarang model homeschooling ini sudah didukung pula oleh kebijakan dalam revisi UU pendidikan No 20 Tahun 2003,” tutur Abang Eddy. Tidak sedikit anak cerdas yang mengikuti homeschooling ini. Rata-rata dari mereka adalah anak-anak yang memang ingin menggali kecerdasannya diluar lembaga formal bernama sekolah. Mereka ingin mengembangan bakatnya seperti di bidang kesenian maupun olah raga. “Ada juga yang ketika ditanya mengapa memilih homeschooling, mereka menjawab karena di sekolah banyak PR,” ungkap Marjulianawati salah satu pengajar homeschooling di Jakarta. Pendidikan homeschooling yang menekankan pada minat dan potensi siswa ini memang sangat baik. Namun biaya yang masih relatif mahal membuat fasilitas serupa tak dapat dirasakan oleh semua anak Indonesia. Menanggapi hal tersebut, Joko Kristiyanto, Formal Education Departemen Head, Indonesia Juara Foundation, mengatakan bahwa tidak ada hubungan langsung biaya mahal atau bahkan gratis dengan kualitas sekolahnya. Biaya digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah, sehingga ketika kebutuhan sekolah terpenuhi tidak serta merta kualitas terwujud. Perwujudan kualitas perlu usaha bersama semua elemen sekolah, salah satunya manajemen dana secara bertahap dan berkelanjutan. Sehingga sekolah berbiaya murah bahkan gratis pun bisa saja berkualitas. “Kami menjadi konsultan dari Sekolah Juara, sekolah yang berbiaya gratis berkat bantuan para Donatur RZ. Dari Sekolah Juara tersebut telah lahir para juara yang tak bisa dianggap sebelah mata bahkan oleh sekolah negeri atau sekolah swasta yang berbiaya mahal sekalipun. Ada 294 prestasi yang telah ditorehkan oleh para siswa juara tersebut selama setahun. Artinya manajemen SDM dan dana bantuan tersebutlah yang harus dioptimalkan,” ujar Joko. Pada akhirnya pendidikan bisa diraih di mana saja. Di sekolah yang mahal, murah atau bahkan gratis. Di lembaga formal bernama sekolah maupun dari pendidikan yang berasal dari rumah. Dan juara, ia adalah manusia yang mampu menerjang keterbatasan diri, lahir dari optimalisasi pendidikan yang berkualitas di rumah dan di sekolah. Antara pendidikan formal dan informal tentu harus saling mendukung, sebab kehidupan seorang anak tidak hanya berada di sekolah atau di rumah saja, ada lingkungan yang turut menjadi ‘guru’ bagi mereka RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 16. teropong 16 “Juara adalah ia yang mampu melawan keterbatasan diri dengan mengoptimalkan segala potensi” Berikut adalah kisah anak-anak yang dengan segala keterbatasannya mampu mempersembahkan hal yang terbaik untuk diri, keluarga juga lingkungannya. Anak-anak istimewa ini adalah anak asuh binaan RZ yang berhasil membuat tersenyum orang tuanya serta para Donatur yang telah memberikan support bagi biaya pendidikannya. RZ Magz Februari 2014
  • 17. 17 Raih Peringkat Ke II Lomba Karya Tulis Ilmiah, Amelia Masuk TV Reski Amelia (19 th) adalah Anak Juara dari RZ cabang Makassar yang meraih gelar juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional. Amelia merupakan anak kedua dari lima orang bersaudara, pasangan Syafi’in dan Rosdiana. Perlombaan karya tulis yang diikutinya kali ini, melewati dua tahap seleksi yakni seleksi wilayah Provinsi dan tahap seleksi Nasional. Tahap seleksi Provinsi berlangsung pada bulan Februasi 2013. Lomba ini dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial Jurusan PKN Universitas Negeri makassar. Seleksi ditahap Provinsi Amelia harus bersaing dengan ratusan siswa yang berada di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat yang juga mengikuti seleksi lomba karya tulis ilmiah ini. Ia pun dapat berjaya dengan meraih juara pertama sekaligus menjadi perwakilan wilayah area Provinsi Sulawesi Selatan-Sulawesi Barat pada tingkat seleksi Nasional. Seleksi tahap Nasional yang dilaksanakan oleh APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) berlangsung tanggal 13-16 November 2013 di Jakarta dengan tema “Carut Marut Ujian Nasional.” Dengan tulisan berjudul, “Mengatasi Kemelut Ujian Nasional Melalui Otoritas Otonomi Daerah dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Bangsa,” Amelia meraih peringkat kedua dari 41 Orang peserta dari seluruh Indonesia. Amelia pun bersama ke- 41 peserta sempat diundang dan tampil dalam sebuah program TV nasional, Minggu, (16/11). “Saya selalu menuangkan pikiran saya dalam tulisan,” tutur Amelia. Dari Nilai Terbaik Hingga Hafal 5 Juz Al Qur’an “Tidak mudah menghafal Al Qur’an dan menjadi seorang hafidzah, namun tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Jika kita mau berusaha dengan tekad yang kuat maka kita pasti akan meraihnya. Saya belum dapat menjadi anak yang membanggakan, namun inilah mahkota yang akan saya persembahkan untuk ayah ibu tercinta kelak di surga.” Ungkapan tulus itu keluar dari mulut seorang gadis cilik penghuni kelas VI SD Fitrah Insani Cimahi. Siapa yang menyangka harapan mulia itu telah begitu kuat tertanam pada diri Auliannisa, Anak Juara RZ cabang Cimahi. Hingga akhir tahun 2013 Nisa telah menyelesaikan 5 juz hafalannya, yaitu juz 30, 29, 28, 27 dan 26. Selain itu ia juga berhasil mendaptkan nilai mumtaz atau terbaik di sekolahnya. Nisa tinggal di Jl. Maharmartanegara Cimindi No. 156 RT 6/ RW 17 Leuwigajah Cimahi Selatan. Ayahnya bernama Sakim Sadikin bekerja sebagai supir angkot dan ibunya, Anira hanya Ibu Rumah Tangga biasa. Setiap malam Nisa melakukan proses menghafal dari membaca, kemudian mengulanginya lagi dan begitu seterusnya. Hingga akhirnya Nisa dapat menghafal dari Juz 30 sampai juz ke 26. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 18. 18 Nia, Sang Juara Nan Multitalenta Anak yang memiliki senyum manis ini bernama Nia Kartini. Ia merupakan salah satu anak asuh RZ cabang Aceh yang berprestasi. Nia mendapatkan beasiswa sejak ia masih duduk bangku SD hingga sekarang sudah SMU. Nia tercatat sebagai siwa di Fatih Bilingual School kelas II. Putri kedua dari pasangan Pak Uddin dan Bu Suarniati ini, kerap mengikuti banyak olimpiade yang diselenggarakan di sekolah maupun di luar sekolah. Ia pernah mengikuti olimpiade nasional bahasa inggris dan olimpiade debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi. Selain menguasai bahasa Inggris, Nia juga pernah mengikuti Olimpiade Fisika SMP se-Sumatera tahun 2011 dan Olimpiade Sains Nasional. Gadis yang gemar puisi ini pernah mengikuti sayembara Cipta Puisi Nasional dan Lomba Puisi Tingkat Provinsi dan meraih juara II di tahun 2013. Setelah itu Nia juga mengikuti Olimpiade Seni Puisi Nasional dan meraih medali Emas. Peluang tersebut mengantarkannya ke Olimpiade Seni Puisi International dan meraih Perak. Karena bakat puisi tersebut mampu membawa Nia yang lahir tanggal 21 Maret 1997 ini ke Turki. Ia juga pernah mengikuti Summer School ke Turki dari sekolahnya di tahun 2012. Selain itu Nia yang memiliki banyak prestasi ini juga pernah mengikuti Olimpiade Geografi Tingkat Provinsi dan mendapatkan juara II di tahun 2013. Pada saat Nia masih disekolah dasar, ia pernah mengikuti Organisasi Dokter Kecil, Olimpiade Matematika Tingkat Kota Banda Aceh, Lomba Pidato. Ternyata kemampuan ini memang sudah terlihat ketika ia masih kecil dan ketika Sekolah Dasar ia selalu mendapatkan juara satu dikelasnya. RZ Magz Februari 2014 Kisah Anak Juara Terbaik Se-Padang Dian Putri Ningsih (14), penerima beasiswa RZ (Rumah Zakat) selama 3 tahun asal Padang ini tercatat telah mengukir puluhan prestasi. Prestasi tersebut diantaranya juara umum SMP sejak kelas VII hingga IX, juara pertama MTQ tingkat Kota Padang, juara MTQ tingkat sekolah, siswa teladan tingkat SMP sekota Padang, dan siswa dengan nilai terbaik Pra UN Tingkat sekolah. “Prestasi ini saya ukir sejak kelas 1 SD hingga sekarang di SMP. Pencapaian yang saya dapatkan ini karena dukungan orang tua juga. Alhamdulillah orang tua saya selalu mendukung kegiatan positif yang saya lakukan,” ujar Dian. Anak dari Edi Lukmanto, pria yang berprofesi sebagai tukang ojeg ini pun tekun menghafalkan Al Quran. Dengan bergabung di P3A Tahfidz Quran yang digulirkan RZ cabang Padang, secara berkala Dian menambah hafalannya. “Insya Allah hafalan saya sekarang sudah 2 jus. Saya ingin menjadi kekasih Allah dengan menjadi penghafal Al Quran,” jelas Dian. Potensi, upaya, dan prestasi yang dilakukan oleh Anak Juara wilayah binaan Lubuk Kilangan ini mengantarkannya menjadi Anak Juara terbaik periode semester genap 2013. Apresiasi tersebut diberikan pada saat jalan santai memperingati Hari Kesehatan Sedunia di pelataran Masjid Nurul Iman, Kota Padang.
  • 19. 19 Singa Podium dari Tanah Sunda Potensi Agus Risan dalam membawakan pidato membuatnya mampu menyingkirkan 30 orang lawannya dalam Lomba Biantara (pidato) dan meraih juara pertama. Sebagai juara pertama, Agus menjadi wakil kota Bandung untuk perlombaan serupa di tingkat provinsi. “Pasanggiri Basa, Sastra dan Aksara Sunda” adalah nama kegiatan yang melejitkankan namanya sebagai seorang siswa yang mahir berpidato. “Perlombaan ini diadakan di tingkat Kota Bandung oleh MGMP Bahasa Sunda Kota Bandung. Ini bukan hanya kemenangan saya pribadi, tapi kemenangan SMP Juara. Karena saya membawa nama SMP Juara dan saya bisa seperti ini pun berkat bimbingan guru-guru di sekolah,” tutur Agus. Ketua OSIS yang juga berkecimpung di Klub Atikan Sunda dan JUNSA SMP Juara ini termasuk siswa yang aktif dan berprestasi. “Mumpung masih muda, saya ingin aktif di banyak kegiatan agar pengetahuan dan keahlian saya bertambah. Saya juga ingin melestarikan budaya Sunda agar tetap lestari dan tidak punah. Kalau anak muda tidak paham budayanya, maka lama-kelamaan budaya itu akan punah,” jelasnya. Semoga dengan kegiatan seperti ini akan lahir singa podium dari tanah Sunda. Pemuda yang mampu menggetarkan sanubari melalui pidatonya. Penerus founding father Indonesia, Bung Karno. Semoga! Jerry, Pelukis Penyayang Binatang Entah sudah berapa ratus lembar kertas yang dihabiskannya untuk latihan melukis, tapi ia tak pernah bosan melakukannya. Bakat melukisnya memang sudah tampak sejak pertama kali masuk di SD Juara Semarang. Menurut penuturan orang tuanya, seusai jam sekolah, Jerry selalu mencari kertas dan pensil untuk kemudian menggambar dan mewarnai sesuka hatinya. Karena itu mereka acapkali mendaftarkan Jerry untuk mengikuti lomba menggambar di Kota Semarang. Siswa bernama lengkap Muhammad Jerry Pratama ini telah mengumpulkan sebanyak 17 trophy kejuaraan menggambar dengan berbagai macam kategori dari berbagai event sejak kelas I. Terakhir Jerry berhasil merebut Piala Gubernur pada Festival Muharram yang diselenggarakan Masjid Agung Jawa Tengah. Jerry memang bisa dikatakan sebagai “icon” pemenang untuk setiap perlombaan menggambar yang diselenggarakan di Semarang. Jerry anak yang tangguh dan jarang menangis. Selain dikenal dengan kepiawaiannya memainkan kuas, di sekolah siswa kelahiran 12 Mei 2004 ini mempunyai julukan si Bolang karena ia suka sekali bertualang dan berinteraksi dengan binatang-binatang. Bahkan ia suka sekali dengan ular. Di rumah, putra pasangan Marjuki dan Yulianti ini mempunyai binatang peliharaan berupa 23 ekor kurakura dan seekor ikan lele besar. Setiap pagi atau sepulang sekolah Jerry selalu menyempatkan diri bermain dengan kura-kuranya. “Kalau besar aku kepengen jadi ilmuwan dan pelukis yang hebat.” Ujar Jerry mantap. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 20. 20 Kartini, Sang Pengisi Suara Muratal Juz 30 Kartini adalah siswa yang berasal dari Indonesia Timur, lebih tepatnya Nusa Tenggara Timur. Di daerah asalnya Ia adalah anak pantai. Ayahnya yang nelayan membuat Ia menyukai laut. Gadis yang bernama lengkap Kartini Sumiran Bakar ini sekarang tinggal di Panti yang dikelola oleh Pak Badri dan istri. Ia memiliki tugas harian yaitu menyapu dan membersihkan dapur. Meskipun jarak dari Panti ke sekolah cukup jauh, yakni menyusuri sepanjang Jl. Soekarno-Hatta, tidak menyurutkan semangat Kartini untuk belajar di sekolah. Kartini sangat suka belajar Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) di sekolah. Dikarenakan Ia merasa banyak keterampilan yang didapat, misalnya menyanyi, melukis, dan berkarya, bahkan membuat karya dari barang bekas. Selain itu, Kartini menyukai pelajaran PAI, karena menurutnya sejarah tokoh-tokoh Islam itu sangat menarik. Kartini mempunyai beberapa cita-cita. Yang pertama Ia ingin menjadi seorang penulis, alasannya agar bisa dakwah lewat cerita. Selain itu Ia ingin menjadi seorang Ustadzah, karena ingin membuktikan pada orangtua kalau bisa mengajar ilmu Al-Qur’an. Siswa yang mengidolakan Nabi Muhammad saw. ini dikenal fasih dan merdu dalam membaca Al-Qur’an. Ia beberapa kali menjuarai lomba tahfidz tingkat bandung dan Cimahi. Kartini juga menjadi pengisi suara pada kaset murottal juz 30 yang dibuat oleh Indonesia Juara. Hafalan Kartini sekarang sudah juz 29. Juz 30 sudah Ia selesaikan saat masih di SD Juara Cimahi. Satu cita-cita Kartini yang lain adalah ingin pulang ke NTT. RZ Magz Februari 2014 Aminah, Ingin Menjadi Penulis yang Hafidzah Gadis kecil berkaca mata minus ini memang gemar sekali membaca dan menulis. Hal itu terbukti dengan terbitnya salah satu karyanya dalam antolologi KKPK atau Kecil-Kecil Punya Karya di penerbit DAR! Mizan. Awalnya ia hanya mengikuti lomba cerpen bertema Lingkungan Hidup yang kemudian dibukukan dalam KKPK tersebut. Putri dari pasangan Yuswin Iskandar Yuslan dan Arihta Br Pandia ini bernama lengkap Aminah Hafudzatunnisa, siswa kelas VI SD Juara Medan. Belum lama ini Hafidzah, begitu ia biasa disapa juga memenangkan kompetisi menulis tingkat Sumatera Utara dengan tema Laut. Gadis yang lahir 20 Juli 2002 ini bukan hanya piawai merangkai kata, tapi dia juga mempunyai otak yang cerdas. Hafidhzah adalah pemegang peringkat pertama di kelasnya. Selain itu Hafidzah juga sudah beberapa kali mengkhatamkan Al Qur’an, dan sudah menyelesaikan juz 30 nya. Sekarang ia sedang mulai menghafal juz 29. Ia bercita-cita menjadi seorang penulis dan juga seorang hafidzah, sama seperti doa yang disematkan pada namanya. Aminah Hafidzatunnisa tinggal bersama kedua orang tuanya di Jl. Seroja No. 1 Kel. Sunggal Kec. Medan Sunggal. Ia juga bisa ditemui di blog pribadinya di http:// hafidzatunnisa.blogspot.com. Blog pribadi tersebut merupakan media bagi Hafidzah untuk bercerita tentang segala aktivitas hariannya dan kesukaannya terhadap dunia tulis menulis.
  • 21. 21 Komikus Cilik Sesungguhnya setiap manusia yang dilahirkan ke muka bumi ini pasti dibekali bakat. Bakat diberikan sebagai bekal manusia untuk menjalankan amanahnya sebagai khalifah. Ada manusia yang mengoptimalkan bakat yang diberikan kepadanya, ada pula yang mengabaikannya. Asma Aulia Syahidah sejak kecil telah mengasah bakat menggambar yang dimilikinya. Sehingga di usianya yang ke-11 Asma telah menerbitkan karyanya berupa komik dengan judul Tikus yang Cerdik. Karya Asma ini diterbitkan oleh penerbit Mizan dalam kelompok karya Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Taekwondoin yang Rajin Mengaji Hanifan Fiddin, anak asuh RZ cabang Solo ini telah menorehkan berbagai prestasi di bidang Taekwondo sejak usia 9 tahun. Mulai dari tingkat kota/kabupaten, nasional hingga Asia pernah diikutinya. “Alhamdulillah selama tahun 2010 – 2013 saya berhasil memenangkan 8 kejuaraan. 5 diantaranya saya mendapat juara pertama. Saya juga sangat bersyukur bisa mengikuti kejuaraan tingkat Asia. Saya ingin menjadi juara Taekwondo tingkat internasional,” ujar Ifan ceria. “Alhamdulillah Allah memberikan jalan untuk saya menerbitkan karya-karya saya. Saya tidak menyangka karya saya bisa diterbitkan. Sekarang saya makin semangat dan percaya diri untuk meraih prestasi lainnya,” ujar Asma optimis. Buah hati Sugiharto ini mendapatkan Beasiswa Ceria sejak September 2009. Tidak hanya berprestasi di bidang olah raga, Ifan pun berprestasi di bidang akademis, dan mampu membaca Al Quran dengan baik dan benar. “Ifan rajin mengikuti pembinaan yang disediakan untuk penerima Beasiswa Ceria RZ. Kemampuan mengajinya juga baik,” ujar Agung Supriyadi, mentor Ifan. Menurut kepala sekolah tempatnya menimba ilmu, Asma termasuk anak berprestasi di sekolah. “Asma sering memperoleh nilai terbaik di kelas. Sekarang Asma sudah hafal juz 30 dan sedang menghafal juz 29. Dia siswa aktif mengungkapkan pendapat, antusias, cepat mempelajari hal baru dan kreatif,” ungkap Ivan Supangat, kepala sekolah SD Juara Cimahi. Sugiharto menambahkan bahwa prestasi yang diraih Ifan selama ini karena kerja keras dan ketekunannya dalam berlatih. “Kalau ada kejuaraan, Ifan bisa latihan setiap hari. Agar kondisi fisik Ifan tetap terjaga, Ifan selalu minum madu. Terkadang saat madu habis, saya kesampingkan dulu kebutuhan lain agar Ifan tetap dapat minum madu,” pungkas Sugiharto. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 22. Siaga Gizi Superqurban 7.503 3.299 113 125 8.397 4.270 135 42.949 117 7.127 3.680 111 57 1.535 53.332 106 7.963 3.333 131 105 1.526 50.994 112 6.601 2.527 126 1.077 1.398 46.185 111 6.996 2.687 143 833 1.531 40.363 142 6.553 2.733 116 8 1.475 49.096 375 5.108 1.875 123 2 1.485 51.284 121 7.819 3.135 106 39 1.661 53.076 125 7.131 3.304 108 51 1.660 70.635 133 6.757 2.345 96 456 1.841 40.786 122 6.969 2.378 113 2.819 18.216 572.163 1.684 84.924 35.566 1.421 orang pengantaran orang orang orang orang orang Perkembangan Program Rumah Zakat Desember 2013 Layanan Kesehatan Ibu dan Anak 95 53.579 10 1.423 Layanan Bersalin Pemeriksaan Kesehatan Umum 19.884 32 1.482 Siaga Sehat Pemeriksaan Gigi 149 1.199 Layanan Pengantaran Ambulans 97 62 6.070 18 200 6.057 57 1.064 6.820 45 1.061 8.881 31 1.165 8.408 29 340 8.490 28 972 8.523 7 218 9.153 23 819 11.213 7 543 10.591 14 350 10.136 17 450 96.666 373 7.244 orang orang Mobil Klinik Ambulance Gratis UKS Siaga Posyandu 213 8.020 8 20 38 1.283 1.602 385 172 9.375 - - - 1.669 502 330 8.432 - - 20 2.387 1.598 421 348 9.053 - 2 2.027 1.596 449 170 9.209 - - - 3.623 1.593 325 173 8.817 2.980 1.771 374 103 8.092 - - 1 1.903 1.769 462 409 7.199 - - - 1.977 1.779 453 516 7.136 - - - 4.877 1.716 393 602 7.345 6.129 1.773 348 125 8.821 - - - 3.256 1.770 493 210 9.359 3.419 19.924 4.950 3.371 100.858 8 22 59 35.530 orang orang orang unit unit unit orang orang Siaga Gizi Balita 2.324 Khitan Bantuan Langsung Kesehatan Klinik RBG 345 1.400 - Beasiswa Ceria 1.557 317 176 - 444 126 - - 730 111 69 148 - - 458 109 269 208 14 44.540 3.862 1.563 buah orang orang orang orang Beasiswa Juara Sekolah Juara Pengembangan Potensi Anak 114 114 209 407 111 114 114 309 114 69 115 470 Educare Non Program LAB Juara - 365 10.244 3.578 108 96 191 13.480 154 166 179 11.531 95 137 710 10.897 86 84 554 63.818 115 163 842 10.252 151 195 1.305 19 167 428 14.230 20 249 867 1.010 1.664 6.391 181.117 orang orang orang orang 7.065 77 225 1 - 8.167 11.176 - 5.762 4.540 713 3.868 15.742 - - 4.898 Pembinaan Masyarakat 237 108 106 19.318 10.465 13 4.072 Pelatihan Skill Produktif 77 76 Sekolah Juara (Gedung) Sarana Usaha Mandiri PAUD Pemberian Modal Usaha Pendampingan GMP Pendampingan Bisnis 620 2.930 816 3.042 856 904 1.036 4.209 776 3.460 926 3.344 2.233 4.432 2.083 5.740 1.319 4.227 1.161 4.095 12.730 42.925 orang orang orang orang 2.311 orang orang 3.189 27.414 orang 138 1.372 250 1.234 paket orang 437 - 5.471 276 53 134.677 240 544 580 439 47 276 8.268 800 8.534 543 217 173 13.518 147 931 338 85 167 4.950 156 187 108 11.034 633 1.624 299 272 40 197 400 paket paket 246 1.033 559 52.193 305.408 182 25 130 1.200 0 8991 273 1.422 548 0 16.939 140 36 136 1.600 57.085 265 3.784 452 0 12678 100 17 86 3.600 84.130 239 3.650 329 12.000 67 11 57 4.786 200 12.932 40 12 420 48.211 Penguatan Jaringan 15 20.599 6.000 Penguatan Produk 366 - 6.026 Kampus Relawan Budidaya Agro 4.366 6 6.111 2.600 10.136 154 850 100 16.348 Bantuan Langsung Ekonomi 58.611 - 10.729 - Bantuan Siaga Bencana 31.293 21.203 RZ Magz Februari 2014 Pelatihan Bina Ternak Nusantara Penyaluran Superqurban 0 Penyaluran Siaga Gizi progress 22
  • 23. Info Pemesanan: 08122148999 (Yuyun Yuliana) Hadirilah Pengajian Rutin Sabtu Pagi Bersama Ustadz-Ustadz Yang Luar Biasa Bertempat di: Masjid Al Mukarramah GRATIS UNTUK UMUM Jl. Prof. Dr. Ir. Sutami No 30A Setrasari-Bandung Netty Heryawan * tentatif Sabtu Tanggal 1 Februari 2014 Pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB Tema: “Ananda! Engkaulah Penyejuk Hatiku” KH Dr. Abdul Hamid, M. Ag Tema: “Menyingkap Tabir Al-Fatihah” Tanggal 8 Februari 2014 Sabtu Pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB Kang Erick Yusuf Sabtu Tanggal 15 Februari 2014 Pukul 09.00 WIB - 11.00 WIB Tema: “Mengetuk Pintu Surga” diselenggarakan: DKM Masjid Al Mukarramah didukung: Informasi : 0852 2204 0101 http://qurancordoa.com | @ qurancordoba | @ qurancordoba http://qurancordoba.com | @ qurancordoba | @ qurancordoba
  • 24. 24 jurnalis cilik Operasi Semut Di sekolahku pernah diadakan acara operasi semut. Apakah di sekolahmu juga? Awalnya sih sempat heran ketika guru mengumumkan bahwa semua siswa diharuskan untuk mengikuti operasi semut dan akan dilombakan. “Hmm.. mengoperasi seekor semut secara cepat? Apakah mungkin?” Pikirku waktu itu. Ternyata, eh ternyata, aku salah. Operasi semut adalah nama lain dari kegiatan gotong royong untuk memunguti sampah. Jadi saat itu, aku masuk ke dalam salah satu kelompok. Aku dan kelompokku ditugaskan mencari dan mengumpulkan sampah organik dan anorganik yang kemudian akan ditimbang. Setelah kelilingkeliling, akhirnya kelompokku berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 2 karung. Tapi rasa cape itu hilang RZ Magz Februari 2014 Muhammad Azmi Al Mutawakkil (Siswa Kelas IV SD Juara Cimahi) seketika ketika mendengar pengumuman bahwa berat sampah yang dikumpulkan oleh kelompokku adalah 13,6 kg. Banyak banget, kan? Jadi terbayang, berapa jumlah sampah yang ada di Cimahi ini, yah? Alhamdulillah, kelompokku mendapat juara 3. Aku dan kelompokku bahagia sekali. Aku cukup senang dengan acara tersebut karena acara tersebut memiliki banyak manfaat. Di antaranya kita bisa membuat lingkungan lebih bersih dan sedap dipandang. Memunguti sampah, memilah dan membuang pada tempatnya tentu akan lebih menyenangkan ketika dilakukan bersama-sama, apalagi kalau ada hadiahnya.. hehe.. Operasi semut memang keren, membuat kerja yang terlihat berat menjadi ringan. Dan Sekolah Juara memang juara, membuat belajar menjadi menyenangkan.
  • 25. komik
  • 26. 26 Seandainya Aku Seorang Guru, Maka Aku Mau.... seandainya Hartawan, 10 tahun, Oi Marai – NTB Mengajar muridku dengan baik. Sahrul Gunawan, 11 tahun, Oi Marai – NTB Menjadi guru olahraga dari Indonesia yang terbaik. M. Taufik, 10 tahun, Oi Marai – NTB Mengajar kelas 3 Pertanyaan edisi selanjutnya: Seandainya aku bisa menghilang, maka aku mau.... Buat kamu yang masih SD, kamu punya kesempatan untuk mengirimkan jawabanmu. Kirimnya ke welcome@ rumahzakat.org. Dengan Subject: Seandainya.... Tulis juga nama lengkap, umur dan asal daerah. Sertakan fotomu juga ya.... Jawaban diterima redaksi paling lambat 20 Maret 2013. Jawaban yang menarik akan diterbitkan di RZ Magz lho.... Itu berarti kesempatan buatmu untuk menginspirasi anak-anak se-Indonesia. Ayo RZ Cilik, buktikan kalo kamu sangat menginspirasi. 6^.^9 RZ Magz Oktober 2013 Februari 2014
  • 27. 27 kaleidoskop RZ BANTU 10.361 KORBAN BANJIR JAKARTA DAN SUBANG JAKARTA. Hingga hari ini, Rabu, (22/1) RZ bantu 10.361 korban banjir Jakarta dan Subang. Bantuan disalurkan di 24 titik lokasi banjir berupa posko, dapur umum yang dibangun RZ, serta bantuan langsung ke rumah warga. Bantuan yang disalurkan yaitu 1 unit perahu karet, 420 orang mendapatkan pelayanan kesehatan, 450 kornet Superqurban, 2020 paket makanan, 395 paket makanan bayi, 660 kg beras, 300 bungkus teh, 273 dus makanan ringan, 268 paket sarden, 258 sachet susu, 90 bungkus minuman sereal, 78 dus mie instan, 75 dus air mineral, 62 butir telur, 18 kg gula, 18 paket abon, 12 liter minyak goreng, 2 galon air, 616 popok, 334 pembalut wanita, 385 paket perlengkapan mandi, dan 42 pakaian layak pakai. #Sari A Rahmawati RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 28. 28 SEDEKAH BUKU UNTUK PAPUA BANDUNG. Para Relawan RZ terus tanpa henti menyuarakan masyarakat Indonesia untuk berbagi kepedulian melalui gerakan “Sedekah Buku untuk Papua”. Para relawan RZ mengumpulkan buku hasil sedekah di 14 kota besar diantarannya: Bandung, Jakarta Barat, Depok, Bekasi, Cikarang, Malang, Yogyakarta, Solo, Pekanbaru, Medan, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar. #Diky Taufik MENTORING MENDIDIK ANAK SEJAK DINI SURABAYA. RZ cabang Surabaya berkerja sama dengan Dannis Collection menggelar mentoring bagi Anak Juara di rumah yang berlokasi di Jalan Pakis Gunung, Surabaya, Minggu (5/1). Materi pembinaan bagi penerima beasiswa Dannis ini tentang suri tauladan Nabi Muhammad. Tim RZ berusaha memberikan pembinaan dengan berbagai macam metode yang dirancang sesuai usia binaan. #Munawaroh RZ SALURKAN 15.000 AL QURAN KE NUSANTARA ACEH. RZ bekerjasama dengan Sahm Al-Nour, NGO Internasional yang berdomisili di Arab Saudi menyalurkan 15.000 Al Quran untuk muslim di Indonesia. RZ cabang Aceh sebagai daerah pertama penyaluran Al Quran ini mendapat 1.000 Al Quran. “Al Quran tersebut kami salurkan ke Banda Aceh dan Aceh Besar. Ada 17 titik besar yang menjadi lokasi penyaluran mushaf Al Quran. Titik tersebut terletak di 9 kecamatan Kota Banda Aceh dan 8 kecamatan di Kabupaten Aceh Besar,” jelas Branch Manager RZ Aceh, Riyadhi, Kamis (9/1).#Sari A Rahmawati RZ Magz Februari 2014
  • 29. 29 MOBIL JUARA AJAK MEMBACA WARGA KAMPUNG SAVANA MAKASSAR. Mobil Juara kunjungi Kampung Savana di Makassar, Selasa (7/1). Kampung ini merupakan perkampungan pemulung. Ada satu kebahagiaan warga pada saat kunjungan sore itu, beberapa anak-anak di kampung ini yang tadinya hanya bisa mengeja huruf-huruf akhirnya bisa dengan lancar membaca kalimat-kalimat yang ditunjukkan tim Mobil Juara kepada mereka. “Terima kasih Mobil Juara telah mengunjungi tempat ini dan berbagi ilmu tentang cara membaca, sehingga saya yang tidak pernah mengecap yang namanya bangku sekolah kini mulai bisa membaca lagi,” pungkas Lilis.#Mutmainnah SEMARAK SENAM AKBAR JANTUNG SEHAT DI MADIUN MADIUN. RZ cabang Kediri bersama klub Jantung Sehat cabang Kediri menggelar Senam Akbar Jantung Sehat di Bendungan Bening Saradan Madiun, Minggu (5/1). Acara ini diikuti 450 peserta yang berasal dari berbagai klub senam jantung sehat di Jawa Timur diantaranya : Kediri, Pare, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Surabaya dan lainnya. #Beni Dwi Wantoro MENJAGA KESEHATAN SEJAK DINI BATAM. RZ cabang Batam menggelar aksi Siaga Sehat di SD N 24 Galang di Jembatan IV kota Batam, Sabtu, (11/1). Layanan yang diberikan berupa: penyuluhan tentang cara mencuci tangan pakai sabun dan cara menggosok gigi yang baik dan benar. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan kesehatan sejak dini kepada siswa sekolah dasar #Heru Saputra RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 30. 30 EVALUASI DAN MOTIVASI ANAK JUARA RZ CILEGON CILEGON. Anak Juara RZ Cilegon, wilayah Korwil Ciwandan menggelar evaluasi dan motivasi bekerjasama dengan Nasa Training dan Edutainment Centre, di Majelis Taklim Al Hikmah Lingkungan Cigading Ciwandan, Rabu (1/1). Anak Juara ditargetkan mampu mengevaluasi kekurangannya di tahun 2013, kemudian mampu meningkatkan prestasinya di tahun 2014, baik prestasi akademik maupun non akademik. #Zaenudin RZ BERIKAN PELATIHAN PRODUKTIF BAGI PENGUNGSI SINABUNG MEDAN. Aksi RZ cabang Medan memberikan pelatihan produktif bagi pengungsi bencana Gunung Sinabung berupa kerajinan tangan, Minggu (12/1) menghasilkan 542 buah bros cantik. “Dengan digelarnya pelatihan ini diharapkan para pengungsi dapat lebih produktif untuk menghasilkan suatu produk yang dapat meningkatkan perekonomian mereka,” tutur Budi Syahputra. #Budi Syahputra INDOSAT BERIKAN 10 WC PORTABLE DAN SANITASI UNTUK KORBAN BANJIR JAKARTA. Dalam rangka membantu korban bencana banjir, Indosat bersama RZ menghadirkan WC portable dan sanitasi. Sebab di saat banjir, masyarakat kesulitan untuk mengakses air bersih. Selain itu Indosat pun memberikan bantuan makanan dan pelayanan kesehatan gratis. Dituturkan Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, “Melalui salah satu program CSR, Indosat mencoba membantu para korban bencana banjir dan longsor di Indonesia, melalui beberapa kegiatan dan aksi sosial, seperti pembagian sembako dan kesehatan gratis lewat Mobil Klinik Ceria.” #Diky Taufik RZ Magz Februari 2014
  • 31. 31 MTT BERSAMA SEKOLAH ALAM INDONESIA RESMIKAN WATER WELL DI SUKABUMI SUKABUMI. Majelis Taklim Telkomsel (MTT) bersama Sekolah Alam Indonesia, dan RZ meresmikan Water Well di Kp. Cisasah, Desa Tugu Bandung, Kec.Kebandungan, Kab.Sukabumi, Minggu (5/1). Launching program Water Well dihadiri oleh Ketua MTT Chairuddin yang meletakkan batu pertama. “Semoga dengan adanya Water Well ini, warga sekitar mendapatkan kemudahan untuk memperoleh air bersih,” ungkap Chairuddin. “Adanya Water Well ini, diharapkan dapat membantu dan berperan dalam mendukung Program PHBS bagi warga,” pungkas Project Management RZ Anissa Puspa.# Anissa Puspa RZ BERDAYAKAN EKONOMI WARGA DUSUN TEGAL BEDUG INDRAMAYU INDRAMAYU. Warga dusun Tegal Bedug, Desa Tamansari, Lelea, Indramayu menjadi salah satu daerah binaan RZ, di daerah ini pun digelar pemberdayaan ekonomi, Senin (1/1). “Sekarang RZ sedang memantau beberapa usaha kecil milik warga setempat untuk diberi penguatan modal,” ungkap Toha salah seorang relawan RZ. #Diki Taufik BANTUAN SARANA USAHA BISA TINGKATKAN PENJUALAN BALIKPAPAN. RZ cabang Balikpapan memberikan bantuan Sarana Usaha Mandiri kepada salah satu warga binaan di wilayah ICD Manggar, Balikpapan Timur, Jumat (17/1). Bantuan berupa gerobak diberikan kepada Surtini, pedagang sayuran matang keliling. Setelah mendapat bantuan dari RZ, kini volume penjualannya menjadi meningkat dan dagangannya pun tertata lebih rapi. #Dewi Wulandari RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 32. 32 UNGKAPAN CINTA RASUL OLEH ANAK JUARA SEMARANG SEMARANG. RZ cabang Semarang menggelar pembinaan bagi Anak Juara cabang Korwil Semarang, Selasa (14/1). Walaupun suasana hujan deras saat itu tak menyurutkan semangat mereka. Kali ini tema yang diambil dalam pembinaan adalah, “Ungkapan Cinta Rasul Oleh Anak Juara Semarang”. Tema ini diambil untuk mengingatkan kembali Anak Juara dengan Maulid Nabi. #Kustina KEBAHAGIAAN 30 ANAK DESA JATISARI, PENERIMA BEASISWA CERIA RZ BANDUNG. RZ menggelar penyaluran Beasiswa Ceria RZ Jumat (13/12) di MTS 179, Bunijaya RT 1/ RW 11 Desa Jatisari, Kec. Kutawaringin, Kab. Bandung. Ada 30 anak yang menerima beasiswa yang semuanya berasal dari Desa Jatisari. “Terima kasih RZ atas pemberian beasiswa ini,” tutur Nurul Aini. #Diki Taufik WAKIL WALIKOTA BANDA ACEH APRESIASI PROGRAM RZ ACEH. Wakil Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, menyampaikan apresiasi positifnya kepada RZ pada pertemuan silaturrahmi dengannya dan jajaran pemerintahan Kota Banda Aceh, Kamis (9/1). Dalam pertemuan tersebut, RZ cabang Aceh menyampaikan laporan kegiatan selama 2013. Ungkapan terima kasih disampaikan untuk kegiatan-kegiatan yang telah didukung oleh Pemko di 2013. Acara yang berlangsung hangat ini juga diisi dengan diskusi singkat dengan jajaran pemko. “Banyak kegiatan RZ yang bisa disinergikan dengan kegiatan-kegiatan Pemko,” ungkap Illiza di sela-sela diskusi.#Riyadhi RZ Magz Februari 2014
  • 33. 33 Genangan Hujan deras tadi malam menimbulkan genangan di beberapa daerah di Jakarta... bla bla bla waduh mas, genangannya aja kayak gini, gimana banjirnya? rest area Musim hujan awal tahun ini biasanya selalu rame dengan “Iya, saat banjir semuanya jadi kompak gotong royong. Yang banjir dibeberapa daerah, terutama di Jakarta. Tapi biasanya cuek, jadi peduli” lucunya beberapa tahun belakangan ini kata ‘banjir’ “Terus” seolah ‘dicetekkan’ dengan diganti kata ‘genangan air’oleh media. Jadi teringat obrolan ringan di angkringan dengan teman lama kemarin lusa. Panggil saja dia Jul. “Gue gak abis pikir, kenapa di media-media sekarang ini suka mencetekkan banjir dengan menggunakan kata ‘genangan air’ ye Jul?” “Gue rasa niatnya baik Je, bermaksud mempersatukan dan menghibur warga disaat bencana” “Lho, kok bisa gitu?” “Nah karena kita ini masyarakat yang gemar menyanyi, digantilah kata ‘banjir’ menjadi ‘genangan’ supaya lebih enak didendangkan” “Lah hubungannya apa?” “ Lho, kan kalo didendangkan jadi; ‘Sepanjang jalan GENANGAN kita selalu bergandeng tangan’...hahaha, enak tho?” “Owalah hahaha” Slipi, Januari, Seto Buje RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 34. 34 HARUS BISA MELEBIHI EKSPEKTASI partner Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) adalah sebuah yayasan yang diprakarsai oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (PT Telkom) untuk menyelenggarakan pendidikan dasar, menengah, dan tinggi serta pelatihan dan sertifikasi guna mengembangkan sumber daya manusia yang profesional di bidang Teknologi, Informasi, Multimedia, Edutainment, dan Services (TIMES). Selain bergerak di bidang pendidikan, YPT pun bekerjasama dengan RZ untuk mengelola ZIS Perusahaannya. Untuk mengetahui sampai sejauh mana kerjasama yang telah digulirkan tersebut, redaksi RZ Magz diberi kesempatan untuk mewawancarai Ketua Yayasan Pendidikan Telkom Johni Girsang, M.Sc. Berikut petikan wawancaranya Sudah berapa lama bekerja di Yayasan Pendidikan Telkom (YPT)? Sebentar lagi hampir tiga tahun, atau persisnya mulai di YPT pada 1 Februari 2011, setelah sebelumnya menduduki berbagai posisi di PT Telkom. Apa yang melatar belakangi YPT Telkom bermitra dengan RZ? Sejak mulai kapan ya? Yang utama adalah kami ingin berkah, diridhoi seluruh ikhatir kami oleh Allah SWT, sehingga perlu pengelola zakat atas raihan yang diperoleh di lingkungan YPT. Kami tentu pelajari sebelumnya, baca jejak rekamnya, dan kami nilai RZ bukan saja yang paling profesional, namun juga amanah dan akuntabel. Kami mulai kerjasama dengan RZ sejak 9 Desember 2010. Program-program apakah yang dikerjasamakan dengan RZ? Ada banyak. Tapi secara garis besar programnya adalah RZ menerima dana zakat dari YPT secara amanah dan RZ Magz Februari 2014 bertanggungjawab, termasuk memberikan laporan penyaluran dan konsultasi zakat. Kalau program detilnya, ada educare, healthcare, ecocare, youthcare, program pendampingan masyarakat, dan penyaluran nasional. Apakah masih ada program-program lain yang akan dikerjasamakan dengan RZ? Saat ini belum ada, kiranya sudah memadai dengan program eksisting. Namun tak menutup kemungkinan ada lagi yang bisa dikolaborasikan ke depan. Adakah saran untuk RZ? Tentu, sebagaimana harapan umat, RZ lebih baik dan profesional ke depan. Lakukan melebihi ekspektasi masyarakat, misal laporan penyaluran bisa diinformasikan secara massif ke media massa. Dengan cara ini, bukan hanya membantu muzzaki dan mustahik, namun juga bisa mendorong masyarakat untuk fastabiqul khoirot.
  • 35. 35 AM Adhy Trisnanto Marketing Consultant Rumah Zakat, merupakan salah seorang perintis industri periklanan moderen Indonesia how dhy Jeda i awal sebuah public speaking workshop seorang instruktur mempersilahkan masing-masing peserta berpidato. Bukan kontennya yang mau dinilai, melainkan tekniknya. Karena kegiatan ini memang sebuah bentuk pelatihan, maka wajar saja banyak peserta yang terasa masih belepotan dalam menyampaikan pidatonya. Beberapa di antaranya karena mengabaikan jeda. Mereka ngomong bagaikan dikejar makhluk yang menyeramkan. Berusaha menghabiskan apa yang mau disampaikan cepatcepat, kemudian berhenti tiba-tiba karena kehabisan kata. Jeda, adalah kesempatan berhenti dari sebuah rentetan panjang. Jeda memberi kita istirahat untuk mengatur nafas. Jeda bisa juga memberi kesempatan untuk menata ulang pikiran sebelum melontarkannya. Pidato, ceramah, butuh jeda. Makan, minum, butuh jeda. Bekerja, bermain, butuh jeda. Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini, butuh jeda. Kita tidak bisa ngomong terus-terusan tanpa henti. Pertama melelahkan dan mengacau konsentrasi; kedua membosankan lawan bicara dan mengaburkan makna. Kita juga tidak mungkin menyuap makanan dan menjejalkan ke mulut terus menerus, tanpa memberi kesempatan mulut mengunyah. Pertama melelahkan, menghilangkan kesempatan menikmati rasa, dan jadi mudah tersedak; kedua membuat sekeliling kita muak dan menilai kita orang yang tak tahu sopan santun karena mempertontonkan keserakahan di muka umum. Sama halnya pula kita tidak mungkin bekerja terus menerus. Lihat saja kasus yang menimpa seorang pekerja iklan beberapa bulan yang lalu, meninggal setelah bekerja lembur 3 hari terus menerus... Almarhumah melakukan itu mungkin karena dihadapkan kepada situasi seakan-akan tidak ada lagi hari esok. Benar begitu! Barangsiapa memanfaatkan jeda berarti dia sadar benar bahwa seusai jeda masih ada kesempatan untuk menuntaskan pekerjaan. Jeda menghasilkan ritmik, seperti hujan yang turun dari langit. Titik satu disusul titik lain. Titik-titk air itu tidak menggelontor sekaligus dari atas. Kalau kita berkesempatan merasakan titik-titik hujan, ritmik jeda menjadi sesuatu yang indah. Apalagi jeda juga tidak cuma semacam. Ada jeda satu tarikan nafas, dan ada jeda setengah tarikan nafas. Jeda sendiri ternyata juga berirama. Coba saja resapi ritmik dzikrullah, bisa kita rasakan bagai derap langkah serdadu, bahkan kadang seperti menggedor pintu Surga, tapi pada momen lain bisa kita rasakan selembut gerak daun yang luruh ke tanah, atau bak suara dengung lebah. Pada tingkat rasa apapun, air mata kita bisa jatuh merasakan getar cinta Illahi. Memainkan jeda: panjang-pendek, bahkan sangat panjang, adalah memainkan rasa. Sebuah keterampilan yang nikmat seandainya saja kita punyai. Jeda memberi kita istirahat untuk mengatur nafas, jeda bisa juga memberi kesempatan untuk menata ulang pikiran sebelum melontarkannya. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 36. 36 Mitra Program BANK CIMB NIAGA TBK Program Qurban BANK MANDIRI BANK DANAMON INDONESIA Program Donasi Reward Point HONDA TRADING INDONESIA Beasiswa Juara DAKWATUNA.COM URZ Dakwatuna Peduli INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA Pelatihan Siaga Posyandu WIJAYA KARYA Water Well PERTAMINA GAS Pembangunan Fasilitas umum di Pangkalan Brandan PERTAMINA GAS Pembuatan MCK Air bersih, Perbaikan Langitlangit, dinding dan lantai keramik di wilayah kerja PT Pertamina Gas Merchant BP3 SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ABATA Optimalisasi Dana Zakat PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH Pembayaran ZIS di seluruh fasilitas Perbankan dan EDC Milik PT. Bank bjb PENJAMINAN INFRASTRUKTUR INDONESIA Payroll ZIS Karyawan PT. BANK JABAR BANTEN SYARIAH Ayo Ke Bank Berqurban Di Teller Kami YAYASAN MASJID AT TAUFIQ Pengelolaan Dana ZIS Pelayanan Tabungan Co-Branding Untuk Penyaluran Dana Mustahik BANK CIMB NIAGA TBK PT. BANK BRI SYARIAH Penerimaan Pembayaran ZIS dan Qurban YAYASAN K-LINK PEDULI Pengelolaan Dana Zakat Perusahaan SANESTRI BANGUN JAYA Unit Rumah Zakat KRAKATAU KONSULTAN Pengelolaan ZIS PERTAMINA GAS Desa Binaan dan Program CSR 2013 di Distrik Cimalaya Adhe Purnama (PT. Perusahaan Pelayaran Spectra Tirta) Infaq/Shadaqah PERTAMINA GAS Desa Binaan dan Program CSR 2013 di Distrik Bitung Ayam Penyet Surabaya-dr Mansyur Zakat Profesi Babussalam Travel Beasiswa ceria SMP PERTAMINA MOR REGION III Pelatihan dan pendampingan keoperai Cikusa Patra Mandiri kelurahan Gerem Kota Cilegon Bank Indonesia Beasiswa Juara SD PERTAMINA MOR REGION III Pemberdayaan Masyarakat kelurahan Gerem Kota Cilegon Bazis BTN cab. Kediri PERTAMINA MOR REGION III Pertamina Sehati di Posyandu di Desa Bimbel Tridaya Zakat Profesi BPRS Amanah Sejahtera Infaq/Shadaqah CV Duta Zakat Profesi PERTAMINA MOR REGION III Pengembangan Kewirausahaan Kerupuk Kembang Rose di Desa Belimbing, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang CV Opus Indonesia Muda Beasiswa ceria SD CV. Bumi Advertising Infaq/Shadaqah Kerjasama Penerimaan Pembayaran ZIS dan dana keagamaan secara online YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM Optimalisasi Dana Zakat Yayasan PT. NUSANTARA TURBIN DAN PROPULSI Beasiswa Khusus HARIAN UMUM PIKIRAN RAKYAT Dompet Peduli yatim YAYASAN BAITUL JIHAD KEMANG PRATAMA Kerjasama Pengelolaan Zakat, Infak, dan Shodaqoh RUMAH SAKIT HASANAH GRAHA AFIAH Payroll Zakat Karyawan Dan Dokter CV WIDIA MAULIANA Shopping Charity YAYASAN BINA INSAN ZAKAT Superinfak RUMAH ATHAR Shopping Charity FOOD COURT SUDIRMAN PLAZA sinergi PT. SANESTRI BANGUN JAYA Shopping Charity PT. TRIMEGAH MEDIA PRIMA Beasiswa Ceria DKM AT TAQWA DENSO INDONESIA GRUP Beasiswa Ceria BANK DANAMON INDONESIA Penerimaan Pembayaran dana ZIS dan Quban PT. DIHITAL JAYA SOLUSI Pengumpulan Zakat Melalui Selular dan Aplikasi Multimedia GERBANG SINERGI PRIMA Office Channeling YAYASAN INDONESIA BANGKIT MANDIRI Pengelolaan Dana ZIS PERTAMINA EP ASSET 1 FIELD RANTAU Program Pendampingan dan Pelatihan Kerajinan bordir PT. POS INDONESIA Pengumpulan dana ZIS dan Qurban RUMAH SAKIT AL-ISLAM Pengelolaan Dana Zakat Profesi Dan Infaq Shadaqah di rumah sakit Al-Islam KELOMPOK TANI MANGROVE WONOREJO Program Penanaman dan Perawatan Mangrove PT. HARIFF DAYA TUNGGAL ENGINEERING Pengelolaan Donasi PT Hariff PT. SEMEN INDONESIA One Village One Product PT. SEMEN INDONESIA Siaga Posyandu YAYASAN MASJID SALAHUDDIN DIREKTORAT JENDRAL PAJAK Management-Pengelolaan ZIS Mitra JAKARTA INTERNASIONAL CONTAINER TERMINAL Klinik Sehat JICT KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH OPTIMALISASI PENGUMPULAN DAN PENDAYAGUNAAN ZAKAT UNTUK PEMBERDAYAAN USAHA MIKRO MELALUI KOPERASI JASA KEUANGAN SYARIAH/ KOPERASI BAITUL MAAL WAT-TAMWIL (KJKS/ KBMT) BANK MANDIRI Beasiswa Ceria Donasi Icard UPZ AL KHIDMAH KORPRI BANK DANAMON INDONESIA Payroll Zakat Program Kedai Gizi Balita DKM MASJID AL-FATH Program Superinfaq PEMBANGUNAN JAYA ANCOL YAYASAN BINA INSAN MULIA BATAM Pengelolaan ZIS DKM AL FURQON Pengelolaan Dana Zakat PT. MIZAN GRUP PT. ASTRA HONDA MOTOR Optimalisasi ZIS TOWER BERSAMA GRUP Monik Keliling PT. ASURANSI ADIRA DINAMIKA i-card PERUSAHAAN GAS NEGARA PT. PROCTER & GAMBLE HOME PRODUCTS INDONESIA Pengelolaan Dana Zakat Dewan Komisaris, Direksi dan Karyawan PT. Perusahaan Gas Negara Desa Sehat YAYASAN MAJELIS TA'LIM TELKOMSEL UPZ Pengelola Zakat MTT Telkomsel CPA XPRESS Kartu Diskon BAITUL MAAL KRAKATAU STEEL Program Persiapan Pendirian dan Pelaksanaan SD Juara Cilegon SKYE SAB INDONESIA RZ Magz Februari 2014 Program Layanan E Money Dana Non Cash : Dana Infaq dan Shodaqoh Infaq/Shadaqah CV. Jroh Communications Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP Beasiswa ceria SD CV. Zhafira Zakat Perdagangan Equalitaz Laundry Zakat Profesi Islamic Development Bank (OIC Alliance) Islamic Development Bank (OIC Alliance) Infaq/Shadaqah Beasiswa ceria mahasiswa MITRA IHSAN SEJAHTERA Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP Beasiswa ceria SD PT Abadi Express PT Centro Links Indonesia Zakat Profesi Infaq/Shadaqah Zakat Perdagangan PT FADILLINDO JASA ANTARAN Beasiswa ceria SMP PT INJOYNESIA Zakat Perdagangan PT Khalisha Entreprise Zakat Perdagangan Pendampingan Masyarakat PT PGN SBU II Surabaya EduCare Non Program PT Waru Abadi ICD Non Program PT. INDO COGNITO Pengelolaan Dana ZIS Tabungan Qurban Operasi atau layanan kesehatan secara umum PT PERTAMINA GAS Penerimaan Pembayaran Zakat, infaq dan Shadaqoh DKM ASY SYIFA RS BHINEKA BHAKTI HUSADA PT. BANK MEGA SYARIAH Program Bantuan Bebas P3A PT. Pertamina EP Field Rantau PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk Beasiswa ceria SD pelatihan kewirausahaan Bantuan pembangunan infrastruktur Bantuan Bebas Siaga Sehat EduCare Non Program PT.PERTAMINA EP FIELD JAMBI Beasiswa ceria SMA Beasiswa ceria SMP RS Sufina Azis Insidental Bencana Alam
  • 37. 37 tips goz Ahmad Gozali Independent Financial Planner, Wealth Optimizer, Chairman of Zelts Consulting Asuransi Pendidikan, Perlu Nggak Sih? Setiap kali anak lahir segala macam persiapan tentu dilakukan, termasuk biaya pendidikannya. Yaitu dengan menyiapkan asuransi pendidikan untuk anak. Benarkah langkah yang dilakukan? Pertama, kita harus perjelas apa yang sebetulnya diperlukan oleh anak untuk pendidikannya. Dan yang kedua, perlu diluruskan juga apa itu asuransi pendidikan dan apa saja fitur-fiturnya sehingga tidak menyesal di kemudian hari mengingat membeli asuransi pendidikan adalah kontrak jangka panjang. Yang diperlukan oleh anak bukan asuransi, tapi “dana pendidikan,” maka seharusnya orang tua fokus pada hal ini. Bagaimana menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya kelak. Untuk menyiapkan dananya sendiri bisa disiapkan dalam berbagai alternatif, bisa dengan asuransi, reksadana, emas, properti, dan lain sebagainya. Tapi fokusnya adalah pada kecukupan dan ketersediaan dananya. Sedangkan produknya bisa kita tentukan belakangan. Untuk mengetahui kecukupan dananya, maka yang harus dilakukan adalah menghitung berapa keperluannya. Cara mudah menghitungnya adalah, untuk anak usia 0 tahun (dalam kandungan atau baru lahir), maka biaya pendidikannya untuk level SD adalah 2x dari biaya SD sekarang. Untuk SMP adalah 4x lipat dari biaya SMP sekarang. Untuk SMA adalah 6x biaya SMA sekarang. Dan untuk kuliahnya sebesar 8x dari biaya kuliah sekarang. Silakan lakukan survey kecil-kecilan berapa biaya pendidikan di sekolah favorit Anda, lalu kalikan dengan rumus 2468 di atas. Lalu bawa angka ini ke agen asuransi, bank, manajer investasi dan perencana keuangan, untuk menentukan strategi yang paling tepat untuk menyediakan dananya dengan berbagai alternatif yang ada. Lalu apa itu asuransi pendidikan? Asuransi pendidikan adalah asuransi jiwa plus tabungan dengan return bagi hasil tertentu. Dananya sendiri dikelola secara konservatif sehingga biasanya hasilnya tidak akan terlalu tinggi, sedikit di atas deposito. Karena produk utamanya adalah asuransi, maka ada jaminan jika orangtua yang menyiapkan dana untuk pendidikan anaknya ternyata terlebih dahulu dipanggil Allah sebelum dana untuk anaknya tersedia, maka pihak asuransi memberikan santunan dan meneruskan investasinya sehingga dana pendidikan untuk anak tersebut tetap tersedia di setiap jenjang pendidikan. Selain asuransi pendidikan, terkadang agen asuransi jua menawarkan produk lain yaitu berupa unitlink. Tapi karena untuk tujuan dana pendidikan anak, seringkali disalahartikan sebagai asuransi pendidikan. Padahal konsekuensinya berbeda jauh antara asuransi pendidikan dan unitlink. Jika asuransi pendidikan diinvestasikan secara konservatif, unitlink bisa memilih jenis investasi sampai yang agresif namun besarnya hasil tentu juga diikuti dengan risiko yang sebanding. Unitlink bisa fleksibel dicairkan kapan saja di luar jadwal pendidikan anak, dan faktor biayanya juga lebih mahal. Bagaimana dengan tabungan pendidikan? Karena ini produk bank, maka produk utamaya adalah tabungan yang ditambahkan asuransi di dalamnya sehingga fiturnya mirip dengan asuransi pendidikan. Hasil investasinya juga tidak jauh berbeda dengan asuransi pendidikan, tapi karena ini produk bank maka mendapatkan jaminan LPS. Bedanya lagi, tabungan pendidikan hanya bisa dicairkan sekali saja. Sehingga perlu apply satu produk tabungan pendidikan untuk setiap jenjang pendidikan. Kesimpulannya, yang anak perlukan adalah dana pendidikan. Dan asuransi pendidikan hanya salah satu cara saja untuk menyiapkan dana pendidikan tersebut. Banyak alternatif lain seperti tabungan pendidikan, unitlink, reksadana, emas, properti dan lainnya. Pastikan kita fahami plus dan minusnya untuk menentukan yang terbaik untuk masa depan anak-anak kelak. RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 38. 38 solusi vindhy Vindhy Fitrianti, S.Psi Dosen, Trainer & Praktisi Emotional Freedom Technique Ketika Kakak Cemburu Pada Adik Assalamualaikum Wr. Wb. Teh Vindhy, saya ibu muda yang mempunyai 2 balita. Anak pertama saya berumur 2,5 tahun dan anak kedua baru 2 bulan. Bagaimana membagi perhatiannya yang adil antara anak pertama dan kedua, soalnya kakaknya udah mulai menampakkan kecemburuannya. Hatur nuhun. Rinda, Tasikmalaya Wa’alaikumussalam Wr Wb. Teh Rinda. Memiliki anak lebih dari satu tentunya membawa warna tersendiri dalam sebuah keluarga. Hal pertama yang perlu kita pahami adalah betapa kehadiran seorang adik bisa cukup menyakitkan bagi seorang balita, karena ia harus berbagi ibu dengan saudaranya. Membagi perhatian pada anak-anak bukanlah seperti membagi kue sama persis bagiannya. Hal-hal di bawah ini dapat dilakukan. Poin saat adik masih dalam kandungan dan saat lahir tetap saya bahas dengan harapan dapat menjadi bahan masukan saat Teh Rinda akan memutuskan memiliki anak berikutnya. RZ Magz Februari 2014 Saat adik masih di dalam perut ibu: Jadikan kakak sebagai teman si adik sebelum lahir. Perlihatkan foto atau gambar urutan perkembangan janin di dalam rahim. Ajak si kakak berbicara dengan adik yang ada dalam perut dan merasakan tendangan kecilnya. Kalau dulu Teh Rinda cukup sering mengambil foto perkembangan si kakak, Teh Rinda dapat memperlihatkannya lagi pada kakak tentang bagaimana dulu ketika bayi. Dengan memutar kembali perjalanan perkembangan si kakak saat bayi, diharapkan kakak dapat lebih siap melihat perkembangan tersebut pada adiknya. Saat adik sudah lahir: 1) Biasanya para kerabat dan sahabat menjenguk Teh Rinda setelah melahirkan. Banyak dari mereka yang membawa bingkisan untuk si bayi mungil, namun jarang bahkan tidak pernah mereka membawakan hadiah untuk sang kakak bukan? Nah saat inilah sang kakak perlu dilibatkan. Saat para tamu tertuju perhatiannya pada sang adik, libatkanlah kakak untuk membuka bungkus kado dan mengetes hadiah yang diberikan. Berikan balita pekerjaan dalam keluarga, sebagai asisten/ penolong Mama misalnya. Dan jangan lupa saat suami Teh Rinda menatap adik bayi dan mengatakan, “Lucunya anak papa ini,” segera tambahkan oleh Teh Rinda, “Ya, Pa, sekarang kita punya dua anak
  • 39. 39 yang lucu..” Karena sang kakak biasanya sangat sensitif dengan hal ini. 2) Jika kata-kata kakak ingin jadi dede bayi, dinyatakan oleh anak, berikan kesempatan dengan memberikan penawaran, “Kakak mau jadi adik bayi ?” Berikan susu formula untuk bayi dan biarkan ia merasakannya. Pasti rasanya ia tidak suka. Kalau ia meminta makanan yang lain seperti coklat, biskuit, atau apapun. Katakan padanya bahwa adik bayi tidak makan makanan seperti itu, hanya susu bayi saja. Kalau ia ingin main sepeda, katakan bahwa adik bayi kan belum bisa naik sepeda, hanya bisa berbaring saja. Lama kelamaan sang kakak akan merasa tidak enak kalau jadi bayi. 3) Keinginan untuk membagi waktu sangat adil antara balita dan bayi sebenarnya agak sulit dilakukan. Kenapa? Karena kita sama-sama tahu bahwa bayi masih sangat memerlukan banyak perhatian dan perawatan. Justru Teh Rinda dapat melakukannya bersamaan. Saat sang adik disimpan di ayunan, Teh Rinda memiliki dua tangan bebas untuk bermain bersama kakak. Saat menyusui adik bayi, Teh Rinda bisa melakukannya sembari membacakan buku cerita untuk sang kakak. 4) Bagi waktu dengan ayahnya. Jadi meski kakak merasa kehilangan waktu dengan mamanya, ia masih memiliki waktu istimewa dengan ayahnya. Apakah jalan-jalan untuk makan es krim berdua dengan ayah, atau apa saja, yang penting waktu hanya berdua dengan ayahnya. 5) Awali hari dengan waktu istimewa dengan kakak yang masih balita. Hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja, perhatian dan interaksi yang intensif dengan kakak yang masih balita ini akan meminimalisir perasaan marah sang kakak terhadap adik bayi. 6) Orang tua harus berperan sebagai fasilitator, salah satunya menciptakan kondisi dimana anak-anak bisa mendapatkan pengalaman tentang hubungan persaudaraan yang saling melengkapi. Tugas kita sebagai orang tua bukanlah mengontrol tentang bagaimana mereka berinteraksi, tapi lebih pada membentuknya. Bentuk-bentuk interaksi antar saudara kandung yang dapat kita fasilitasi : Jika jarak usia hanya beberapa tahun, berikan anak yang lebih tua tanggungjawab yag tetap disupervisi oleh orang tua. Hal ini akan menumbuhkan rasa perhatian terhadap adiknya. a. Saudara menjadi penolong. Ketika salah satu anak terluka, kita dapat meminta tolong pada anak yang lebih tua untuk menjadi asisten, misalnya, Dokter Azka, tolong pegang kaki adik sambil mama membalut lukanya atau Dokter Azka, tolong buka plesternya. b. Saudara sebagai guru. Dorong anak yang lebih tua untuk mengajarkan hal yang ia sudah bisa pada adiknya. Misalnya, minta kakak mengajarkan menumpuk balok, bertepuk tangan, dadah, dsb. c. Saudara sebagai mitra. Ketika usia adik sudah agak besar, mereka bisa menjadi mitra dalam mengerjakan sesuatu. Misal, “Azka, bareng sama Arin bereskan tempat bermainnya ya 7) Tetapkan batasan. Bagaimana seorang anak berperilaku terhadap saudaranya merupakan pelajaran pertama mereka dalam bersosialisasi dalam kelompok. 8) Ajarkan empati. Kembangkan kemampuan anak untuk melihat dari sudut pandang orang lain, dan berpikir apa dampak perbuatan mereka terhadap orang lain. 9) Saat adik bayi beranjak besar, biasanya permasalahan yang muncul adalah berebut mainan. Ajarkan anak-anak untuk mengatasi masalahnya sendiri. Caranya, katakan pada mereka, satu menit lagi mama kembali lagi kesini. Kalau kakak sama adik belum belajar berbagi mainan itu dan bermain bersama, mainan itu mama simpan di gudang. 10) Tidak perlu membandingkan kakak dengan adik 11) Hargai dan beri pujian saat mereka akur meski hanya sebentar. Dari beberapa poin di atas, Teh Rinda dapat mengkreasikannya terutama untuk sang kakak. Pada intinya, libatkan saja ia dan pahami reaksinya sebagai reaksi yang normal terjadi karena ia sedang merasa cemas kehilangan perhatian dari ibunya. Mudah-mudahan sedikit pemaparan di atas dapat membantu Teh Rinda dalam membesarkan buah hatinya. Selamat berikhtiar ! RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 40. 40 dr. Hilmi Sulaiman Rathomi Lulus dengan predikat cum laude dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kandidat Magister Kesehatan Masyarakat Universitas Padjadjaran, Healthcare Program dan Project Management di Rumah Zakat resep dokhil Bagaimana Terapi Sinus? Assalamualaikum wr wrb, Dokter umur saya 23 th. Saya menderita sinus, bagaimana perawatannya di rumah dan di tengah aktivitas kerja saya yang padat, Dok? Terima kasih. Isma, Bandung. Waalaikumussalam wr. wb. Ibu Isma yang dirahmati Allah, saya ucapkan terima kasih atas pertanyaannya. Penyakit sinus, atau lebih tepatnya sinusitis, adalah penyakit akibat peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Sinus sendiri merupakan rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tengkorak di sekitar wajah, tepatnya di sekitar hidung dan mata. Dinding rongga sinus terdiri dari sel-sel yang menghasilkan cairan yang disebut mukus. Pada kondisi normal, rongga sinus hanya berisi udara dan bersifat steril (tidak ada bakteri, virus, atau jamur). Namun, pada kondisi saluran penghubung antara rongga sinus dengan rongga hidung tertutup, maka aliran cairan mukus yang dihasilkan oleh sel-sel tadi tersumbat dan mengendap di rongga sinus. Cairan yang mengendap ini merupakan tempat tumbuhnya bakteri, virus, atau jamur RZ Magz Februari 2014 sehingga terjadilah peradangan yang dikenal dengan nama sinusitis. Berdasarkan lama sakitnya, sinusitis dibagi menjadi 2 jenis, yakni sinusitis akut jika sakitnya kurang dari 4 minggu, dan sinusitis kronik jika sakitnya lebih dari 3 bulan. Gangguan pengeluaran cairan di rongga sinus bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab. Yaitu tidak berfungsinya organ yang mengalirkan cairan mukus keluar rongga sinus, atau akibat adanya sumbatan pada saluran rongga sinus. Sumbatan pada saluran rongga sinus sendiri dapat diakibatkan oleh lendir kental yang banyak diproduksi pada saat seseorang menderita alergi atau flu, tulang hidung yang tidak lurus, atau terdapat benjolan, baik berupa polip hidung atau tumor yang menghalangi saluran rongga sinus. Pasien yang menderita sinusitis biasanya mengeluhkan gejala nyeri kepala disekitar wajah/mata, nafas berbau, batuk yang biasanya lebih berat pada malam hari, demam, dan hidung tersumbat. Nyeri kepala pada beberapa pasien seringkali dirasakan lebih berat pada saat posisi kepala lebih rendah dari badan (seperti ketika rukuk atau sujud pada saat sholat). Selain itu, pasien juga bisa mengeluhkan gejala lain yang berhubungan dengan faktor risiko sinusitis, yakni gejala-gejala alergi seperti gatal pada mata dan bersin-bersin.
  • 41. 41 Berdasarkan keluhan yang dialami oleh pasien dan pemeriksaan fisik terutama pada daerah sekitar wajah, dokter biasanya sudah bisa mendiagnosis apakah seseorang terkena sinusitis atau tidak. Terkadang, dibutuhkan pemeriksaan penunjang untuk memastikan diagnosis dan mendeteksi adanya komplikasi dengan pemeriksaan rontgen kepala atau rinoskopi yang dilakukan oleh dokter spesialis THT. Obat yang biasa diberikan untuk mengatasi sinusitis adalah penghilang rasa nyeri dan mengencerkan lendir/ cairan mukus. Selain itu, pada kondisi tertentu, terutama jika dicurigai sinusitis yang terjadi disebabkan oleh bakteri, maka pasien juga disarankan untuk mengkonsumsi antibiotik. Obat-obatan ini biasanya diberikan selama 10-14 hari untuk sinusitis akut, atau 3-4 minggu untuk sinusitis kronik. Pada kondisi yang Ibu alami, terapi yang bisa dilakukan secara mandiri untuk mengatasi sinusitis ditujukan untuk mengurangi sumbatan aliran cairan rongga sinus dan mengurangi rasa nyeri. Beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya: 1. Meletakkan kain yang hangat dan lembab di wajah beberapa kali sehari 2. Minum banyak cairan untuk membantu mengencerkan cairan mukus di sinus 3. Menghirup uap 2-4 kali per hari, yang bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti sambil berendam air hangat atau menghirup dari gelas/baskom berisi air panas 4. Menggunakan tetes hidung yang berisi cairan garam fisiologis beberapa kali dalam sehari 5. Menggunakan pelembab ruangan 6. Menghindari menggunakan semprotan hidung yang biasa digunakan untuk meredakan flu, karena dalam jangka panjang justru memperburuk keluhan hidung tersumbat 7. Mengurangi aktivitas ketika keluhan hidung tersumbat muncul 8. Menghindari suhu yang ekstrim, perubahan suhu yang mendadak, atau kondisi membungkuk ke depan dengan posisi kepala lebih rendah, dan 9. Mengkonsumsi obat antinyeri yang dijual bebas seperti parasetamol atau ibuprofen Selain itu, cara terbaik untuk mencegah kekambuhan sinusitis adalah dengan cara menghindari terkena flu dan menghindari faktor risiko timbulnya penyakit ini. Beberapa hal yang sebaiknya dikerjakan adalah: 1. Mengkonsumsi banyak sayur dan buah, karena jenis makanan ini mengandung banyak antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 2. Mengelola stress dengan lebih baik 3. Menerapkan kebiasaan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah berinteraksi dengan orang yang diketahui terkena flu 4. Menghindari rokok dan polusi udara lain 5. Mengobati alergi yang muncul sesegera mungkin Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat menjawab keingintahuan Ibu tentang penyakit sinusitis yang Ibu miliki. Dengan melakukan saran-saran di atas, mudah-mudahan Ibu bisa tetap mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan nyaman. Wassalamualaikum wr. wb. Bakteri jamur Cara terbaik untuk mencegah kekambuhan sinusitis adalah dengan cara menghindari terkena flu dan menghindari faktor risiko timbulnya penyakit ini RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 42. 42 tanya ustad didit Kardita Kintabuwana, Lc, MA, Dewan Pengawas Syariah Rumah Zakat lulusan Jami’ah Al Islamiyah Madinah (Lc.) dan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia (MA) sedang menyelesaikan S3 di UIN Jakarta Zakat Warisan Assalamualaikum Ustadz, Apakah ada zakat warisan? Bagaimana cara menghitungnya mengingat warisan itu hartanya berbedabeda dari tanah, uang, atau juga mobil. Besarannya seberapa? Terima kasih, Adly Madiun Sobat Adly yang dirahmati Allah SWT, menurut ulama fikih, harta warisan tidak termasuk obyek zakat. Hal itu disebabkan dalam hadist-hadist Rasulullah SAW ataupun keterangan para sahabat tidak ditemukan dalil-dalil kewajiban zakat pada harta warisan. Demikian pula, dalam banyak kesempatan di masa Rasulullah SAW, terutama dalam masalah pembagian harta waris, kita tidak pernah membaca riwayat yang menyebutkan ada kewajiban bagi para penerima harta warisan untuk segera membayarkan zakatnya. Untuk itu, tidak ada yang disebut dengan zakat warisan. Namun sebagai wujud kesyukuran, anda bisa berinfak atau bersedekah ketika mendapatkan harta warisan tersebut. Silakan keluarkan dari harta warisan itu sesuai kadar keikhlasan anda karena memang tidak ada batasan atau prosentasenya. RZ Magz Februari 2014 Akan tetapi, setelah harta warisan tersebut dimiliki penuh oleh ahli waris, maka harta itu bisa dikenai zakat apabila telah memenuhi ketentuan zakat mal, seperti nisab (batas minimal harta) dan haul (waktu kepemilikan telah berjalan satu tahun), dan biasanya dikeluarkan bersama harta lain yang kita miliki yang sudah memenuhi persyaratan harta wajib zakat. Menurut Komite Tetap Riset Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi zakat pada harta warisan wajib dikeluarkan setelah genap setahun dari kematian si mayit. Hak kepemilikan harta warisan berpindah dari mayit ke ahli waris sejak tanggal kematiannya. Harta tersebut wajib dikeluarkan zakatnya jika bagian ahli waris berupa uang atau perhiasan emas dan perak telah mencapai nisab. Untuk jenis harta warisan lainnya tidak dikenakan kewajiban zakat kecuali jika ahli warisnya menyiapkannya untuk berdagang; sehingga haulnya dihitung sejak disiapkan untuk berdagang. Untuk harta warisan berupa properti, tidak dikenakan zakat jika bukan untuk diperdagangkan. Jika properti tersebut disewakan maka hasil penyewaannya dikenakan zakat, tatkala telah mencapai nisab -baik secara terpisah atau digabungkan dengan uang dan barang dagangan yang lain miliknya- dan telah melewati haul. Sedangkan
  • 43. 43 untuk harta warisan berupa unta, kambing dan sapi, jika diperdagangkan maka dikenakan zakat barang-barang dagangan. Namun jika tidak diperdagangkan, maka tidak dikenakan zakat (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah 9/305-306 no. fatwa:12367). Perlu dipahami Sobat Adly bahwa harta warisan yang ditinggalkan oleh pewaris apabila sebelum wafatnya belum dikeluarkan zakatnya maka kewajiban ahli waris untuk mengeluarkan zakat hartanya terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada seluruh ahli waris. ntuk mempermudah U pemahaman saya berikan contoh yang sederhana. Misalnya Pak Amir mendapatkan harta warisan dari orang tuanya yang baru saja wafat sebidang tanah. Lalu tanah tersebut dijual oleh pak Amir. Uang hasil penjualan tanah tersebut setelah berjalan selama satu tahun (haul) dikeluarkan zakatnya bersama harta-harta lain yang pak Amir miliki. Misalnya, harta lain yang beliau miliki dari pendapatan lainnya yang halal sebesar 40 juta rupiah selama satu tahun. Kemudian, dikurangi biaya hidup pokok, membayar hutang, dan kewajiban lain yang mesti dikeluarkan, seperti pajak, retribusi, dan denda, yakni sebesar 10 juta rupiah. Maka, nilai bersih uang Bapak tinggal sebesar 30 juta rupiah. Nah, dari 30 juta rupiah itu ditambahkan dengan hasil penjualan tanah tersebut -misalnya, hasil penjualan tanah sebesar 15 juta rupiah- sehingga seluruhnya menjadi 45 juta rupiah. Kemudian, dikeluarkan zakatnya sebesar 2.5%. Sehingga zakat yang dikeluarkan sebesar Rp. 1.125.000,-. Harta warisan yang ditinggalkan oleh pewaris apabila sebelum wafatnya belum dikeluarkan zakatnya maka kewajiban ahli waris untuk mengeluarkan zakat hartanya terlebih dahulu sebelum dibagikan kepada seluruh ahli waris. Mudah-mudahan penjelasan tadi bisa bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawwab. Untuk Konsultasi langsung, Ustadz Kardita dapat ditemui di Rumah Zakat cabang Bandung, Jl. Turangga No. 33 RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 44. bidik Foto: @rezawidiatmo
  • 45. Sejumlah mahasiswa SAR (Search And Rescue) Unpad sedang melakukan latihan penyelamatan korban di ketinggian (vertical rescue) di tebing Citatah 125, Kab. Bandung Barat.
  • 46. bincang 46 Nenk Zee Syiar Islam Melalui Nyanyian Nenk Zee, panggilan akrab Ulfah Nurfauziah merupakan salah satu personel Fatima Voice. Grup nasyid perempuan yang didirikan oleh Alm. Uje tahun 2009. Nenk Zee juga merupakan salah satu finalis ajang pemilihan dai di salah satu stasiun TV swasta. Tidak perlu panjang lebar, mari kita simak hasil bincangbincang tim RZ Magz dengan Nenk Zee. RZ Magz Februari 2014
  • 47. 47 Lagi sibuk apa nih, Nenk Zee? Alhamdulillah saya baru menikah jadi masih belajar menjadi istri. Saya juga masih kuliah S2 Jurusan Komunikasi Politik, sambil ngajar S1 kelas karyawan di Rawamangun Jurusan Media Pendidikan. Mahasiswa yang saya ajar ini mayoritas guru agama, tapi belum memperoleh gelar sarjana. Saya juga tergabung di Fatima Voice. Ramadhan tahun lalu saya ikut ajang pemilihan dai di salah satu stasiun TV swasta dan follow up ajang tersebut masih saya jalani sampai sekarang. Saat ini saya tinggal sama suami di Tuban, Jawa Timur, jadi saya sering pulang-pergi Tuban-Jakarta. Setelah ikut ajang pemilihan dai tersebut, Nenk Zee masih sering memberikan ceramah gak? Masih sering, baik on air maupun off air. Kalau off air saya lebih sering di daerahdaerah, seperti sebelumnya saya ngisi tabligh akbar di Soreang, Kab. Bandung. Sebelum ikut ajang pemilihan dai itu saya sudah sering ngisi di pengajian-pengajian dan lebih terkenal sebagai daiyah muda. Bagaimana pandangan Nenk Zee tentang berbagi? Kalau Allah memberikan kelebihan, baik harta, ilmu, atau apa pun, wajib hukumnya berbagi dengan orang lain. Itulah mengapa seorang penceramah harusnya kaya. Karena kalau sudah kaya, penceramah tersebut tidak perlu dibayar. Seperti Rasulullah, saat beliau berdakwah, beliau tidak perlu dibayar, malah memberikan yang dimilikinya. Tapi kalau penceramah saat ini dibayar, saya rasa itu wajar yang penting tidak memberatkan kedua belah pihak. Saya dan Fatima Voice pun berbagi dalam bentuk menyanyi. Menyanyi itu berbagi kesenangan selain memang itu salah satu bentuk syiar. Dengan berbagi pun insya Allah, Allah akan ngasih lagi. Sekarang ini kan semakin banyak yang memakai kerudung. Menurut Nenk Zee bagaimana hal tersebut? Menurut saya itu sangat bagus, meskipun ada yang auratnya belum tertutup dengan sempurna. Buat saya itu tidak masalah. Minimal mereka punya keinginan untuk menutup aurat, itu sudah bagus. Perubahannya bisa pelan-pelan. Kita juga jangan menghakimi orang yang berkerudung gaul itu imannya jelek. Malah seharusnya kita menyokongnya. Karena yang tahu baik buruknya iman dan niat seseorang hanya Allah. Seharusnya yang pakai kerudung syar’i dan gaul itu berteman agar pelan-pelan yang berkerudung gaul tahu cara berkerudung syar’i. Karena proses setiap orang berbeda. Siapa tokoh idola Nenk Zie? Alm. Uje. Saya mengidolakan almarhum sejak SMA dan saat saya kenal dengan almarhum, saya sangat tidak menyangka. Uje orangnya sangat rendah hati. Almarhum pandai menempatkan diri, sehingga almarhum dapat diterima di berbagai kalangan, baik kalangan atas maupun bawah. Orangnya baik banget dan supel. Teman saya yang non muslim pun mengidolakannya. “Kalau Allah memberikan kelebihan, baik harta, ilmu, atau apa pun, wajib hukumnya berbagi dengan orang lain.” RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 48. 48 trieha’s ideas Muhammad Trieha Ideaspreneur, @trieha Chief Creative Officer Global Garda Media CEO InspiraTV Menunggu tulisan pa tri ak t RZ Magz Februari 2014
  • 49. 49 RZ Magz Rabiul Akhir 1435 H
  • 50. 50 Tujuan Pendidikan Islam 1. Ringkasan “Tujuan Pedidikan dalam Islam,” oleh Adnin Armas #intwit 13. “Gelar” dianggap sebagai tujuan utama, harus segera dan secepatnya diraih supaya modal yang selama ini dikeluarkan akan menuai keuntungan. #intwit 2. Islam sangat mementingkan pedidikan. #intwit 3. Dengan pendidikan yang benar dan berkualitas, individu-individu yang beradab akan terbentuk dan akhirnya memunculkan kehidupan sosial yang bermoral. #intwit #hashtag 4. Sayangnya, sekalipun institusi pendidikan saat ini memiliki kualitas dan fasilitas, #intwit 5. Namun institusi-institusi tersebut masih belum memproduksi individu-individu yang beradab.#intwit 6. Visidanmisi pendidikan yang mengarah kepada t’bentuknya manusia yang beradab, terabaikan dalam tujuan institusi pendidikan. #intwit 7. Penekanan kepada pentingnya anak didik supaya hidup dengan nilai-nilai kebaikan, spiritual dan moralitas seperti terlupakan. #intwit 14. Sistem pendidikan seperti ini sekalipun akan memproduksi anak didik yang memiliki status pendidikan tinggi, #intwit 15. Namun status tersebut tidak akan menjadikan mereka individu beradab. #intwit 16. Pendidikan yang bertujuan pragmatis dan ekonomis sebenarnya merupakan pengaruh dari paradigma pendidikan Barat yang sekular. #intwit 17. Dalam budaya Barat sekular,tingginya pendidikan seseorang tidak berkorespondensi dengan kebaikan dan kebahagiaan individu yang bersangkutan. #intwit 18. Dampak dari hegemoni pendidikan Barat terhadap kaum Muslimin adalah banyaknya kaum Muslim berpendidikan tinggi, #intwit 19. Namun dalam kehidupan nyata, mereka belum menjadi Muslim yang baik dan berbahagia. #intwit 8. Bahkan kondisi sebaliknya yang terjadi. #intwit 9. Persolan lain,banyak institusi pendidikan telah berubah menjadi industri bisnis, yang memiliki visidan misi pragmatis. #intwit 10. Pendidikan diarahkan untuk melahirkan individu-individu pragmatis. #intwit 11. Yang bekerja untuk meraih kesuksesan materi dan profesi sosial yang akan memakmuran diri, perusahaan dan negara. #intwit 12. Pendidikan dipandang secara ekonomis dan dianggap sebagai sebuah investasi. #intwit RZ Magz Februari 2014 20. Masih ada kesenjangan antara tingginya gelar pendidikan dengan rendahnya akhlak kehidupan Muslim. #intwit 21. Ini terjadi disebabkan visi dan misi pendidikan yang pragmatis. #intwit 22. Sebenarnya Islam memiliki tujuan yang lebih komprehensif dan integratif #intwit 23. Tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah mencari ridha Allah swt. #intwit 24. Dengan pendidikan,diharapkan akan lahir individu yang baik, bermoral, berkualitas #intwit
  • 51. 51 25. Bermanfaat untk diri, keluarga, masyarakat, negara dan ummat manusia secara keseluruhan. #intwit 26. Disebabkan manusia merupakan fokus utama pendidikan, seyogyanyalah institusi-institusi pendidikan memfokuskan kepada substansi kemanusiaan. #intwit 27. Membuat sistem yang mendukung kepada terbentuknya manusia yang baik. #intwit 39. Realitas dan kebenaran didasarkan kepada dunia yang nampak dan tidak nampak; mencakup dunia dan akhirat, #intwit 40. Aspek dunia harus dikaitkan dengan aspek akhirat,dan aspek akhirat memiliki signifikansi yang terakhir dan final. #intwit 41. Institusi pendidikan Islam perlu mengisolir pandangan hidup sekular yang ada dalam setiap disiplin ilmu pengetahuan modern saat ini, #intwit 28. Dalam pandangan Islam, manusia bukan saja terdiri dari komponen fisik dan materi, namun terdiri juga dari spiritual dan jiwa. #intwit 42. Lalu memasukkan unsur-unsur Islam setiap bidang dari ilmu pengetahuan saat ini yang relevant. #intwit 29. Oleh sebab itu, sebuah institusi pendidikan bukan saja memproduksi anak didik yang akan memiliki kemakmuran materi, #intwit 43. Dengan perubahan-perubahan kurikulum, lingkungan belajar yang agamis, kemantapan visi, misi dan tujuan pendidikan dalam Islam, #intwit 30. Yang lebih penting adalah melahirkan individuindividu yang memiliki diri yang baik sehingga mereka akn menjadi manusia yang bermanfaat bagi ummat. #intwit 44. Institusi pendidikan Islam akan membebaskan manusia dari kehidupan sekular menuju kehidupan yang berlandaskan kepada ajaran Islam. #intwit 31. Manusia yang mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. #intwit 32. Institusi pendidikan perlu mengarahkan anak didik supaya mendisiplinkan akal dan jiwanya, #intwit 33. Memiliki akal yang pintar, sifat dan jiwa yang baik. #intwit 34. Memiliki pengetahuan yang luas, yang akan menjaganya dari kesalahan-kesalahan, serta memiliki hikmah dan keadilan. #intwit 35. Karena itu,ilmu pngetahuan yang diajarkan dalam institusi pendidikan seyogyanya dibangun di atas Wahyu yang membimbing kehidupan manusia. #intwit 36. Kurikulum yang ada perlu mencerminkan kesatuan ilmu dan amal, fikr dan zikr, akal dan hati. #intwit 37. Pandangan hidup Islam perlu menjadi paradigma anak didik dalam memandang kehidupan. #intwit 38. Dalam Islam, realitas dan kebenaran bukanlah sematamata pikiran tentang alam fisik dan keterlibatan manusia di dalamnya. #intwit 45. Institusi-institusi pendidikan sepatutnya melahirkan individu-individu yang baik, memiliki budi pekerti, nilai-nilai luhur dan mulia, #intwit 46. Yang dengan ikhlas menyadari tanggungjawabnya terhadap Tuhannya, #intwit 47. Serta memahami dan melaksanakan kewajibankewajibannya kepada diri dan masyarakatnya, #intwit 48. Dan berupaya terus-menerus untk mengembangkan setiap aspek dari dirinya menuju kemajuan sebagai manusia yang beradab. #intwit @INSISTS
  • 52. terima kasih 52 Field Rantau Medan RZ Magz Februari 2014

×