Your SlideShare is downloading. ×

Modul 6 preview aplikasi pada device

892

Published on

Modul dari workshop Intel XDK versi 1.0 September 2013. Modul ini digunakan pada pelatihan Intel XDK Kemendikbud di Solo.

Modul dari workshop Intel XDK versi 1.0 September 2013. Modul ini digunakan pada pelatihan Intel XDK Kemendikbud di Solo.

0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
892
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
217
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. 1 Pelatihan Intel XDK Modul 6 – Preview Aplikasi pada Device Dikembangkan oleh Intel Software.
  • 2. 2 Versi 1.0. September 2013. Hak Cipta (C) 2013 Intel Software.. Adobe, Adobe Edge, dan Adobe Edge Animate merupakan merk dagang dan merk dagang terdaftar milik Adobe, Inc. Android, Chrome, dan Google adalah merk dagang dan merk dagang terdaftar milik Google, Inc. Intel, Intel XDK merupakan merk dagang dan merk dagang terdaftar milik Intel Corporation. iOS dan OS X adalah merk dagang dan merk dagang terdaftar milik Apple, Inc. Windows, Windows Phone, Windows Store adalah merk dagang dan merk dagang terdaftar milik Microsoft Corporation. Semua merk dagang terdaftar lainnya yang tercantum pada modul ini merupakan milik pemiliknya masing-masing yang peduli. Modul ini bebas untuk disebarluaskan secara hardcopy ataupun softcopy dengan tanpa menambah atau mengurangi isi dari modul ini termasuk isi halaman ini. Modul ini tidak boleh diperjual belikan atau digunakan untuk tujuan komersial lain.
  • 3. 3 Modul 6 – Preview Aplikasi pada Device.
  • 4. 4 Pengantar Pada saat ini kita telah berhasil mengenal Intel XDK Development Tools dan mencoba fitur- fitur hebatnya untuk membuat aplikasi multiplatform. Nah, kali ini, pada modul ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang mengetes aplikasi yang telah kita kembangkan pada device mobile. Untuk bisa mengikuti modul ini tentunya diperlukan sebuah device mobile sebagai tempat kita mengetes aplikasi buatan kita. Sampai saat ini, untuk pengetesan, platform yang didukung oleh Intel XDK adalah platform iOS dan Android. Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah membuka sebuah proyek di Intel XDK. Langkah 1: Klik tombol Test Pada menu pengembangan aplikasi yang ada di bagian atas layar, klik Test. Gambar 1 Tombol Test Maka kita akan disuguhkan layar seperti berikut: Gambar 2 Layar awal Test
  • 5. 5 Kita diminta untuk melakukan sinkronisasi dengan server testing untuk dapat melanjutkan melakukan testing. Klik Sync dan silakan tunggu proses sinkronisasi yang akan berjalan. Setelah selesai, maka akan disuguhkan tampilan seperti berikut ini: Gambar 3 Tampilan Testing di Device Jika terdapat perubahan pada aplikasi kita, maka kita perlu melakukan Push Files kembali ke server testing dengan mengklik tombol Push Files. Gambar 4 Tombol Push Files Selanjutnya ketika sudah dipastikan semua file sudah disinkronisasi, maka kita dapat mengetes aplikasi kita pada device. Langkah 2: Mengetes Aplikasi pada Device Pada device yang akan digunakan untuk testing, silakan unduh aplikasi App Lab di App Store pada device iOS dan Google Play pada device Android.
  • 6. 6 Setelah diunduh silakan buka aplikasi yang telah kita buat dan telah disinkronisasi ke server dengan cara seperti berikut: 1. Alternatif cara 1: Pindai QR Code yang telah tersedia di tampilan Intel XDK menggunakan device Anda untuk membuka aplikasi App Lab dan menjalankan aplikasi yang telah kita buat. 2. Alternatif cara 2: Buka aplikasi App Lab di device, lalu pilih My Apps pada aplikasi App Lab tersebut. Setelah itu silakan pilih aplikasi yang akan Anda jalankan dan tekan tombol Launch. MY APPS

×