0
Mekanisme Persalinan
Normal
Rosyida Khusna

15 Januari 2014

DIII Kebidanan / 1B
STIKES MUHAMMADIYAH KUDUS
Definisi dan Tujuan
Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologi.
Ketika persalinan dimulai, peranan ibu adalah u...
Mekanisme persalinan normal adalah rentetan
gerakan pasif janin pada saat persalinan berupa
penyesuaian
bagian
terendah
(k...
3 faktor yang memegang peranan
penting pada persalinan

Kekuatan ibu, seperti saat
mengedan
 Keadaan jalan lahir
 janin....
Persalinan dibagi dalam 4 kala, yaitu :
 Kala I

dimulai dari saat persalinan mulai sampai
pembukaan lengkap (10 cm).
 K...
1. Penurunan
kepala(Engage
ment)
2. Fleksi.
3. Rotasi dalam
(putaran paksi
dalam)
4. Ekstensi.
5. Ekspulsi.
6. Rotasi luar...
Dalam kenyataannya beberapa gerakan terjadi
bersamaan, akan tetapi untuk lebih jelasnya akan
dibicarakan gerakan itu satu ...
2.Fleksi
Pada pergerakan ini dagu dibawa lebih dekat ke arah dada
janin sehingga ubun-ubun kecil lebih rendah dari ubun-ub...
4. Ekstensi
Sesudah kepala janin sampai di dasar panggul dan ubun-ubun
kecil berada di bawah simpisis, maka terjadilah eks...
6. Ekspulsi (lahir sempurna)

Setelah putaran paksi luar, bahu depan sampai
di bawah simpisis dan menjadi hipomochlion unt...
IBU
Maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian
materi dan salah penulisan.
Persalinan Normal oleh Rosyida Khusna
Persalinan Normal oleh Rosyida Khusna
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Persalinan Normal oleh Rosyida Khusna

801

Published on

Published in: Health & Medicine
0 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

No Downloads
Views
Total Views
801
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
28
Comments
0
Likes
2
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Transcript of "Persalinan Normal oleh Rosyida Khusna"

  1. 1. Mekanisme Persalinan Normal Rosyida Khusna 15 Januari 2014 DIII Kebidanan / 1B STIKES MUHAMMADIYAH KUDUS
  2. 2. Definisi dan Tujuan Persalinan dan kelahiran merupakan kejadian fisiologi. Ketika persalinan dimulai, peranan ibu adalah untuk melahirankan bayinya. Peranan petugas kesehatan adalah memantau persalinan untuk mendeteksi dini adanya komplikasi, disamping itu bersama keluarga memberikan bantuan dan dukungan pada ibu bersalin. Persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks, dan janin turun ke dalam jalan lahir. Kelahiran adalah proses dimana janin dan ketuban didorong keluar melalui jalan lahir. Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37-42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin.
  3. 3. Mekanisme persalinan normal adalah rentetan gerakan pasif janin pada saat persalinan berupa penyesuaian bagian terendah (kepala) janin terhadap jalan lahir atau panggul pada saat melewati jalan lahir. 96% janin dalam uterus berada dalam presentasi kepala dengan ubun-ubun kecil kiri depan sebanyak 58%, kanan depan 23%, kanan belakang 11% dan kiri belakang 8%.
  4. 4. 3 faktor yang memegang peranan penting pada persalinan Kekuatan ibu, seperti saat mengedan  Keadaan jalan lahir  janin. 
  5. 5. Persalinan dibagi dalam 4 kala, yaitu :  Kala I dimulai dari saat persalinan mulai sampai pembukaan lengkap (10 cm).  Kala II dimulai dari pembukaan lengkap (10 cm) sampai bayi lahir.  Kala III dimulai segera setelah bayi lahir sampai lahirnya plasenta, yang berlangsung tidak lebih dari 30 menit.  Kala IV dimulai dari saat lahirnya plasenta sampai 2jam pertama postpartum.
  6. 6. 1. Penurunan kepala(Engage ment) 2. Fleksi. 3. Rotasi dalam (putaran paksi dalam) 4. Ekstensi. 5. Ekspulsi. 6. Rotasi luar ( putaran paksi luar)
  7. 7. Dalam kenyataannya beberapa gerakan terjadi bersamaan, akan tetapi untuk lebih jelasnya akan dibicarakan gerakan itu satu persatu. 1. Penurunan Kepala ke PAP Masuknya kepala ke dalam PAP, biasanya dengan sutura sagitalis melintang dan dengan fleksi yang ringan. Masuknya kepala melewati pintu atas panggul (PAP), dapat dalam keadaan asinklitismus yaitu bila sutura sagitalis terdapat di tengah-tengah jalan lahir tepat di antara simpisis dan promontorium.
  8. 8. 2.Fleksi Pada pergerakan ini dagu dibawa lebih dekat ke arah dada janin sehingga ubun-ubun kecil lebih rendah dari ubun-ubun besar hal ini disebabkan karena adanya tahanan dari dinding seviks, dinding pelvis dan lantai pelvis. Dengan adanya fleksi, diameter suboccipito bregmatika (9,5 cm) menggantikan diameter suboccipito frontalis (11 cm). sampai di dasar panggul, biasanya kepala janin berada dalam keadaan fleksi maksimal. 3. Rotasi Dalam (Putaran Paksi Dalam) Putaran paksi dalam adalah pemutaran dari bagian depan sedemikian rupa sehingga bagian terendah dari bagian depan janin memutar ke depan ke bawah simpisis. Rotasi dalam penting untuk menyelesaikan persalinan, karena rotasi dalam merupakan suatu usaha untuk menyesuaikan posisi kepala dengan bentuk jalan lahir khususnya bidang tengah dan pintu bawah panggul.
  9. 9. 4. Ekstensi Sesudah kepala janin sampai di dasar panggul dan ubun-ubun kecil berada di bawah simpisis, maka terjadilah ekstensi dari kepala janin. Hal ini di sebabkan karena sumbu jalan lahir pada pintu bawah panggul mengarah ke depan dan ke atas sehingga kepala harus mengadakan fleksi untuk melewatinya. Kalau kepala yang fleksi penuh pada waktu mencapai dasar panggul tidak melakukan ekstensi maka kepala akan tertekan pada perineum dan dapat menembusnya. 5. Rotasi Luar (Putaran Paksi Luar) Kepala yang sudah lahir selanjutnya mengalami restitusi yaitu kepala bayi memutar kembali ke arah punggung anak untuk menghilangkan torsi pada leher yang terjadi karena putaran paksi dalam. Bahu melintasi pintu dalam keadaan miring.
  10. 10. 6. Ekspulsi (lahir sempurna) Setelah putaran paksi luar, bahu depan sampai di bawah simpisis dan menjadi hipomochlion untuk kelahiran bahu belakang. Setelah kedua bahu bayi lahir , selanjutnya seluruh badan bayi dilahirkan searah dengan sumbu jalan lahir. Dengan kontraksi yang efektif, fleksi kepala yang adekuat, dan janin dengan ukuran yang ratarata, sebagian besar oksiput yang posisinya posterior berputar cepat segera setelah mencapai dasar panggul, dan persalinan tidak begitu bertambah panjang.
  11. 11. IBU
  12. 12. Maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian materi dan salah penulisan.
  1. A particular slide catching your eye?

    Clipping is a handy way to collect important slides you want to go back to later.

×