• Share
  • Email
  • Embed
  • Like
  • Save
  • Private Content
Pengamatan pertumbuhan biji kacang hijau
 

Pengamatan pertumbuhan biji kacang hijau

on

  • 34,713 views

pertumbuhan kacang hijau

pertumbuhan kacang hijau

Statistics

Views

Total Views
34,713
Views on SlideShare
34,713
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
200
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft Word

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

    Pengamatan pertumbuhan biji kacang hijau Pengamatan pertumbuhan biji kacang hijau Document Transcript

    • Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang HijauA.Tujuan PenelitianTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pertumbuhan dari tanaman kacang hijau danfaktor-faktor apa yang mempengaruhinya.B.Manfaat PenelitianDapat mengetahui laju pertumbuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhannya.C.Tempat dan Waktu PenelitianDilakukan di rumah peneliti selama 7 hari dimulai dari tanggal 22 Juli 2009 sampai dengan 28Juli 2009.D.Alat dan bahanAlat :*Penggaris*Pulpen*KertasBahan :*4 Wadah*Kapas*Biji Kacang hijauE. Cara KerjaTanamlah biji kacang hijau sebanyak 20 biji tanaman. 10 biji tanaman di tanam di tempat yangterkena cahaya (di rak tanaman), kemudian 10 biji lagi di tempat yang gelap (dibawah tempattidur) dengan masing-masing tempat diberi perlakuan, 5 biji pada wadah media kapas basah danyang 5 biji lagi pada wadah media kapas terendam air. Kemudian catatlah pertumbuhannyamenggunakan penggaris (satuan cm) menggunakan pulpen pada kertas pengamatan.F. Hasil Pengamatan1) Tanaman yang ditanam pada tempat gelap memiliki pertumbuhan lebih cepat daripada yangditanam di tempat terang.2) Tanaman di tempat terang lebih hijau daunnya dan batangnya lebih besar sedangkan ditempatgelap daunnya menguning dan batangnya kecil atau kurus.3) Tanaman yang ditanam ditempat basah pertumbuhan antar biji merata sedangkan yangtergenang air tidak merata.
    • Hasil pengamatan dapat dilihat pada “Tabel Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang Hijau”.Tabel Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang HijauG. KesimpulanPerbedaan keadaan di masing-masing tempat di pengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.Faktor internal yang sangat berpengaruh dalam pengamatan ini yaitu antara lain :GEN adalah "substansi hereditas" yang terletak di dalam kromosom.Gen bersifat antara lain :- Sebagai materi tersendiri yang terdapat dalam kromosom.- Mengandung informasi genetika.- Dapat menduplikasikan diri pada peristiwa pembelahan sel.Pengaruh Gen dalam perkecambahan yaitu perbedaan dalam laju pertumbuhan masing-masingbiji kacang hijau.Hormon : senyawa organik yang dibuat pada suatu bagian yang dengan konsentrasi rendahmenyebabkan suatu dampak fisiologis.Hormon yang mempengaruhi antara lain :Auksin : adalah senyawa asam indol asetat (IAA) yang dihasilkan di ujung meristem apikal(ujung akar dan batang). Berfungsi mengatur pembesaran sel dan pemanjangan sel di daerahbelakang meristem ujung.Pengaruhnya yaitu bagian batang yang terkena cahaya memiliki auksin yang lebih sedikit karenaauksin mengalami kerusakan jika terkena cahaya sedangkan bagian batang yang tidak terkenacahaya mempunyai lebih banyak auksin sehingga tumbuh lebih panjang daripada batang yangterkena cahaya. Auksin juga menyebabkan perpanjangan sel batang dan menghambatperpanjangan sel akar.
    • Faktor Eksternal antara lain :AirAir berpengaruh dalam pertumbuhan kecambah, yaitu air berfungsi sebagai pelarut reaksi dalamtubuh tumbuhan dan sebagai medium reaksi enzimatis. Apabila kekurangan air, maka terjadipeningkatan asam absisat yang menghambat pertumbuhan dan menurunkan produksi hormonauksin pada tanaman. Sehingga sulit bertambah pertumbuhannya.CahayaBerpengaruh terhadap fotosintesi kecambah, dan merangsang pembentukan klorofil sehinggatanaman dapat menghasilkan mekanan sendiri. Hal ini menyebabkan tanaman yang ditempatterang berwarna hijau daunnya sedangkan ditempat gelap batangnya kurus, daunnya pucat dantidak berkembang dengan baik.