Unsur Non Logam [kelompok4]
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Unsur Non Logam [kelompok4]

on

  • 10,418 views

Ini adalah tugas tengah semester semasa di SMA kelas tiga.

Ini adalah tugas tengah semester semasa di SMA kelas tiga.

Statistics

Views

Total Views
10,418
Views on SlideShare
10,364
Embed Views
54

Actions

Likes
9
Downloads
34
Comments
7

2 Embeds 54

http://saungobby.blogspot.com 53
http://www.blogger.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel

15 of 7 Post a comment

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment
  • saungobby.blogspot.com

Unsur Non Logam [kelompok4] Unsur Non Logam [kelompok4] Presentation Transcript

  • Non Logam KELOMPOK 4 LOADING XII-IPA3
  • KELOMPOK 4 Laidy Maulidya RobbyFera Faradila Trenggana ANGGOTAGini Hendiani Bahrul Fida Verra Monica Oki Noviansyah
  • User Name K ELOM POK 4Password * ** * * * * Log in
  • Cari materi, ilmu dan hal lainnya Beranda Kelompok4 Unsur Apa yang sedang anda pikirkan? Non Logam PENDAHULUANFAVORIT Sebuah untaian kata pembuka tentang unsur non logam . . . . PEMBAHASAN Materi tentang non logam yang akan dibahas PENUTUP Sebuah kalimat penutup dari kelompok 4 . . .
  • Beranda PENDAHULUANUnsur non logam adalah unsur bukan logam atau nonmetal yang tidak memiliki sifat seperti logam sehinggaunsur non logam mempunyai sifat sebagai berikut : rapuhdan mudah patah, sukar dibentuk, kecuali karbon titikdidih dan titik leleh rendah, tidak mengkilap, Ada yangreaktif dan ada yang tidak reaktif, bersifat oksidator, tidakdapat menghantarkan listrik kecuali karbon, dapatberwujud gas, cair atau padat pada suhu kamar, oksidanyabersifat asam. Dalam presentasi kali ini, kelompok 4 akanmembahasnya secara lebih rinci.
  • Pembahasan
  • HIDROGEN (H) MENUPENGERTIAN SEJARAH SIFAT FISISKEBERADAANPEMBUATANKEGUNAAN
  • PENGERTIAN Hidrogen (bahasa Latin: hydrogenium, dari bahasa Yunani: hydro: air, genes: membentuk) adalah unsur kimia pada tabelperiodik yang memiliki simbol H dan nomor atom 1. Denganmassa atom 1,00794, hidrogen adalah unsur teringan di dunia. Hidrogen pada keadaan bebas merupakan molekul dwiatom yaitu berupa H2 dan terdapat juga dalam berbagai senyawa, seperti dalam air (H2O) dan berbagai asam (HNO3,H2SO4,HCL, dan lain-lainnya).
  • SEJARAH Gas hidrogen, H2, pertama kali dihasilkan secara artifisial oleh T. Von Hohenheim (dikenal juga sebagai Paracelsus, 1493–1541) melalui pencampuran logam dengan asam kuat.[ Dia tidak menyadari bahwa gas mudah terbakar yang dihasilkan oleh reaksi kimia ini adalah unsur kimia yang baru. Pada tahun, Robert Boyle menemukan kembali dan mendeskripsikan reaksi antara besi dan asam yang menghasilkan gas hidrogen. Pada tahun 1766, Henry Cavendish adalah orang yang pertama mengenali gas hidrogen sebagai zat diskret dengan mengidentifikasikan gas tersebut dari reaksi logam-asam sebagai "udara yang mudah terbakar". Pada tahun 1781 dia lebih lanjut menemukan bahwa gas ini menghasilkan air ketika dibakar. Pada tahun 1783, Antoine Lavoisier memberikan unsur ini dengan nama hidrogen (dari Bahasa Yunani hydro yang artinya airdan genes yang artinya membentuk)ketika dia dan Laplace mengulang kembali penemuan Cavendish yang mengatakan pembakaran hidrogen menghasilkan air. Hidrogen pertama kali dicairkan oleh James Dewar pada tahun 1898 dengan menggunakan penemuannya, guci hampa. Dia kemudian menghasilkan hidrogen padatsetahun kemudian. Deuterium ditemukan pada tahun 1931 Desember oleh Harold Urey, dan tritium dibuat pada tahun 1934 oleh Ernest Rutherford, Mark Oliphant, and Paul Harteck. Air berat, yang mengandung deuterium menggantikan hidrogen biasa, ditemukan oleh Urey dkk. pada tahun 1932.
  • SIFAT FISIS Unsur Hidrogen Nomor atom 1 Massa atom relatif 1,00 Titik leleh (⁰C) -259,14 Titik didih (⁰C) 252,87Rapatan pada 25⁰C (g/cm3) 0,07 Warna Tidak berwarna Konfigurasi elektron 1s1 Energi ionisasi (kJ/mol) 1312,0Afinitas elektron (kJ/mol) 72,77 Keelektronegatifan 2,20 Jari-jari ion (Å) 1,46 Jari-jari atom (Å) 0,37
  • KEBERADAANHidrogen adalah unsur yang paling melimpah di alam semesta ini denganpersentase 75% dari barion berdasarkan massa dan lebih dari 90%berdasarkan jumlah atom. Unsur ini ditemukan dalam kelimpahan yang besardi bintang-bintang dan planet-planet gas raksasa. Awan molekul dari H2diasosiasikan dengan pembentukan bintang. Hidrogen memainkan peranpenting dalam pemberian energi bintang melalui reaksi proton-proton danfusi nuklir daur CNO. Di seluruh alam semesta ini, hidrogen kebanyakanditemukan dalam keadaan atomik dan plasma yang sifatnya berbeda denganmolekul hidrogen. Sebagai plasma, elektron hidrogen dan proton terikatbersama, dan menghasilkan konduktivitas elektrik yang sangat tinggi dandaya pancar yang tinggi (menghasilkan cahaya dari Matahari dan bintanglain). Partikel yang bermuatan dipengaruhi oleh medan magnet dan medanlistrik. Sebagai contoh, dalam angin surya, partikel-partikel ini berinteraksidengan magnetosfer bumi dan mengakibatkan arus Birkeland dan fenomenaAurora.
  • Hidrogen ditemukan dalam keadaan atom netral di mediumantarbintang. Sejumlah besar atom hidrogen netral yangditemukan di sistem Lyman-alpha teredam diperkirakanmendominasi rapatan barionik alam semesta sampai denganpergeseran merah. Dalam keadaan normal di bumi, unsurhidrogen berada dalam keadaan gas diatomik, H2 (silakan lihattabel data). Namun, gas hidrogen sangatlah langka di atmosferbumi oleh karena beratnya yang ringan yang menyebabkan gashidrogen lepas dari gravitasi bumi. Walaupun demikian, hidrogenmasih merupakan unsur paling melimpah di permukaan bumi ini.Kebanyakan hidrogen bumi berada dalam keadaan bersenyawadengan unsur lain seperti hidrokarbon dan air.
  • PEMBUATANHidrogen dapat dibuat di laboraturium dan industri.a. Pembuatan Hidrogen di Laboraturium Hidrogen dapat dibuat dari hasil reaki logam dengan asam kuat encer. contoh : Mg(s) + 2HCL MgCl2(aq) + H2(g)b. Pembuatan hidrogen di industri dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu sebagai berikut. 1) Reaksi gas metana (CH4) dengan uap air pada temparatur tinggi. 2) Elektrolisis larutan garam alkali dan larutan garam alkali tanah. contoh : Elektrolisis larutan NaCl 2 NaCl(aq) + 2H2O(g) 2NaOH(aq) + Cl2(g) + H2(g)
  • KEGUNAANKegunaan gas hidrogen antara lain sebagai berikut :a. Untuk mengisi balon, karena gas hidrogen bersifat ringan. Tetapikarena sifatnya yang mudah terbakar, maka untuk mengisi balon lebihsering digunakan gas helium.b. Bahan bakar yang tidak mengakibatkan polusi. 2 H2(g) + O2(g) 2H2O(1) ∆H = -572kJ/molc. Bahan dasar pembuatan metanol CO(g) 2H2(g) CH3OH(aq)d. Bahan dasar pembuatan amoniak N2(g) + 3H2(g) 2NH3(g)
  • KARBON (C) MENUPENGERTIAN SEJARAH SIFAT FISISKEBERADAANPEMBUATAN KEGUNAAN
  • PENGERTIAN Karbon atau zat arang merupakan unsur kimia yangmempunyai simbol C dan nomor atom 6 pada tabel periodik. Sebagai unsur golongan 14 pada tabel periodik, karbon merupakan unsur non-logam dan bervalensi 4 (tetravalen), yang berarti bahwa terdapat empat elektron yang dapat digunakan untuk membentuk ikatan kovalen. Terdapat tigamacam isotop karbon yang ditemukan secara alami, yakni 12Cdan 13C yang stabil, dan 14C yang bersifat radioaktif dengan waktu paruh peluruhannya sekitar 5730 tahun. Karbon merupakan salah satu dari di antara beberapa unsur yangdiketahui keberadaannya sejak zaman kuno. Istilah "karbon" berasal dari bahasa Latin carbo, yang berarti batu bara.
  • SEJARAH Karbon, suatu unsur yang telah ditemukan sejak jaman pra-sejarah sangat banyak ditemukan di alam. Karbon juga banyak terkandung di matahari, bintang-bintang, komet dan amosfirkebanyakan planet. Karbon dalam bentuk berlian mikroskopiktelah ditemukan di dalam beberapa meteor yang jatuh ke bumi. Berlian alami juga ditemukan di kimberlite pipa gunung berapi, di Afrika Selatan, Arkansas dan beberapa tempat lainnya. Berlian sekarang ini diambil dari dasar samudera di lepas pantai Cape of Good Hope. Sekitar 30% berlian industri yang dipakai di AS sekarang ini merupakan hasil sintesis.
  • SIFAT FISIS Unsur KarbonSimbol CNomor atom 6Massa atom relatif 12,01Titik leleh (⁰C) 3.555,0Titik didih (⁰C) 4.827,0Rapatan pada 25⁰C (g/cm3) 2,25Warna HitamEnergi Ionisasi (kJ/mol) 1.086,4Afinitas elektron (kJ/mol) 121,85Jari-jari elektron (Å) 0,15 (+4), 2,60 (-4)Jari-jari atom (Å) 0,77
  • KEBERADAANKarbon dioksida ditemukan di atmosfir bumi dan terlarutdalam air. Karbon juga merupakan bahan batu besar dalambentuk karbonat unsur-unsur berikut: kalsium, magnesium,dan besi. Batubara, minyak dan gas bumi adalahhidrokarbon. Karbon sangat unik karena dapat membentukbanyak senyawa dengan hidrogen, oksigen, nitrogen danunsur-unsur lainnya. Dalam banyak senyawa ini atomkarbon sering terikat dengan atom karbon lainnya. Adasekitar sepuluh juta senyawa karbon, ribuan di antaranyasangat vital bagi kehidupan.
  • PEMBUATAN Karbon dapat di buat dengan proses yangdisebut dengan karbonisasi yakni pemanasan bahan yang mengandung karbon.
  • KEGUNAANPada temperatur yang tinggi, karbon dapat bereaksi dengan oksigen, menghasilkanoksida karbon oksida dalam suatu reaksi yang mereduksi oksida logam menjadilogam. Reaksi ini bersifat eksotermik dan digunakan dalam industri besi dan bajauntuk mengontrol kandungan karbon dalam baja:Fe3O4 + 4 C(s) → 3 Fe(s) + 4 CO(g)Pada temperatur tinggi, karbon yang dicampur dengan logam tertentu akanmenghasilkan karbida logam, seperti besi karbida sementit dalam baja, dan tungstenkarbida yang digunakan secara luas sebagai abrasif.Pada tahun 2009, grafena diketahui sebagai material terkuat di dunia yang pernahdiujicobakan. Walaupun demikian, proses pemisahan grafena dari grafit masihbelum cukup ekonomis untuk digunakan dalam proses industri. Dalam pertanian karbon penting sebagai pembangun bahan organik karenasebagian besar bahan kering tanaman terdiri dari bahan organik, diambil tanamanberupa CO2.
  • SULFUR (S) MENUPENGERTIAN SIFAT FISISKEBERADAANPEMBUATANKEGUNAAN
  • PENGERTIANBelerang atau sulfur adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang S dan nomor atom 16. Bentuknya adalah non-metal yang tak berasa. Belerang, dalam bentuk aslinya, adalah sebuah zat padat kristalin kuning. Di alam, belerang dapat ditemukan sebagai unsur murni atau sebagai mineral- mineral sulfida dan sulfat. Ia adalah unsur penting untuk kehidupan dan ditemukan dalam dua asam amino.
  • SIFAT FISIS Unsur BelerangSimbol SNomor atom 16Massa atom relatif 32,07Titik leleh (⁰C) 119,0 (mon) 112,8 (rom)Titik didih (⁰C) 444,7⁰CRapatan pada 25⁰C 1,96 (mon)(g/cm3) 2,07 (rom)Warna KuningEnergi ionisasi (kJ/mol) 999,6Afinitas elektron (kJ/mol) 200,4Keeloktronegatifan 2,58Jari-jari ion (Å) 0,29 (+6) 0,84 (-2)Jari-jari atom (Å) 1,04
  • KEBERADAANBelerang di Indonesia banyak terdapat bebas di daerahgunung berapi (vulkanis). Selain terdapat sebagai unsurbebas, juga terdapat dalam bentuk senyawa logam dalambijih belerang. Contohnya pirit (FeSe2), Kalkopirit(CuFeS2), dan grance (PbS.ZnS). Selain itu belerang jugaterdapat sebagai sulfat, contohnya gymsum atau gips,garam epson dan barit.
  • PEMBUATANBelerang yang terdapat pada batuan dapat di peroleh melalui proses frasch.Ke dalam batuan yang mengandung belerang di masukan 3 buah pipa yang diameternya berbeda. Pada pipa yang besar di alirkan uap air bertekanantinggi, sehingga belerang akan mencair. Pada pipa kecil dipompakan udara bertekan tinggi sehingga belerang cair akan keluar melalui pipa yang berukuran sedang. Selanjutnya belerang di biarkan beku.
  • KEGUNAANBelerang digunakan terutama untuk membuat asam sulfat.Selain itu juga untuk membuat gas SO2 yang bisa di pakaiuntuk mencuci bahan yang terbuat dari wol dan sutra. Padaindustri ban, belerang di gunakan untuk vulkanisasi karet yangbertujuan agar ban bertambah ketegangannya sertakekuatannya. Belerang juga dapat di gunakan dalam industriobat-obatan, bahan peledak, dan industri korek api yangmenggunakan Sb2’S3’.
  • NITROGEN (N) MENUPENGERTIAN SEJARAH SIFAT FISISKEBERADAANPEMBUATANKEGUNAAN
  • PENGERTIAN Nitrogen atau zat lemas adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang N dan nomor atom 7.Biasanya ditemukan sebagai gas tanpa warna, tanpa bau, tanpa rasa dan merupakan gas diatomik bukan logam yang stabil, sangat sulit bereaksi dengan unsur atau senyawa lainnya.Dinamakan zat lemas karena zat ini bersifat malas, tidak aktif bereaksi dengan unsur lainnya.
  • SEJARAHNitrogen secara resmi ditemukan oleh Daniel Rutherford pada 1772, yang menyebutnya udara beracun atau udara tetap. Pengetahuan bahwa terdapat pecahan udara yang tidak membantu dalam pembakaran telah diketahuioleh ahli kimia sejak akhir abad ke-18 lagi. Nitrogen juga dikaji pada masayang lebih kurang sama oleh Carl Wilhelm Scheele, Henry Cavendish, dan Joseph Priestley, yang menyebutnya sebagai udara terbakar atau udara telah flogistat. Gas nitrogen adalah cukup lemas sehingga dinamakan oleh Antoine Lavoisier sebagai azote, daripada perkataan Yunani αζωτος yang bermaksud "tak bernyawa". Istilah tersebut telah menjadi nama kepada nitrogen dalam perkataan Perancis dan kemudiannya berkembang ke bahasa-bahasa lain.Senyawa nitrogen diketahui sejak Zaman Pertengahan Eropa. Ahli alkimiamengetahui asam nitrat sebagai aqua fortis. Campuran asam hidroklorik dan asam nitrat dinamakan akua regia, yang diakui karena kemampuannya untuk melarutkan emas.
  • SIFAT FISISUnsur NitrogenSimbol NNomor atom 7Massa atom relatif 14,00Titik leleh (⁰C) -209,9Titik didih (⁰C) -195,8Rapatan pada 25⁰C (g/cm3) 0,81Warna Tidak berwarnaEnergi ionisasi (kJ/mol) 1.402,3Keelektronegatifan 3,04Jari-jari ion (Å) 1,17Jari-jari atom (Å) 0,70
  • KEBERADAANNitrogen mengisi 78,08 persen atmosfer Bumidan terdapat dalam banyak jaringan hidup. Zatlemas membentuk banyak senyawa pentingseperti asam amino, amoniak, asam nitrat, dansianida.
  • PEMBUATANPembuatan Nitrogen di laboraturium Nitrogen dapat dibuat dengan memanaskan garam amonia(biasanya NH4Cl) dan garam nitrit (biasanya NaNO2). persaman reaksinya sebagai berikut.NH4+(aq) + NO2-(aq) N2(g) + 2 H2O(l)
  • KEGUNAAN• Digunakan sebagai bahan pembeku dalam industri pengolahan makanan• Pengisi bola lampu pijar• Untuk memproduksi senyawa nitrogen, terutama pembuatan gas amoniak dan pupuk nitrogen• Unsur nitrogen berguna untuk merangsang pertumbuhan tanaman, khususnya batang, cabang dan daun• Unsur nitrogen diperlukan untuk pembentukan protein, lemak dan berbagai senyawa organik lainnya dan juga untuk meningkatkan produktivitas pertanian, yang terkandung di dalam pupuk.
  • OKSIGEN (O2) MENUPENGERTIAN SEJARAH SIFAT FISISKEBERADAANPEMBUATANKEGUNAAN
  • PENGERTIANOksigen atau zat asam adalah unsur kimia dalam sistem tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8. Ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya (utamanya menjadi oksida). Pada Temperatur dan tekananstandar, dua atom unsur ini berikatan menjadi dioksigen, yaitusenyawa gas diatomik dengan rumus O2 yang tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau. Oksigen merupakan unsur paling melimpah ketiga di alam semesta berdasarkan massa dan unsur paling melimpah di kerak Bumi.
  • SEJARAH Oksigen pertama kali ditemukan oleh seorang ahli obat Carl Wilhelm Scheele. Ia menghasilkan gas oksigen dengan mamanaskan raksa oksida danberbagai nitrat sekitar tahun 1772. Scheele menyebutgas ini udara api karena ia murupakan satu-satunya gas yang diketahui mendukung pembakaran. Ia menuliskan pengamatannya ke dalam sebuahmanuskrip yang berjudul Treatise on Air and Fire, yang kemudian ia kirimkan ke penerbitnya pada tahun 1775. Namun, dokumen ini tidak dipublikasikan sampai dengan tahun 1777
  • SIFAT FISISUnsur OksigenSimbol ONomor atom 8Massa atom relatif 15,99Titik leleh (⁰C) -218,4Titik didih (⁰C) -182,9Rapatan pada 25⁰C (g/cm3) 1,14Warna Biru pucat (cair)Energi ionissi (kJ/mol) 1.313,9Afinitas elektron (kJ/mol) 140,98Keelektronegatifan 3,44Jari-jari ion (Å) 1,40Jari-jari atom (Å) 0,66
  • KEBERADAANMenurut massanya, oksigen merupakan unsur kimia palingmelimpah di biosfer, udara, laut, dan tanah bumi. Oksigenmerupakan unsur kimia paling melimpah ketiga di alam semesta,setelah hidrogen dan helium. Sekitar 0,9% massa Matahari adalahoksigen. Oksigen mengisi sekitar 49,2% massa kerak bumi danmerupakan komponen utama dalam samudera (88,8% berdasarkanmassa). Gas oksigen merupakan komponen paling umum keduadalam atmosfer bumi, menduduki 21,0% volume dan 23,1% massa(sekitar 1015 ton) atmosfer. Bumi memiliki ketidaklaziman padaatmosfernya dibandingkan planet-planet lainnya dalam sistem tatasurya karena ia memiliki konsentrasi gas oksigen yang tinggi diatmosfernya.
  • PEMBUATANOksigen dapat dibuat dalam skala kecil dilaboraturium dan dapatpula di buat dalam skala besar di industri.• Di laboraturium a. Pemanasan garam kalium klorat dengan katalisator MnO2 b. Pemanasan barium perioksida c. Pemanasan garam nitrat• Secara teknik dalam industri a. Elektrolisis air yang sedikit diasamkan b. Distalasi bertingkat di udara
  • KEGUNAAN• Untuk proses reaksi pembakaran• Untuk proses pengolahan baja dari besi tuang• Bersama gas karbit digunakan untuk pengelasan logam• Pada industri pulp dan kertas, serta industri plastik• Untuk aerasi pada proses pengolahan limbah• Pada pembuatan gas ozon• Oksigen cair bersama-sama dengan hidrogen cair digunakan sebagai bahan bakar roket• Pengisi tabung pernapasan untuk penyelam dan astronot• Di rumah sakit untuk membantu pasien yang kekurangan oksigen
  • FOSPOR (P) MENUPENGERTIAN SEJARAH SIFAT FISISPEMBUATANKEGUNAAN
  • PENGERTIANFosforus adalah unsur kimia yang memiliki lambang P dengannomor atom 15. Fosforus berupa nonlogam, bervalensibanyak, termasuk golongan nitrogen, banyak ditemui dalambatuan fosfat anorganik dan dalam semua sel hidup tetapitidak pernah ditemui dalam bentuk unsur bebasnya. Fosforusamatlah reaktif, memancarkan pendar cahaya yang lemahketika bergabung dengan oksigen, ditemukan dalam berbagaibentuk, dan merupakan unsur penting dalam makhluk hidup.Kegunaan fosforus yang terpenting adalah dalam pembuatanpupuk, dan secara luas digunakan dalam bahan peledak, korekapi, kembang api, pestisida, odol, dan deterjen.
  • SEJARAH Unsur ini ditemukan oleh Hannig Brand pada tahun1669 di Hamburg, Jerman. Dia menemukan unsur ini dengan cara menyuling air urin melalui prosespenguapan dan setelah dia menguapkan 50 ember air urin, dia baru menemukan unsur yang dia inginkan. Namanya berasal dari bahasa Latin yaitu phosphoros yang berarti pembawa terang karena keunikannya yaitu bercahaya dalam gelap (glow-in-the dark). dan kini hasil temuan itu telah sangat berkembang dan sangat berguna bagi umat manusia.
  • SIFAT FISISUnsur FosforNomor atom 15Massa atom relatif 30,97Titik leleh (⁰C) 44,1Titik didih (⁰C) 280,0Rapatan pada 25⁰C (g/cm3) 1,82 (putih) 2,20 (merah)Warna HitamEnergi ionisasi (kJ/mol) 1.011,7Afinitas elektron(kJ/mol) 72,03Keelektronegatifan 2,19Jari-jari ion (Å) 0,44 (+3)Jari-jari ion (Å) 1,10
  • PEMBUATANSumber utama industri fosfor adalah Ca3(PO4)2. Dalam prosesnya,Ca3(PO4)2 dicampur dengan karbon dan silika (SiO2) pada temperatur1.400⁰C-1.500⁰C.Proses berlangsung pada temperatur 1.400⁰C -1.500⁰C (dengan bunga apilistrik). SiO2 bereaksi dengan Ca#(PO4)2 pada temperatur tersebutmenghasilkan P4O10(g). Reaksinya sebagai berikut.2 Ca3(PO4)2 (1) + 6 SiO2(l) 6CaSiO3(l) + P4O10(g) P4O10(g) direduksi dengan karbon, reaksinya sebagai berikut.2 P4O10(g) + 10 C(s) 2P4(g) + 10 CO2(g)P4(g) yang terjadi dikristalkan dan disimpan dalam CS2 cair atau di dalam air.Hal itu guna menghindari terjadinya oksidasi dengan oksigen dari udara yangcepat terjadi pada temperatur 30⁰C berupa nyala fosfor. P4 hasil pengolahanmerupakan salah satu bentuk alotropi fosfor, yaitu fosfor putih. Bentukalotropi fosfor yang lain adalah fosfor merah dan fosfor hitam.
  • KEGUNAANKegunaan fosfor antara lain untuk :• Pembuatan korek api setelah dicampuri dengan karbon dan belerang• Mainan yang bercahaya di kegelapan• Sumber lampu radioaktif• LED warna putih• Cathode Ray Tubes• Lampu Fluorescent• Sabun cuci
  • SELENIUM (S) MENUPENGERTIAN SEJARAHKEBERADAANKEGUNAAN
  • PENGERTIAN Selenium adalah suatu unsur kimia dengan nomor atom 34, diwakili olehsimbol kimia Se, massa atom 78,96. Ini adalah bukan logam, kimia berhubungan dengan sulfur dan telurium, dan jarang terjadi di negara unsur di alam.
  • SEJARAHSelenium ditemukan pada tahun 1817 oleh Jöns Jakob Berzelius, yang menemukan elemen terkait dengan telurium (nama untuk Bumi). Hal ini ditemukan sebagai produk sampingan dari produksi asam sulfat. Itu datang dengan pemberitahuan medis kemudian karena toksisitasnya terhadap manusia yang bekerja di industri. Hal itu juga diakui sebagai racun hewan yang penting. Pada tahun 1954, petunjuk pertama dari fungsi biologis tertentu dari seleniumditemukan dalam mikroorganisme. Esensialitas bagi kehidupan mamalia ditemukan pada tahun 1957. Pada 1970-an, itu terbukti hadir dalam dua set independen enzim. Hal ini diikuti oleh penemuan selenocysteine ​dalam protein. Selama 1980-an, hal itu menunjukkan bahwa selenocysteine ​dikodekan oleh TGAkodon. Mekanisme recoding ini bekerja pertama dalam bakteri dan kemudian pada mamalia (lihat elemen SECIS).
  • KEBERADAANSelenium ditemukan dalam tanah dan diserap oleh tubuh melaluisayuran. Konsumsi sayuran yang cukup dapat memenuhi kebutuhanselenium. Namun, tanah yang digunakan untuk menanam sayuranharus mengandung cukup selenium. Akibat pencemaran pupuk kimia,kandungan selen dalam tanah menurun. Kasus kekurangan seleniumseringkali terjadi di wilayah Cina, seperti provinsi Jiangsu, karena tanahCina sangat kurang selenium.Di Amerika Serikat sudah dijual selen dalam bentuk supplemenmakanan.Karena selen dapat bersifat racun apabila dikonsumsi berlebihan, makadosis yang dianjurkan adalah untuk orang dewasa adalah 55 μg(microgram) / hari.
  • KEGUNAAN• Membantu kerja vitamin E sebagai antioksidan (selen memiliki efek antioksidan 500x vitamin E)• Menurunkan resiko terkena kanker. Dengan kemampuan antioksidant, selen dapat menangkal radikal bebas. Selain itu, selen juga dapat memperlambat pertumbuhan tumor dengan meningkatkan aktivitas sel imun dan menahan pembentukan pembuluh darah menuju tumor.• Meningkatkan fungsi seksual• Mengeluarkan logam berat dari dalam tubuh
  • PENUTUPTERIMAKASIH ATAS SEGALA PERHATIANNYA SEMOGA PRESENTASI INI BERMANFAAT UNTUK SEMUANYA