Bab 1 sistem informasi [new]
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Bab 1 sistem informasi [new]

on

  • 189 views

 

Statistics

Views

Total Views
189
Views on SlideShare
189
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
2
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Bab 1 sistem informasi [new] Bab 1 sistem informasi [new] Document Transcript

  • SISTEM INFORMASII. KONSEP DASARA. KONSEP DASAR SISTEMSuatu sistem pada dasarnya adalah sekolompok unsur yang erat hubungannyasatu dengan yang lain, yang berfungsi bersama-sama untuk mencapai tujuantertentu.Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atauhimpunan dari unsur, komponen, atau variabel yang terorganisir, saling berinteraksi,saling tergantung satu sama lain, dan terpadu.Dari defenisi ini dapat dirinci lebih lanjut pengertian sistem secara umu, yaitu :1. Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur2. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan.3. Unsur sistem tersebut bekerja sama untuk mencapai tujuan sistem.4. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.B. KONSEP DASAR INFORMASISecara umum informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan datadalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yangmenggambarkan suatu kejadiankejadian yang nyata yang digunakan untukpengambilan keputusan. Informasi merupakan data yang telah diklasifikasikan ataudiolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengabilan keputusan.C. KONSEP DASAR SISTEM INFORMASISistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yangmempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsioperasi organisasi yang bersifat manajerial dengan kegiatan strategi dari suatuorganisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan informasiyang diperlukan untuk pengambilan keputusan.Sistem informasi dalam suatu organisasi dapat dikatakan sebagai suatu sistemyang menyediakan informasi bagi semua tingkatan dalam organisasi tersebut kapansaja diperlukan. Sistem ini menyimpan, mengambil, mengubah, mengolah dan
  • mengkomunikasikan informasi yang diterima dengan menggunakan sistem informasiatau peralatan sistem lainnya.II. KOMPONEN DAN ELEMEN SISTEM INFORMASIA. KOMPONEN SISTEM INFORMASISistem informasi terdiri dari komponenkomponen yang disebut blok bangunan(building blok), yang terdiri dari komponen input, komponen model, komponenoutput, komponen teknologi, komponen hardware, komponen software, komponenbasis data, dan komponen kontrol. Semua komponen tersebut saling berinteraksi satudengan yang lain membentuk suatu kesatuan untuk mencapai sasaran.1. Komponen inputInput mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input disini termasukmetode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukkan, yang dapatberupa dokumen-dokumen dasar.2. Komponen modelKomponen ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yangakan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan carayang sudah ditentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.3. Komponen outputHasil dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yangberkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua pemakai sistem.4. Komponen teknologiTeknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi, Teknologi digunakanuntuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data,neghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistemsecara keseluruhan.
  • 5. Komponen hardwareHardware berperan penting sebagai suatu media penyimpanan vital bagi sisteminformasi. Yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung database atau lebihmudah dikatakan sebagai sumber data dan informasi untuk memperlancar danmempermudah kerja dari sistem informasi.6. Komponen softwareSoftware berfungsi sebagai tempat untuk mengolah,menghitung danmemanipulasi data yang diambil dari hardware untuk menciptakan suatuinformasi.7. Komponen basis dataBasis data (database) merupakan kumpulan data yang saling berkaitan danberhubungan satu dengan yang lain, tersimpan di pernagkat keras komputer danmenggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Data perlu disimpandalam basis data untuk keperluan penyediaan informasi lebih lanjut. Data didalam basis data perlu diorganisasikan sedemikian rupa supaya informasi yangdihasilkan berkualitas. Organisasi basis data yang baik juga berguna untukefisiensi kapasitas penyimpanannya. Basis data diakses atau dimanipulasimenggunakan perangkat lunak paket yang disebut DBMS (Database ManagementSystem).8. Komponen kontrolBanyak hal yang dapat merusak sistem informasi, seperti bencana alam, api,temperatur, air, debu, kecurangankecurangan, kegagalan-kegagalan sistem itusendiri, ketidak efisienan, sabotase dan lain sebagainya. Beberapa pengendalianperlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal-hal yang dapatmerusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan-kesalahandapat langsung cepat diatasi.
  • Gambar Interaksi Sistem InformasiB. ELEMEN SISTEM INFORMASISistem informasi terdiri dari elemen-elemen yang terdiri dari orang, prosedur,perangkat keras, perangkat lunak, basis data, jaringan komputer dan komunikasi data.Semua elemen ini merupakan komponen fisik.1. OrangOrang atau personil yang di maksudkan yaitu operator komputer, analis sistem,programmer, personil data entry, dan manajer sistem informasi/EDP2. ProsedurProsedur merupakan elemen fisik. Hal ini di sebabkan karena prosedur disediakandalam bentuk fisik seperti buku panduan dan instruksi. Ada 3 jenis prosedur yangdibutuhkan, yaitu instruksi untuk pemakai, instruksi untuk penyiapan masukan,instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer.
  • 3. Perangkat kerasPerangkat keras bagi suatu sistem informasi terdiri atas komputer (pusatpengolah, unit masukan/keluaran), peralatan penyiapan data, dan terminalmasukan/keluaran.4. Perangkat lunakPerangkat lunak dapat dibagi dalam 3 jenis utama :a. Sistem perangkat lunak umum, seperti sistem pengoperasian dan sistemmanajemen data yang memungkinkan pengoperasian sistem komputer.b. Aplikasi perangkat lunak umum, seperti model analisis dan keputusan.c. Aplikasi pernagkat lunak yang terdiri atas program yang secara spesifikdibuat untuk setiap aplikasi.5. Basis dataFile yang berisi program dan data dibuktikan dengan adanya media penyimpanansecara fisik seperti diskette, hard disk, magnetic tape, dan sebagainya. File jugameliputi keluaran tercetak dan catatan lain diatas kertas, mikro film, an lainsebagainya.6. Jaringan komputerJaringan komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatanlainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melaluikabel-kabel atau tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringankomputer dapat saling bertukar dokumen dan data.7. Komunikasi dataKomunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secarakhusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantarakomputer-komputer dan pirantipiranti yang lain dalam bentuk digital yangdikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikanoleh isyarat digital. Komunikasi data merupakan bagian vital dari suatu sisteminformasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang memungkinkankomputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.
  • Gambar Hubungan Elemen Sistem InformasiIII. ARSITEKTUR DAN KLASIFIKASI SITEM INFORMASIA. ARSITEKTUR SISTEM INFORMASISistem informasi dapat di bentuk sesuai kebutuhan organisasi masingmasing.Oleh karena itu, untuk dapat menerapkan sistem yang efektif dan efisiendiperlukanperencanaan, pelaksanaan, pengaturan, dan evaluasi sesuai keinginan masingmasingorganisasi. Guna dari sistem yang efektif dan efisien tidak lain untuk mendapatkankeunggulan dalam berkompetisi.Semua orang dapat menggunakan sistem informasi dalam organisasi, tetapifaktor efisiensi setiap sistem adalah berbeda. Perlu diketahui, perubahan sistem, baikbesar maupun kecil, selalu akan melalui tingkatan-tingkatan sebagai berikut :Tingkat I : Ide, mengetahui perlu adanya perubahan.Tingkat II : Design, merancang cara pemecahannya.Tingkat III : Pelaksanaan, menerapkan design ke dalam sistem.Tingkat IV : Kontrol, memeriksa tingkat pelaksanaan dijalankansesuai dengan designTingkat V : Evaluasi, memeriksa apakah perubahan yang terjadisesuai dengan tujuan semula.
  • Tingkat VI : Tindak lanjut, melaksanakn perubahan sesuai denganhasil evaluasi yang ada.Adapun tingkatan yang menjadi kunci yang digunakan untuk memecahkanbagian masalah baik itu secara menyeluruh maupun per bagian, yaitu :B. KLASIFIKASI SISTEM INFORMASISistem informasi merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponendengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiapkasus yang terjadi yang ada di dalam sistem tersebut. Oleh karena itu, sistem dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut pandang, diantaranya:a. Sistem abstrak atau sistem fisikSistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidaktampak secara fisik,misalnya sistem teologia, yaitu sistem yang berupa pemikiranhubungan antara manusia dengan Tuhan.Sistem fisik merupakan sistem secara fisik, misalnya sistem komputer.b. Sistem alamiah dan sistem buatan manusiaSistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam, tidak dibuat olehmanusia, misalnya sistem perputaran bumi.Sistem buatan manusia merupakan sistem yang melibatkan interaksi manusiadengan mesin, yang disebut human machine system. Sistem informasi berbasisinternet merupakan contoh human machine system karena menyangkutpenggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia.c. Sistem deterministik dan sistem probabilistikSistem deterministik adalah sistem yang beroperasi dengan tingkah laku yangdapat diprediksi.Sistem probabilistik dalah sistem yang kondisi masa depannyatidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilistik.
  • d. Sistem terbuka dan sistem tertutupSistem terbuka adalah sistem yang berhubungan dan di pengaruhi olehlingkunagn luarnya. Sistem ini menerima masukan dan menghasilkan keluaranuntuk subsistem lainnya. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak terhubung dantidak terpengaruh oleh lingkungan luarnya. Sistem ini bekerja secara otomatistanpa campur tangan pihak luar.IV. KESIMPULANDari hasil penggabungan pekerjaan kami, kami dapat merarik suatu kesimpulan yaitu:1. Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyaiketerkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuanmenghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu.2. Kriteria dari sistem informasi antara lain fleksibel, efektif dan efisien.3. Tujuan dari suatu sistem informasi adalah menciptakan suatu wadah komunikasiyang efisien dalam bidang bisnis.4. Sistem informasi berbasis internet merupakan sistem informasi yang memanfaatkansecara maksimal kegunaan dari komputer dan juga jaringan komputer.5. Sistem informasi berbasis internet merupakan suatu sistem dimana interaksimanusia dan komputer menjadi peranan yang sangat penting.