Periferal sistem komputer
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Periferal sistem komputer

on

  • 1,247 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,247
Views on SlideShare
1,246
Embed Views
1

Actions

Likes
0
Downloads
31
Comments
0

1 Embed 1

http://www.mefeedia.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Periferal sistem komputer Periferal sistem komputer Presentation Transcript

  • Di susun oleh :RIZKY FATIMAH X TKJ A 26
  • INPUT DEVICE 1. Mouse 2. Keyboard 3. Joystick 4. Scanner 5. Light pen
  • 1. MousePengertian dan fungsi mouse Mouse adalah perangkat yang berfungsi menggerakan pointer,menunjukan perintah atau program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klik kiri dan klik kanan. Pada klik kiri 1x berfungsi memilih ikon menu atau ikon dan klik kirim 2x untuk membuka menu yang dituju. Mouse dapat kita atur gerakannya mau cepat atau lambat. Pointing device mengatur gerakan dari pointer, yang biasa disebut dengan mouse pointer.Macam – macam mouse(1). Mouse Serial Mouse yang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Biasanya mouse ini digunakan pada komputer Pentium 1 dan Pentium 2.(2). Mouse PS/2 Mouse yang digunakan pada komputer Pentium 3 dan Pentium 4.(3). Mouse USB Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas. Digunakan pada komputer Pentium 3 dan Pentium 4.(4). Mouse Wirelless Mouse terbaru tanpa kabel. Kini Mouse Wirelless sudah meluas dikalangan masyarakat.(5). Mouse Optic Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni.
  • 2. KeyboardPengertian dan fungsi keyboard Keyboard adalah perangkat komputer yang berbentuk papan ketik dan memiliki susunan serta cara kerja mirip mesin ketik manual. Yang membedakan dari keyboard adalah pada saat kita mengetikkan huruf di atas papan keyboard, maka hasilnya akan ditampilkan pada layar monitor dan masih dapat kita edit sesuka hati. Fungsi keyboad komputer adalah sebagai media input yang mengubah perintah analog berupa tekanan pada papan ketik dan mengubahnya kedalam perintah digital serta selanjutnya menghubungkannya kedalam CPU. Macam – macam keyboard 1. Keyboard QWERTY 2. Keyboard DVORAK 3. Keyboard KLOCKENBERG 4. Keyboard MALTRON 5. Keyboard CHORD 6. Keyboard ALPHABETIC 7. Keyboard NUMERIC
  • 3. Joystick Pengertian joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video Game yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
  • 4. ScannerScanner merupakan suatu alat yang berfungsi seperti mesin fotokopi, yaitu dengan cara memasukkan data melalui pencahayaan dan selanjutnya diterjemahkan dalam bentuk digital. Sensitive kepada cahaya dan dapat menerjemahkan teks, barcode, gambar, dan sebagainya. Hasil scanner ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen dan gambar. Perangkat input scanner dapat berupa pembaca mengenal karakter tinta magnetic atau magnetic ink character recognition (MICR) dan optical data reader. MICR reader biasanya digunakan untuk transaksi cek pada suatu bank, yang ditulis dengan tinta magnetic yang hanya bisa dibaca dengan perangkat MICR dan tidak bisa dibaca dengan mata manusia.
  • 5. Light pen Light pen juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Light pen banyak digunakan karena untuk keperluan menggambar, keyboard dianggap tidak memadai dan hasilnya menjadi kurang teliti. Fungsi Light pen adalah pointer elektronik yang berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  • PROSES DEVICE 1. RAM 2. ROM 3. PROSESOE 4. MOTHER BOARD
  • 1. RAMRAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.Macam-macam RAM - FPM RAM ( Fash Pagh Mode DRAM ) - EDO RAM ( Extended Data - SD RAM
  • 2. ROM ROM adalah alat penyimpanan data pada komputer yang bersifat permanen dan apabila aliran listrikdimatikan data tidak akan mudah berubah atau hilang .
  • 3. PROSESSORPengertian Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistemkomputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukanperhitungan dan menjalankan tugas.
  • 4. MOTHER BOARD Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard.
  • OUTPUT DEVICE 1. LCD PROJECTOR 2. MONITOR 3. SPEAKER 4. PRINTER 5. MICROPHONE
  • 1. LCD PROJEKTOR Proyektor adalah perangkat yang digunakan untuk membuat proyeksi, proyektor sering dipakai didalam presentasi. Proyektor yang banyak digunakan sekarang ini adalah jenis LCD proyektor.
  • 2. MONITORMonitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari sebuah perangkat komputer. Sebagai media output monitor mempunyai arti penting sebagaimana perangkat-perangkat komputer lainnya. Semuanya merupakan unit-unit penting dalam sebuah sistem komputer yang bila salah satunya tiada maka sistem tidak akan bisa bekerja.Fungsi Monitor untuk mengubah sinyal elektronik berupa gambar dari PC atau laptop yang berupa sinyal digital menjadi sinyal analog yang kemudian melalui beberapa proses sampai akhirnya ditampilkan di layar monitor yang dapat kita lihat.
  • 3. SPEAKER Fungsi speaker ini adalah mengubah gelombang listrik menjadi getaran suara. Proses pengubahan gelombang listrik / elektromagnet menjadi gelombang suara terjadi karena adanya aliran listrik arus AC audio dari penguat audio kedalam kumparan yang menghasilkan gaya magnet sehingga akan menggerakkan membran, Kuat lemahnya arus listrik yang diterima, akan mempengaruhi getaran pada membran, bergetarnya membran ini menghasilkan gelombang bunyi yang dapat kita dengar. Macam-macam 1. Speaker Dual Cone Desain speaker terdiri dari 2 buah cone ( konus ) 2. Speaker Coaxcial (Terpusat) Desain Speaker terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata. Fungsi speaker ini adalah mengubah gelombang listrik menjadi getaran suara. Proses pengubahan gelombang listrik / elektromagnet menjadi gelombang suara terjadi karena adanya aliran listrik arus AC audio dari penguat audio kedalam kumparan yang menghasilkan gaya magnet sehingga akan menggerakkan membran, Kuat lemahnya arus listrik yang diterima, akan mempengaruhi getaran pada membran, bergetarnya membran ini menghasilkan gelombang bunyi yang dapat kita dengar. Macam-macam 1. Speaker Dual Cone Desain speaker terdiri dari 2 buah cone ( konus ) 2. Speaker Coaxcial (Terpusat) Desain Speaker terdiri dari woofer, midrange dan tweeter dalam satu poros dan berdekatan. Peranti ini sengaja di desain menghasilkan frekuensi lebih rata.
  • 4. PRINTER Pengertian Printer adalah alat untuk mencetak data yang dikirim Oleh komputer, baik berupa teks, gambar, tabel, atau pun foto. Macam-macam printer 1. Printer Dot Matrix Printer dengan teknologi Dot Matrix ini menggunakan alat semacam jarum dalam menghasilkan sebuah cetakan baik itu berbentuk teks, tabel, maupun gambar 2. Printer Bubble Jet 3. printer laser Pada tipe ini menggunakan Laser sebagai alat dalam menghasilkan cetakan. Sistem kerjanya hampir sama dengan mesin foto copy
  • 5. MICROPHONE Fungsi microphone adalah menangkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi arus listrik. Sedangkan pengertian microphone adalah alat yang terdiri dari membran sebagai penangkap getaran bunyi, lilitan kawat tembaga dan magnet sebagai pengubah getaran menjadi arus lisrtik.