Your SlideShare is downloading. ×
0
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Proses Terjadinya Manusia
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Proses Terjadinya Manusia

21,615

Published on

Proses terjadinya Manusia menurut Al-Qur'an dan menurut Ilmu Medis.

Proses terjadinya Manusia menurut Al-Qur'an dan menurut Ilmu Medis.

1 Comment
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
21,615
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
214
Comments
1
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. X.2 Keperawatan
  • 2. A. Proses Peciptaan Manusia menurut Al-Qur‟anPenjelasan tentang proses penciptaan manusia sebelum dijelaskanmenurut pandangan ilmu pengetahuan umum Allah SWT sudahterlebih dahulu mejelaskan perihal kejadian tersebut dalam AlQur‟an seperti dalam surat Al-Mu‟min, yang Artinya : “ bahwa Manusia adalah keturunan Nabi Adam As,jasmaninya berproses dari saripati tanah.Tumbuh-tumbuhan menghisap saripati tanah itu dan hewanmemakan sebagian tumbuh-tumbuhan.Manusia memakan tumbuh-tumbuhan dan hewan”. Al-Qur‟an telah menjelaskan bagaimana tahapan penciptaan manusia, antara lain:
  • 3. a) Proses Kejadian Manusia Pertama (Adam) Di dalam Al Qur‟an dijelaskan bahwa Adam diciptakan oleh Allah dari tanah yang keringkemudian dibentuk oleh Allah dengan bentuk yang sebaik-baiknya. b) Proses Kejadian Manusia Kedua (Siti Hawa) Pada dasarnya segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah di dunia ini selalu dalam keadaan berpasang-pasangan. Demikian halnya dengan manusia, Allah berkehendak menciptakan lawanjenisnya untuk dijadikan kawan hidup (isterinya)c) Proses Kejadian Manusia Ketiga(semua keturunan Adam & Hawa)Kejadian manusia ketiga adalah kejadian semua keturunan Adamdan Hawa. Dalam proses ini disamping dapat ditinjau menurut AlQur‟an dan Al Hadits dapat pula ditinjau secara medis.
  • 4. Berdasarkan Al Qur‟an dan Al Hadits, menunujukkan bahwa Allah Ta`ala menciptakan manusia melalui fase-fase berikut : 1.NuthfahIbnu Abbas RA memberikan tafsir tentang “min nuthfatin Amsyaj”dalam surat Al Mu‟minun : „‟bahwa nuthfatun amsyaj adalahsperma laki-laki dan sel telur perempuan yang telah bertemu danterjadi pembuahan kemudian terjadi perubahan dari keadaan yangsatu kepada yang lain dan dari bentuk yang satu kepada bentukyang lain.
  • 5. 2.„Alaqah „Alaqah secara bahasa mempunyai arti sesuatu yang mengambangatau menempel, sedangkan pada „alaqah ini embrio berbentuksegumpal darah . Alaqah merupakan bahan dasar bayi yang berupasel tunggal, dalam istilah biologi sel ini disebut zigot.
  • 6. 3.Mudghah“…lalu segumpal darah itu Kami jadikan daging,…” ( QS. AlMukminun : 14).Mudghah yang mempunyai arti segumpal daging ini merupakan faseyang mana berbentuk lengkung, dengan penampakan gelembung-gelembung serta alur-alur.
  • 7. 4.Peniupan RuhRuh merupakan penggerak dan pertanda dari kehidupan seorang hamba,tanpa adanya ruh maka jasad yang telah terbentuk tidak akan sempurna.Tentang ruh ini Allah Ta`ala berfirman dalam surat Al-Isra ayat 85 yangartinya :“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh. Katakanlah “Ruh itutermasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkansedikit”. (QS. Al Isra‟ : 85)Para ahli ilmu mendefinisikan ruh sebagai organ lembut yang beradapada badan. Proses peniupan ruh oleh malaikat tersebut diiringidengan proses penentuan rizkinya, ajalnya, amalnya dan ia celakaatau bahagia. Proses peniupan ruh pada embrio tersebut ketikaberumur 120 hari sebagaimana disebutkan pada hadits dari AbiAbdirrahman Abdillah bin Mas‟ud RA.
  • 8. B. Proses Penciptaan Manusia menurut Ilmu biologiPara pakar ilmuwan berpendapat bahwa manusia berasal dari sel tunggal dalamrahim sang ibu, yang berukuran lebih kecil daripada sebutir garam. Kemudian selini membelah menjadi 2, kemudian menjadi 4, membelah lagi menjadi 8, 16 danbegitu seterusnya. Proses Pembuahan pada reproduksi manusiaDimulai dari proses awal reproduksi manusia, yakni keluarnya seltelur dari ovarium seorang wanita normal yang mengeluarkan satuhingga beberapa sel telur setiap bulan ketika memasuki masa-masasubur.Sel telur dihasilkan oleh folikel-folikel, kantung-kantung berisicairan, di bagian dalam ovarium yang pada masa ovulasi akanmengeluarkan benjolan (protrusi) kecil berwarna kemerahan, munculpada ujung benjolan tersebut dengan bentuk sel-sel yang mirip jeli.
  • 9. Setelah keluar dan lepas dari benjolan tersebut, sel-sel kemudianakan berkelana menuju tuba falopi di mana nantinya akan dibuahioleh sel sperma dari seorang pria. BULAN ke- 1:Sperma, satu dari 500 million yang dikeluarkan ketikaintercourse, menembus membran yang melindungi telur,kemudian memasukkan ekornya. Sekali telur terbuahi, tidakada sperma lain yang bisa masuk. Selanjutnya telur terbuahimulai membelah.1 minggu setelah pembuahan, bulatan terdiri 200 cell disebutembrio, menempel pada uterus.
  • 10. BULAN ke- 2 :3 minggu setelah pembuahan, embrio Ujungnya kelak menjadi kepaladan otak. Selanjutnya berkembang lebih menyerupai mahluk hidup.Karena perubahannya yang cepat itu, embrio bersifat rentan, mudahrusak oleh asupan makanan bumil seperti: alkohol, rokok, danobat2an.Pertengahan bulan ke-2, mata terbentuk pertama kali pada bagiansamping kepala. Bergeser agak ke depan pada minggu ke-7, minggu ke-8, dan minggu ke-10. Sudah ada kelopaknya.
  • 11. BULAN ke- 3 :Embrio berubah menjadi fetus. Organ dalam terbentuk. Plasentakelihatan, pembuluh darah juga jelas. Jari tangan dan kaki mulaikelihatan bentuknya. Jari tangan berkembang lebih dulu daripadakaki. Sama halnya ketika lahir, tangan akan lebih dulu aktif untukmemegang daripada kaki untuk berjalan.
  • 12. BULAN ke- 4 : Kelopak mata makin sempurna dan bereaksi terhadap cahaya. Hidung, bibir, dan dagu tebentuk. Kulit ditumbuhi bulu-bulu bernama lanugo. Genital luarnya sudah mulai terbentuk. Itulah kenapa minggu ke-13 sampai ke-17 kita bisa mengetahui gendernya melalui USG. Tulang sudah mulai kelihatan, walaupun belum benar-benar jadi tulang sampai dia lahir nanti. Bayi pada bulan ke-4 ini masih kelihatan kecil walaupun sudah berbentuk.
  • 13. BULAN ke- 5 :proses pertumbuhan telinga. Sudah bisa mendengar suara jantungdan aliran darah ibunya, kemungkinan suara ibunya. Namunbelum bisa mendengar kebanyakan suara luar. Meconium, aliaspoop pertama, yang nanti keluar setelah bayi lahir, mulaiterbentuk.
  • 14. BULAN ke 6 – 9 : Perubahan pada Bayi hanya berkisar pada volume saja, yaitu membesarnya semua anggota tubuh, rambut, kuku dan lain-lainnya.
  • 15. Proses Kelahiran BayiProses kelahiran bayi yang berlangsung normal dibagi dalam tigatahap atau kala. Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui prosestersebut agar Anda bisa menyikapinya secara tepat.
  • 16. Tahap pertama (pembukaan) Tahap ini merupakan yang paling lama, dimulai dari kontraksi sampai saluran rahim terbuka penuh oleh kepala bayi. Kontraksi yang lemah namun teratur dimulai dari bagian atas rahim ke bawah sampai vagina, biasanya diawali dengan nyeri di punggung terus menjalar menjadi seperti kram di perut bawah. Sedikit demi sedikit kontraksi akan semakin seringdan kencang untuk mengeluarkan mendesak kepala bayi ke mulut rahim. Setiap kontraksi berlangsung 30 sampai 60 detik. Jarak antar kontraksi adalah 10-20 menit. Rasa sakit menghilang setiap kali rahim mengendor atau berkurang.
  • 17. Mulut rahim menjadi lunak, tipis dan melebar sehingga memudahkanbayi keluar dari rahim.Sedikit cairan dan darah biasanya ikut menyertai proses persalinan, sebelumakhirnya pecah air ketuban. Tahap kedua (mengedan) Tahap dari pembukaan penuh sampai bayi lahir. Dalam tahap ini bayi lahir melalui mulut rahim ke vagina, lalu dikeluarkan. Tahap ini biasanya berlangsung kurang dari satu jam untuk persalinan pertama. Pada persalinan kedua, hanya sekitar 20 menit. Ibu akan merasakan keinginan untuk mengedan (menekan otot perut) dan merasakan sensasi seperti orang yang ingin buang air besar. Semakin lama, dorongan mengedan itu akan semakin kuat dan sering. Bayi lalu akan keluar melalui mulut rahim.
  • 18. Pada posisi normal di mana kepala keluar terlebih dahulu, kepala bayiberfungsi sebagai pembuka jalan. Dengan demikian, bayi dapat bernafasbahkan sebelum seluruh badan keluar dari rahim. Tahap ketiga (plasenta) Pada tahap ini plasenta (jawa: ari-ari) akan terlepas dari dinding rahim. Prosesnya biasanya terjadi 15-20 menit setelah kelahiran bayi. Kontraksi rahim yang keras terus berlanjut setelah kelahiran bayi dan akan menekan pembuluh darah, mengurangi perdarahan dan menyebabkan plasenta lepas dari dinding rahim.
  • 19. Apabila ada kesalahan, kami mohon maaf

×