Uploaded on

 

  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
914
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
27
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide

Transcript

  • 1. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS SD “Lembar Kerja Siswa” Dosen Pembina: Dra. Hj., DWI RETNANI S., M.SI Drs. H., ATNURI, SH.
  • 2. ✿ Nama Kelompok ✿ Aris Dwi Winanda (118000012) Luluk Ernawati (118000019) Eka Putri R. (118000094) Siti Cholifah (118000103) Eny Lathifah (118000116)
  • 3. Pendahuluan Pelaksanaan kurikulum harus didukung oleh strategi dan kegiatan belajar mengajar yang sesuai. Penerapan suatu media pengajaran harus ditinjau dari segi keefektifan, keefisienan, karakteristik materi pelajaran dan keadaan siswa. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan alat yang bermanfaat bagi guru terutama untuk memudahkan pemberian tugas, baik yang berupa kegiatan maupun evaluasi. Penggunaan LKS sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  • 4. “Lembar Kerja Siswa”
  • 5. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan LKS adalah lembar kerja yang berisikan informasi dan interaksi dari guru kepada siswa agar dapat mengerjakan sendiri suatu aktifitas belajar, melalui praktek atau penerapan hasil-hasil belajar untuk mencapai tujuan intruksional. LKS dibagi menjadi 2 yaitu lembar kerja siswa tertutup, yaitu lembaran kegiatan siswa yang digunakan dalam pembelajaran dikelas secara teratur dan sistematis) dan LKS terbuka, yaitu lembar kegiatan siswa yang di dalamnya tidak terikat dengan aturan-aturan
  • 6. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan Menurut Sudiati (2003: 11-12) dalam gudang materi.com, manfaat LKS antara lain: Sebagai alternatif guru untuk mengarahkan pengajaran atau memperkenalkan suatu kegiatan tertentu. Dapat mempercepat proses belajar mengajar dan hemat waktu mengajar. Dapat mengoptimalkan alat bantu pengajaran yang terbatas.
  • 7. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan  Memberi pengetahuan, sikap & keterampilan yang perlu dimiliki oleh siswa  Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa  Mengembangkan dan menerapkan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara lisan.  Memperbaiki minat siswa untuk belajar, misalnya membuat LKS lebih sistematis, berwarna serta bergambar untuk menarik perhatian dalam mempelajari LKS.  Membantu siswa dalam memperoleh catatan materi yang dipelajari melalaui kegiatan pembelajaran.
  • 8. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan Dari sudut pandang siswa, fungsi LKS sebagai sarana belajar baik di kelas maupun di luar kelas. Sehingga siswa berpeluang besar untuk mengambangkan kemampuan, menerapkan pengetahuan, melatih ketrampilan, memproses sendiri dengan bimbingan guru untuk mendapatkan sesuai dengan tujuan hasil belajar. Dari sudut pandang guru, media LKS banyak digunakan untuk memancing aktivitas belajar siswa. Karena dengan LKS siswa akan merasa diberi tanggung jawab moril untuk menyelesaikan suatu tugas, guru tidak memberi jawaban akan tetapi siswa diharapkan dapat menyelesaikan dan memecahkan masalah yang ada dalam LKS tersebut dengan bimbingan atau petunjuk dari guru.
  • 9. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan         Kesimpulan   Nomor LKS Judul Kegiatan, berisi topik kegiatan sesuai dengan KD. Petunjuk belajar Kompetesi yang akan dicapai berdasarkan pada indikator Indikator Informasi pendukung Prosedur Kerja Tabel Data, berisi tabel di mana siswa dapat mencatat hasil pengamatan atau pengukuran. Untuk kegiatan yang tidak memerlukan data, maka bisa diganti dengan kotak kosong di mana siswa dapat menulis, menggambar, atau berhitung. Bahan diskusi Penilaian, guru dapat melakukan penilaian kinerja, penilaian obseravasi dan penilaian fortofolio.
  • 10. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan LKS memiliki soal-soal yang harus dikerjakan siswa, dan kegiatankegiatan seperti percobaan yang mengharuskan siswa untuk terjun kelapangan. LKS merupakan bahan ajar cetak. Materi yang disajikan merupakan rangkuman yang tidak terlalu luas pembahasannya tetapi sudah mencakup apa yang akan dikerjakan atau dilakukan oleh siswa
  • 11. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan Langkah-langkah dalam penyusunannya. Antara lain: Analisis kurikulum untuk menentukan materi yang memerlukan bahan ajar. Menyusun peta kebutuhan Lembar Kerja Siswa (LKS). Menentukan judul Lembar Kerja Siswa (LKS). Penulisan Lembar Kerja Siswa (LKS) Menentukan rumusan Kompetensi Dasar dan Indikator dari pengembangan Silabus. Menentukan alat pemikiran. Menyusun materi sesuai dengan Indikator dari Kompetensi Dasar.
  • 12. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan Soal-soal yang tertuang pada lembar kerja siswa cenderung monoton LKS hanya melatih siswa untuk menjawab soal, tidak efektif tanpa ada sebuah pemahaman konsep materi secara benar Media cetak hanya lebih banyak menekankan pada pelajaran yang bersifat kognitif, jarang menekankan pada emosi dan sikap. LKS yang dikeluarkan penerbit cenderung kurang cocok antara konsep yang akan diajarkan dengan LKS tersebut
  • 13. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan  Guru dapat menggunakan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran mandiri bagi peserta didik.  Meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.  Materi didalam LKS lebih ringkas dan sudah mencakup keseluruhan materi.  Dalam kegiatan kelompok dapat membuat siswa berinteraksi dengan sesama teman.  Guru dapat mengetahui sejauh mana pencapaian siswa dalam suatu pokok bahasan, melalui LKS yang telah dikerjakan oleh siswa.
  • 14. Pengertian Manfaat, Tujuan & fungsi Komponen & Kriteria Prosedur Menyusun Kekurangan & Kelebihan Kesimpulan Dengan adanya media Lembar Kerja Siswa (LKS) diharapkan dapat menjadikan peserta didik aktif dan cepat tanggap, serta kreatif. LKS dapat digunakan pada peserta didik untuk mengamati kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik siswa. Dapat pula digunakan dalam pendekatan ketrampilan proses, dimana Siswa berlatih mengumpulkan kosep sebanyak-banyaknya tentang materi yang akan dipelajari melalui LKS dan kemudian didiskusikan untuk memperoleh kesimpulan mengenai definisi dan karakteristik materi yang dipelajari.