Bunyi ppt

7,564 views
7,299 views

Published on

2 Comments
1 Like
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
7,564
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
1
Actions
Shares
0
Downloads
373
Comments
2
Likes
1
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Bunyi ppt

  1. 1. NAMA KELOMPOK1. Yuli Rahmawati2. Intan Nurul Arifin3. Damayanti Cambodia4. Arista Syahril A.5. Erwin Prasetyo D. W.6. Rizka Pratiwi Jaya
  2. 2. GELOMBANG BUNYI
  3. 3. Sifat Bunyi Reproduksi Suara dan KebisinganSpektrum Suara Gelombang Bunyi Catatan Irama
  4. 4. SIFAT BUNYISifat-sifat Bunyi Pantul bunyi Kualitas Suara CepatKarakteristik Rambat Bunyi Bunyi
  5. 5. Sifat-sifat bunyi meliputi : Merambat membutuhkan medium Merupakan gelombang longitudinal Dapat dipantulkan
  6. 6. Karakteristik Bunyi ada beberapa macam antara lain : Nada adalah bunyi yang frekuensinya teratur. Desah adalah bunyi yang frekuensinya tidak teratur. Warna bunyi adalah bunyi yang frekuensinya sama tetapi terdengar berbeda. Dentum adalah bunyi yang amplitudonya sangat besar dan terdengar mendadak.
  7. 7. CEPAT RAMBAT BUNYI Kerapatan partikel medium yang dilalui bunyi. Semakin rapat susunan partikel medium maka semakin cepat bunyi merambat, sehingga bunyi merambat paling cepat pada zat padat. Suhu medium, semakin panas suhu medium yang dilalui maka semakin cepat bunyi merambat. Hubungan ini dapat dirumuskan kedalam persamaan matematis (v = v0 + 0,6.t) dimana v0 adalah cepat rambat pada suhu nol derajat dan t adalah suhu medium.
  8. 8. BUNYI PANTULBunyi pantul dibedakan menjadi 3 macam yaitu : Bunyi pantul memperkuat bunyi asli yaitu bunyi pantul yang dapat memperkuat bunyi asli. Biasanya terjadi pada keadaan antara sumber bunyi dan dinding pantul jaraknya tidak begitu jauh (kurang dari 10 meter) Gaung adalah bunyi pantul yang terdengar hampir bersamaan dengan bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak antara 10 sampai 20 meter. Gema adalah bunyi pantul yang terdengar setelah bunyi asli. Biasanya terjadi pada jarak lebih dari 20 meter
  9. 9. Beberapa manfaat gelombang bunyi dalam hal ini adalah pantulan gelombang bunyi adalah dapat digunakan untuk mengukur kedalaman laut disini yang digunakan adalah bunyi ultrasonik mendeteksi janin dalam rahim, biasanya menggunakan bunyi infrasonik mendeteksi keretakan suatu logam dan lain-lain. diciptakannya speaker termasuk manfaat dari bunyi audiosonik.
  10. 10. KUALITAS SUARA Kualitas suara dapat didefinisikansebagai tingkat akurasi yang dengan catatanperangkat atau memancarkan gelombangsuara asli. kualitas suara ditentukan olehkualitas nada dari instrumen, dan ciri-cirifisik dari tempat tersebut
  11. 11. SPEKTRUM SUARA : FUNDAMENTAL DAN NADA TINGGI Sebuah spektrum suara merupakan representasi dari suara - biasanya contoh singkat dari suara - dalam hal jumlah getaran pada setiap frekuensi individu. spektrum bunyi biasanya diukur dengan menggunakan : mikrofon yang mengukur tekanan suara selama suatu interval waktu tertentu, sebuah konverter analog-digital yang mengubah ini untuk serangkaian nomor (mewakili tegangan mikrofon) sebagai fungsi dari waktu, dan komputer yang melakukan perhitungan atas angka- angka.
  12. 12. CATATAN IRAMApersesuaian ditetapkan dalam perbandiganfrekuensi, ketika perbandingan 1:1 frekuensi menjadisangat pendek. Dua frekuensi yang hampir samabercampur hingga menghasilkan tingkat bunyi yangtinggi & rendah. Kekerapan dari irama dari perbedaanjaraknya antara dua gelombang bunyi frekuensi, beat =⃒FA - FB ⃒ ketika perbedaan lebih dari 7Hz telnganmedeteksi getaran ini sebagai getaran suara yangkeras.
  13. 13. REPRODUKSI SUARA DAN KEBISINGAN Sering kali suara yang telah dicatat dan dimainkan itu melalui sistem elektronik. Untuk mereproduksi suara ini sistem harus mengakomodasi semua frekuensi sama. Sebuah sistem stereo yang bagus menyimpan amplitudo dari seluruh frekuensi antara 20 dan 20,000 Hz sama untuk dalam waktu 3 dB. Sebuah sistem telepon, di sisi lain, kebutuhan hanya untuk mengirimkan informasi dalam bahasa lisan. Frekuensi antara 300 dan 3000 Hz yang cukup. Mengurangi jumlah frekuensi ini membantu mengurangi kebisingan. orang mengklaim bahwa mendengarkan suara memiliki efek menenangkan, dan beberapa kebisingan penggunaan dokter gigi untuk membantu pasien mereka bersantai.
  14. 14. Terima KasihAtas Perhatiannya

×