• Like
Peran orang-tua-dan-pendidik-dalam-mendukung-paud
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

Published

Presentasi dalam sebuah seminar yang ditujukan untuk mengajak kesadaran para orang tua/wali murid PAUD tentang pentingnya dukungan orang tua dan lingkungan terhadap progam pendidikan di …

Presentasi dalam sebuah seminar yang ditujukan untuk mengajak kesadaran para orang tua/wali murid PAUD tentang pentingnya dukungan orang tua dan lingkungan terhadap progam pendidikan di PAUD.

Selain itu, pemahaman tentang metode pembelajaran anak dan orang dewasa yang berbeda diharapkan akan membuat orang tua bisa berperan efektif dalam mendukung pendidikan anaknya - dan di sisi lain dapat terus meningkatkan kapasitas diri sendiri guna membantu anak-anak untuk belajar.

Published in Education
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Be the first to comment
    Be the first to like this
No Downloads

Views

Total Views
3,208
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0

Actions

Shares
Downloads
105
Comments
0
Likes
0

Embeds 0

No embeds

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
    No notes for slide
  • Image Sources: http://www.flickr.com/photos/cat_bus/2436839379/sizes/l/ http://www.flickr.com/photos/chippenziedeutch/1338350448/sizes/l/ http://www.flickr.com/photos/17625613@N00/63534223/sizes/o/ http://www.flickr.com/photos/andy_bernay-roman/740526711/sizes/o/ http://www.flickr.com/photos/criminalintent/2246696077/sizes/l/ http://www.flickr.com/photos/criminalintent/2300328819/sizes/l/in/set-72157603816609718/ http://www.flickr.com/photos/criminalintent/2344482203/sizes/l/in/set-72157603816609718/ http://www.flickr.com/photos/billward/110319298/sizes/o/ http://www.flickr.com/photos/ginamig/2283868571/sizes/l/ http://www.flickr.com/photos/cochese/1388690893/sizes/o/

Transcript

  • 1. Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini PAUD-BALQIS Muntilan, 5 Juni 2011
  • 2. Pedagogi (paid = Andragogi berasal dari anak-anak, agogus bahasa Yunani, anere = pemimpin), yaitu yang berarti dewasailmu mendidik anak- dan agogus yang berarti anak. pemimpin, yang mengacu pada ilmu membantu orang dewasa belajar. Then I got to meet my Daddy & we fell in love!
  • 3. Riyanto Suwito Lahir di Cilacap, 13 April 1977  Wakil ketua Badan Pengurus Menyelesaikan studi sarjana PKPEK – Yogyakarta bidang ilmu ekonomi, jurusan  Sekretaris Umum Yayasan Ash akuntansi Sholihah Muntilan (YAM) CRS-Link’s Certified Trainer on  Trainer dan konsultan associate di Financial Education for The Poor. Frontier Indonesia, Bina Swadaya Pengalaman hidup & karir: staf Konsultan, InProSuLA dll auditor, asisten dosen, guru,  Status kependudukan warga dosen, trainer Yogyakarta, DIY, sementara ini Beragam posisi manajerial dan tinggal di Muntilan, Magelang konsultatif di lembaga pendidikan  Saat ini tinggal bersama dua dan pemerintahan (UTY orang perempuan. Yogyakarta, BID Propinsi DIY dll). Minat: kewirausahaan, pendidikan, leadership, manajemen dan teknologi informasi
  • 4. Pendidikan Anak Usia Diniadalah suatu upaya pembinaanyang ditujukan kepadaanak sejak lahir sampai denganusia enam tahun yang dilakukanmelalui pemberianrangsangan pendidikan untukmembantu pertumbuhan danperkembangan jasmanidan rohani agar anak memilikikesiapan dalam memasukipendidikan lebih lanjut.(UU 20 tahun 2003, tentangSisdiknas)
  • 5. •Hubungan mengatur (directing relationship); guru dominan, siswa tergantung •Komunikasi satu arah dari guru ke murid; pengalaman guru dinilai sebagai sumber belajar yang utama. •Siswa dikelompokkan berdasarkan tingkatan dan kelas; guru membuat keputusan kurikulum untuk siswa.Sebagai anak-anak, kita terlibat •Guru sebagai kuratordalam proses pendidikan yang pengetahuan masa lalu;mengumpulkan informasi untuk pengelompokan informasidigunakan nanti di masa depan, dalam subyek yangsetelah kelulusan. dipelajari sekarang untuk digunakan “nanti”.
  • 6. Orang dewasa belajar dengan lebih efektif melaluicara visual dan interaktif, sementara media cetakdan oral kurang disukai (James & Galbraith, 1984) Karena cara belajar orang dewasa berbeda dengan cara belajar anak-anak, muncul ilmu mendidik orang dewasa, yang disebut andragogi.
  • 7. Pendidikan orang dewasa lebih merupakan problemcentered daripada subject centered. Ini merupakanproses untuk menemukan masalah dan mengatasimasalah sekarang juga. Menemukan ‘di mana kita sekarang’ dan ‘kita akan kemana’ merupakan inti dari pendekatan pendidikan orang dewasa.
  • 8. Karakteristik orang dewasa dalambelajar (Malcom Knowles) Orang dewasa adalah mandiri dan mengarahkan diri sendiri (self-directed). Mereka butuh kebebasan untuk mengarahkan diri mereka. Orang dewasa sudah mengumpulkan dasar pengalaman hidup dan pengetahuan yang bisa meliputi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pekerjaan, tanggung jawab keluarga, dan pendidikan sebelumnya. Orang dewasa berorientasi pada tujuan (goal oriented).
  • 9. Karakterisitik orang dewasa dalambelajar… Orang dewasa berorientasi pada relevansi (relevancy-oriented). Orang dewasa adalah praktis, berfokus pada aspek-aspek pelajaran yang paling berguna dalam pekerjaannya. Orang dewasa mempunyai kebanggaan. Harga diri dan ego bisa menimbulkan risiko bila tidak dihormati.
  • 10. Empat unsur belajar yang penting dan harusdilakukan agar peserta mau belajar (Lieb, 1991)1. Motivasi (motivation)2. Penguatan (reinforcement)3. Pengendapan (retention)4. Penerapan (transference) `
  • 11. Motivasi Dengan melihat manfaat belajar, peserta akan termotivasi. Dengan adanya motivasi, mereka akan tertarik untuk belajar.
  • 12. Penguatan Positivereinforcement biasanya digunakan untuk mengajarkan sesuatu yang baru; Sebaliknya, negative reinforcement sangat berguna untuk mencoba mengubah perilaku.
  • 13. Pengendapan Agar peserta bisa Pembelajar bisa mengendapkan informasi mengingat: yang didapat, mereka  20 % dari yang didengar harus melihat arti atau  40 % dari yang didengar maksud dari informasi dan dilihat tersebut.  80 % dari yang mereka Di samping itu, mereka temukan sendiri juga harus memahami dan mampu menginterpretasikan dan menerapkan informasi yang didapat.
  • 14. PenerapanPenerapan ini kemungkinan besar akan muncul dalam situasi berikut: Asosiasi: peserta bisa mengasosiasikan informasi baru dengan sesuatu yang sudah mereka ketahui sebelumnya. Kemiripan: informasinya mirip dengan materi yang sudah diketahui peserta; artinya, mengingatkan kembali akan pola atau kerangka logis.
  • 15. Empat prinsip dalam pembelajaran orangdewasa (Malcolm Knowles)1. Respect (hormat)2. Experience (pengalaman)3. Immediacy (secepatnya)4. 20%, 40%, 80% (kemampuan mengingat)
  • 16. Sehingga …. Tumbuh kembang anak menjadi domain Pendidikan Anak Usia Dini; Proses pendidikan anak usia dini membutuhkan peran aktif orang dewasa (orang tua, guru, dan lingkungan); Orang tua sebaiknya juga terus mendidik dirinya sendiri – agar dapat membantu anak usia dini tumbuh menjadi manusia seutuhnya; Konsep pendidikan orang dewasa memang berbeda dengan anak-anak, meski ada kesamaannya tapi jangan lantas menyamaratakan;
  • 17. Terima kasih ! Riyanto Suwito 081 227 12 426 riyantosuwito@gmail.com www.facebook.com/riyantosuwito www.twitter.com/riyantosuwito http://riyantosuwito.wordpress.com