Tugas kurikulum &pembelajaran. rita sri.n
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Tugas kurikulum &pembelajaran. rita sri.n

on

  • 1,092 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,092
Views on SlideShare
1,092
Embed Views
0

Actions

Likes
1
Downloads
17
Comments
0

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Tugas kurikulum &pembelajaran. rita sri.n Tugas kurikulum &pembelajaran. rita sri.n Presentation Transcript

  • TUGAS KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN Disusun oleh: Nama: Rita Sri Nurhandayani NIM: 2011031123 Kelas: II D PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS KUNINGAN 2013
  • IDENTITAS BUKU Judul Buku:“Kurikulum & Pembelajarn dalam Paradigma Baru” Nama pengarang: “Akhmad sudrajat MPd” Penerbit: “ Paramitra Publishing” Tahun terbit: “ April, 2011”
  • BAB 1 KONSEP DASAR KURIKULUM Pengertian kurikulum Kedudukan kurikulumKonsep Dasar Kurikulum Fungsi kurikulum Hubungan kurikulum dengan teori pendidikan Organisasi kurikulum
  • DESKRIPSI SINGKATo Kurikuum adalah seperangkat rencana proses pembelajaran yang di dalamnya terdapat metode, media, bahan, yang di jadikan sebagai acuan dalam pencapaian tujuan pendidikan.o Kedududkan kurikulum itu sangat penting, karena merupakan komponen utama yang di laksanakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan, dimana dalam hal ini guru menjadi kunci utama dalam pelaksanaan dan pengembangan kurikulum.o Fungsi kurikulum ada empat, yaitu: bagi guru, bagi sekolah, bagi masyarakat dan siswa sebagai subjek pendidikan.o Hubungan kurikulum dengan teori pendidikan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pendidikan, dimana suatu kurikulum di susun dengan mengacu pada satu atau lebih beberapa teori kurikulum berdasarkan teori pendidikan tertentu.o Organisasi kurikulum yaitu struktur program kurikulum berupa kerangka umum program pengajaran yang di berikan kepada peserta didik.
  • REFLEKSIo Kurikulum merupakan seperangkat rencana yang di buat sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Kurikulum juga memiliki fungsi yang kompleks bagi setiap elemen, karena kedudukannya sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan.
  • BAB II LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM Landasan filosofis Landasan psikologis Landasan pengembanagan kurikulum Landasan sosiologisLandasan dan prinsip Landasan IPTEK pengembangan kurikulum PRINSIP RELEVANSI Prinsip PRINSIP PLEKSIBILITAS pengembangan PRINSIP KONTINUITAS kurikulum PRINSIP EFISIENSI PRINSIP EFEKTIVITAS
  • DESKRIPSI SINGKATo Landasan filosopis merupakan landasan utama dalam pengembangan kurikulum yang mengacu kepada untuk apa, dan harus bagaimana serta langkah-langkah apa yang harus di tempuh dalam pendidikan tersebut.o Landasan psikologis yaitu landasan yang di buat sebagai acuan dalam pengembangan kurikulum dilihat dari prilaku siswa.o Landasan sosiologis adalah kebudayaan yang beraneka ragam bisa mempengaruhi pengembangan kurikulum.o Landasan IPTEK di gunakan untuk sejauh mana keberadaan media informasi dapat di pergunakan oleh insan pendidikan dalam pembelajaran dan sebagai media untuk menambah wawasan/pengetahuan.o Prinsip-prinsip belajar diantaranya: prinsip relevansi, fleksibilitas, kontinuitas, efisiensi, dan efektivitas.
  • REFLEKSI o Kurikulum itu di bangun atas beberapa landasan, dimana setiap landasan memiliki peranan yang penting, jika salah satu landasan tidak ada, maka pengembangan kurikulum tidak akan seimbang. o Prinsip pengembangan kurikulum di setiap sekolah itu berbeda-beda, karena di sesuaikan dengan lingkungan sekolahnya, dimana prinsip pengembangan kurikulum menjadi sangat penting karena merupakan salah satu indikator dari keberhasilan kurikulum itu sendiri.
  • BAB III KOMPONEN KURIKULUM Komponen TujuanKomponen Komponen materiKurikulum Komponen Metode Context Input Komponen Evaluasi Proses Product
  • DESKRIPSI SINGKAT o Komponen kurikulum itu di bagi menjadi 4, yaitu komponen tujuan, materi, metode, dan evaluasi. o Komponen tujuan adalah komponen yang mengacu kepada hal-hal yang ingin di capai dalam proses pendidikan. o Komponen materi adalah komponen yang berisi bahan ajar atau materi pembelajaran yang akan di berikan kepada siswa. o Komponen metode adalah komponen yang berisi tentang cara atau strategi seperti apa yang akan di gunakan dalam proses belajar mengajar. o Metode evaluasi adalah metode yang di gunakan untuk mengetahui,menilai, memeriksa sejauh mana tingkat pencapaian tujuan pendidikan yang telah di rencanakan.
  • REFLEKSI Komponen-komponen kurikulum o Tujuan, meiliki peranan penting bagi pendidikan yaitu bertujuan agar siswa dapat mencapai perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik. o Materi/bahan ajar merupakan komponen yang d gunakan agar siswa dapat meningkatkan pengetahuaanya, sikap,keterampilan dsb. o Metode pembelajaran merupakan cara atau gaya mengajar seperti apakah yang akan di berikan oleh guru kepada siswanya. o Evaluasi merupakan komponen yang di gunakan untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah di capai melalui kurikulum yang bersangkutan.
  • BAB IV BELAJAR: KONSEP DAN TEORI Hakikat belajarBelajar Teori Behaviorisme Pilar belajar Teori kontruktivisme Teori-teori pokok belajar Teori gestalt
  • DESKRIPSI SINGKAT o Hakikat belajar adalah terjadinya proses perubahan tingkah laku pada diri siswa sebagai respon dari bentuk pengetahuan, sikap, kecakapan dan kebiasaan. o Pilar belajar mencakup learning to know (belajar mengetahui), learning to do (belajar berkarya), lerning to life together (belajar hidup bersama) dan learning to be (belajar berkembang utuh). o Teori-teori belajar diantaranya ada teori Behaviorisme (mengacu kepada belajar sebagai hasil, dan mengajar sebagai transfer of knowledge), teori Kognitivisme ( mengacu kepada hasil pemikiran dan keyakinan), dan teori belajar Gestalt ( belajar itu hasil dari bentuk dan konfigurasi dimana objek atau peristiwa tertentu dipandang sebagai suatu keseluruhan yang terorganisir)
  • REFLEKSIo Hakikat belajar adalah terjadinya perubahan tingkah laku pada diri siswa yang di tuangkan dalam bentuk sikap, keterampilan, kebiasaan, pengetahuan dsb.o Pilar belajar pada hakikatnya adalah suatu proses belajar yang di lakukan oleh siswa, baik itu belajar mengetahui, berkarya, bersosialisai, dan berkembang.
  • BAB VPEMBELAJARAN: KONSEP, DASAR DAN RAGAM
  • DESKRIPSI SINGKAT o Pembelajaran adalah interaksi dan komunikasi yang bersifat timbal balik antara guru dengan siswa untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. o Prinsip pembelajaran ada 7, yaitu: adanya frekuensi kontak antara guru dengan siswa, adanya upaya peningkatan belajar siswa, adanya sikap aktif siswa dalam belajar, adanya umpan balik, pemanfaatan waktu yang efisien, adanya harapan yang lebih, dan banyak jalan untuk belajar. o Komponen-komponen dalam pembelajaran: raw input, instrumental input, enviromental input, dan expected output. o Ragam pembelajaran yaitu bentuk-betuk dalam proses pembelajaran.
  • REFLEKSI o Pembelajaran adalah interksi antara guru dan siswa dalam kegiatan belajar. Dimana dalam hal ini siswa dan guru sama-sama harus aktif sehingga bisa tercipta pembelajaran yang efektif. o Prinsip-prinsip belajar di gunakan sebagai panduan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, baik guru,siswa, pihak sekolah, dan pemerintah serta pihak lainnya.
  • BAB VI PERAN DAN KOMPETENSI GURUPeran dan kompetensi siswa Peran guru dalam pembelajaran•Sebagai manajerpembelajaran Kompetensi•Sebagai fasilitator Guru•Sebagai motivator•Sebagaipembimbing Keterampilan Dasar Mengajar
  • DESKRIPSI SINGKAT o Peranan guru dalam pembelajaran sangatlah kompleks, dimana guru memiliki peranan sebagai fungsi menajemen, sebagai fasilitator, sebagai motivator dan sebagai pembimbing. o Kompetensi guru yaitu gambaran tentang tentang apa yang seyogyanya dapat di lakukan seorang guru dalam melaksanakan pekerjaannya. Baik berupa kegiatan, prilaku maupun hasil yang dapat di tunjukan. o Keterampilan dasar mengajar harus selayaknya di miliki oleh seorang guru, baik itu berupa keterampilan tekhnis maupun keterampilan dasar lainnya
  • REFLEKSI o Seorang guru memiliki peranan penting yang sangat kompleks dalam dunia pendidikan. o Seorang guru harus memiliki kompetensi yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar, seperti pengetahuan, keterampilan dan sikap yang baik. o Selain kompetensi seorang guru harus memiliki keterampilan dasar mengajar.
  • BAB VII PROSES PEMBELAJARAN oPendekatan Pengertian oSrategi oMetode Strategi oSkill pembelajaran pembelajaran PROSESPEMBELAJARAN Metode oDiskusi pembelajaran oSimulasi oProblem solving Media oKerja kelompok pembelajaran oProyek oKarya wisata oPenugasan Sumber belajar oeksperimen
  • DESKRIPSI SINGKATo Proses pembelajaran mencakup beberapa hal, yaitu pendekatan pembelajaran, strategi,metode dan skill.o Strategi serta metode dalam proses pembelajaran di gunakan untuk menentukan cara, tehnik serta gaya pembelajarn yang akan di gunakan oleh seorang guru dalam proses belajar mengajar.o Media pembelajaran di gunakan sebagai alat bantu guru untuk mengajar.o Sumber belajar merupakan semua sumber berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat di gunakan oleh siswa dan guru sebagai media belajar.
  • REFLEKSI o Dalam proses pembelajaran hal-hal yang harus dilakukan oleh seorang guru adalah menentukan pendekatan apa yang akan di gunakan dalam proses belajar mengajar, menentukan metode, media dan sumber belajar sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai.
  • KURIKULUM & PEMBELAJARAN DALAM PARADIGMA BARU 7 PROSES PEMBELAJARAN 6 1 PERAN & KONSEP KOMPETENSI DASAR GURU KURIKULUM KURIKULUM & 5 PEMBELAJARAN PEMBELAJARA 2 N: KONSEP DASAR & LANDASAN& RAGAM PRINSIP 4 3 KONSEP DAN KOMPONEN- TEORI KOMPONEN BELAJAR
  • REFLEKSIo Kurikulum sebagai acuan/pedoman, dimana di dalamnya terdapat seperangkat rencana yang terdiri dari tujuan, isi, bahan, dan metode untuk mencapai tujuan pendidikan. Landasan dalam kurikulum di buat sebagai dasar pengembangan kurikulum.o Komonen kurikulum di buat agar kita tahu apa-apa saja yang harus ada dalam kurikulum. Konsep dan teori belajar membantu kita dalam menumbuhkan pengetahuan kita tentang hakikat sebenarnya dari belajar itu sendiri.o Pembelajaran yang efektif adalah adanya interaksi yang aktif antara siswa dan guru. selain itu juga guru memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran, oleh karena itu guru harus memiliki kompetensi dan keterampilan dasar mengajar, sehingga seorang guru dapat mengembangkan pengetahuannya dalam proses belajar mengajar.o Proses pembelajaran di lakukan sesuai dengan pendekatan, strategi, dan metode yang telah di tentukan, dan selain itu juga harus di dukung oleh media dan sumber belajar yang dapat mendukung proses belajar mengajar.