Semikonduktor

1,330 views
1,191 views

Published on

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total views
1,330
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
111
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Semikonduktor

  1. 1. SEMIKONDUKTOR
  2. 2. Pengertian UmumDisebut semi atau setengah konduktor, karenabahan ini memang bukan konduktor murni.Bahan - bahan logam sepertitembaga, besi, timah disebut sebagaikonduktor yang baik sebab logam memilikisusunan atom yang sedemikian rupa, sehinggaelektronnya dapat bergerak bebas.
  3. 3.  Sebuah atom tembaga (Cu) memiliki inti 29 ion positif (+) dikelilingi oleh 29 elektron (- ). Sebanyak 28 elektron menempati orbit- orbit bagian dalam membentuk inti yang disebut nucleus. Dibutuhkan energi yang sangat besar untuk dapat melepaskan ikatan elektron-elektron ini. Satu buah elektron lagi yaitu elektron yang ke-29, berada pada orbit paling luar. Orbit terluar ini disebut pita valensi dan elektron yang berada pada pita ini dinamakan elektron valensi. Karena hanya ada satu elektron dan jaraknya jauh dari nucleus, ikatannya tidaklah terlalu kuat. Hanya dengan energi yang sedikit saja elektron terluar ini mudah terlepas dari ikatannya.
  4. 4. ikatan atom tembaga
  5. 5. Isolator adalah atom yang memiliki elektronvalensi sebanyak 8 buah, dan dibutuhkanenergi yang besar untuk dapat melepaskanelektron-elektron ini. Dapat ditebak,semikonduktor adalah unsur yang susunanatomnya memiliki elektron valensi lebih dari 1dan kurang dari 8. Tentu saja yang paling"semikonduktor" adalah unsur yang atomnyamemiliki 4 elektron valensi.
  6. 6. Susunan Atom SemikonduktorBahan semikonduktor yang banyak dikenal contohnyaadalah Silicon (Si), Germanium (Ge) dan GaliumArsenida (GaAs). Germanium dahulu adalah bahansatu-satunya yang dikenal untuk membuat komponensemikonduktor. Namun belakangan, silikon menjadipopular setelah ditemukan cara mengekstrak bahanini dari alam. Silikon merupakan bahan terbanyak kedua yang ada dibumi setelah oksigen (O2).
  7. 7. Struktur dua dimensi kristal Silikon
  8. 8. DOPINGPemberian doping dimaksudkan untukmendapatkan elektron valensi bebas dalamjumlah lebih banyak danpermanen, yang diharapkan akan dapatmengahantarkan listrik
  9. 9. Tipe-NBahan silikon diberi doping phosphorus atauarsenic yang pentavalen yaitu bahan kristaldengan inti atom memiliki 5 elektron valensi.Dengan doping, Silikon yang tidak lagi murni ini(impurity semiconductor) akan memilikikelebihan elektron. Kelebihanelektron membentuk semikonduktor tipe-n.Semikonduktor tipe-n disebut juga donor yangsiap melepaskan elektron.
  10. 10. doping atom pentavalen
  11. 11. Tipe-PKalau silikon diberi doping Boron, Gallium atau Indium,maka akan didapat semikonduktor tipe-p. Untukmendapatkan silikon tipe-p, bahan dopingnyaadalah bahan trivalen yaitu unsur dengan ionyang memiliki 3 elektron pada pita valensi. Karena ionsilikon memiliki 4 elektron, dengan demikian adaikatan kovalen yang bolong (hole). Hole inidigambarkan sebagai akseptor yang siap menerimaelektron. Dengan demikian, kekurangan elektronmenyebabkan semikonduktor ini menjadi tipe-p.
  12. 12. doping atom trivalen

×