Your SlideShare is downloading. ×
Jenis kapasitor
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Jenis kapasitor

9,971
views

Published on


1 Comment
1 Like
Statistics
Notes
  • thanks.........!!!!!!
       Reply 
    Are you sure you want to  Yes  No
    Your message goes here
No Downloads
Views
Total Views
9,971
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
142
Comments
1
Likes
1
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. JENIS-JENIS KAPASITOR
  • 2. Electrolytic Capacitor (ELCO)Elektroda dari kapasitor ini terbuat dari alumunium yangmenggunakan membran oksidasi yang tipis.Karakteristik utama dari Electrolytic Capacitor adalah perbedaanpolaritas pada kedua kakinya. Dari karakteristik tersebut kitaharus berhati – hati di dalam pemasangannya pada rangkaian,jangan sampai terbalik. Bila polaritasnya terbalik maka akanmenjadi rusak bahkan “MELEDAK”.Biasanya jenis kapasitor ini digunakan pada rangkaian powersupply, low pass filter , rangkaian pewaktu.Kapasitor ini tidak bisa digunakan pada rangkaian frekuensitinggi.Biasanya tegangan kerja dari kapasitor dihitung dengan caramengalikan tegangan catu daya dengan 2. Misalnya kapasitorakan diberikan catu daya dengan tegangan 5 Volt, berartikapasitor yang dipilih harus memiliki tegangan kerja minimum 2 x5 = 10 Volt.
  • 3. Electrolytic Capacitor (ELCO)
  • 4. Tantalum CapacitorMerupakan jenis electrolytic capacitor yang elektrodanya terbuatdari material tantalum.Komponen ini memiliki polaritas, cara membedakannya denganmencari tanda + yang ada pada tubuh kapasitor, tanda inimenyatakan bahwa pin dibawahnya memiliki polaritas positif.Diharapkan berhati – hati di dalam pemasangankomponen karena tidak boleh terbalik. Karakteristik temperaturdanfrekuensi lebih bagus daripada electrolytic capacitor yang terbuatdari bahan alumunium dan kebanyakan digunakan untuk sistemApplication note yang menggunakan sinyal analog.Contoh aplikasi yang menggunakan kapasitor jenis ini adalahnoise limiter, coupling capacitor dan rangkaian filter.
  • 5. Tantalum Capacitor
  • 6. Kapasitor KeramikKapasitor menggunakan bahan titanium acid barium untukdielektriknya. Karena tidak dikonstruksi seperti koil makakomponen ini dapat digunakan pada rangkaian frekuensitinggi.Biasanya digunakan untuk melewatkan sinyal frekuensitinggi menuju ke ground.Kapasitor ini tidak baik digunakan untuk rangkaian analog,karena dapat mengubah bentuk sinyal. Jenis ini tidakmempunyai polaritas dan hanya tersedia dengan nilaikapasitor yang sangat kecil dibandingkan dengan keduakapasitor di atas.
  • 7. Kapasitor Keramik
  • 8. Polyester Film CapacitorDielektrik dari kapasitor ini terbuat dari polyester film.Mempunyai karakteristik suhu yang lebih bagus dari semuajenis kapasitor di atas.Dapat digunakan untuk frekuensi tinggi. Biasanya jenis inidigunakan untuk rangkaian yang menggunakan frekuensitinggi, dan rangkaian analog. Kapasitor ini biasanya disebutmylar dan mempunyai toleransi sebesar ±5% sampai ±10%.
  • 9. Polyester Film Capacitor
  • 10. Polypropylene CapacitorKapasitor ini memiliki nilai toleransi yang lebih tinggi daripolyester film capacitor.Pada umumnya nilai kapasitansi dari komponen ini tidakakan berubah apabila dirancang disuatu sistem dimanafrekuensi yang melaluinya lebih kecil atau sama dengan100KHz. Pada gambar di bawah ditunjukkan kapasitorpolypropylenedengan toleransi ±1%
  • 11. Polypropylene Capacitor
  • 12. Kapasitor MikaJenis ini menggunakan mika sebagai bahan dielektriknya.Kapasitor mika mempunyai tingkat kestabilan yangbagus, karena temperatur koefisiennya rendah. Karenafrekuensi karakteristiknya sangat bagus, biasanya kapasitorini digunakan untuk rangkaian resonansi, filter untukfrekuensi tinggi dan rangkaian yang menggunakantegangan tinggi misalnya: radio pemancar yangmenggunakan tabung transistor. Kapasitor mika tidakmempunyai nilai kapasitansi yang tinggi.
  • 13. Kapasitor Mika
  • 14. Polystyrene Film CapacitorJenis ini menggunakan mika sebagai bahan dielektriknya.Kapasitor mika mempunyai tingkat kestabilan yangbagus, karena temperatur koefisiennya rendah. Karenafrekuensi karakteristiknya sangat bagus, biasanya kapasitorini digunakan untuk rangkaian resonansi, filter untukfrekuensi tinggi dan rangkaian yang menggunakantegangan tinggi misalnya: radio pemancar yangmenggunakan tabung transistor. Kapasitor mika tidakmempunyai nilai kapasitansi yang tinggi.
  • 15. Polystyrene Film Capacitor
  • 16. Kapasitor Variabel (VARCO)
  • 17. Kapasitor Variabel (VARCO)1. Trimmer KapasitorKapasitor jenis ini menggunakan keramik atauplastik sebagai bahan dielektriknya. Nilai darikapasitor dapat diubah – ubah dengan caramemutar sekrup yang berada diatasnya. Didalampemutaran diharapkan menggunakan obengyang khusus, agar tidak menimbulkan efekkapasitansi antara obeng dengan tangan.
  • 18. Kapasitor Variabel (VARCO)1. Trimmer Kapasitor
  • 19. Kapasitor Variabel (VARCO)2. Tuning CapacitorKapasitor ini dinegara Jepang disebut sebagai“Varicons”, biasanya banyak sekali digunakansebagai pemilih gelombang pada radio. Jenisdielektriknya menggunakan udara. Nilaikapasitansinya dapat dirubah dengan caramemutar gagang yang terdapat pada badankapasitor kekanan atau kekiri..
  • 20. Kapasitor Variabel (VARCO)2. Tuning Capacitor
  • 21. Menghitung Nilai KapasitorUntuk mencari nilai dari kapasitor biasanyadilakukan dengan melihat angka/kode yang terterapada badan kapasitor tersebut. Untuk kapasitor jeniselektrolit memang mudah, karena nilaikapasitansinya telah tertera dengan jelas padatubuhnya. Sedangkan untuk kapasitor keramik danbeberapa jenis yang lain nilainya dikodekan.Biasanya kode tersebut terdiri dari 4 digit, dimana 3digit pertama merupakan angka dan digit terakhirberupa huruf yang menyatakan toleransinya. Untuk3 digit pertama angka yang terakhir berfungsi untukmenentukan 10n, nilai n dapat dilihat pada tabelberikut:
  • 22. Menghitung Nilai KapasitorMisalnya suatu kapasitor pada badannya tertulis kode474J, berarti nilai kapasitansinya adalah 47 + 104 = 470.000 pF =0.47μF sedangkan toleransinya 5%. Yang harus diingat didalammencari nilai kapasitor adalah satuannya dalam pF (Pico Farad).
  • 23. Menghitung Nilai Kapasitor Misalnya suatu kapasitor pada badannya tertulis kode 474J, berarti nilai kapasitansinya adalah 47 + 104 = 470.000 pF = 0.47μF sedangkan toleransinya 5%. Yang harus diingat didalam mencari nilai kapasitor adalah satuannya dalam pF (Pico Farad).

×