Sistem telekomunikasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Sistem telekomunikasi

on

  • 348 views

 

Statistics

Views

Total Views
348
Views on SlideShare
347
Embed Views
1

Actions

Likes
1
Downloads
4
Comments
0

1 Embed 1

http://www.slideee.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Sistem telekomunikasi Sistem telekomunikasi Presentation Transcript

  • By : RIRIN ISLAMI
  • KATA PENGANTAR Puji syukurkami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada saya sehingga saya berhasil menyelesaikan powerpoint ini. Saya menyadari bahwa powerpoint ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan powerpoint ini.
  • DAFTAR ISI SLIDE
  • PENGERTIAN TELEKOMUNIKASI Telekomunikasi berasal dari duakatayaitu teledan komunikasi. Teleyang berarti jauh. Jadi, telekomunikasi ialah bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirimkan pesan dari satu tempat ketempat yang lain dan biasanyaberlangsung duaarah. Sedangkan menurut UU Telekomunikasi No.36 tahun 1999, pengertian telekomunikasi ialah setiap pemancaran, pengiriman atau penerimaan dari setiap informasi dalam bentuk tanda, isyarat, tulisan gambar, suaradan biasanyamelalui kawat, optik dan radio atau sistem elektronik lainnya.
  • BENTUK-BENTUK KOMUNIKASI Dalam kaitannya dengan “Telekomunikasi” bentuk komunikasi dapat dibedakan menjadi tiga yaitu : 1. Komunikasi Satu Arah (Simplex) : Pengirim dan dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi secara terus-menerus melalui media yang sama. Contoh : Telegraf, Televisi, dan Multimedia 2. Komunikasi Dua Arah (Duplex) : Pengirim dan dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi secara terus-menerus melalui media yang sama. Contoh : Telepon 3. Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex) : Pengirim dan dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi secara terus-menerus dan bergantian melalui media yang sama. Contoh: Chat Room
  • PENGERTIAN SISTEM TELEKOMUNIKASI Sistem Telekomunikasi adalah seluruh unsur atau elemen baik infrastruktur telekomunikasi, perangkat telekomunikasi, sarana dan prasarana telekomunikasi maupun penyelenggara telekomunikasi sehingga
  • TUJUAN DARI SISTEM TELEKOMUNIKASI Tujuan dari sistem telekomunikasi adalah menyampaikan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Komponen Pembangun Sistem Telekomunikasi Pengirim (Devices) : merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim. Medium : Udara, Antariksa, Kabel,kawat, Fiber optik. Media transmisi : alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima. Karena dalam jarak jauh, maka sinyal pengirim diubah lagi / dimodulasi agar dapat terkirim jarak jauh. Informasi (Message) : merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara, gambar, file, tulisan. Penerima : menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan. Aturan/standar : merupakan yang harus disepakati dalam pengiriman, pentransmisian, dan penerimaan informasi.
  • Komponen Pembangun Sistem Telekomunikasi
  • ISTILAH-ISTILAH SISTEM TELEKOMUNIKASI  Perangkat telekomunikasi adalah sekelompok alat komunikasi yang memungkinkan bertelekomunikasi.  Sarana dan prasarana telekomunikasi adalah segala sesuatu yang memungkinkan dan mendukung berfungsinya telekomunikasi.  Jasa telekomunikasi adalah layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan menggunakan jaringan telekomunikasi.  Pelanggan adalah perseorangan, badan hukum, instansi pemerintah yang menggunakan jaringan telekomunikasi atau jasa telekomunikasi berdasarkan kontrak.  Interkoneksi adalah keterhubungan antar jaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi yang berbeda.
  • Prinsip Kerja Sistem Telekomunikasi  Proses komunikasi diawali dengan sebuah pesan atau informasi yang harus dikirimkan dari individu/perangkat satu ke perangkat lain.  Pesan/informasi tersebut selanjutnya dikonfersi kedalam bentuk biner atau bit yang selanjutnya bit tersebut di encode menjadi sinyal. Proses ini terjadi pada perangkat encoder.  Sinyal tersebut kemudian oleh transmitter dikirimkan/dipancarkan melalui media yang telah dipilih.  Dibutuhkan media transmisi (radio, optik, coaxial, tembaga) yang baik agar gangguan selama disaluran dapat dikurangi.  Selanjutnya sinyal tersebut diterima oleh stasiun penerima. (receiver)  Sinyal tersebut oleh decoder di decode kedalam format biner atau bit yang selanjutnya diubah kedalam pesan/informasi asli agar dapat dibaca/didengar oleh perangkat penerima.
  • PENUTUP Demikian yang dapat sayapaparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam powerpoint ini, tentunyamasih banyak kekurangan dan kelemahannya, karenaterbatasnyapengetahuan dan kurangnyarujukan atau referensi yang ada hubungannyadengan judul powerpoint ini.