Your SlideShare is downloading. ×
0
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Fajar Satrio Java
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Fajar Satrio Java

292

Published on

info tentang java

info tentang java

Published in: Education
0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
292
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
34
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Fajar Satrio 1102412060 Rombel 3 Dosen Pengampu: Septia Lutfi, S. Kom, M. Kom
  • 2. Sebagai salah satu bahasa pemrograman, Java bisa membuat semua bentuk aplikasi, desktop, web dan lainnya, seperti dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman konvensional yang lain. Java adalah bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon seluler. Bahasa ini mulanya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems saat ini termasuk bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengadopsi sintaksis yang terdapat pada C dan C++ tetapi dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana serta dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal.
  • 3. Sejarah dan Pengertian JAVA Variabel dan Tipe Data Java Macam-macam Javascript Framework
  • 4. Java dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank, dan Mike Sheridan dari Sun Microsystems, Inc pada tahun 1991. Mereka memakan waktu kurang lebih 18 bulan untuk menciptakan versi pertamanya. Bahasa ini pada mulanya dinamakan “Oak” namun kemudian direvisi menjadi “Java” pada tahun 1995 oleh sebab nama Oak telah dijadikan hak cipta dan digunakan untuk bahasa pemrograman lainnya. Nama ini diadopsi dari kopi murni yang diolah langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling. Kabarnya kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Oleh karena itu nama bahasa pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa adalah Java).
  • 5. Java adalah bahasa pemrograman yang bisa dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon seluler (handphone). Bahasa ini mulanya diciptakan oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, sekarang ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995. Bahasa ini banyak mengambil sintaksis yang terdapat pada C dan C++ akan tetapi dengan sintaksis model objek yang lebih sederhana dan dukungan rutin-rutin atas bawah yang minimal.
  • 6. Instance Variables (tidak statis) Jenis variabel Class Variables (statis) Local Variables Parameter
  • 7. Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static pada kategori non-statis, atau bisa berubahubah. Suatu kelas bisa dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung pada variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
  • 8. Variabel yang demikian merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang bisa menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh mayoritas objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek dalam kelas yang bersangkutan.
  • 9. Variabel ini didefinisikan di dalam suatu metode (method) atau pada suatu prosedur. Variabel ini bersifat lokal karena hanya bisa diakses oleh method atau prosedur tersebut.
  • 10. Paramater atau argumen merupakan variabel yang digunakan pada waktu suatu method atau prosedur dipanggil. Parameter berguna guna memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau method.
  • 11. Literal Bilangan Bulat Literal karakter Literal Literal Boolean Literal Bilangan Riil Literal String Literal Null
  • 12. Bilangan bulat bisa dilambangkan dalam beberapa bentuk. Bilangan bulat biasa dilambangkan dengan deretan angka yang dimulai dengan angka yang bukan nol.
  • 13. Kita bisa melambangkan suatu karakter dengan tanda petik tunggal misalnya „a‟ atau „3′ atau „=‟. Suatu karakter bisa pula dilambangkan dengan kode ascii nya. Caranya dengan memulainya dengan u00 (garis miring terbalik) kemudian diikuti dengan kode ascii nya dalam bentuk heksadesimal.
  • 14. Nilai true dan false dalam java merupakan literal boolean. Suatu variabel bertipe boolean hanya bisa mempunyai nilai true atau false.
  • 15. Bilangan riil, misalnya -0.00127 atau 415.842, dalam java bisa disimpan baik untuk float atau double. Bilangan real bisa direpresentasikan pada bentuk desimal biasa, pecahan, atau eksponen (dilambangkan dengan e atau E).
  • 16. String adalah untaian huruf dan angka yang tersusun menjadi satu kalimat. Pada bahasa java, string bukan merupakan tipe primitif, akan tetapi merupakan kelas. String dalam java tidak disimpan pada bentuk array seperti pada C. Java menyediakan beberapa method untuk melakukan penggabungan, modifikasi, atau perbandingan. String ditulis di antara dua tanda petik ganda seperti contoh berikut. String salam = "Selamat Datang";
  • 17. Literal terakhir dalam bahasa java merupakan literal null. Null merupakan kondisi di mana suatu objek tidak diberi alokasi memori. Pada waktu suatu objek dideklarasikan, komputer akan mengalokasikan memori untuk objek tersebut. Apabila objek tersebut sudah selesai dipergunakan, kita bisa melepas lokasi memori yang digunakan oleh objek tersebut sehingga memori itu bisa
  • 18. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. jQuery Mootools Prototype & script.aculo.us YUI Midori Ext JS Google Web Toolkit DHTMLX Dojo Toolkit Echo3 (beta) MochiKit Pyjamas SweetDEV RIA SmartClient Rialto Qooxdoo ZK
  • 19. jQuery merupakan sebuah library Javascript yang sangat ringkas dan sederhana guna memanipulasi komponen di dokumen HTML, menangani event, animasi, efek dan memproses interaksi ajax. jQuery dirancang sedemikian rupa supaya membuat program menggunakan Javascript menjadi relatif sangat mudah. Sesuai slogan nya, write less, do more. Menulis kode lebih sedikit, tetapi melakukan pekerjaan lebih banyak. Mootools merupakan framework javascript yang didesain untuk mempermudah para programmer javascript tingkat menengah hingga mahir dalam mengembangkan program javascript yang kompleks.
  • 20. script.aculo.us adalah JavaScript perpustakaan dibangun di atas Kerangka JavaScript Prototype , memberikan efek visual dinamis dan elemen antarmuka pengguna melalui Document Object Model (DOM). Yahoo! User Interface Library (YUI) adalah sebuah open-source library JavaScript untuk membangun kaya interaktif aplikasi web menggunakan teknik seperti Ajax , DHTML , dan DOM scripting.
  • 21. Midori adalah salah satu browser alternatif di Linux. Midori hadir dengan tampilan yang cukup sederhana. Dengan kesederhanaan yang dimiliki, Midori menawarkan sebuah pengalaman browsing yang mudah, ringan, dan cepat ketika digunakan untuk melakukan browsing. ExtJS adalah Sebuah Framwork Dengan Bahasa javascript yang digunakan untuk mempermudah pembuatan APlikasi Berbasis Website yang hamper menyerupai aplikasi berbasis Dekstop.
  • 22. Google Web Toolkit adalah framework pengembangan perangkat lunak Java yang bersifat sumber terbuka. Web Toolkit memungkinkan para pengembang web untuk membuat aplikasi-aplikasi Ajax dalam Bahasa pemrograman Java. DHTMLX adalah pengembangan perangkat lunak perusahaan yang telah mengkhususkan diri dalam pengembangan aplikasi berbasis web dengan user interface maju dan terdepan fungsi sejak tahun 1998.
  • 23. Dojo Toolkit merupakan library open source JavaScript yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi berbasis AJAX atau JavaScript. ZK adalah yang paling terbukti Ajax + Handphone kerangka yang dirancang untuk memaksimalkan efisiensi operasi perusahaan dan meminimalkan biaya pengembangan langsung oleh RIA arsitektur inovatif.
  • 24. MochiKit adalah perpustakaan ringan JavaScript ditulis dan dipelihara oleh Bob Ippolito. Terinspirasi oleh kerangka jaringan Python, twisted, menggunakan konsep eksekusi ditangguhkan untuk memungkinkan perilaku asynchronous. Pyjamas adalah alat dan kerangka kerja untuk mengembangkan sisi klien aplikasi berbasis Ajax dengan Python. Aplikasi yang dihasilkan dapat dijalankan dalam sebuah browser Internet atau sebagai aplikasi desktop standalone.
  • 25. SweetDEV RIA adalah satu set lengkap tag kelas dunia Ajax di Java/J2EE. Ini membantu Anda untuk merancang GUI Kaya thin client. Secara definisi linguistik, smart client terdiri atas dua kata, yakni smart yang berarti cerdas, dan client yang dalam bahasa komputer dimaknai dengan suatu program komputer yang memiliki kemam-puan untuk memanipulasi, mengelola, menjalankan sekumpulan fungsi, dan dapat meminta sekumpulan layanan aplikasi yang di-miliki server.
  • 26. Rialto (Rich Internet Application Toolkit) adalah browser Ajax berbasis JavaScript widget perpustakaan lintas. Karena teknologi agnostik itu dapat dirumuskan dalam JSP, JSF, Python,. Net atau komponen grafis PHP. Qooxdoo adalah kerangka JavaScript universal yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi untuk berbagai platform. Dengan berorientasi objek model pemrograman yang Anda membangun kaya, aplikasi interaktif (RIA), asli seperti aplikasi untuk perangkat mobile, ringan aplikasi web tradisional atau bahkan aplikasi untuk

×