Your SlideShare is downloading. ×
fajar satrio android
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×

Introducing the official SlideShare app

Stunning, full-screen experience for iPhone and Android

Text the download link to your phone

Standard text messaging rates apply

fajar satrio android

150
views

Published on

info tentang android

info tentang android

Published in: Education

0 Comments
0 Likes
Statistics
Notes
  • Be the first to comment

  • Be the first to like this

No Downloads
Views
Total Views
150
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
7
Comments
0
Likes
0
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Clik Here
  • 2. Back Next Banyak pengguna teknologi berbasis Android yang tidak tahu asal mula dari sistem operasi ini. Android operating system memiliki sejarah panjang, sebelum menjadi Operating System andalan di masa sekarang ini. Berawal dari sebuah perusahaan kecil yang mengembangkan software, bernama Android Inc. Didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, United States of America, oleh beberapa ahli di beberapa perusahaan yang berbasis IT Communication, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut salah satu pendirinya, Rubin, perusahaan ini didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pengguna. Dapat dikatakan bahwa Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti penggunanya. Disinilah awal sejarahnya OS Android.
  • 3. Back EXIT Sejarah Jenis atau Macam Kelebihan Perbandingan dengan IPhone Pangsa Pasar Pemanfaatan dalam Pembelajaran *) Klik pada shape satu per satu untuk penjelasan
  • 4. Back Logo Sejarah Google dan android Penamaan Versi *) Klik pada shape satu per satu untuk penjelasan
  • 5. Back Mengenai Logonya Robot hijau ini awalnya bernama Bugdroid, karena mayoritas orang yang lebih senang dan mudah menyebutnya dengan nama Android saja, maka jarang ada pengguna perangkat smartphone berbasis operating system ini menyebutnya dengan nama aslinya. Bugdroid merupakan hasil kreasi dari salah seorang anggota Google Marketing Communications bernama Irina Blok pada tanggal 05 November 2007.
  • 6. Back Next Google dan Android Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menggugah minat raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc dipengambil alihan oleh Google Inc. Semua sahamnya dibeli oleh Google. Harga pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada nilai pastinya.
  • 7. Back Lanjutan Tetapi mayoritas memperkirakan harga pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50.000.000. pada saat itu banyak yang berpendapat, bahwa pengambil alihan ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone. Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears serta Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga pada akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android.
  • 8. Back Next Penamaan Versi Untuk merayakan tiap rilis versi baru dari Android, patung raksasa dari bentuk makanan penutup yang sesuai dengan nama tiap versinya selalu dibuat di halaman depan Google Campus untuk disosialisasikan. Selain itu, coba Anda simak huruf pertama dari tiap penamaan versi Android yang berurutan sesuai abjad, yakni C,D,E,F,G,H,I,J,K. Ini menyugestikan dua hal yang tidak terungkap sebelumnya. Pertama, Android 1.0 dan 1.1 diduga seharusnya memiliki nama yang diawali huruf A dan B sebelum 1.5 yang dinamai dari huruf C, Cupcake.
  • 9. Back Lanjutan Kedua, setelah Kit Kat, dipastikan penamaan Android akan dimulai dengan huruf L. Beberapa makanan penutup dengan menggunakan huruf L dan cukup populer di AS adalah Lemon Marange Pie, Lemon Cheesecake, atau Lollipop. Mungkinkah versi Android teranyar setelah Kit Kat akan menggunakan salah satu dari nama tersebut? Silahkan Anda tebak sendiri. Berikut beberapa penjelasan tentang nama-nama dari tiap versi Android.
  • 10. Back Versi 1.0 Versi 1.1 Cupcake Donut Froyo Eclair Ginggerbread Honeycomb Ice Cream Sandwich Jelly Bean Kit Kat *) Klik pada shape satu per satu untuk penjelasan
  • 11. Back Sebelum versi ini sebenarnya ada Versi Beta yang Pertama kali dirilis pada tanggal 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google. Versi pertama android ini rilis 23 sept 08, Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamakan dengan nama "Astro" tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama "Astro" tidak jadi disematkan pada versi pertama dari Operating System Android ini. Sebagai perangkat pertama, 1.0 punya fitur lumayan lengkap seperti download dan update aplikasi lewat android market, web browser setelah support zoom dan full HTML dan XHTML, anda dapat lebih leluasa mengatur folder untuk di kelompokkan ke sejumlah ikon.
  • 12. Back Google merilis Android versi 1.1, pada 9 Maret 2009. Namun versi Android kedua ini juga mengalami permasalahan penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama "Bender" akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama "Bender" tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya hanya untuk T-Mobile G1. Versi ini guna memecahkan masalah (bug), merubah API dan menambahkan sejumlah fitur. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan-pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, pencarian suara, messanger dengan gmail, dan pemberitahuan email.
  • 13. Back Versi 1.5 Cupcake READ *) Klik read
  • 14. Back Next Versi pertama dari operating system Android yang benar-benar memamerkan kekuatan platform miliknya adalah Android 1.5 Cupcake. Google kembali merilis handphone dengan menggunakan Android dan Software Development Kit (SDK) dengan versi 1.5, pada pertengahan Mei 2009. Konon Android 1.5 Cupcake ini seharusnya adalah versi 1.2, akan tetapi Google akhirnya memutuskan untuk membuat pembaharuan besar dan menghadirkan versi 1.5 dengan nama Cupcake. Cupcake adalah kue kecil yang sangat populer di seluruh dunia saat ini, yang dibuat dalam wadah berbentuk cetakan dan biasanya disajikan dengan frosting di atasnya.
  • 15. Back Lanjutan Dalam android versi 1.5 terdapat penambahan fitur seperti kemampuan merecord dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube dan picture ke Picasa langsung melalui telepon, dukungan Blouetooth A2DP, dapat terhubung secara otomatis ke headset Bluetooth, animasi layar, dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
  • 16. Back Versi 1.6 Donut READ *) Klik read
  • 17. Back Sistem ini diberi nama Donut, Donat seperti diketahui merupakan makanan atau kue dengan bentuk khas berupa lubang di tengah-tengah bentuk lingkarannya. Donat adalah kue yang populer dan turun temurun dikonsumsi di seluruh dunia. Update versi ini memperbaiki bug Operating System yang sering reboot dengan fitur photo dan video dari camera antarmuka dan integrasi pencarian yang lebih baik. Versi ini juga menambahkan dukungan untuk ukuran layar yang lebih besar (luas), dan diberi versi awal fitur navigasi turn-byturn besutan Google.
  • 18. Back Versi 2.1 Eclair READ *) Klik read
  • 19. Back Sistem Operasi ini dirilis pada tanggal 26 Oktober 2009. Eclair adalah makanan penutup yaitu kue yang biasanya berbentuk persegi panjang yang dibuat dengan krim di tengah dan lapisan cokelat di atasnya. Yang berubah dari versi ini salah satunya adalah tampilannya. Selain dai itu, Android Eclair juga mengalami peningkatan dalam akun email, dimana kita dapat mempunyai beberapa akun email sekaligus atau disebut multiple account. Koneksi bluetooth dalam Eclair juga telah diperbaharui ke versi 2.1 . Yang paling anyar adalah fitur Live Wallpaper yaitu wallpaper yang dapat bergerak menggunakan animasi sehingga wallpaper terkesan lebih nyata.
  • 20. Back Versi 2.2 Froyo READ *) Klik read
  • 21. Back Next Android Froyo, dirilis pada tanggal 20 Mei 2010 dengan peningkatkan kecepatan dan pengadopsian Javascript dari browser Google Chrome dengan berbagai tambahan fitur lainnya. Froyo adalah kependekan dari Frozen Yoghurt. Frozen Yoghurt adalah yoghurt yang telah mengalami proses pendinginan, sehingga bisa jadi terlihat sama seperti es krim. Pastinya versi ini memiliki performa, memori, dan kecepatan yang lebih tinggi. Disediakan juga fitur untuk menon-aktifkan paket data yang memungkinkan kita yang masih remaja menghemat pulsa dalam penggunaan Android, karena memang Operating System Android membutuhkan koneksi terus-menerus yang menguras pulsa.
  • 22. Back Lanjutan Yang membuat versi ini berbeda dari versi sebelumnya adalah kemampuan untuk melakukan Tethering, dimana gadget Android kita dapat digunakan untuk hotspot Wi-Fi. Mayoritas handphone Android sekarang menggunakan versi ini khususnya Samsung Galaxy Series.
  • 23. Back Versi 2.3 Ginggerbread READ *) Klik read
  • 24. Back Versi ini baru saja dirilis pada tanggal 6 Desember 2010. Gingerbread pada dasarnya adalah kue jahe atau cookie dengan rasa khas jahe. Kue ini sering dibuat untuk merayakan liburan akhir tahun di Amerika Serikat dan dibuat seperti bentuk manusia. Versi ini lebih ditujukan untuk smartphone yang memiliki prosesor dan layar yang lebih besar. Google secara resmi mengumumkan smartphone Nexus S yang dibuat oleh Samsung yang menjadi smartphone pertama dengan Android versi ini. Versi ini juga telah menyediakan fitur copy/paste yang telah ditungu-tungu banyak orang. Selain itu ditambahkan juga Download Manager yang baru untuk kemudahan mengorganisir file-file yang sudah didownload di Android pengguna.
  • 25. Back Versi 3.0-3.2 Honeycomb READ *) Klik read
  • 26. Back Honeycomb dirilis pada Februari 2011, kemudian disusul dengan cepat pada versi 3.1 dan 3.2. Honeycomb adalah sereal manis yang populer semenjak tahun 1965, berupa sereal jagung dengan rasa madu yang mempunyai bentuk seperti sarang lebah. Android Honeycomb dirancang secara khusus untuk tablet. Android versi ini mendukung ukuran layar yang lebih besar (luas). User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Honeycomb juga mendukung multi prosesor dan juga akselerasi perangkat keras (hardware) untuk grafis. Tablet pertama yang dibuat dengan menggunakan Honeycomb adalah Motorola Xoom.
  • 27. Back Versi 4.0 Ice Cream Sandwich READ *) Klik read
  • 28. Back Ice Cream Sandwich adalah versi terbaru Android untuk smartphone, tablet, dan lainnya. Ice Cream Sandwich dirilis pada 19 October 2011. Ice Cream Sandwich adalah lapisan es krim yang biasanya berupa vanila yang terjepit antara dua cookies coklat, dan biasanya berbentuk persegi panjang. Versi ini didasarkan untuk mengoptimalkan multitasking, banyak notifikasi, layar beranda yang dapat disesuaikan, dan interaktivitas mendalam serta cara baru yang ampuh untuk berkomunikasi dan berbagi konten.
  • 29. Back Versi 4.1-4.2 Jelly Bean READ *) Klik read
  • 30. Back Android 4.1 Jelly Bean dirilis 27 Juni 2012 pada konferensi Google l/O. Jelly Bean adalah sejenis permen yang juga populer disebut kacang jeli. Versi ini adalah yang tercepat dan terhalus dari seluruh versi Android. Jelly Bean 4.1 meningkatkan kemudahan dan keindahan tampilan dari Ice Cream Sandwich dan memperkenalkan pengalaman pencarian Google yang baru di Android. Android 4.2 Jelly Bean diumumkan pada 29 October 2012, versi ini menawarkan peningkatkan kecepatan dan kemudahan Android 4.1 serta menambahkan semua fitur-fitur baru seperti Photo Sphere dan desain baru aplikasi kamera, keyboard Gesture Typing, Google Now dan lainnya.
  • 31. Back Versi 4.3-4.5 Kit Kat READ *) Klik read
  • 32. Back Hingga sekarang belum dapat dipastikan apakah 4.3 akan tetap mempunyai nama Jelly Bean ataukah justru bakal menggunakan nama Kit Kat yang sebelumnya dikabarkan akan digunakan di versi 5.0. Santer terdengar bahwa perangkat pertama yang akan menggunakannya adalah phablet SamsungGalaxy Note 3. Belum banyak informasi yang dapat terdengar tentang Kit Kat. Santer dikabarkan akan diluncurkan pada konferensi Google l/O tahun ini, Kit Kat ternyata masih berupa desas-desus semata.
  • 33. Back 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. 11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. Selalu Lebih Baik Magnet Google Banyaknya Dukungan Vendor Kelas Atas Smarphone Pengusung yang Berkwalitas Open Source Kemudahan Akses Internet Multi User Restricted Profile Bluetooth Smart Technology Open GL Serba Bisa Banyak Memiliki Aplikasi Gratis Sudah Bisa Push Mail Multi Tasking Kemudahan-Kemudahan Aman dari Virus Stabil Adanya widget home screen
  • 34. Back Keunggulan Kelemahan *) Klik pada shape satu per satu untuk penjelasan
  • 35. Back 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Layar Lebih Besar Dukungan Terhadap Kartu SD Bisa Ganti Baterai Kustomisasi layar dengan widget, aplikasi, dan wallpaper animasi Aplikasi peta digital yang lebih baik Android menggunakan charger USB standar Sinkronisasi data Google yang sangat mudah
  • 36. Back 1. Aplikasi terbaik selalu datang lebih awal ke 2. 3. 4. 5. iOS Bisa langsung update software dari Apple secepatnya saat sudah tersedia Tidak seperti kebanyakan ponsel Android, iPhone terbuat dari bahan metal dan kaca Android terfragmentasi iTunes
  • 37. Back Di Dunia Di Indonesia *) Klik pada shape satu per satu untuk penjelasan
  • 38. Back Next
  • 39. Back Produk smartphone android kini semakin berkembang dan berhasil menguasai pangsa pasar produk handphone di dunia. Ahli gadget, Lucky Sebastian mengatakan, pangsa pasar android di dunia terus berkembang setiap tahun. Saat ini, pangsa pasar smartphone untuk android mencapai 76 persen, meningkat signifikan sejak 2011 yang hanya 59 persen. Bahkan, naik signifikan dari pengguna android pada 2009 yang hanya 5 persen. Saat ini, pengguna adroid di dunia mencapai 1 miliar orang. Pertumbuhan pengguna cukup luar biasa, di mana pada 2011 hanya 100 juta orang.
  • 40. Back Bagi sejumlah raksasa vendor, Indonesia merupakan pasar potensial untuk mengeruk keuntungan. Sebut saja Nokia dan Ericcson pada awal 2000 kemudian bergeser menjadi Blackberry dan yang terakhir raja smartphone dari Korea Selatan, Samsung. Penjualan perangkat telepon pintar di Indonesia diprediksi akan menembus 12-15 juta unit, atau sekitar 20-25% yang ada di pasar pada tahun 2013. Dikutip dari Digitimes, smartphone kelas entry-level dan mid-range dengan harga dibawah Rp 2 jutaan adalah yang paling banyak dicari. Smartphone dengan basis OS Android mencapai 50-60% pangsa pasar di Indonesia, diikuti oleh BlackBerry dengan pangsa pasar 30%.
  • 41. Back Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang berkembang pesat, membawa pengaruh besar terhadap maju mundurnya dunia pendidikan. Dimana dalam hal ini bisa kita lihat teknologi membawa segala informasi yang ada dunia ini. Untuk itu teknologi sangat berperan penting akan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khsusunya di bidang ilmu pengetahuan. Suatu negara yang memiliki teknologi yang maju, bisa kita lihat perkembangan ilmu pengetahuan di negara tersebut akan jauh lebih maju dibandingkan negara yang teknologi informasinya masih tertinggal.