Your SlideShare is downloading. ×
Ppt. Belajar dan Pembalajaran tentang Pendekatan, Strategi, Metode Dan Model Pembelajaran
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×

Thanks for flagging this SlideShare!

Oops! An error has occurred.

×
Saving this for later? Get the SlideShare app to save on your phone or tablet. Read anywhere, anytime – even offline.
Text the download link to your phone
Standard text messaging rates apply

Ppt. Belajar dan Pembalajaran tentang Pendekatan, Strategi, Metode Dan Model Pembelajaran

8,813

Published on

3 Comments
2 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total Views
8,813
On Slideshare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
0
Actions
Shares
0
Downloads
421
Comments
3
Likes
2
Embeds 0
No embeds

Report content
Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
No notes for slide

Transcript

  • 1. Pendekatan, Strategi, Metode Dan Model Pembelajaran
  • 2. Pendekatan Pembelajaran titik tolak atau sudut pandang kita terhadap Pendekatan proses pembelajaran, yang merujuk padaPembelajaran pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. Dilihat dari pendekatannya, pembelajaran terdapat dua jenis pendekatan, yaitu: (1) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada siswa (student centered approach) dan (2) pendekatan pembelajaran yang berorientasi atau berpusat pada guru (teacher centered approach).
  • 3. Strategi Pembelajaran Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalam duaMenurut Kemp (Wina Senjaya, 2008): bagian pula, yaitu: (1)“suatu kegiatan pembelajaran yang expositiondiscovery learning danharus dikerjakan guru dan siswa (2) group-individual learningagar tujuan pembelajaran dapat (Rowntree dalam Wina Senjaya,dicapai secara efektif dan efisien. “ 2008). Ditinjau dari cara penyajian dan cara pengolahannya, strategiMengutip dari pemikiran J. R David, pembelajaran dapat dibedakanWina Senjaya (2008): dalam strategi antara strategi pembelajaranpembelajaran terkandung makna induktif dan strategiperencanaan. Artinya, bahwa strategi pembelajaran deduktif. Jadipada dasarnya masih bersifat pengertian dari strategikonseptual tentang keputusan- pembelajaran adalah cara yangkeputusan yang akan diambil dalam ditempuh oleh pengajar untuksuatu pelaksanaan pembelajaran. mewujudkan tujuan pembelajaran.
  • 4. Metode Pembelajaran beberapa metode pembelajaran diantaranya:cara yang digunakan untuk (1) ceramah;mengimplementasikan rencana yang (2) demonstrasi;sudah disusun dalam bentuk (3) diskusi;kegiatan nyata dan praktis untuk (4) simulasi;mencapai tujuan pembelajaran. (5) laboratorium; (6) pengalaman lapangan; (7) brainstorming; (8) debat, (9) simposium, dan sebagainya.
  • 5. Model Pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
  • 6. 2.1.Pendekatan Kontekstual : Pendekatan 2.Pendekatan Konstruktivisme : Yaitu bahwa pendekatan dibangun oleh manusia sedikitkonstekstual berlatar belakang bahwa demi sedikit yang hasilnya diperluas melaluisiswa belajar lebih bermakna dengan konteks yang terbatas dan tidak dengan tiba-melalui kegiatan mengalami sendiri tiba.dalam lingkungan alamiah.3. Pendekatan Deduktif – Induktif 4. Pendekatan Konsep dan Proses Pendekatan deduktif : Pendekatan deduktif  Pendekatan konsep : berarti siswa ditandai dengan pemaparan konsep, dibimbing memahami suatu bahasan definisi dan istilah-istilah pada bagian melalui pemahaman konsep yang awal pembelajaran. terkandung di dalamnya. Pendekatan induktif : Ciri uatama  Pada pendekatan proses, tujuan utama pendekatan induktif dalam pengolahan pembelajaran adalah mengembangkan informasi adalah menggunakan data untuk kemampuan siswa dalam keterampilan membangun konsep atau untuk proses seperti mengamati, berhipotesa, memperoleh pengertian. merencanakan, menafsirkan, dan mengkomunikasikan.
  • 7. 5. Pendekatan Sains, Tekhnologi dan Masyarakat : Dalam pendekatan ini siswa diajak untukmeningkatakan kreativitas, sikap ilmiah, menggunakan konsep dan proses sains dalam kehidupansehari-hari 3. Independent Study : di Amerika Serikat biasa disebut sebagai “belajar melalui korespondensi, pendidikan terbuka, pengajaran melalui radio dan TV, atau belajar mandiri.” Sedangkan di1. Metode Diskusi : Metode ini bertujuan Eropa jenis-jenis yang disebutkan tadi untuk tukar menukar gagasan, pemikiran, digolongkan ke dalam Belajar Terbuka/Jarak informasi/ pengalaman diantara peserta, Jauh. sehingga dicapai kesepakatan pokok- 4. Metode Demonstrasi : metode yang digunakan pokok pikiran (gagasan, kesimpulan). pada pengajaran manipulatif dan keterampilan, pengembangan pengertian, untuk menunjukkan2. Metode Ceramah : Metode ceramah yaitu bagaimana melakukan praktik-praktik baru dan sebuah metode mengajar dengan memperbaiki cara melakukan sesuatu. menyampaikan informasi dan pengetahuan Jenis-jenis dari demonstrasi : secara lisan kepada sejumlah siswa yang  Demonstrasi cara : Demonstrasi cara pada umumnya mengikuti secara pasif. menunjukkan bagaimana melakukan sesuatu. Berikut langkah-langkah yang dipakai  Demonstrasi hasil : untuk menunjukan hasil dari sebagai petunjuk untuk mempertinggi beberapa praktik dengan menggunakan bukti- hasil metode ceramah: bukti yang dapat dilihat, didengar, dan dirasakan. Tujuan pembicaraan (ceramah) harus dirumuskan dengan jelas. Setelah menetapkan tujuan, harus diteliti sesuaikah metode ini dengan tujuan. Menanamkan pengertian yang jelas.
  • 8. 5. Metode Eksperimen (Percobaan) : Metode eksperimen merupakan suatu metodemengajar yang menggunakan alat dan tempat tertentu dan dilakukan lebih dari satukali.Penggunaan teknik ini mempunyai tujuan agar siswa mampu mencari danmenemukan sendiri berbagai jawaban atau persoalan-persoalan yang dihadapinyadengan mengadakan percobaan sendiri.6. Metode Tanya Jawab : Metode tanya jawab terkadang susah dibedakan dengan metode diskusi. Akan tetapi jika dilhat dari tujuannya, maka tanya jawab lebih bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa mengenai fakta-fakta yang telah disampaikan guru. Untuk mengukur sejauh mana pengetahuan itu, maka guru memberikan pertanyaan kepada siswa, kemudian muncul respon jawaban dari siswa
  • 9. Dilihat dari strateginya, pembelajaran dapat dikelompokkan ke dalamdua bagian, yaitu:• Exposition-discovery learning• Group-individual learning (Rowntree dalam Wina Senjaya, 2008).Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003)mengemukakan empat unsur strategi dari setiap usaha, yaitu :• Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya.• Mempertimbangkan dan memilih jalan pendekatan utama (basic way) yang paling efektif untuk mencapai sasaran.• Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah (steps) yang akan dtempuh sejak titik awal sampai dengan sasaran.• Mempertimbangkan dan menetapkan tolok ukur (criteria) dan patokan ukuran (standard) untuk mengukur dan menilai taraf keberhasilan (achievement) usaha.

×