Hakekat Manajemen Sekolah (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dan Ruang Lingkup)pptx
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Hakekat Manajemen Sekolah (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dan Ruang Lingkup)pptx

on

  • 33,447 views

 

Statistics

Views

Total Views
33,447
Views on SlideShare
30,851
Embed Views
2,596

Actions

Likes
0
Downloads
387
Comments
1

17 Embeds 2,596

http://bicaratarbiyah.blogspot.com 1268
http://programs2mm.blogspot.com 985
http://armadodi-a.blogspot.com 255
http://programs2mm.blogspot.ru 26
http://bicaratarbiyah.blogspot.ru 23
http://www.bicaratarbiyah.blogspot.ru 21
http://bicaratarbiyah.blogspot.de 3
http://www.bicaratarbiyah.blogspot.com 3
http://webcache.googleusercontent.com 2
http://programs2mm.blogspot.sg 2
http://bicaratarbiyah.blogspot.jp 2
http://programs2mm.blogspot.nl 1
http://programs2mm.blogspot.com.br 1
http://bicaratarbiyah.blogspot.com.au 1
http://bicaratarbiyah.blogspot.ca 1
http://translate.googleusercontent.com 1
http://www.google.co.id 1
More...

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
  • askum,,,boleh dijelaskan scra trperinci lgi ngga??

    misalanya perannya serta aplikasi dari peran, fungsi, dan ruang lingkup pada sekolah tertentu,,

    tlong ya,,trimkasih,,,wassalam
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Hakekat Manajemen Sekolah (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dan Ruang Lingkup)pptx Hakekat Manajemen Sekolah (Pengertian, Tujuan, Fungsi, Prinsip Dan Ruang Lingkup)pptx Presentation Transcript

  • MANAJEMEN SEKOLAH OLEH : RIHA KHOLIDIYAH (FBS) MONICA AYUNING PRAMESTI (FBS) FITRI ARUM (FE)
  • TUJUAN PEMBELAJARAN 1.Mengerti pengertian manajemen 2. Mengetahui tujuan manajemen sekolah 3. Menjelaskan fungsi-fungsi manajemen sekolah 4. Menerangkan Prinsip-prinsip manajemen sekolah 5. Ruang lingkup Manajemen Sekolah 6. istilahh-istilah yang berkaitan dengan manajemen sekolah.
  • HAKIKAT MANAJEMEN SEKOLAH (PENGERTIAN,TUJUAN, FUNGSI, DAN RUANG LINGKUP. 1. Pengertian Manajeman Sekolah. Dalam perkembangannya istilah manajemen disamakan secara substantial dengan istilah administrasi Apakah sama artinya?????????
  • 1. PENGERTIAN ADMINISTRASI DANMANAJEMENPerkataan administrasi berasal dari bahasa latin yaitu “administrare”. Dalam bahasa Inggris perkataan administrasi itu adalah administration, yang dalam bahasa Indonesia mengandung arti melayani, memenuhi, mengatur, menyelenggarakan, suatu usaha atau suatu organisasi/lembaga dalam mencapai tujuannya secara intensif.Menurut para ahli tentang Administrasi yaitu 1. Leonald D. White, bahwa administrasi adalah suatu proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok, baik usaha pemerintah ataupun swasta, sipil atau militer baik dalam skala besar ataupun kecil. 2. Herbert A. Simon Administrasi adalah kegiatan dari kelompok orang-orang yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama. 3.Soewarno Handayaningrat (1996:2), dalam bukunya “Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen” , administrasi adalah suatu kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat- menyurat, pembukuan ringan, ketik mengetik, agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan 3. The Liang Gie (1965:P.5) Administrasi adalah segenap proses penyelenggaraan dalam segenap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu. 4.Dr. S.P Siagiaan MPA.Phd (1985:P.3) Administrasi adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang manusia atau lebih yang didasarkan pada rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. 5.Parajudi Atmosudirjo (1975 : P) Administrasi adalah pengendalian dan penggerak dari suatu organisasi sedemikian rupa sehingga organisasi itu menjadi hidup dan bergerak menuju ketercapainya segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh administrator yakni kepala organisasi.
  •  Manajemen berasal dari bahasa latin yaitu dari asal kata “manus” yang berarti tangan dan “agere” yang berarti melakukan. kata-kata itu digabung menjadi kata kerja “managere” yang berarti menangani, managere diterjemahkan kedalam bahasa Inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan manajemen akhirnya management diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi manajemen/ pengelolaan. Jadi Manajemen adalah ilmu dan seni tentang upaya untuk memanfaatkan semua sumber daya yang dimiliki untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  • 1. PENGERTIAN ADMINISTRASI DANMANAJEMEN Adapun pengertian menurut para ahli tentang Manajemen yaitu : 1. Stoner Manajemen adalah proses, perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengawasi usaha-usaha dari suatu organisasi dan dari sumber-sumber organisasi dan dari sumber organisasi lainnya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. 2. S.P. Hasibuan Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. 3. Harold Koontz and Cyrill O’Donnel (1972) Management is getting thing done through the efforts of other people. (manajemen adalah terlaksananya pekerjaan melalui orang-orang lain ). 4. G.R. Terry Manajemen adalah suatu proses yang khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian yang dilaksanakan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya. 5. Prof. Oei Liang Lee :Manajemen adalah suatu ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Apabila disimpulkan pendapat-pendapat diatas, maka manajemen dapat diartikan sebagai ilmu untuk memimpin suatu usaha atau organisasi mulai dari merencanakan, membagi tugas sesuai dengan pendidikan dan keahliannya, serta melakukan pengawasan agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Persamaan Administrasi damManajemen 1. Pendapat yang menyatakan bahwa administrasi sama dengan manajemen. Seperti pendapat yang dikemukakan oleh PBB bahwa kedua istilah itu dipakai secara sinonim, di mana administrasi banyak dipergunakan di bidang administrasi Negara, sedangkan manajemen banyak dipergunakan di bidang administrasi Niaga (swasta) dan Administrasi Niaga. 2.Dalam penerapan administrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan. 3. Administrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi.
  • Perbedaan Administrasidam Manajemen 1. Pendapat yang menyatakan bahwa administrasi berbeda dengan manajemen. Hal ini terutama di bidang administrasi Negara, administrasi Pemerintah yang dilakukan oleh Presiden dan para Menteri sebagai penentu kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan negara. Sedangkan yang wajib melaksanakan kebijaksanaan tersebut ialah manajemen. Manajer bertanggung jawab untuk melaksanakannya ke arah tercapainya tujuan tersebut. 2. Perbedaan yang jelas BPA (Balai Pembinaan Administrasi) menempatkan administrasi pada posisi dengan batasan yang luas, dan manajemen merupakan bagian dari administrasi. Menurut BPA, administrasi merupakan segenap proses penyelenggaraan atau penataan tugas-tugas pokok sesuatu usaha kerjasama sekelompok orang dalam mencapai tujuan bersama. Dan membatasi manajemen sebagai salah satu usaha yang hanya membatasi pada segi kepemimpinan yang mengarahkan orang-orang yang bekerjasama berikut pengarahan fasilitas- fasilitasnya sehingga semua dapat berjalan dengan baik 3. Administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salah satu unsur dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifat operasional melainkan mengatur tindakan -tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut "bawahan" jadi dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya. Dan dapat disimpulkan pula bahwa kegiatan manajemen juga merupakan unsur dari administrasi, bukan merupakan faktor terjadinya administrasi.
  • 2. Tujuan Manajemen Sekolah Tujuan manajemen sekolah tidak lepas dari tujuan sekolah sebagai suatu organisasi. Ada 2 yaitu : 1. Tujuan Institusional Umum. mengacu pada jenjang dan jenis pendidikan. 2. Tujuan Institusional Khusus. selain mengacu tujuan Institusional umum juga, diwarnai oleh penyelenggara pendidikan.
  • 3. Fungsi-Fungsi ManajemenSekolah 1. Dilihat dari wujud problemanya: a.Bidang kurikulum. b.Bidang personalia. c. Bidang keuangan. d. Bidang sarana. e. Bidang prasarana. f. Bidang Humas 2. Dilihat dari aktivitas atau kegiatan manajemen :
  • a. Kegiatan manajerial: Perencanaan Pengorganisasian Pengarahan Pengkoordinasian Pengawasan Penilaian Pelaporan Penentuan anggaran
  • b. Fungsi kegiatan Operatif : Ketatausahaan Perbekalan Kepegawaian Keuangan Humas.
  • 4. Prinsip-prinsip ManajemenSekolah Prinsip efisiensi Prinsip efektivitas Prinsip pengelolaan Prinsip pengutamaan tugas pengelolaan Prinsip kerjasama Prinsip kepemimpinan
  • 5. Ruang Lingkup ManajemenSekolah Bidang kurikulum Bidang kesiswaan Bidang personalia Bidang sarana Bidang prasarana Bidang humas
  • 6. Istilah-istilah yang berkaitandengan Pengertian Manajemen. administrasi manajemen organisasi kepemimpinan Pengambilan keputusan Pengambilan keputusan yang manusiawi
  • TERIMA KASIH