Geografi presentasi
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Geografi presentasi

on

  • 3,636 views

this is a power point about endogen power

this is a power point about endogen power

Statistics

Views

Total Views
3,636
Views on SlideShare
3,636
Embed Views
0

Actions

Likes
0
Downloads
56
Comments
1

0 Embeds 0

No embeds

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Microsoft PowerPoint

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Geografi presentasi Geografi presentasi Presentation Transcript

  • Member : Atik Istikomah 07 Dian Resti Setyaningrum 09 Novia Citra Dewi 20 Rifka wangiana Yulia Putri 26
  • SI ONAR DARI BIMASAKTIGalaksi adalah tempat berkumpulnyabintang-bintang di alam semesta.Galaksi Bimasakti merupakan salahsatu dari sekian banyak galaksi yangada dalam jagad raya. Bentuk galaksiBimasakti seperti dua buah piringcekung yang ditangkupkan, bagiantengahnya tebal dan semakin pipih kearah tepi, dan terdapat lengan-lenganspiral di dalamnya. Oleh karena ituGalaksi kita digolongkan ke dalamgalaksi spiral.Dalam galaksi bimasaktisendiri terdapat planet-planet,satelit,komet,asteoroid,bintangdll.
  • Tata Surya Dan di dalam Galaksi Bimasakti kita terdapat banyak bintang yang salah satunya adalah Matahari,yang merupakan pusat dari Solar Sistem atau biasa kita sebut Tata Surya Benda-benda luar yang merupakan anggota dari Tata Surya antara lain Asteroid, Komet, Planet-planet beserta Satelit-satelitnya
  • Planet yang merupakan anggota TataSurya antara lain: Planet Merkurius Planet Venus Planet Bumi Planet Mars Planet Yupiter Planet Saturnus Planet Uranus Planet Neptunus Planet Pluto
  • Sejak tahun 2006 Pluto tidak lagi dikategorikan sebagaiplanet inti dalam sistem Tata Surya oleh HimpunanAstronomi Internasional (IAU). Dan Pluto kini hanyadigolongkan dalam planet-planet minor atau kerdil(dwarf planet) dan diberi nomor 134340.
  • Alasan pluto bukan planet : Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es. Ukuran Pluto yg hanya berukuran 1.151 km tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat kecil. Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus Pluto berukuran hampir sama dengan satelit"nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan
  • Ciri-ciri benda langit dapatdikategorikan sebagai planet : • Mengorbit matahari • Berukuran cukup besar sehingga mampu mempertahankan bentuk bulat • Memiliki jalur orbit yang jelas dan "bersih" (tidak ada benda langit lain di orbit tersebut).
  • Pada tahun 1905 seorang astronom AS, Percival Lowell,memulai proyek pencarian planet pluto. Bersama rekannya,William H. Pickering, mengajukan beberapa konsepkoordinat planet pluto yang mereka namakan “Planet X”.Lowell meninggal pada tahun 1916, tetapi proyekpencariannya tetap dilanjutkan. Nama Lowell diabadikansebagai nama observatorium yang didirikannya pada tahun1894.Pada bulan Januari 1930, Clyde Tombaugh, seorang penelitiyang juga anggota tim proyek pencarian planet itu diObservatorium Lowell, berhasil mencitrakan beberapapergerakan sebuah obyek misterius di luar angkasa. Timpeneliti dalam proyek tersebut berkesimpulan bahwa obyekluar angkasa itu adalah sebuah planet dan untukmemastikannya mereka kemudian mengirim hasil pencitraanobyek luar angkasa itu ke Observatorium Harvard Collegeuntuk diteliti lebih lanjut.
  • Setelah dipastikan bahwa obyek yang ditemukan itu adalah sebuahplanet, Tombaugh dan ketua tim peneliti, Vesto Melvin Slipher,menggelar sayembara untuk mencarikan nama bagi planet ke-sembilan itu. Nama Pluto dicetuskan oleh Venetia Burney, seoranganak perempuan umur sebelas tahun asal Oxford, Inggris. Venetiayang gemar mempelajari mitologi Yunani Kuno dan astronomipertama kali mengusulkan nama ini pada kakeknya, FalconerMadan, mantan pustakawan di Universitas Oxford, Inggris.Amerika.Madan kemudian meneruskan usul cucunya ini pada ProfesorHerbert Hall Turner yang kemudian meneruskannya lagi padarekan-rekannya di Setelah melalui proses penyeleksian, pada 24Maret 1930, tim peneliti di Observatorium Lowell berembuk untukmenentukan mana di antara 3 nama berikut yang akan dijadikannama planet baru itu yaitu: “Minerva”, “Cronus”, dan “Pluto”.Akhirnya, pada 1 Mei 1930, tim memutuskan nama planet baru ituadalah “Pluto”.
  • Wahana Penelitian :Salah satu penelitian yang cukup serius akhirnya digelar juga untuk melihatPluto, yaitu penelitian pihak AS melalui NASA, yang mengirimkan satu setpesawat tanpa awak untuk mendata daerah permukaan Pluto, karakteristikgeografi dan geomorfologi secara global dan mencari data struktur atmosferyang melingkupi Pluto.Sebuah ekspedisi yang dinamakan Pluto Express direncanakan mulaimeluncur ke angkasa pada Desember 2004 dan direncanakan tiba di Plutopaling lama pada tahun 2008, namun ekspedisi ini akhirnya dibatalkan padatahun 2000 karena masalah dana dan digantikan sebuah misi baru bernamaNew Horizons (diluncurkan Januari 2006).Pesawat ini akan melintasi Pluto dan Charon, satelit alaminya dan kemudianmengirimkan foto-foto ke Bumi. Salah satu studi yang akan dilakukanHorizons mencakup masalah atmosfer yang ada di lapisan satelit Plutotersebut. New Horizons juga direncanakan akan terbang menuju SabukKuiper.Hingga kini dipercaya Pluto memiliki sifat atmosfer yang paling aslisemenjak memisahkan diri dari matahari. Lapisan atmosfer ini juga dikenalsebagai lapisan paling dingin yang pernah dimasuki sebuah pesawat misiangkasa luar dari bumi.
  • Mantan Raksasa : Ketika pertama kali ditemukan tahun 1930, Pluto diyakini lebih besar daripada Merkurius, dan bahkan mungkin lebih besar daripada Bumi. Saat ini, Pluto berdiameter 1.352 kilometer, 20 persen lebih kecil dari pada Bumi.
  • Orbit Tak BiasaOrbit Pluto tidak seperti delapan planet lain. Orbitnya sangat elips danberjarak sekitar 5,87 miliar kilometer dari matahari. Ada masanya ketikaPluto berada pada posisi lebih dekat ke Bumi dibandingkan Neptunus, planetkedelapan. Orbit keduanya memang bersinggungan, tapi keduanya tidakakan bertabrakan.
  • Dingin Ekstrim Pluto merupakan salah satu tempat terdingin di tata surya. Temperatur permukaannya sekitar minus 225 derajat Celcius. Ilmuwan memperkirakan Pluto terdiri dari 70 persen batu dan 30 persen es--permukaannya didominasi oleh es nitrogen. Pluto juga diperkirakan memiliki lautan di bawah permukaan. Keberadaan laut itu ditunjukkan dengan ciri geologi atau kimiawi permukaan Pluto.
  • Bulan-Bulan Pluto : Pluto punya empat bulan: Charon, Nix, Hydra, dan P4. Bulan yang terakhir disebut belum lama ini ditemukan. Nama resminya nanti kemungkinan adalah "Cerberus". Nix, Hydra, dan P4 berukuran kecil, sementara Charon memiliki ukuran sekitar separuh Pluto. Karena ukurannya yang cukup besar itu, beberapa astronom memasangkan Pluto dan Charon sebagai bintang kerdil ganda.
  • Udara di Planet Pluto : Ada atmosfer di pluto, meskipun tipis, 3.000 kilometer tebalnya. Komposisi atmosfer tersebut adalah nitrogen, metana, dan karbon monoksida.
  • Planet Pluto kini berubah makin cerah dan merahsetelah 248 tahun lamanya berotasi mengelilingimatahari mengubah musim.Badan antariksa Amerika Serikat baru sajamengambil gambar dari teleskop ruang angkasaHubble yang mengorbit. Gambar itu menunjukkanbelahan utara Pluto tampak lebih cerah dansekeliling planet itu menjadi merah.
  • Terima Kasih