Bab 2 cbis
Upcoming SlideShare
Loading in...5
×
 

Like this? Share it with your network

Share

Bab 2 cbis

on

  • 1,122 views

 

Statistics

Views

Total Views
1,122
Views on SlideShare
1,116
Embed Views
6

Actions

Likes
0
Downloads
10
Comments
0

2 Embeds 6

http://pti12si.zz.mu 5
https://www.rebelmouse.com 1

Accessibility

Categories

Upload Details

Uploaded via as Adobe PDF

Usage Rights

© All Rights Reserved

Report content

Flagged as inappropriate Flag as inappropriate
Flag as inappropriate

Select your reason for flagging this presentation as inappropriate.

Cancel
  • Full Name Full Name Comment goes here.
    Are you sure you want to
    Your message goes here
    Processing…
Post Comment
Edit your comment

Bab 2 cbis Document Transcript

  • 1. COMPUTER BASED INFORMATION SYSTEM(CBIS)A. Manajemen InformasiManajemen informasi adalah pengelolaan data dimana didalamnya mencakup proses mencari,menyusun, mengklasifikasikan, serta menyajikan berbagai data yang terkait dengan kegiatanyang dilakukan perusahaan sehingga dapat dijadikan landasan dalam pengambilan keputusanoleh manajemen.1. SistemSistem adalah suatu cara yg ditetapkan sebelumnya utk menjalankan suatu aktivitas atauseperangkat aktivitas yg biasanya dilakukan secara berulangkali. Karakteristik Sistem: Ritmik. Terkoordinasi. Untuk mencapai tujuan tertentu. Banyak tindakan mgt yang tidak sistematik (pertimbangan terbaik). Jika seluruh sistem menjamin tindakan yang benar  tidak diperlukan manajer manusia.2. Sistem Informasi ManajemenSebuah sistem yang menyangkut metoda dan upaya terorganisasi dalam melakukan fungsipengumpulan data (baik data-dataa dari dalam dan luar perusahaan) serta dengan menggunakankomputer data-data yang telah dikumpulkan tadi diproses untuk menghasilkan dan menyajikaninformasi yang terkini, akurat dan cepat bagi para pengambil keputusan manajemen.
  • 2. Komponen dalam Sistem Informasi Manajemen Sistem pemrosesan data (data processing system) . Sistem pelaporan manajemen (management reporting system). Sistem pendukung keputusan (decision support system). Sistem otomatisasi kantor (office automation system). Sistem pintar (expert system) .B. CBISSistem Informasi Berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS)merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapatdipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dankendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang terkait dengan CBIS antara lainadalah data, informasi, sistem, sistem informasi dan basis komputer.Informasi disajikan dalam bentuk lisanmaupun tertulis oleh suatu pengolahinformasi. Pada bagian pengolahandengan komputer terdiri dari limabidang yakni SIA, SIM, DSS, kantorvirtual dan sistem berbasispengetahuan. Hal tersebut dinamakandengan sistem informasi berbasiskomputer (Computer Based
  • 3. Information Sistem). Gambar menunjukkan model CBIS.Dapat disimpulkan bahwa suatu sistem terdiri atas beberapa unsur yang disebut subsistem, yangsaling berhubungan dengan yang lain agar suatu sistem dapat berjalan dengan efektif dan efisien.CBIS atau Computer Base Information System, mengandung arti bahwa komputer memainkanperanan penting dalam sebuah sistem informasi, meskipun secara teoritis, penerapan sebuahsistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya, namun padaprakteknya dengan data dan kebutuhan informasi yang begitu kompleks maka peran teknologikomputer begitu dibutuhkan, peran komputer inilah yang dikenal dengan istilah “ComputerBased” karena digunakan untuk mengolah informasi dalam sebuah sistem maka disebut“Computer Based Information System” atau sistem informasi berbasis komputer.CBIS ini diharapkan dapatmenghasilkan informasi yangberkualitas, sehingga tujuan organisasi(user) dapat tercapai secara effisien danefektif dengan hasil yang maksimaldalam proses yang optimal dan 5 (lima)hal pokok yang merupakan manfaat dariSistem Informasi dalam pengendalianManajemen Organisasi, adalah:
  • 4.  Penghematan waktu (time saving). Penghematan biaya (cost saving). Peningkatan efektifitas (effectiveness) Pengembangan teknologi (technologydevelopment) Pengembangan personil akuntansi (accountingstaff development).Suatu perusahaan dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam memperkenalkan produk barangmaupun jasa yang dimilikinya kepada konsumen diberbagai belahan dunia. Agar dapatmelakukannya, maka dibutuhkan suatu sistem informasi yang tepat agar dapat memberikanpetunjuk aktual tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh setiap komponen dalamperusahaan tersebut. Sistem informasi yang tepat, tentunya akan menghasilkan informasi yang
  • 5. cepat, akurat dan dapat dipercaya. Informasi yang cepat, akurat dan dapat dipercaya tersebutsangat diperlukan dalam rangka pengambilan keputusan keputusan strategis perusahaan untukdapat semakin maju dan bersaing di lingkungan yang penuh gejolak ini.Penerapan Sistem Informasi Akuntansi berbasis komputer misalnya, merupakan salah satualternatif jawaban yang tepat jika pihak manajemen menginginkan suatu sumber informasi yangdapat menghasilkan masukan sesuai yang diinginkannya.