Mengenai dakwah TPA/TPQ

9,781 views

Published on

SEMOGA DAPAT BERMANFAAT BAGI SEMUA SAUDARA2KU SESAMA AKTIVIS DAKWAH TPQ...
SALAM PERJUANGAN

Published in: Education, Spiritual
2 Comments
6 Likes
Statistics
Notes
No Downloads
Views
Total views
9,781
On SlideShare
0
From Embeds
0
Number of Embeds
9
Actions
Shares
0
Downloads
326
Comments
2
Likes
6
Embeds 0
No embeds

No notes for slide

Mengenai dakwah TPA/TPQ

  1. 1. PANDUAN PRAKTISPANDUAN PRAKTIS PENGELOLAANPENGELOLAAN TKA-TPA, TKAL-TPALTKA-TPA, TKAL-TPAL DAN TQADAN TQA Sesuai KurikulumSesuai Kurikulum Nasional 2007Nasional 2007
  2. 2. PENDAHULUANPENDAHULUAN 1.1. Keberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an, baik yangKeberadaan Taman Pendidikan Al-Qur’an, baik yang dikenal dengan nama TKA/TKQ, TPA/TPQ, MDA/MDQ,dikenal dengan nama TKA/TKQ, TPA/TPQ, MDA/MDQ, TQA dan bentuk lain yang sejenis, tidak bisa dipisahkanTQA dan bentuk lain yang sejenis, tidak bisa dipisahkan dari peran KH. As’ad Humam bersama Team Tadarusdari peran KH. As’ad Humam bersama Team Tadarus AMM-nya, yang telah mendirikan TK Al-Qur’an “AMM”AMM-nya, yang telah mendirikan TK Al-Qur’an “AMM” di Yogyakarta pada tanggal 16 Maret 1988.di Yogyakarta pada tanggal 16 Maret 1988. TK Al-Qur’an “AMM” inilah yang kemudian banyakTK Al-Qur’an “AMM” inilah yang kemudian banyak ditiru di Indonesia, khususnya setelah Team Tadarusditiru di Indonesia, khususnya setelah Team Tadarus “AMM” diresmikan menjadi Balai Penelitian dan“AMM” diresmikan menjadi Balai Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’anPengembangan Sistem Pengajaran Baca Tulis Al-Qur’an LPTQ Nasional di Yogyakarta (SK LPTQ NasionalLPTQ Nasional di Yogyakarta (SK LPTQ Nasional Nomer 1 Tahun 1991, tertanggal 7 Pebruari 1991).Nomer 1 Tahun 1991, tertanggal 7 Pebruari 1991).
  3. 3. 2.2. TKA-TPA “AMM” diawali keprihatinan KH.TKA-TPA “AMM” diawali keprihatinan KH. As’ad Humam bersama Team Tadarus AMM-As’ad Humam bersama Team Tadarus AMM- nya melihat banyaknya anak-anak muda dinya melihat banyaknya anak-anak muda di Kotagede dan sekitarnya yang tidak mampuKotagede dan sekitarnya yang tidak mampu membaca Al-Qur’an. Ternyata data yang adamembaca Al-Qur’an. Ternyata data yang ada menunjukkan bahwa generasi muda Indonesiamenunjukkan bahwa generasi muda Indonesia yang tidak bisa baca Al-Qur’an juga meningkatyang tidak bisa baca Al-Qur’an juga meningkat prosentasenya.prosentasenya. (‘(‘Dinamika BeritaDinamika Berita, Kamis 8 Pebruari 1990)., Kamis 8 Pebruari 1990). Tahun 1950 Tahun 1980 Tahun 1990 17,5 % 56 % 75 %
  4. 4. 3.3.  Menurunnya kuantitas dan kualitas pengajianMenurunnya kuantitas dan kualitas pengajian anak-anak di masjid/ langgar/musholla.anak-anak di masjid/ langgar/musholla.  Metode pengajaran baca Al-Qur’an yang statis.Metode pengajaran baca Al-Qur’an yang statis. Mengapa ini terjadi ?Mengapa ini terjadi ?
  5. 5. Kaidah BaghdadiyahKaidah Baghdadiyah A A Berapa Kali ?
  6. 6. Kaidah Iqro’Kaidah Iqro’
  7. 7. 3.3.  Menurunnya kuantitas dan kualitas pengajian anak-anakMenurunnya kuantitas dan kualitas pengajian anak-anak di masjid/ langgar/musholla.di masjid/ langgar/musholla.  Metode pengajaran baca Al-Qur’an yang statis.Metode pengajaran baca Al-Qur’an yang statis.  Terbatasnya jam pelajaran pendidikan agama di sekolah.Terbatasnya jam pelajaran pendidikan agama di sekolah.  Dihapuskannya pelajaran huruf Arab Jawi (Arab Melayu)Dihapuskannya pelajaran huruf Arab Jawi (Arab Melayu) dari kurikulum sekolah.dari kurikulum sekolah. Mengapa ini terjadi ?Mengapa ini terjadi ?
  8. 8. 4.4. Untuk mengatasi hal itu, Yayasan Team TadarusUntuk mengatasi hal itu, Yayasan Team Tadarus AMM melakukan gerakan M5A melalui :AMM melakukan gerakan M5A melalui :
  9. 9.  Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA / TKQ)Taman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA / TKQ)  Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA / TPQ)Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA / TPQ)  Taman Kanak-kanak Al-Qur’an LanjutanTaman Kanak-kanak Al-Qur’an Lanjutan (TKAL / TKQL)(TKAL / TKQL)  Taman Pendidikan Al-Qur’an LanjutanTaman Pendidikan Al-Qur’an Lanjutan (TPAL / TPQL)(TPAL / TPQL)  Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA)Ta’limul Qur’an Lil Aulad (TQA)  Majlis Ta’lim dan Tadarus Al-Qur’anMajlis Ta’lim dan Tadarus Al-Qur’an  Diklat UstadzDiklat Ustadz Gerakan M5AGerakan M5A
  10. 10. Gerakan M5AGerakan M5A  Kursus Tartilil Qur’an (KTA / KTQ)Kursus Tartilil Qur’an (KTA / KTQ)  Kursus Seni Baca Al-Qur’an (KSBA / KSBQ)Kursus Seni Baca Al-Qur’an (KSBA / KSBQ)  Kursus AdzanKursus Adzan  Kursus Imam dan KhotibKursus Imam dan Khotib  Keterpaduan BKB-Iqro’Keterpaduan BKB-Iqro’  Iqro’ Klassikal di Sekolah FormalIqro’ Klassikal di Sekolah Formal  Taman Kanak-kanak Al-Qur’an PlusTaman Kanak-kanak Al-Qur’an Plus  Majlis Pembelajaran Al-Qur’an danMajlis Pembelajaran Al-Qur’an dan Bimbingan Ibadah (MPA / MPQ & BI)Bimbingan Ibadah (MPA / MPQ & BI)
  11. 11. Dasar KeberadaanDasar Keberadaan  Perintah Allah dalam QS. At-Tahrim: 6Perintah Allah dalam QS. At-Tahrim: 6 ““Wahai orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamuWahai orang yang beriman, jagalah dirimu dan keluargamu dari siksa api nerakadari siksa api neraka””  Perintah Rosulullah SAW. :Perintah Rosulullah SAW. : ““Didiklah anak-anakmu dengan tiga perkara: mencintaiDidiklah anak-anakmu dengan tiga perkara: mencintai Nabimu, mencintai keluarga Nabi dan membaca Al-Qur’anNabimu, mencintai keluarga Nabi dan membaca Al-Qur’an”” (HR. At-Thabrani)(HR. At-Thabrani)  Penghargaan Rosulullah dengan sabdanya :Penghargaan Rosulullah dengan sabdanya : ““Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al- Qur’an dan mengajarkan-nyaQur’an dan mengajarkan-nya” (HR. Bukhori)” (HR. Bukhori)  Pesan Ibnu Sina dalam kitab “As-Siyasah”:Pesan Ibnu Sina dalam kitab “As-Siyasah”: ““Ajarilah anakmu dengan baca Al-Qur’an lebih dulu sebelumAjarilah anakmu dengan baca Al-Qur’an lebih dulu sebelum yang lainnyayang lainnya”.”.
  12. 12. Taman Kanak-kanak Al-Qur’anTaman Kanak-kanak Al-Qur’an (TKA / TKQ)(TKA / TKQ) Taman Pendidikan Al-Qur’anTaman Pendidikan Al-Qur’an (TPA / TPQ)(TPA / TPQ) Oleh : Drs. H. M. BudiyantoOleh : Drs. H. M. Budiyanto
  13. 13. Selingan Nyanyi . . .Selingan Nyanyi . . .
  14. 14. Ini bunyi apa ?Ini bunyi apa ? Itu bunyi AItu bunyi A Ini bunyi apakah ?Ini bunyi apakah ? Itu Bunyi BaItu Bunyi Ba Ini bunyi apa ?Ini bunyi apa ? Itu bunyi TaItu bunyi Ta Ini bunyi apakah ?Ini bunyi apakah ? Itu Bunyi TsaItu Bunyi Tsa AA – Ba– Ba – Ta– Ta BaBa – Ta– Ta – Tsa– Tsa TaTa – Tsa– Tsa – A– A TsaTsa – A– A – Ba– Ba
  15. 15. Setiap Hari Kita MengajiSetiap Hari Kita Mengaji Mengaji Qur’an Sepenuh HatiMengaji Qur’an Sepenuh Hati Qur’an Dibaca dan DipahamiQur’an Dibaca dan Dipahami Diamalkan Dalam Hidup Sehari-hariDiamalkan Dalam Hidup Sehari-hari YES…!!!YES…!!!
  16. 16. Jenjang 5……………………………………………………….. Jenjang 4 ……………………………………………………… Jenjang 3 …………………. Jenjang 2 …………………. Jenjang 1 …………………. TKA 4 – 6 Th. TPA 7 – 12 Th. TKAL 5 – 7 Th. TPAL 8 – … Th. Pra TQA (Tahfid Juz ‘Amma) 6 – 8 Th. TQA ULA (Tafhim Juz‘Amma) 9 – … Th. TQA WUSTHO (Maudlu’iyah) 10 – … Th. TQA ULYA (Tartibiyah) 11 – … Th. > 7 Th. > 8 Th.
  17. 17. Pengertian TKA-TPAPengertian TKA-TPA Taman Kanak-kanak Al-Qur’an, bisaTaman Kanak-kanak Al-Qur’an, bisa disingkat TKA atau TKQ, adalah lembagadisingkat TKA atau TKQ, adalah lembaga pendidikan Al-Qur’an tingkat dasar untukpendidikan Al-Qur’an tingkat dasar untuk anak-anak usia TK (4-6 th). Sedangkananak-anak usia TK (4-6 th). Sedangkan Taman Pendidikan Al-Qur’an, bisa disingkatTaman Pendidikan Al-Qur’an, bisa disingkat TPA atau TPQ, adalah lembaga pendidikanTPA atau TPQ, adalah lembaga pendidikan Al-Qur’an tingkat dasar untuk anak-anak usiaAl-Qur’an tingkat dasar untuk anak-anak usia SD (7-12 th). Jadi TKA dan TPA adalahSD (7-12 th). Jadi TKA dan TPA adalah merupakan jenjang pendidikan yangmerupakan jenjang pendidikan yang sederajat.sederajat.
  18. 18. Tujuan TKA-TPATujuan TKA-TPA Bertujuan menyiapkan terbentuknya generasiBertujuan menyiapkan terbentuknya generasi qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmenqur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Qur’an sebagai sumber perilaku,terhadap Al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya.pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yangHal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap Al-Qur’an, mampu dan rajinmendalam terhadap Al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isimembacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan memiliki kemauan yangkandungannya, dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffahkuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.dalam kehidupan sehari-hari.
  19. 19. Target (Standar Kelulusan)Target (Standar Kelulusan) Dibedakan menjadi target pokok (yang harusDibedakan menjadi target pokok (yang harus tercapai dan menjadi standar kelulusan) dantercapai dan menjadi standar kelulusan) dan target penunjang (yang diharapkan bisatarget penunjang (yang diharapkan bisa tercapai walaupun tidak menjadi standartercapai walaupun tidak menjadi standar kelulusan).kelulusan).
  20. 20. Target PokokTarget Pokok Santri mampu:Santri mampu:  Membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmuMembaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid dengan baik dan benar.tajwid dengan baik dan benar.  Melakukan praktek wudlu dan sholatMelakukan praktek wudlu dan sholat  Hafal bacaan sholatHafal bacaan sholat
  21. 21. Target PenunjangTarget Penunjang Santri mampu :Santri mampu :  Hafal 15 do’a sehari-hari dan mengertiHafal 15 do’a sehari-hari dan mengerti etikanyaetikanya  Hafal 13 surat pendek dalam juz ’ammaHafal 13 surat pendek dalam juz ’amma  Hafal 2 kelompok ayat pilihanHafal 2 kelompok ayat pilihan  Menulis (menyalin) ayat Al-Qur’anMenulis (menyalin) ayat Al-Qur’an  Memiliki dasar-dasar akidah yang benar danMemiliki dasar-dasar akidah yang benar dan akhlak muliaakhlak mulia  Membiasakan berinfakMembiasakan berinfak
  22. 22. Materi Pelajaran TKA-TPAMateri Pelajaran TKA-TPA Materi Pelajaran Materi Penunjang Materi Pokok
  23. 23. Materi PokokMateri Pokok  Pembelajaran membaca Al-Qur’anPembelajaran membaca Al-Qur’an dengan buku “Iqro” (Jilid 1-6)dengan buku “Iqro” (Jilid 1-6)  Praktek wudlu dan sholat berjama’ahPraktek wudlu dan sholat berjama’ah  Hafalan bacaan sholatHafalan bacaan sholat
  24. 24. Materi PenunjangMateri Penunjang  15 do’a sehari-hari dan etikanya15 do’a sehari-hari dan etikanya  Hafalan 13 surat pendek dalam juz ’amma, yaituHafalan 13 surat pendek dalam juz ’amma, yaitu QS. An-Nas s/d At-TakatsurQS. An-Nas s/d At-Takatsur..  Hafalan 2 kelompok ayat pilihan, yaitu:Hafalan 2 kelompok ayat pilihan, yaitu:  QS. Al-Baqarah : 255 (Ayat Kursi)QS. Al-Baqarah : 255 (Ayat Kursi)  QS. Al-Isro’ : 23 – 24QS. Al-Isro’ : 23 – 24  Pembelajaran menulis ayat-ayat Al-Qur’anPembelajaran menulis ayat-ayat Al-Qur’an dengan buku “Allama bil Qalam”dengan buku “Allama bil Qalam”  Hadits/mahfudzot tentang dasar-dasar akidah –Hadits/mahfudzot tentang dasar-dasar akidah – akhlak yang dikemas dalam BCM (Bermainakhlak yang dikemas dalam BCM (Bermain Ceritera dan Menyanyi).Ceritera dan Menyanyi).  Praktek BerinfakPraktek Berinfak
  25. 25. 15 etika dan do’a sehari-hari15 etika dan do’a sehari-hari  Etika berdo’a dan do’a kebaikan dunia akheratEtika berdo’a dan do’a kebaikan dunia akherat  Etika akan tidur dan do’anyaEtika akan tidur dan do’anya  Etika bangun tidur dan do’anyaEtika bangun tidur dan do’anya  Etika buang hajat dan do’a masuk kamar kecilEtika buang hajat dan do’a masuk kamar kecil  Etika dan Doa keluar kamar kecilEtika dan Doa keluar kamar kecil  Etika berwudlu dan do’a setelah wudluEtika berwudlu dan do’a setelah wudlu  Etika dan do’a masuk masjidEtika dan do’a masuk masjid  Etika di dalam masjid dan do’a keluar masjidEtika di dalam masjid dan do’a keluar masjid
  26. 26. 15 etika dan do’a sehari-hari15 etika dan do’a sehari-hari  Etika mendengar adzan dan do’a selesai adzanEtika mendengar adzan dan do’a selesai adzan  Etika membaca Al-Qur’an dan do’a hendakEtika membaca Al-Qur’an dan do’a hendak membaca Al-Qur’anmembaca Al-Qur’an  Etika makan dan do’a hendak makanEtika makan dan do’a hendak makan  Etika dan Do’a selesai makanEtika dan Do’a selesai makan  Etika berpakaian dan do’anyaEtika berpakaian dan do’anya  Etika menuntut ilmu dan do’a hendak belajarEtika menuntut ilmu dan do’a hendak belajar  Etika terhadap orang tua dan do’anyaEtika terhadap orang tua dan do’anya (Menggunakan buku “Etika dan Do’a sehari-hari”(Menggunakan buku “Etika dan Do’a sehari-hari” Oleh:Drs.HM Budiyanto)Oleh:Drs.HM Budiyanto)
  27. 27. Masa dan Waktu PendidikanMasa dan Waktu Pendidikan Lama pendidikan 1 tahun, terbagi 2 semester.Lama pendidikan 1 tahun, terbagi 2 semester. Tiap semester ada pembagian rapot. UntukTiap semester ada pembagian rapot. Untuk TKA, pembelajaran minimal 5 kali dalam 1TKA, pembelajaran minimal 5 kali dalam 1 minggu, tiap pertemuan minimal 60 menit.minggu, tiap pertemuan minimal 60 menit. Untuk TPA, pembelajaran minimal 3 kali dalamUntuk TPA, pembelajaran minimal 3 kali dalam 1 minggu, tiap pertemuan minimal 100 menit.1 minggu, tiap pertemuan minimal 100 menit. Setelah menyelesaikan program ini santriSetelah menyelesaikan program ini santri berhak mendapatkan “Sertifikat” TKA/TPA danberhak mendapatkan “Sertifikat” TKA/TPA dan berhak mengikuti upacara “Kenaikan Tingkat”berhak mengikuti upacara “Kenaikan Tingkat” ke TKAL/TPAL.ke TKAL/TPAL.
  28. 28. Pengelolaan KelasPengelolaan Kelas 1.1. TKA diperuntukkan anak usia TK (4-6 th), sedangTKA diperuntukkan anak usia TK (4-6 th), sedang TPA untuk anak usia SD (7-12 th). Baik TKATPA untuk anak usia SD (7-12 th). Baik TKA maupun TPA diperuntukkan bagi anak yangmaupun TPA diperuntukkan bagi anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an. Bagi yang sudahbelum bisa membaca Al-Qur’an. Bagi yang sudah bisa membaca Al-Qur’an, langsung masukbisa membaca Al-Qur’an, langsung masuk TKAL/TPAL.TKAL/TPAL. 2.2. Anak dikelompokkan dalam kelas-kelas. TiapAnak dikelompokkan dalam kelas-kelas. Tiap kelas ada 15-25 santri yang sebaya usianya, adakelas ada 15-25 santri yang sebaya usianya, ada wali kelas dan beberapa ustadz privat yangwali kelas dan beberapa ustadz privat yang jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah santri (1jumlahnya menyesuaikan dengan jumlah santri (1 ustadz : 6 santri)ustadz : 6 santri) 3.3. Untuk TKA seminggu masuk minimal 5 hari, tiapUntuk TKA seminggu masuk minimal 5 hari, tiap pertemuan berlangsung selama 60 menit.pertemuan berlangsung selama 60 menit.
  29. 29. Waktu yang 60 menit Untuk TKAWaktu yang 60 menit Untuk TKA a. 05 menit : Pembukaan (persiapan, salam, do’a dan presensi) b. 15 menit : Klassikal I (bacaan sholat, etika dan do’a sehari-hari, surat-surat pendek dan ayat pilihan) c. 25 menit : Privat (proses pembelajaran baca Al-Qur’an dengan buku Iqro’ dan menulis) d. 10 menit : Klassikal II (hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak yang disampaikan dengan BCM) e. 05 menit : Penutup (untuk do’a, baca ikrar, pesan-pesan dan berinfak) Catatan : Untuk praktek wudlu dan sholat berjama’ah dilaksanakan di luar jam pelajaran
  30. 30. Contoh Jadwal TKAContoh Jadwal TKA (1)(1) Senin Rabu & Ka mis : Praktek wudlu dan sholat berjama’ah ashar 16.00-16.05 : Pembukaan (salam, do’a, presensi) 16.05-16.20 : Klassikal I (bacaan sholat dan surat-surat pendek) 16.20-16.45 : IQRO’/Tadarus dan menulis huruf Al-Qur’an 16.45-16.55 : Klassikal II (hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak (BCM)) 16.55-17.00 :: Penutup (do’a , ikrar santri, pesan-pesan dan berinfak)
  31. 31. Contoh Jadwal TKAContoh Jadwal TKA (2)(2) Selasa : Praktek wudlu dan sholat berjama’ah ashar 16.00-16.05 : Praktek wudlu dan sholat berjama’ah ashar 16.05-16.20 : Klassikal I (etika dan do’a sehari-hari) 16.20-16.45 : IQRO’/Tadarus dan menulis huruf Al-Qur’an 16.45-16.55 : Klassikal II (Bacaan sholat dan surat-surat pendek) 16.55-17.00 :: Penutup (do’a , ikrar santri, pesan-pesan dan berinfak)
  32. 32. Contoh Jadwal TKAContoh Jadwal TKA (3)(3) Jum’at : Praktek wudlu dan sholat berjama’ah ashar 16.00-16.05 : Praktek wudlu dan sholat berjama’ah ashar 16.05-16.20 : Klassikal I (etika dan do’a sehari-hari) 16.20-16.45 : IQRO’/Tadarus dan menulis huruf Al-Qur’an 16.45-16.55 : Klassikal II (ayat-ayat pilihan) 16.55-17.00 :: Penutup (do’a , ikrar santri, pesan-pesan dan berinfak)
  33. 33. Struktur Kurikulum TKA dalamStruktur Kurikulum TKA dalam 1(satu) minggu1(satu) minggu No. Mata Pelajaran Smt I Smt II Jumlah 1 Pembelajaran Iqro’/tadarus Al-Qur’an secara privat dan menulis 5 5 10 2 Bacaan sholat dan surat-surat pendek 4 4 8 3 Etika dan do’a sehari-hari 2 2 4 4 Ayat-ayat pilihan 1 1 2 5 hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak (BCM) 3 3 6 6 Praktek wudlu, sholat (berjama’ah) dan berinfak 5 5 10 Jumlah 20 20 40
  34. 34. Waktu yang 100 menit Untuk TPAWaktu yang 100 menit Untuk TPA Catatan : Untuk praktek wudlu dan sholat berjama’ah dilaksanakan di luar jam pelajaran a. 05 menit : Pembukaan (persiapan, salam, do’a dan presensi) b. 30 menit : Klassikal I (bacaan sholat, etika dan do’a sehari-hari serta surat-surat pendek) c. 30 menit : Privat (proses pembelajaran baca Al-Qur’an dengan buku Iqro’ dan menulis) d. 30 menit : Klassikal II (hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak yang dikemas dalam bentuk BCM dan hafalan ayat pilihan) e. 05 menit : Penutup (untuk do’a, baca ikrar, pesan-pesan, dan berinfak)
  35. 35. Contoh Jadwal TPAContoh Jadwal TPA (1)(1) Senin & Kamis 14.30-14.35 : Pembukaan (salam, do’a, presensi) 14.35-15.05 : Klassikal I (bacaan sholat/surat-surat pendek/etika dan doa sehari-hari) 15.05-15.35 : IQRO’/Tadarus dan menulis 15.35-16.05 : Klassikal II (hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak yang dikemas dalam bentuk BCM) 16.05-16.10 : Penutup (do’a , ikrar santri, pesan-pesan dan berinfak) Praktek wudlu dan shalat berjama’ah
  36. 36. Contoh Jadwal TPAContoh Jadwal TPA (2)(2) Rabu 14.30-14.35 : Pembukaan (salam, do’a, presensi) 14.35-15.05 : Klassikal I (bacaan sholat/surat-surat pendek/etika dan doa sehari-hari) 15.05-15.35 : IQRO’/Tadarus dan menulis 15.35-16.05 : Klassikal II (hafalan ayat-ayat pilihan) 16.05-16.10 : Penutup (do’a , ikrar santri, pesan-pesan dan berinfak) Praktek wudlu dan sholat berjama’ah
  37. 37. Struktur Kurikulum TPA dalamStruktur Kurikulum TPA dalam 1(satu) minggu1(satu) minggu No. Mata Pelajaran Smt I Smt II Jumlah 1 Pembelajaran Iqro’/tadarus Al-Qur’an secara privat dan menulis 3 3 6 2 Bacaan sholat, surat-surat pendek, etika dan doa sehari-hari 3 3 6 3 Ayat-ayat pilihan 1 1 2 4 Hadits/mahfudzot tentang akidah akhlak yang dikemas dalam bentuk BCM 2 2 4 5 Praktek wudlu, sholat berjama’ah dan berinfak 3 3 6 Jumlah 12 12 24
  38. 38. USTADZ Untuk TKA-TPAUSTADZ Untuk TKA-TPA Jumlah ustadz hendaklah cukup (1 ustadz : 6 anak)Jumlah ustadz hendaklah cukup (1 ustadz : 6 anak) 1. Fasih membaca Al-Qur’an, menguasai ilmu tajwid, dan bacaan ghorib. (Bersertifikat Tartil S1, S2A) 2. Hafal dengan fasih materi-materi hafalan TKA-TPA. (Bersertifikat Tartil S2B) 3. Mampu menulis ayat-ayat Al-Qur’an. 4. Menguasai metodologi “Iqro’” dan terampil mengajarkannya. (Berpiagam Penataran Tingkat Dasar) 5. Menguasai ke-TKA-TPA-nan, yang meliputi pengertiannya, dasar dan tujuannya, sistem pengelolaannya, materi dan kurikulumnya. (Berpiagam Penataran Tingkat Dasar)
  39. 39. USTADZ Untuk TKA-TPAUSTADZ Untuk TKA-TPA 6. Mengetahui adab-adab membaca Al-Qur’an. 7. Mengetahui dasar-dasar Ulumul Qur’an. 8. Trampil dalam BCM (Bermain, Ceritera, dan Menyanyi). (Berpiagam Penataran Tingkat Mahir 1) 6. Berkepribadian baik, bisa diteladani dan mempunyai semangat juang. 7. Berpegang teguh pada kode etik dan tata tertib ustadz berlaku
  40. 40. Kode Etik dan Tata TertibKode Etik dan Tata Tertib Ustadz-Ustadzah “AMM”Ustadz-Ustadzah “AMM” 1. Menjunjung tinggi ajaran Islam dan1. Menjunjung tinggi ajaran Islam dan akhlak mulia.akhlak mulia. 2. Menjaga dan memelihara nama baik2. Menjaga dan memelihara nama baik Yayasan Team Tadarus “AMM”Yayasan Team Tadarus “AMM” yogyakarta.yogyakarta. 3. Saling menghormati, baik sesama3. Saling menghormati, baik sesama ustadz, pengurus, wali santri maupunustadz, pengurus, wali santri maupun karyawan.karyawan. 4. Mencintai dan menyayangi para santri4. Mencintai dan menyayangi para santri
  41. 41. 5.5. Disiplin dan berdedikasi yangDisiplin dan berdedikasi yang dibuktikan dengan :dibuktikan dengan : a.a. Rajin dan semangat dalam mengajar.Rajin dan semangat dalam mengajar. b.b. Hadir 15 menit sebelum pelajaranHadir 15 menit sebelum pelajaran dimulai.dimulai. c.c. Tidak meninggalkan kelas selamaTidak meninggalkan kelas selama proses belajar mengajar berlangsung.proses belajar mengajar berlangsung. d.d. Mengajukan ijin 2 hari sebelumnya,Mengajukan ijin 2 hari sebelumnya, bila terpaksa berhalangan hadir.bila terpaksa berhalangan hadir.
  42. 42. 6. Bisa dijadikan teladan yang6. Bisa dijadikan teladan yang dibukti-kan dengan:dibukti-kan dengan: a.a. Berperilaku Islami dalam kehidupan sehari-hariBerperilaku Islami dalam kehidupan sehari-hari (saling memberi salam, berjabat tangan dengan(saling memberi salam, berjabat tangan dengan yang bukan lawan jenis, dll)yang bukan lawan jenis, dll) b.b. Tidak merokok di depan santri dan di lingkunganTidak merokok di depan santri dan di lingkungan Yayasan Team Tadarus “AMM” YogyakartaYayasan Team Tadarus “AMM” Yogyakarta c.c. Berpakaian sopan, bersih, rapi, menutup auratBerpakaian sopan, bersih, rapi, menutup aurat (tidak ketat dan tidak transparan), bersepatu,(tidak ketat dan tidak transparan), bersepatu, berpeci (bagi laki-laki) dan berjilbab (bagiberpeci (bagi laki-laki) dan berjilbab (bagi perempuan)perempuan) d.d. Tidak berboncengan dengan lawan jenis yangTidak berboncengan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnyabukan muhrimnya e.e. Aktif mengikuti sholat berjamaahAktif mengikuti sholat berjamaah
  43. 43. 7.7. Menjaga kekompakan, antara lainMenjaga kekompakan, antara lain dibuktikan dengan :dibuktikan dengan : a.a. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan yangBerpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diselenggarakandiselenggarakan b.b. Aktif mengikuti rapat/musyawarahAktif mengikuti rapat/musyawarah c.c. Berpakaian seragam sesuai denganBerpakaian seragam sesuai dengan yang telah ditentukanyang telah ditentukan
  44. 44. 8.8. Senantiasa berusaha meningkatkanSenantiasa berusaha meningkatkan kemampuan dan kefasihan yangkemampuan dan kefasihan yang dibuktikan dengan :dibuktikan dengan : a.a. Aktif mengikuti pembinaanAktif mengikuti pembinaan b.b. Memiliki sertifikat tartil S1, S2A dan S2BMemiliki sertifikat tartil S1, S2A dan S2B c.c. Berusaha memiliki sertifikat tartil S3Berusaha memiliki sertifikat tartil S3
  45. 45. Pakaian SeragamPakaian Seragam  Seragam nasional santri adalah busanaSeragam nasional santri adalah busana muslim warna krem.muslim warna krem.  Masing-masing daerah/ organisasiMasing-masing daerah/ organisasi sebaiknya juga memiliki seragam khas.sebaiknya juga memiliki seragam khas.  Wajib menutup aurat (tidak ketat dan tidakWajib menutup aurat (tidak ketat dan tidak transparan)transparan)
  46. 46. DanaDana  Sumber pendanaan diupayakan melalui:Sumber pendanaan diupayakan melalui:  Uang pendaftaran santri baruUang pendaftaran santri baru  SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan)SOP (Sumbangan Operasional Pendidikan)  SPP (syahriyah)SPP (syahriyah)  Donatur (dana masyarakat)Donatur (dana masyarakat)  Dana Pemerintah (APBD/APBN)Dana Pemerintah (APBD/APBN)  Sumber lain yang halal dan tidak mengikatSumber lain yang halal dan tidak mengikat  Dana digunakan untuk:Dana digunakan untuk:  Biaya operasionalBiaya operasional  Transport/honor ustadzTransport/honor ustadz
  47. 47. Struktur OrganisasiStruktur Organisasi  Struktur organisasi bersifat luwes danStruktur organisasi bersifat luwes dan kondisional.kondisional.  Dalam setiap unit, sekurang-kurangnyaDalam setiap unit, sekurang-kurangnya ada seorang Kepala/Direktur TKA-TPA,ada seorang Kepala/Direktur TKA-TPA, Sekretaris (Tata Usaha), Bendahara danSekretaris (Tata Usaha), Bendahara dan Wali Kelas.Wali Kelas.  Dalam kondisi berkembang, strukturDalam kondisi berkembang, struktur organisasi bisa diubah sesuai kebutuhan.organisasi bisa diubah sesuai kebutuhan.
  48. 48. Langkah-LangkahLangkah-Langkah Mendirikan TKA-TPA (1)Mendirikan TKA-TPA (1) 1.1. Terlebih dahulu dibentukTerlebih dahulu dibentuk lembaga/organisasi penyelenggaralembaga/organisasi penyelenggara penanggung jawab, seperti Yayasan, Takmirpenanggung jawab, seperti Yayasan, Takmir Masjid, Majlis Ta’lim, atau LSM lainnya.Masjid, Majlis Ta’lim, atau LSM lainnya. 2.2. Siapkan sarana dan prasarana (tempat,Siapkan sarana dan prasarana (tempat, buku-buku, dsb)buku-buku, dsb) 3.3. Siapkan ustadz-ustadzah dan tenagaSiapkan ustadz-ustadzah dan tenaga kependidikan lainnya dengan mengikutikependidikan lainnya dengan mengikuti penataran.penataran. (minimal penataran tingkat dasar)(minimal penataran tingkat dasar)
  49. 49. Langkah-LangkahLangkah-Langkah Mendirikan TKA-TPA (2)Mendirikan TKA-TPA (2) 4.4. Siapkan promosi (sosialisasi) dengan melibatkanSiapkan promosi (sosialisasi) dengan melibatkan ulil amri (pejabat pemerintah), ulil albab (tokohulil amri (pejabat pemerintah), ulil albab (tokoh agama), ulil amwal (penyandang dana), ulil anfusagama), ulil amwal (penyandang dana), ulil anfus (pelaksana harian dan ustadz), dan ulil absor(pelaksana harian dan ustadz), dan ulil absor (pengamat dan pemerhati)(pengamat dan pemerhati) 5.5. Siapkan pengelolaan yang baikSiapkan pengelolaan yang baik 6.6. Bergabung dalam wadah koordinasi yang adaBergabung dalam wadah koordinasi yang ada (Badko TKA-TPA, LPPTKA-TPA atau lainnya)(Badko TKA-TPA, LPPTKA-TPA atau lainnya) 7.7. Menginformasikan keberadaannya ke BalitbangMenginformasikan keberadaannya ke Balitbang LPTQ Nasional di Yogyakarta untukLPTQ Nasional di Yogyakarta untuk mendapatkan “Piagam”mendapatkan “Piagam”
  50. 50. Lain - LainLain - Lain 1.1. Setelah menyelesaikan program TKA-TPASetelah menyelesaikan program TKA-TPA (telah tercapai standar minimal kelulusan),(telah tercapai standar minimal kelulusan), santri berhak mendapatkansantri berhak mendapatkan “Sertifikat“Sertifikat Kelulusan.”Kelulusan.” 2.2. Sertifikat Kelulusan dipergunakan untukSertifikat Kelulusan dipergunakan untuk melanjutkan ke jenjang TKAL-TPALmelanjutkan ke jenjang TKAL-TPAL 3.3. Pemberian sertifikat kelulusan diberikanPemberian sertifikat kelulusan diberikan dalam upacara “Kenaikan Tingkat”dalam upacara “Kenaikan Tingkat”
  51. 51. ADA PERTANYAAN ???ADA PERTANYAAN ??? Any Question ???Any Question ??? Selingan …Selingan … Nyanyi dulu…Nyanyi dulu…
  52. 52. IBUIBU Ibu, kau mentari pagi tanda kasih IlahiIbu, kau mentari pagi tanda kasih Ilahi Kau besarkan dan kau didik aku dengan cinta kasihmuKau besarkan dan kau didik aku dengan cinta kasihmu Engkau bukti betapa kasih-Nya Allah Robbul IzzatiEngkau bukti betapa kasih-Nya Allah Robbul Izzati Ibu, takkan kulupakan kan kukenang jasamuIbu, takkan kulupakan kan kukenang jasamu Ibu, kau purnama raya di kala malam hariIbu, kau purnama raya di kala malam hari Cahaya dan sinarmu menguak segala yang gulitaCahaya dan sinarmu menguak segala yang gulita Engkau buka dan engkau singkirkan onak serta duriEngkau buka dan engkau singkirkan onak serta duri Agar putramu selamat menapak hidup iniAgar putramu selamat menapak hidup ini Reff:Reff: Kini ibu di usiamu yang diambang senjaKini ibu di usiamu yang diambang senja Istirahatlah biarkan kucuci telapak kakimuIstirahatlah biarkan kucuci telapak kakimu Biarkanlah kucium pipi dan kedua tanganmuBiarkanlah kucium pipi dan kedua tanganmu Sebagai ungkapan terima kasihku padamuSebagai ungkapan terima kasihku padamu Tuhan Pencipta alam Yang Pengasih dan PenyayangTuhan Pencipta alam Yang Pengasih dan Penyayang Curahkanlah rahmat dan ampunan untuk ibunda sayangCurahkanlah rahmat dan ampunan untuk ibunda sayang Sehatkanlah dalam menikmati sisa-sisa hidupnyaSehatkanlah dalam menikmati sisa-sisa hidupnya Jadikan khusnul khotimah saat Kau jemput diaJadikan khusnul khotimah saat Kau jemput dia
  53. 53. Iki Piye ?Iki Piye ? Iki piye, iki piye, iki piyeIki piye, iki piye, iki piye Bocah ngaji do rame-rameBocah ngaji do rame-rame Ning apik surasaneNing apik surasane Nggo nglatih ibadaheNggo nglatih ibadahe Ben kulino suk tekan gedeBen kulino suk tekan gede Iki piye, iki piye, iki piyeIki piye, iki piye, iki piye Aku wis wani ngaji deweAku wis wani ngaji dewe Ing masjid keh kancaneIng masjid keh kancane Ustade nyenengakeUstade nyenengake Ayo dho, ngaji masjid keneAyo dho, ngaji masjid kene
  54. 54. Senandung Al FatehahSenandung Al Fatehah Dengan menyebut nama-Mu ya AllahDengan menyebut nama-Mu ya Allah Yang Maha Pengasih PenyayangYang Maha Pengasih Penyayang Segala puji bagi-Mu ya AllahSegala puji bagi-Mu ya Allah Pemelihara seluruh alam rayaPemelihara seluruh alam raya Engkaulah Maha Pengasih dan PenyayangEngkaulah Maha Pengasih dan Penyayang Yang menguasai Hari PembalasanYang menguasai Hari Pembalasan Hanyalah kepada-Mu kami menyembahHanyalah kepada-Mu kami menyembah Dan pada-Mu kami mohon pertolonganDan pada-Mu kami mohon pertolongan Tunjukkanlah kami ke jalan yang lurusTunjukkanlah kami ke jalan yang lurus Jalan orang-orang yang Kau beri nikmatJalan orang-orang yang Kau beri nikmat Bukan jalan mereka yang kau murkaiBukan jalan mereka yang kau murkai Dan bukan pula jalan m’reka yang sesatDan bukan pula jalan m’reka yang sesat Perkenankan do’a kamiPerkenankan do’a kami Amin Ya Robbal ‘AlaminAmin Ya Robbal ‘Alamin
  55. 55. Taman Kanak-kanak Al-Qur’anTaman Kanak-kanak Al-Qur’an Lanjutan (TKAL / TKQL)Lanjutan (TKAL / TKQL) Taman Pendidikan Al-Qur’anTaman Pendidikan Al-Qur’an Lanjutan (TPAL / TPQL)Lanjutan (TPAL / TPQL) Oleh : Drs. H. M. BudiyantoOleh : Drs. H. M. Budiyanto
  56. 56. Jenjang 5……………………………………………………….. Jenjang 4 ……………………………………………………… Jenjang 3 …………………. Jenjang 2 …………………. Jenjang 1 …………………. TKA 4 – 6 Th. TPA 7 – 12 Th. TKAL 5 – 7 Th. TPAL 8 – … Th. Pra TQA (Tahfid Juz ‘Amma) 6 – 8 Th. TQA ULA (Tafhim Juz‘Amma) 9 – … Th. TQA WUSTHO (Maudlu’iyah) 10 – … Th. TQA ULYA (Tartibiyah) 11 – … Th. > 7 Th. > 8 Th.
  57. 57. PengertianPengertian  Taman Kanak-kanak Al-Qur’an Lanjutan (TKAL) adalahTaman Kanak-kanak Al-Qur’an Lanjutan (TKAL) adalah lembaga lanjutan untuk TKA, sedangkan Tamanlembaga lanjutan untuk TKA, sedangkan Taman Pendidikan Al-Qur’an Lanjutan (TPAL) adalah lembagaPendidikan Al-Qur’an Lanjutan (TPAL) adalah lembaga lanjutan untuk TPA. Jadi TKAL dan TPAL adalahlanjutan untuk TPA. Jadi TKAL dan TPAL adalah sederajat.sederajat.  Syarat untuk masuk TKAL/TPAL tidaklah harus dariSyarat untuk masuk TKAL/TPAL tidaklah harus dari tamatan TKA/TPA. Yang penting, santri telah mamputamatan TKA/TPA. Yang penting, santri telah mampu membaca Al-Qur’an, dan hafal bacaan sholat sertamembaca Al-Qur’an, dan hafal bacaan sholat serta menunaikannya dengan baik.menunaikannya dengan baik.  Usia maksimal TKAL adalah 7 tahun. Oleh karena itu, bilaUsia maksimal TKAL adalah 7 tahun. Oleh karena itu, bila ada santri tamatan TKA yang telah berusia lebih dari 7ada santri tamatan TKA yang telah berusia lebih dari 7 tahun, dimasukkan ke dalam TPAL.tahun, dimasukkan ke dalam TPAL.
  58. 58. TujuanTujuan TKAL-TPAL bertujuan memantapkan apa yangTKAL-TPAL bertujuan memantapkan apa yang telah dicapai oleh TKA-TPA dalam menyiapkantelah dicapai oleh TKA-TPA dalam menyiapkan generasi qur’ani.generasi qur’ani.
  59. 59. TargetTarget Targetnya dibedakan menjadi 2, yaitu :Targetnya dibedakan menjadi 2, yaitu : • target pokok (yang harus dicapai dantarget pokok (yang harus dicapai dan menjadi standar minimal kelulusan)menjadi standar minimal kelulusan) • target penunjang (yang diharapkan bisatarget penunjang (yang diharapkan bisa dicapai walaupun tidak menjadi standardicapai walaupun tidak menjadi standar minimal kelulusan).minimal kelulusan).
  60. 60. Target PokokTarget Pokok  Yang menjadi target pokok (standar minimalYang menjadi target pokok (standar minimal kelulusan) adalah santri mampu:kelulusan) adalah santri mampu:  Khatam tadarus Al-Qur’an 10 juz pertama (juz 1-10)Khatam tadarus Al-Qur’an 10 juz pertama (juz 1-10) dengan baik dan benardengan baik dan benar  Mengerti kaifiyah wudlu dan sholatMengerti kaifiyah wudlu dan sholat  Menulis/menyalin ayat-ayat Al-Qur’anMenulis/menyalin ayat-ayat Al-Qur’an  Hafal 13 surat pendekHafal 13 surat pendek  Hafal 15 do’a sehari-hari dan mengerti etikanyaHafal 15 do’a sehari-hari dan mengerti etikanya  Rajin sholat berjama’ahRajin sholat berjama’ah  Membiasakan diri berinfakMembiasakan diri berinfak
  61. 61. Target PenunjangTarget Penunjang  Sedang target penunjangnya adalah santriSedang target penunjangnya adalah santri mampu:mampu:  Mengenal ilmu tajwid dan irama murottalMengenal ilmu tajwid dan irama murottal  Menterjemahkan bacaan sholatMenterjemahkan bacaan sholat  Menterjemahkan 13 surat pendek (QS. An-Nas s/d At-Menterjemahkan 13 surat pendek (QS. An-Nas s/d At- Takatsur) dan mengerti isi kandungannyaTakatsur) dan mengerti isi kandungannya  Mengenal bahasa Arab tingkat dasarMengenal bahasa Arab tingkat dasar  Menguasai beberapa hadits/mahfudzot tentang akidah-Menguasai beberapa hadits/mahfudzot tentang akidah- akhlakakhlak  Mengenal dasar-dasar Ulumul Qur’anMengenal dasar-dasar Ulumul Qur’an  Hafal 2 kelompok ayat pilihanHafal 2 kelompok ayat pilihan  Hafal 9 surat pendekHafal 9 surat pendek
  62. 62. Materi PelajaranMateri Pelajaran  Materi PokokMateri Pokok  Materi PenunjangMateri Penunjang
  63. 63. Materi PokokMateri Pokok  Materi pokoknya meliputi:Materi pokoknya meliputi:  Tadarus Al-Qur’an, dengan menggunakan bukuTadarus Al-Qur’an, dengan menggunakan buku “Al-“Al- Waqfu Wal Ibtida”Waqfu Wal Ibtida”  Kaifiyah wudlu dan sholatKaifiyah wudlu dan sholat  Menulis/menyalin ayat-ayat Al-Qur’anMenulis/menyalin ayat-ayat Al-Qur’an  Hafalan 13 surat pendek (QS. An-Nas – At-Takatsur)Hafalan 13 surat pendek (QS. An-Nas – At-Takatsur)  Hafalan 15 do’a sehari-hari dan etikanyaHafalan 15 do’a sehari-hari dan etikanya (Sama dengan di materi penunjang TKA-TPA)(Sama dengan di materi penunjang TKA-TPA)  Sholat berjama’ahSholat berjama’ah  Praktek berinfakPraktek berinfak
  64. 64. Materi Penunjang …Materi Penunjang … (1)(1)  Materi penunjangnya meliputi:Materi penunjangnya meliputi:  Ilmu tajwid, dengan menggunakan buku “Ilmu tajwid, dengan menggunakan buku “TajwidTajwid PraktisPraktis” yang disusun oleh KH As’ad Humam” yang disusun oleh KH As’ad Humam  Irama murottal dengan lagu Rost dan NahawandIrama murottal dengan lagu Rost dan Nahawand  Terjemah bacaan sholatTerjemah bacaan sholat  Terjemah dan isi kandungan 13 surat pendek (QS.Terjemah dan isi kandungan 13 surat pendek (QS. An-Nas s/d At-Takatsur) dengan menggunakan bukuAn-Nas s/d At-Takatsur) dengan menggunakan buku ““Tafhim Al-Qur’an Juz’ammaTafhim Al-Qur’an Juz’amma” yang disusun oleh” yang disusun oleh Drs. HM. BudiyantoDrs. HM. Budiyanto
  65. 65. Materi Penunjang …Materi Penunjang … (2)(2)  Bahasa Arab, dengan menggunakan buku “Bahasa Arab, dengan menggunakan buku “FasihFasih”” yang disusun oleh Ridlo Hisyamyang disusun oleh Ridlo Hisyam  Hadits/mahfudzot tentang akidah-akhlak denganHadits/mahfudzot tentang akidah-akhlak dengan menggunakan buku “menggunakan buku “Seratus Hadits EtikaSeratus Hadits Etika RosulullahRosulullah” dan “Mahfudzot” yang diterbitkan oleh” dan “Mahfudzot” yang diterbitkan oleh Team Tadarus “AMM”Team Tadarus “AMM”  Dasar-dasar Ulumul Qur’anDasar-dasar Ulumul Qur’an  Hafalan 2 kelompok ayat pilihan (QS. Luqman:12-19Hafalan 2 kelompok ayat pilihan (QS. Luqman:12-19 dan QS. Al-Mu’minun:1-11)dan QS. Al-Mu’minun:1-11)  Hafalan 9 surat pendek (Al-Qori’ah s.d. Ad-Dhuha)Hafalan 9 surat pendek (Al-Qori’ah s.d. Ad-Dhuha)
  66. 66. Masa dan Waktu PendidikanMasa dan Waktu Pendidikan  Lama pendidikan 1 tahun, terbagi 2Lama pendidikan 1 tahun, terbagi 2 semester. Tiap semester ada pembagiansemester. Tiap semester ada pembagian raport. Masuk minimal 3 kali dalamraport. Masuk minimal 3 kali dalam seminggu. Tiap pertemuan berlangsungseminggu. Tiap pertemuan berlangsung minimal 100 menit. Setelah menyelesaikanminimal 100 menit. Setelah menyelesaikan program ini, santri berhak mendapatkanprogram ini, santri berhak mendapatkan sertifikat TKAL/TPAL dan berhak mengikutisertifikat TKAL/TPAL dan berhak mengikuti upacara wisudaupacara wisuda..
  67. 67. Pengelolaan KelasPengelolaan Kelas  TKAL untuk anak usia 5-7 tahun dan TPAL untuk anakTKAL untuk anak usia 5-7 tahun dan TPAL untuk anak usia 8 tahun keatas.usia 8 tahun keatas.  Santri dikelompokkan ke dalam kelas-kelas, tiap kelasSantri dikelompokkan ke dalam kelas-kelas, tiap kelas terdiri 15-25 santri yang sebaya usianya. Ada wali kelasterdiri 15-25 santri yang sebaya usianya. Ada wali kelas dan beberapa ustadz pendamping (ustadz bidang studi)dan beberapa ustadz pendamping (ustadz bidang studi)  Tiap pertemuan berlangsung 100 menit yang terbagiTiap pertemuan berlangsung 100 menit yang terbagi dalam 4 jam pelajaran (@ 25 menit)dalam 4 jam pelajaran (@ 25 menit)
  68. 68. Contoh Jadwal TKAL – TPALContoh Jadwal TKAL – TPAL …… (1)(1) Senin 14.30-14.55 : Tadarus Al-Qur’an dengan irama murottal dan menulis 14.55-15.20 : Ilmu Tajwid 15.20-15.45 : Hafalan surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan 15.45-16.10 : Dasar-dasar Ulumul Qur’an 16.10-……. : Dilanjutkan wudlu, sholat Ashar berjamaah dan berinfak
  69. 69. Rabu 14.30-14.55 : Tadarus Al-Qur’an dengan irama murottal dan menulis 14.55-15.20 : Tarjamah bacaan sholat dan tarjamah 13 surat pendek 15.20-15.45 : Hafalan surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan 15.45-16.10 : Hadist / mahfudzot tentang akidah akhlak (BCM) 16.10-……. : Dilanjutkan wudlu, sholat Ashar berjamaah dan berinfak Contoh Jadwal TKAL – TPALContoh Jadwal TKAL – TPAL …… (2)(2)
  70. 70. Contoh Jadwal TKAL – TPALContoh Jadwal TKAL – TPAL …… (3)(3) Sabtu 14.30-14.55 : Tadarus Al-Qur’an dengan irama murottal dan menulis 14.55-15.20 : Tarjamah bacaan sholat dan tarjamah 13 surat pendek 15.20-15.45 : Bahasa Arab 15.45-16.10 : Etika dan do’a sehari-hari 16.10-……. : Dilanjutkan wudlu, sholat Ashar berjamaah dan berinfak
  71. 71. Struktur Kurikulum TKAL – TPALStruktur Kurikulum TKAL – TPAL setiap minggunyasetiap minggunya No. Mata Pelajaran Smt I Smt II Jumlah 1 Tadarus Al-Qur’an dengan irama murottal dan menulis 3 3 6 2 Hafalan surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan 2 2 4 3 Etika dan do’a sehari-hari 1 1 2 4 Ilmu Tajwid 1 1 2 5 Dasar-dasar Ulumul Qur’an 1 1 2 6 Tarjamah bacaan sholat dan tarjamah 13 surat pendek 2 2 4 7 Bahasa Arab 1 1 2 8 Hadist / mahfudzot tentang akidah akhlak (BCM) 1 1 2 9 Kaifiyah wudlu, sholat berjamaah dan berinfak 3 3 6 Jumlah 15 15 30
  72. 72. Lain-LainLain-Lain  Mengenai struktur organisasi, pendanaan danMengenai struktur organisasi, pendanaan dan beberapa hal lainnya sama dengan TKA-TPAbeberapa hal lainnya sama dengan TKA-TPA  Setelah menyelesaikan program ini santri berhakSetelah menyelesaikan program ini santri berhak memperoleh sertifikat untuk melanjutkan ke jenjangmemperoleh sertifikat untuk melanjutkan ke jenjang TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)TQA (Ta’limul Qur’an Lil Aulad)  Sertifikat kelulusan diberikan dalam upacaraSertifikat kelulusan diberikan dalam upacara “Wisuda”“Wisuda”
  73. 73. Yogyakarta, 9 Maret 2007Yogyakarta, 9 Maret 2007 Drs. H. M. BudiyantoDrs. H. M. Budiyanto (0274)7813480, (0274)374502, 08156886278(0274)7813480, (0274)374502, 08156886278 oleh : zakimath dan rifqi-ilkomoleh : zakimath dan rifqi-ilkom http://zaki.web.ugm.ac.idhttp://zaki.web.ugm.ac.id http://rifqi-ilkom.web.ugm.ac.idhttp://rifqi-ilkom.web.ugm.ac.id
  74. 74. Film - FilmFilm - Film Sapi superSapi super KucingKucing Sepak BolaSepak Bola Nyanyian LucuNyanyian Lucu BackkomIlovePicnicBackkomIlovePicnic FunnyAnimationBackkomFunnyAnimationBackkom

×